10 Faktor Keberhasilan Wirausaha Patut Dipahami

10 Faktor Keberhasilan Wirausaha Patut Dipahami

Faktor keberhasilan wirausaha menjadi salah satu penentu dan pendukung usaha akan berhasil atau tidak.

Pada dasarnya, setiap industri maupun sektor bisnis tentu mempunyai tantangan yang berbeda.

Sama halnya dengan faktor yang bisa menentukan keberhasilan dari setiap perjalanan usaha.

Akan tetapi, tetap harus bisa mengantisipasi beberapa hal umum agar usaha yang dijalani lebih lancar, khususnya pebisnis pemula.

Baca Juga : 8 Contoh Kegiatan Wirausaha Simple, Cocok untuk Anak Muda!

Faktor Keberhasilan Wirausaha bagi pengusaha

Faktor Keberhasilan Wirausaha bagi pengusaha

Dalam menjalankan usaha tidak hanya membahas soal modal uang, namun ada juga mental serta sikap dalam menghadapi sesuatu.

Oleh sebab itu, jika ingin menjalani usaha sendiri harus bisa memahami beberapa faktor keberhasilan wirausaha berikut ini.

1. Mempunyai pengetahuan mengenai usaha

Ketika ingin menjadi pengusaha, baik kecil maupun besar, dibuat modal dasar pengetahuan yang cukup mengenai dunia kewirausahaan.

Saat sedang membuat bisnis atau membuka usaha sendiri, tentunya setiap hari akan berhadapan dengan angka yang berkaitan keuntungan bisnis.

Hal ini berarti perlu memiliki pengetahuan dasar mengenai dunia bisnis, misalnya saja seperti dalam hal mengatur pendapatan, pengeluaran, hingga strategi pemasaran.

Apabila ingin buka usaha namun tidak memiliki pengetahuan cukup mengenai dunia bisnis. Maka bisa langsung mengajak teman yang lebih mengerti agar bisa bekerjasama.

2. Buat perencanaan yang matang

Meski hal ini tampak sepele, namun berdagang bukan sesuatu yang mudah. Oleh karena itu, perlu sekali membuat perencanaan yang matang karena hal tersebut menjadi faktor keberhasilan wirausaha.

Pikirkanlah secara matang tentang bisnis yang ingin dijalani. Misalnya saja ingin membuka usaha makanan berat, pakaian, camilan, atau hiasan unik.

Jadi selama proses pembuatan perencanaan usaha, bisa menggunakan rumusan 5 W (what, why, who, when, where) serta 1 H (how). Apa yang harus dijual, mengapa perlu menjual produk tersebut.

Siapa saja target pasarnya, dimana akan menjualnya serta bagaimana cara memasarkannya. Perencanaan bisnis yang baik tentunya dapat membuat lebih mengerti mengenai target dan tujuan awal dalam membangun usaha.

3. Berani mengambil tindakan maupun risiko

Dalam membangun usaha sebenarnya tidak luput dari risiko, apalagi jika memutuskan untuk berhenti dari sebuah pekerjaan dan fokus terhadap bisnis baru.

Oleh karena itu, poin ini termasuk faktor keberhasilan wirausaha karena harus menyiapkan diri dalam menghadapi kemungkinan buruk selama menjalani bisnis.

Sebagai contoh, ingin membuka bisnis makanan ringan atau camilan. Maka harus memahami bahwa akan ada risiko bahan masakan busuk saat tidak laku terjual.

Nantinya, akan ada banyak kemungkinan terburuk saat menjalani sebuah usaha, mulai dari produk tidak laku, hingga pesaing lebih maju.

Di saat seperti inilah mental diuji sehingga harus dapat berani mengambil risiko serta tindakan agar bisnis semakin berhasil.

4. Memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya

Setiap langkah yang akan dijalani pasti menemukan tantangan yang terkadang buat nyali diuji. Padahal, jika melihat dari sisi lain, dapat menemukan peluang dari rintangannya sedang ada di hadapan.

Ketika ingin memanfaatkan peluang, maka pastikan sudah berada dalam satu tujuan dengan usaha yang sedang dijalani.

Sebagai contoh, penjualan mengalami penurunan, kemudian ada teman yang menawarkan untuk promosi melalui sosial media.

Tentunya dapat memanfaatkannya sebagai peluang, meski teman bukan influencer ternama dengan pengikut banyak.

Namun, sudah cukup membantu untuk mempromosikan barang dagangan hal ini juga menjadi faktor keberhasilan wirausaha.

5. Tahu cara promosi yang tepat

Ketika menjalani bisnis, tentunya perlu promosi yang tepat agar sesuai dengan target pasar, sehingga ini juga turut menjadi faktor keberhasilan wirausaha.

Promosi merupakan salah satu hal penting untuk dapat memasarkan produk usaha yang dijalani.

Apabila ingin lebih menjangkau pasar yang lebih luas, maka dapat memanfaatkan relasi. Misalnya saja contoh produk secara cuma-cuma ke beberapa teman, kemudian minta mengunggahnya ke media sosial.

Apabila ingin membuka usaha yang bersifat jasa serta tidak dapat diberikan secara cuma-cuma, maka buat akun media sosial serta unggah produk yang di pasarkan.

Meski tampak sederhana, namun cara ini efektif untuk membangun brand awareness dari produk yang sedang dipasarkan.

6. Jalin hubungan yang luas

Apabila mempunyai sifat yang tertutup, sebaiknya singkirkan ketika sudah membangun bisnis. Umumnya, menjalin hubungan yang luas juga menjadi faktor keberhasilan wirausaha.

Selama berbisnis, perlu sekali menjalin relasi serta jaringan yang luas agar usaha lebih berkembang dan terkenal oleh masyarakat luas.

Jadi semakin banyak orang yang tahu produk dan usaha, maka dapat menjaring penanam modal untuk kemajuan bisnis.

Jaringan dan hubungan yang luas ini juga sebenarnya sangat bermanfaat untuk diri sendiri saat sedang mengalami masa sulit. Misalnya saja seperti terhambat dalam mengembangkan suatu usaha.

7. Memiliki banyak kreativitas

Tidak dapat dipungkiri jika persaingan dunia usaha cukup berat. Hal ini karena akan berhadapan dengan orang yang mempunyai bisnis sama.

Situasi ini tentunya akan membuat Anda perlu memutar otak untuk bisa mendapat ide kreatif agar tidak kalah saing dengan para kompetitor.

Contohnya saja punya bisnis pakaian, maka dapat membuat desain kemasan yang lebih segar sehingga orang tertarik.

Pilihlah warna yang disukai oleh target pasar produk. Jadi dapat lebih tepat sasaran dan tidak terlalu melenceng jauh dari tujuan bisnis, hal ini juga menjadi faktor keberhasilan wirausaha.

8. Percaya diri

Dalam memulai bisnis memang bukan perkara mudah, apalagi jika masih tidak percaya diri. Umumnya, percaya terhadap kemampuan diri merupakan faktor keberhasilan wirausaha.

Percaya diri juga menjadi salah satu modal penting dalam menjalani bisnis. Hal ini karena Anda akan membangun dan merintis usaha.

Jika tidak percaya diri, jangankan untuk menarik orang lain namun untuk menggunakan atau mengonsumsi produk, saja akan sulit.

Oleh karena itu, orang yang setidaknya berhasil usaha artinya telah percaya diri tentang langkah yang dijalani.

9. Mampu bekerja sama dengan orang lain

Meski dapat menjalani berdasarkan ide sendiri, namun tetap akan berhubungan serta bekerjasama dengan orang lain. Oleh karena itu, faktor keberhasilan wirausaha yaitu mampu bekerja sama dengan orang lain.

Sebagai seorang pemilik usaha, tidak dapat memikirkan diri sendiri atau bisnis saja. Hal ini karena ada karyawan dan rekan kerja yang perlu di pahami, sehingga bisnis dapat berjalan lancar.

10. Mempunyai pengalaman

Pengalaman sebenarnya memang tidak dapat berbohong, hingga ini menjadi faktor keberhasilan wirausaha. Selama awal buka usaha, tentunya akan mengalami masalah, sehingga dapat mendewasakan serta menjadikannya bekal sampai saat ini.

Oleh karena itu, Kegigihan dalam menghadapi tantangan bisnis menjadi modal yang penting. Anda harus kuat serta berkeras kepala untuk menghadapi masalah dalam bisnis.

Hal ini karena pastinya semua pengusaha juga akan mengalami sebuah masalah. Namun, lalui masalah tersebut dengan berbesar hati sambil memikirkan bagaimana cara mencari jalan keluar.

Hindarilah melakukan cara yang tidak terpuji, misalnya seperti korupsi. Apabila merasa ragu, maka dapat bekerja sama dengan orang lain untuk menjadi rekan bisnis.

Dalam membuka usaha sendiri memang tidak mudah karena akan ada ketakutan yang menyelimuti pikiran, khususnya soal keuntungan.

Sebelum mulai bisnis, maka perhatikan dengan baik faktor keberhasilan wirausaha agar menjadi pedoman selama perjalanan bisnis.

Baca Juga : 16 Karakter Wirausaha Jika Ingin Sukses Berbisnis

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.