Apa itu FAQ? Penjelasan, Fungsi, Manfaat dan Tips Membuatnya

apa itu faq dalam website

Dalam sebuah situs web biasanya terdapat halaman FAQ. Lalu apa itu FAQ? Apa saja fungsi dan manfaatnya serta bagaimana cara untuk membuatnya? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui seputar FAQ beserta tips-tips membuatnya.

Halaman FAQ menjadi salah satu halaman penting dalam sebuah website yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung ataupun pelanggan. Dengan adanya halaman FAQ ini dapat menguntungkan pihak pengunjung maupun pemilik website.

Apa Itu FAQ?

Apa Itu FAQ

FAQ merupakan kependekan dari Frequently Asked Questions yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti pertanyaan yang sering diajukan. FAQ biasanya berisi daftar pertanyaan umum beserta jawabannya mengenai topik tertentu.

Halaman ini banyak ditemukan di situs website dan email campaign. Di dalam beberapa situs website, FAQ bisa berbentuk sangat kompleks sehingga membutuhkan struktur berdasarkan topik dan sub-topik pembahasannya.

Halaman yang dinilai efektif adalah halaman pertanyaan yang mudah ditemukan, menyajikan informasi yang detail dan ringkas serta akses mudah. Hal ini dikarenakan FAQ dapat dijadikan alat efektif untuk meminimalkan pertanyaan pelanggan yang berulang.

Dengan memiliki Frequently Asked Questions, customer service dalam sebuah bisnis bisa memfokuskan perhatian kepada kasus yang lebih spesifik dan permasalahan-permasalahan yang tidak sering terjadi..

Fungsi FAQ

Fungsi FAQ

Setelah mengetahui apa itu FAQ, kini beralih ke fungsinya. Halaman ini memiliki banyak fungsi ditinjau dari perkembangan suatu bisnis maupun keberadaan website itu sendiri. Berikut adalah fungsi-fungsinya:

1. Membantu memahami pelanggan

Membuat halaman pertanyaan ini adalah salah satu cara untuk memahami pelanggan karena FAQ lebih dari sekadar menjawab pertanyaan, tetapi juga akan memberi informasi mengenai kebutuhan, keinginan hingga kendala yang tengah dihadapi pelanggan.

Informasi yang diberikan tersebut dapat digunakan untuk lebih memahami pelanggan, sehingga bisnis yang dijalankan dapat benar-benar memenuhi kebutuhan mereka.

2. Meningkatkan pengalaman pengguna

Sebuah website yang rapi dan terorganisir akan membuat pengunjung mudah mencari informasi, meski informasi tersebut bisa didapatkan dengan harus membuka beberapa halaman lagi. Dengan adanya FAQ, pengunjung tidak perlu banyak mencari karena sudah tersedia dalam satu halaman.

Hal ini tentu akan meningkatkan pengalaman pengguna yang merasa telah dipermudahkan dalam memperoleh informasi.

3. Membangun kepercayaan dan profesionalitas

Halaman FAQ pada website menunjukkan bahwa pemiliknya benar-benar peduli terhadap kebutuhan pelanggannya. Dengan begitu, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional sehingga pelanggan akan lebih merasa dimengerti dan kepercayaan pada bisnis akan meningkat.

4. Meningkatkan performa SEO website

FAQ merupakan kumpulan pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan oleh pengunjung dan ditampilkan di satu halaman website. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan SEO dengan melakukan riset keyword pada kumpulan pertanyaan dan jawaban tersebut.

Keyword yang telah didapatkan bisa disisipkan dalam pertanyaan maupun jawaban yang hendak ditampilkan dalam halaman pertanyaan. Selain itu bisa menambahkan link ke sumber jawaban atau alternatif jawaban lain apabila ada.

Langkah-langkah di atas dapat meningkatkan ranking website Anda dalam mesin pencari secara organik.

5. Meningkatkan peluang mendapatkan featured snippet

Featured snippet merupakan ringkasan yang ditampilkan dalam halaman hasil pencarian mesin pencari. Fitur ini menjadi salah satu kesukaan pemilik website di Google karena website yang masuk ke dalam featured snippet akan memiliki Click-through Rate (CTR) yang tinggi.

FAQ yang berisi jawaban ringkas, biasanya lebih disukai oleh featured snippet pada Google. Maka dari itu, website yang memiliki halaman pertanyaan akan berpotensi mendapatkan featured snippet yang lebih tinggi.

Baca Juga : Cara Mengoptimasi Featured Snippet

Manfaat FAQ

Manfaat FAQ

Tidak jauh berbeda dari fungsi apa itu FAQ, manfaatnya juga banyak ditilik dari pemilik maupun pengunjung website. Beberapa manfaat itu diantaranya adalah sebagai berikut:.

1. Menghemat waktu pelanggan, calon pelanggan dan pemilik bisnis

Dengan adanya halaman ini, segala pertanyaan dan permasalahan yang dialami pelanggan maupun calon pelanggan bisa langsung diketahui jawaban dan solusinya. Dengan begitu pelanggan tidak perlu repot untuk mencari atau bertanya pada customer service yang memiliki banyak antrian.

Selain itu, halaman ini juga bisa diakses selama 24 jam tiap harinya, sehingga pelanggan bisa menemukan jawaban dari segala permasalahan dimanapun dan kapanpun.

Pemilik bisnis pasti merasakan saat email dan sosial media dipenuhi oleh pertanyaan-pertanyaan atau keluhan dari pelanggan. Penggunaan halaman FAQ bisa mengurangi jumlah pertanyaan tersebut.

Bagi pemilik bisnis juga tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama berulang kali dan bisa memfokuskan customer service untuk pertanyaan dan permasalahan yang jarang terjadi.

2. Mendatangkan traffic ke website

Seperti yang telah disebutkan bahwa halaman FAQ bisa mengoptimalkan performa SEO, dengan begitu artinya bisa berpotensi meningkatkan trafik yang datang ke website.

Wajibkah Sebuah Website Memiliki FAQ?

Wajibkah Sebuah Website Memiliki FAQ

Meski halaman  memiliki fungsi dan manfaat yang menguntungkan bagi pemilik bisnis maupun pelanggannya, tetapi tidak semua situs web harus memiliki halaman FAQ. Kebutuhan akan halaman FAQ pada sebuah website dapat diketahui melalui tiga pertanyaan berikut:

  1. Apa ada pertanyaan yang diulang oleh banyak pelanggan berkali-kali?
  2. Apa pertanyaan tersebut mudah dijawab?
  3. Apa Anda berencana membuat konten yang menjadi call-to-action dari halaman pertanyaan ini?

Apabila dari ketiga pernyataan di atas memiliki jawaban “YA”, maka dapat dipastikan bahwa website Anda memerlukan halaman Frequently Asked Questions. apabila terdapat jawaban “TIDAK” pada salah satunya, maka harus dipertimbangkan kembali prioritas website akan kebutuhan halaman tersebut.

Tips Membuat FAQ

Tips Membuat FAQ

Setelah mengetahui apa itu FAQ serta seluk beluknya, kini waktunya mempelajari tips membuat FAQ yang baik pada penjabaran berikut ini:

1. Gunakan data untuk memilih pertanyaan

Anda bisa mengira-ngira sendiri pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh pelanggan, tetapi hal ini tentu kurang akurat karena pasti kebutuhan tiap orang akan berbeda. Oleh karena itu, untuk mengetahuinya dapat mengumpulkan data interaksi pelanggan dengan bisnis yang dijalankan.

Data tersebut dapat diperoleh melalui:

  • Customer service – customer service adalah garda terdepan untuk menghadapi permasalahan pelanggan sehingga data pertanyaan yang sering ditanyakan cukup akurat dengan kebutuhan pelanggan.
  • Email bisnis – pelanggan biasanya akan bertanya atau menyampaikan keluh kesahnya melalui email, oleh karena itu tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk melihat email bisnis Anda.
  • Media sosial – selain email bisnis, sosial media biasanya juga menjadi sasaran pelanggan untuk menyampaikan pertanyaan dan keluh kesahnya karena seperti tujuan adanya sosial media untuk memudahkan komunikasi.
  • Software CRM – software ini berfungsi untuk mengelola data pelanggan seperti data pribadi, data penjualan hingga data percakapan dengan pelanggan sehingga cukup bisa diandalkan untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan itu.

Pertanyaan-pertanyaan yang diperoleh melalui data yang valid tentunya akan semakin berguna bagi pelanggan. Maupun pemilik bisnis

2. Buat penjelasan yang mudah dimengerti

Seperti tujuan dibuatnya FAQ adalah untuk memudahkan pelanggan mendapatkan jawaban dari permasalahan mereka. Oleh karena itu, jangan sampai membuat FAQ yang sulit dimengerti dna membingungkan karena hanya akan menambah masalah pelanggan.

Hal tersebut bisa menyebabkan pelanggan membanjiri customer service dan yang terburuk bisnis Anda memiliki kesan yang buruk bagi pelanggan. Untuk menghindarinya, Anda dapat menggunakan kalimat yang to the point dan apabila diperlukan beri screenshot untuk jawaban yang berupa tutorial.

3. Buat format FAQ yang sesuai

Halaman FAQ dapat ditampilkan dalam berbagai format. Biasanya dalam website dapat diletakkan pada halaman statistik maupun dengan memanfaatkan software knowledge base sebagai pusat bantuan.

Penentuan format ini dapat dilakukan dengan melihat seberapa rumit pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dan ditampilkan pada website.

4. Tawarkan solusi

Tujuan utama dibuatnya halaman ini adalah untuk mempermudah pelanggan mencari jawaban dari permasalahannya. Oleh karenanya, FAQ harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan dengan baik dan informatif.

Apabila jawaban yang diberikan masih kurang membantu, dapat memberikan solusi lain seperti menyisipkan link ke halaman lain untuk mendapatkan jawaban lebih lengkapnya.

5. Buat halaman yang mudah ditemukan

Salah satu cara untuk membuat kinerja halaman ini lebih efektif adalah dengan membuatnya mudah ditemukan oleh pelanggan. Memanfaatkan halaman website, FAQ dapat diletakkan pada bagian yang mudah dilihat seperti di bar navigasi atas, sidebar atau di bagian footer.

Baca Juga: Apa Itu Sidebar?

Selain itu, juga dengan menggunakan keyword untuk mengoptimalkan SEO website sehingga pelanggan bisa langsung menemukan jawaban yang mereka cari di Google.

6. Menampilkan desain halaman yang menarik

Desain halaman yang menarik juga menjadi salah satu keefektifitasan halaman FAQ yang dibuat. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan betah membaca dan berlama-lama disana. Berbeda apabila tampilan halaman dipenuhi tulisan dengan font yang sulit dibaca atau terlalu kecil.

Anda juga bisa menambahkan ikon yang menarik dengan menyusun pertanyaan berdasarkan kategori yang telah ditentukan agar tampilan tidak membosankan.

7. Pakai Schema FAQ Page

Schema markup merupakan sebuah kode yang bisa ditambahkan pada website yang berbasis WordPress. Secara sederhana, schema markup ini berfungsi untuk memberi tahu bentuk konten yang telah dibuat pada Google atau mesin pencari lain.

Sehingga mesin pencari dapat menyesuaikan rangkuman singkat konten yang menarik. Tampilan tersebut yang biasa disebut dengan rich snippet. Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu menambahkan Schema FAQ Page pada website.

Schema tersebut kemudian bekerja membantu peringkat website Anda naik pada halaman hasil pencarian Google. Hal ini sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa FAQ dapat membantu meningkatkan performa SEO website..

8. Lakukan pembaharuan pertanyaan secara berkala

Pembaruan FAQ dapat dilakukan saat bisnis Anda memiliki produk baru, terjadi perubahan pada produk maupun pada prosedurnya. Selain itu Anda bisa meminta feedback pelanggan mengenai halaman FAQ yang sudah ada pada customer service.

Hal ini dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja halamn FAQ, sudah jelas dan mudah dimengerti oleh pelanggan atau belum. Namun pembaruan FAQ ini tidak perlu sering dilakukan, hanya pada saat diperlukan saja.

9. Pantau efektifitasnya

Langkah terakhir agar halaman FAQ yang dibuat berjalan efektif adalah dengan memastikan apakah pertanyaan dan jawaban tersebut benar-benar menjawab pertanyaan pelanggan atau tidak.

Hal ini dapat dilakukan dengan memantau trafik yang datang ke halaman FAQ. Jika trafik pada halamannya menurun, bisa jadi pertanyaan dan jawaban yang telah dibuat masih belum menjawab pertanyaan pelanggan.

Penurunan trafik ini dapat diatasi dengan mengevaluasi dan mengoptimalkan pertanyaan-pertanyaannya agar sesuai dengan apa yang dicari oleh pelanggan.

Itulah pengertian apa itu FAQ dan seluk beluknya yang bisa membantu mengembangkan website dan bisnis. Dengan menggunakan halaman ini, pelanggan dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari. Untuk itu, perhatikan tips-tips di atas sebelum membuatnya!

Apa itu FAQ sangat penting untuk diketahui dalam membangun sebuah bisnis melalui website karena berfungsi memberi kenyamanan pada pelanggan.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

4 pemikiran pada “Apa itu FAQ? Penjelasan, Fungsi, Manfaat dan Tips Membuatnya”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.