Panduan Cara Dark Mode Chrome PC dan Manfaatnya

Panduan Cara Dark Mode Chrome PC dan Manfaatnya

Dark Mode menjadi semakin popular di kalangan pengguna gadgeting, bukan hanya desainnya yang gelap saja, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat.

Jika Anda ingin menggunakan Dark Mode di website chrome PC, panduan Cara Dark Mode Chrome PC di bawah ini dapat Anda simak, pahami, dan ikuti.

Apa Itu Dark Mode?

Dark Mode atau sering disebut juga dengan mode gelap, Phone Area menjelaskan bahwa mode tersebut ialah skema warna yang digunakan pada interface layar dalam menampilkan teks cerah di background atau latar belakang yang gelap.

Desain warna yang timbul membuat lebih nyaman untuk mata, hal ini menjadi mode Dark sangat popular di kalangan pengguna Gadget.

Light Mode memiliki latar belakang yang berwarna putih cerah dan ini cukup membuat mata gampang lelah, sementara mode Dark dengan latar belakang gelap membuat mata lebih nyaman.

Tak heran para desainer grafis lebih menyukai penggunaan dark mode untuk meminimalisir ketegangan pada mata saat menatap layar terlalu lama.

Dark mode memang akhir-akhir ini menjadi sangat popular, akan tetapi desain ini sudah lama ada. Bahkan, sebelum tahun 80-an rata-rata computer menggunakan layar monokrom yang terlihat seperti dark mode.

Namun, tampilan monokrom tersebut mengalami perubahan dan menjadi penggunaan Light Mode yang didesain atau dirancang meniru tampilan tinta di atas kertas putih HVS.

Meski demikian, Dark Mode kembali muncul pada tahun 2010 setelah beberapa decade menggunakan Light mode. Tepatnya pada gadget Windows Phone 7 untuk pertama kalinya menggunakan Dark Mode.

Setelah bertahun-tahun Google pun ikut menambahkan fitur ini ke OS Android di tahun 2018, yang kemudian diikuti juga oleh Apple yang memberikan fitur Dark Mode di Gadget iOS dan seterusnya hingga membuat Dark Mode ini menjadi semakin popular.

Jika Anda pengguna Chrome yang ingin mencoba mengubah Light Mode menjadi Dark Mode, beberapa panduan cara di bawah ini dapat diikuti.

Panduan Cara Dark Mode Chrome PC

Jika Anda ingin menggunakan Chrome dengan menggunakan Dark Mode, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat setting Chrome menjadi Dark Mode yang mana dijelaskan sebagai berikut ini:

1. Cara Umum Setting Dark Mode Chrome

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk setting chrome ke dark mode ialah dengan menambahkan ekstensi. Tahapan cara ini pun cukup mudah untuk Anda lakukan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama silahkan buka Chrome yang terpasang di PC Anda.
  • Akses situs ekstensi Google Chrome bernama Dark Mode atau nama lainnya ialah Night Mode.
  • Setelah Anda berada di halaman tersebut silahkan klik tombol Add to Chrome pada layar.
  • Klik Add Ekstensi untuk ditambahkan ke Chrome Anda.

Setelah menambahkan ekstensi Anda bisa menunggunya hingga layar Chrome berubah menjadi tampilan mode gelap.

2. Cara Mengubah Dark Mode Chrome Praktis

Mengubah dark mode chrome dengan cara yang lebih praktis bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama silahkan buka aplikasi Chrome di PC maupun laptop Anda.
  • Kemudian di chrome desktop ini Anda akan melihat sebuah ikon pena yang ada di bagian pojok kanan bawah yang bertuliskan Customize Chrome, silakan klik ikon tersebut.
  • Anda akan dibawa ke halaman dengan berbagai pilih menu mulai dari Latar Belakang (Background), pintasan (Shortcuts) dan Warna dan Tema (Color and Theme).
  • Klik opsi Warna dan Tema atau Color and Theme untuk memilih tema yang disediakan pihak Chrome.
  • Karena Anda ingin mengubahnya menjadi Dark Mode silahkan pilih opsi warna hitam (Dark) atau biru tengah malam (Midnight Blue)
  • Jika layar Chrome sudah berubah warna menjadi gelap, maka Anda bisa menyelesaikannya dengan klik Selesai atau Done.

Tak perlu menambah ekstensi, Anda bisa dengan mudah menyulap Chrome menjadi Dark Mode.

3. Cara Dark Mode Chrome di Windows 10

Jika Anda pengguna operation system windows 10, langkah-langkah di bawah ini dapat Anda ikuti untuk mengubah Chrome menjadi Dark Mode:

  • Pertama masuk ke Pengaturan atau Setting di Laptop Anda,
  • Kemudian silahkan masuk ke Personalisasi atau Personalize
  • Di sini silahkan pilih Color atau Warna
  • Kemudian aktifkan tombol Dark yang ada pada kolom Default Windows Mode
  • Setelah Anda menerapkan mode gelap di Windows 10, maka browser Chrome pun akan ikut menampilkan dark mode.

4. Cara Mengaktifkan Dark Mode Chrome di MacOS

Tidak hanya pada PC windows, Anda pun bisa mengaktifkan Dark Mode di MacOS secara mudah. Jika Anda pengguna MacOS, Anda bisa mengaktifkan Dark Mode Chrome dengan beberapa langkah Cara Dark Mode Chrome PC dibawah ini:

  • Pertama Anda bisa masuk ke Apple Menu atau Menu
  • Selanjutnya, pilih opsi System Preference atau Preferensi Sistem
  • Lalu masuk ke General atau Umum
  • Di sini pilih opsi Dark untuk mengaktifkan mode gelap.

Hanya dengan beberapa langkah tersebut Anda bisa mengaktifkan mode Chrome di PC OS MacOS secara mudah.

Setidaknya panduan cara-cara di atas sudah terbilang lengkap untuk Anda lakukan dalam mengaktifkan dark mode atau yang disebut juga dengan mode gelap di PC baik itu windows maupun MacsOS.

Nah dengan cara-cara tersebut, Anda bisa memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Jadi, dari cara-cara di atas, cara mana yang akan Anda coba?

Mengapa Harus Menggunakan Dark Mode?

Jika Anda bertanya-tanya hal demikian setelah mengetahui cara-cara menggunakan Dark Mode di Chrome, poin-poin yang dirancang di bawah ini bisa menjawab rasa penasaran Anda.

Penggunaan Dark Mode ini sebetulnya memberikan sejumlah manfaat kepada para pengguna gadget baik smartphone atau PC. Yang mana Dark Mode ini memiliki berbagai kelebihan antaranya ialah:

  • Pertama seperti yang disebutkan di atas, penggunaan Dark Mode dapat mengurangi ketegangan mata saat melihat layar di cahaya redup. Ini tentunya sangat baik untuk kesehatan mata Anda.
  • Dark mode dapat lebih menghemat energy baterai, sehingga baterai gadget Anda bisa tahan lama
  • Dengan menggunakan dark mode, maka blue light atau cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget menjadi lebih sedikit.
  • Dark mode sangat cocok untuk pengaturan cahaya redup, hal ini akan membuat Anda lebih nyaman menggunakan gadget di tempat tidur.
  • Sejumlah ahli menjelaskan bahwa mode gelap ini mampu membantu orang-orang yang memiliki sensitivitas cahaya atau gangguan penglihatan.

Jadi, Dark Mode ini tidak hanya sehat untuk gadget tetapi juga sehat untuk mata Anda sendiri.

Meski mungkin menggunakan dark mode Anda akan kesulitan membaca layar di ruangan terang, Dark Mode juga hanya cocok untuk layar OLED.

Setelah menyimak pembahasan di atas mengenai apa itu Dark Mode, Cara Dark Mode Chrome PC hingga manfaatnya, Anda bisa menggunakan fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menggunakan gadget.

Baca Juga : Inilah Cara Mengatasi Internet Positif, Dijamin Ampuh!

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar