9+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress dan Sosial Media

9+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di Wordpress dan Sosial Media
9+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di Wordpress dan Sosial Media

Cara menghilangkan komentar spam di WordPress ternyata hanya perlu mengatur pengaturan dan menambahkan plugin. Nantinya balasan dari audience di unggahan yang berisi kata tidak layak akan terhapus otomatis.

Gangguan berupa spam sangat mengganggu estetika website, channel Youtube, maupun sosial media, apalagi jika berkaitan dengan bisnis.

Bisa jadi, branding usaha yang telah dibuat justru terlihat buruk karena komen tersebut.

Cari tahu cara lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Komentar Spam dan Bahayanya?

Kritik dan saran yang ditulis oleh audience di kolom komentar, sangat membantu pemilik situs atau sosial media bisnis melakukan pengembangan di masa mendatang.

Namun, banyak sekali oknum yang justru memanfaatkan comment section untuk menyebarkan informasi secara berulang-ulang yang tidak layak.

Misalnya menyebarkan informasi hoax, komentar dengan bahasa kasar, vulgar, dan menyangkut SARA, atau mengirimkan tautan yang berbahaya jika audience Anda menekan link tersebut.

Dilansir dari Support Google, komentar spam sangat berpengaruh pada situs bisnis. Diantaranya dapat menurunkan pemeringkatan di mesin pencari, menghancurkan reputasi website,  dan memperlambat kecepatan situs saat loading.

Oleh karena itu, pemilik situs maupun sosial media bisnis wajib tahu cara menyingkirkan komentar spam dan melindungi website dari spammer.

Cara Menghilangkan Komentar Spam 

Komentar negatif dan spam seringkali ditemukan pada website WordPress dan Blog. Biasanya, pemilik situs membuka menu ‘allow audience to comment’ di semua tulisan yang akan atau sudah terbit.

Kalau tidak hati-hati, menu ini bisa jadi boomerang untuk reputasi situs. Bisa jadi komentar spam yang muncul, ditulis oleh oknum nakal atau saingan bisnis.

Nah beruntungnya, WordPress menyediakan berbagai fitur bagi pengguna untuk melindungi situs yang telah dibuat. Salah satunya plugin Spam Protection Akismet yang dapat dipasang gratis.

Berikut cara pasang dan mengaktifkannya dilansir dari Pusat Bantuan Akismet.

  1. Masuk ke WordPress Anda menggunakan e-mail dan kata sandi. Kemudian pergi dashboard dan scrolling sampai terlihat menu plugin di bar sebelah kiri.
  2. Cari perlindungan spam Akismet di antara daftar plugin lainnya. Kalau belum terpasang klik pasang sekarang. Tunggu beberapa menit baru kita setting.

Cara Menghilangkan Komentar Spam 

  1. Setelah berhasil dipasang, klik aktifkan akun Akismet. Nanti muncul notifikasi ‘set up your Akismet account’ yang akan mengarahkan Anda ke situs plugin tersebut.
  2. Website Akismet akan memberikan Anda pilihan paket untuk menggunakan layanan mereka. Apabila situs bukan bersifat komersial, maka pilih yang Personal. Sementara untuk business pilih Plus atau Enterprise.

Cara Menghilangkan Komentar Spam 

  1. Masukkan Kunci API secara manual atau Anda dapat menghubungkan langsung dengan Jetpack dari WordPress. Setelah ini, komentar buruk akan hilang otomatis oleh bantuan pihak ketiga.

Cara Melindungi Post WordPress dari Komentar Spam

Setiap pengguna internet bebas menyampaikan pendapat melalui kolom komentar. Namun, Anda tetap harus memberikan batasan, mana saja balasan yang layak ditayangkan di unggahan website.

Jangan sampai komentar buruk menghambat website Anda, mendapatkan peringkat pertama di halaman Google.

Nah, di bawah ini terangkum cara melindungi comment section dari aksi spammer patut dicoba. Namun pastikan Anda tahu cara login ke WordPress ya!

1. Menonaktifkan Kolom Komentar sebelum Artikel Diunggah

 Cara termudah menghindari komentar buruk dan spam adalah menonaktifkan kolom komentar. Anda hanya perlu ke dashboard WordPress, kemudian scrolling cari menu pengaturan atau setting.

  • Arahkan kursor ke menu pengaturan lalu pilih diskusi.
  • Matikan tombol ‘tampilkan komentar dari pembaca pada artikel baru’.
  • Selanjutnya, kembali ke menu awal dan reload page. Kini, sudah nggak ada lagi komentar spam yang akan muncul di unggahan terbaru Anda.

2. Menyaring Komentar yang Layak Ditampilkan di Halaman Blog

Cara di atas mungkin membatasi Anda berdiskusi dengan audience ataupun menerima feedback membangun. Nah, jika tidak ingin mematikan semua kolom komentar, sebaiknya coba cara kedua.

Lakukan filterasi komentar yang masuk dan yang akan ditampilkan. Dengan begitu, hanya balasan terbaik dan layak yang tertampil di bawah artikel.

Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Login ke WordPress dengan alamat e-mail dan kata sandi.
  • Di dashboard utama cari menu setting lalu klik diskusi.
  • Perhatikan kolom kedua, nyalakan ikon tombol ‘penulis komentar harus mengisi nama dan email’ kemudian simpan.

Ini merupakan alternatif untuk menghindari aksi spam yang banyak dan mengganggu. Walaupun tidak sepenuhnya efektif, tetapi komentar buruk terbukti berkurang.

3. Mengizinkan Komentar dari Orang Tertentu saja

Pemilik website memegang kendali penuh atas apa yang ingin ditampilkan di dalam situs. Mulai dari mengatur layout, desain, tampilan, hingga kolom komentar.

Anda dapat menyaring balasan yang ingin ditambahkan di kolom komentar dengan mengaktifkan fitur tersembunyi. Perhatikan langkahnya dengan saksama.

  • Sesudah masuk ke WordPress, temukan menu pengaturan dan diskusi.
  • Kemudian aktifkan pilihan ‘komentar harus disetujui secara manual’
  • Jangan lupa simpan pengaturan yang baru ini.

Admin atau pemilik website akan menerima e-mail untuk memastikan balasan dari audience, tidak melanggar norma atau berisi ujaran kebencian.

4. Mencatat Kata tidak Pantas di Setting WordPress atau Blog

Pada pengaturan komentar di WordPress, Anda bisa mencantumkan deretan kata yang berpotensi sebagai spam atau konten tulisan buruk. Setelah masuk ke halaman utama, klik setting lalu diskusi.

Di bagian paling bawah, Anda akan menemukan kolom komentar yang tidak diizinkan. Ketikkan beberapa kata vulgar, tidak relevan dengan artikel yang diunggah, atau mengandung SARA.

Nantinya, jika spammer menuliskan komentar dengan kata-kata yang sudah Anda blacklist, maka komentar tersebut akan hilang otomatis. Ini merupakan cara tersimpel dan nggak makan waktu lama.

5. Pembaca yang Telah Login Baru Diizinkan Komentar

 

Alternatif menghindari balasan dari audience yang tidak relevan yaitu membatasi orang yang komentar. Sama seperti membuka video Youtube dari link di Instagram, Anda pasti diminta login sebelum meninggalkan komentar.

Nah, cara seperti ini juga bisa diterapkan di website Anda. Perhatikan langkah-langkahnya dengan baik. Masuk ke menu dashboard WordPress lalu klik pengaturan.

  • Klik pilihan diskusi dan perhatikan section
  • Aktifkan menu ‘pembaca harus terdaftar dan login untuk memberi komentar’.

Cara Menghilangkan Komentar Negatif di Blog

Situs untuk menulis berikutnya adalah Blogspot. Perbedaan blog dan website biasanya ada pada tampilannya, begitu pula cara membuat menu dan sub menu Blog serta mengelola komentar di unggahan.

Demi memudahkan Anda mengelola balasan dari pengunjung, cek informasi lengkapnya melansir dari Pusat Bantuan Blogger.

1. Menghapus Komentar yang Dianggap Spam

Langkah menghilangkan komentar menumpuk di situs adalah masuk ke menu Blogger. Selanjutnya, pilih menu blog di sisi kanan atas dan klik menu komentar.

  • Terdapat menu drop down kemudian tekan pilihan ‘dipublikasikan’.
  • Klik perintah Hapus, Buang atau Spam untuk memindahkan ulasan pengunjung ke folder spam.

2. Moderasi Komentar dari Pengunjung Situs

 

Melansir dari Pusat Bantuan Blogger, Anda dapat meminta admin website melakukan moderasi. Artinya setiap komentar yang diunggah, baru bisa tertampil jika disetujui oleh admin.

Setelah masuk ke halaman utama blog, klik setelan lalu pilih moderasi komentar. Tentukan seberapa sering Anda ingin mengecek e-mail yang berisi ulasan pengunjung.

Berikutnya tinggal menekan menu drop down kemudian tekan menunggu moderasi. Baca komentar lalu tentukan apakan ingin masuk ke folder spam atau dipublikasikan.

3. Cara Mengelola Komentar di Blogspot

Alternatif terakhir adalah menentukan siapa saja yang dapat berkomentar di unggahan. Apabila Anda sudah masuk ke menu dashboard Blogger, pilih setelan dan cari Komentar.

Kategori orang yang diizinkan berkomentar yaitu Siapa saja termasuk anonim, hanya anggota blog, atau pengguna dengan akun Google. Klik salah satunya kemudian simpan. Jadi, orang yang dipilih saja yang dapat meninggalkan komentar di post.

Tips Menghapus Komentar Spam dengan Google Captcha

ReCaptcha merupakan layanan dari Google yang berfungsi untuk melindungi website dari aksi spammer. Anda hanya perlu memasangnya di WordPress atau Blogger.

Google reCaptcha akan melindungi website dari komentar spam, pencurian konten, penipuan, pengambilan akun, dan link yang berbahaya. Seperti ini cara memasangnya :

  1. Masuk ke akun Google dengan alamat surel dan kata sandi.
  2. Buka Website Google reCaptcha lalu klik konsol admin.
  3. Kemudian, lakukan registrasi website Anda.
  4. Lengkapi pertanyaan dari formulir untuk dapatkan akses site key dan secret key.
  5. Setelah mendapatkan dua kunci berbeda, salin lalu beralih ke WordPress.
  6. Jika sudah login, pasang plugin reCaptcha dan aktifkan.
  7. Lanjut pergi ke menu plugin yang terpasang.
  8. Klik reCaptcha dan pilih versinya.
  9. Input kunci yang telah disalin.
  10. Nyalakan re-Captcha untuk form komen.
  11. Silakan atur tampilan dan visibilitas reCaptcha, tahap akhir simpan permanen.

Cara Menghilangkan Komentar Spam di Sosial Media

Sosial media tak lepas dari serangan komentar spam beberapa pihak. Biasanya komen yang muncul terkait promosi bisnis pihak lain. Sebagai pebisnis Anda nggak boleh membiarkan hal ini terjadi.

Pasalnya, promosi bisnis yang dilakukan bisa terganggu akibat adanya komen yang mengarah pada brand lain apalagi kompetitor.

Berikut deretan cara menghilangkan komentar di berbagai platform yang patut Anda terapkan.

1. Langkah Membatasi Komentar di Instagram

Membatasi komentar di Instagram cukup mudah Anda hanya butuh login ke akun bisnis atau pribadi, kemudian klik ikon profile. Begini cara lengkapnya melansir dari How To Geek. 

  • Tekan garis tiga di atas, lalu pilih pengaturan dan privasi. Pilih interaksi kemudian klik menu komentar. Anda dapat mengizinkan siapa saja yang bisa berkomentar di unggahan.
  • Kategori yang dapat dipilih yaitu dari semua orang, orang yang diikuti, hanya pengikut saja, orang yang diikuti dan pengikut Anda. Klik salah satu kemudian simpan.

2. Cara Memblokir Orang yang Berkomentar di Instagram

Langkahnya mirip dengan di atas, login ke Instagram lebih dulu lalu tekan setting dan privacy. Pilih menu control, lalu klik ‘block comment from’ dan masukkan akun Instagram yang akan diblokir.

3. Cara Menghindari Komentar Tertentu di Instagram Professional

Khusus Instagram professional atau bisnis, Anda mendapat fitur menarik untuk mengurangi risiko spam  dari kata-kata tidak pantas. Langkah mengaturnya sebagai berikut.

  • Masuk ke pengaturan dan privasi, pilih komentar. Nantinya, Anda diarahkan ke halaman baru berupa kolom yang bisa diisi kata-kata tertentu yang terlarang.
  • Artinya ketika audience ingin berkomentar menggunakan kata-kata terdaftar, maka komentar akan hilang.

4. Cara Menghilangkan Komentar Spam di unggahan Facebook

Facebook merupakan salah satu platform yang banyak digunakan brand besar dan small business untuk membuat komunitas atau melakukan promosi. Tujuannya untuk meraih awareness hingga meningkatkan loyalitas dan penjualan.

Namun, adanya komen spam bisa di posting-an membuat bisnis Anda terlihat tak meyakinkan, sehingga merusak personal branding yang selama ini dibuat. Oleh karena itu, Facebook memiliki solusi untuk melindungi akun bisnis maupun personal penggunanya.

Sebenarnya, Facebook akan memberikan notifikasi pada pengguna, apabila terdeteksi ada spam di unggahan yang dibuat. Akan tetapi, Anda harus  menghapus komentar secara manual.

  • Masuk ke akun Facebook lalu klik unggahan.
  • Cari unggahan dengan tanda spam, kemudian hapus.

5. Cara Mengelola Komentar Penonton di TikTok

TikTok merupakan media baru yang kini juga digunakan untuk keperluan bisnis, jadi tak hanya untuk hiburan dan edukasi saja. Pengguna aplikasi video singkat itu, bisa mengelola komentar spam yang dirasa mengganggu.

Dilansir dari support TikTok seperti ini langkah-langkah pengaturan sesi komen.

  • Masuk ke akun TikTok lalu cari pengaturan dan menu privasi komen.
  • Tentukan siapa saja yang dapat berkomentar di unggah. Apakah pengikut saja, teman, atau semua orang.
  • Atau lebih aman menonaktifkan kolom komentar dari semua orang.

6. Cara Melaporkan Komentar Spam

TikTok berupaya untuk menyediakan wadah berkreasi yang ramah untuk semua pengguna. Oleh karena itu, Anda dapat melaporkan komentar negatif, vulgar, menyangkut SARA, maupun spam ke pihak TikTok. Langkahnya tinggal tekan komentar spam agak lama hingga muncul pilihan laporkan.

Cara Menghapus Komentar Spam di Youtube

Platform terakhir yang turut dipakai untuk kegiatan promosi atau memperkenalkan brand adalah Youtube. Berdasarkan Support Google untuk Youtube ternyata seperti ini cara hilangkan komentar spam.

  1. Pilih komentar yang menurut Anda termasuk spam.
  2. Klik lainnya lalu tekan ikon titik tiga. Pilih laporkan.

Itulah deretan cara menghilangkan komentar spam di WordPress, Blogger, dan sosial media. Cukup mudah bukan? Kini, nggak perlu khawatir situs terkena masalah karena penyalahgunaan oleh oknum pengunjung. Selamat mencoba.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar