Inilah 5 Contoh Job Desk Manager SDM di Perusahaan

Inilah 5 Contoh Job Desk Manager SDM di Perusahaan

Terlepas dari peran pentingnya dalam membangun budaya kerja di suatu perusahaan, terkadang masih ada sebagian orang yang bingung mengenai apa saja contoh job desk manager SDM (Sumber Daya Manusia).

Karena itulah, pada pembahasan kali ini akan kita ulas secara mendalam mengenai apa saja gambaran pekerjaan dari seorang manager SDM di perusahaan berikut ini.

Apa Saja Contoh Job Desk Manager SDM di Perusahaan?

Apa Saja Contoh Job Desk Manager SDM di Perusahaan

Sebelum kita mengulas lebih mendalam terkait apa saja contoh dari job desk seorang manager SDM di perusahaan, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui terlebih dulu seputar profesi satu ini.

Pada dasarnya, manager SDM merupakan salah satu profesi yang diemban seseorang di suatu perusahaan dengan job desk tertentu, khususnya dalam mempekerjakan ratusan hingga ribuan karyawan.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut, seorang manajer SDM perusahaan biasanya akan berperan penting dalam hal merencanakan, mengarahkan dan mengoordinasikan fungsi administrasi di suatu perusahaan.

Sementara itu dalam menjalankan pekerjaannya, seorang manajer SDM biasanya akan langsung melakukan pengawasan dalam hal perekrutan, pelatihan, penilaian dan penggajian untuk karyawan.

Oleh sebab itulah, penting bagi seorang manager SDM untuk memiliki motivasi penuh yang nantinya akan memberikan dampak positif bagi karyawan perusahaan.

Agar Anda di rumah lebih paham mengenai profesi seorang manager SDM, maka sebaiknya perlu tahu beberapa contoh job desk manager SDM di bawah ini.

1. Identitas Jabatan yang Akan Diampu

Salah satu contoh job desk manager SDM di perusahaan, yakni ada kaitannya dengan identitas jabatan yang akan diampunya nanti.

Dalam hal ini, jabatan yang nantinya akan diampu di perusahaan yakni Human Resource Department (HRD) atau dikenal juga dengan istilah manager SDM.

Yang mana, seseorang yang menjabat sebagai manager SDM sudah pasti akan masuk dalam departemen atau divisi di human resource.

Adapun atasan dari seorang manager SDM sendiri, yakni merupakan direktur SDM yang nantinya akan menaungi kinerja dari para karyawan yang bekerja di bawah kekuasaannya.

Sementara itu, sebagai bawahan dari seorang direktur SDM yakni berupa supervisor SDM.

Dimana, profesi seorang supervisor SDM ini nantinya akan membantu pihak manager SDM dalam hal mengontrol kinerja para karyawan di suatu perusahaan itu sendiri.

2. Tujuan Jabatan Manager SDM

Berikutnya, Anda juga akan menemukan contoh job desk manager SDM lain berupa tujuan jabatan dari seseorang yang memiliki profesi tersebut.

Berkaitan dengan tujuan jabatan yang dimilikinya, seorang manager SDM umumnya memiliki peranan penting dalam hal mengembangkan ataupun merencanakan kebijakan dari sistem pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan.

Dan tidak hanya itu saja, seorang manager SDM juga biasanya diharuskan untuk mampu mengontrol dan mengoordinasikan pelaksanaan manajemen SDM di perusahaan tersebut.

Dengan melakukan tujuan jabatan tersebut, seorang manager SDM akan membantu menjadikan kinerja semua sumber daya manusia di perusahaan bisa terkontrol dengan baik.

Sehingga, hal inilah yang nantinya akan sangat membantu perusahaan dalam mencapai target yang memang sudah ditetapkan sejak awal.

Baca Juga : 6 Peran Manajer SDM dalam Menunjang Kesuksesan Perusahaan

3. Tanggung Jawab yang Dimiliki

Selain identitas jabatan dan tujuan jabatan yang dimiliki, contoh lain gambaran pekerjaan dari seorang manager SDM yakni berupa tanggung jawab yang dimilikinya.

Seperti yang sudah diulas sebelumnya di atas tadi, bahwasanya seorang manager SDM umumnya memiliki tanggung jawab penuh dalam kaitannya dengan karyawan di perusahaan.

Namun jika Anda ingin tahu lebih jelas seputar contoh job desk manager SDM dari tanggung jawab yang dimiliki, bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

  • Membantu proses penyusunan strategi ataupun kebijakan dalam pengelolaan sumber daya manusia yang sudah ditetapkan oleh perusahaan, baik itu dalam jangka waktu panjang maupun jangka waktu pendek. Dalam melakukan pelaksanaannya, seorang manager SDM perlu memperhatikan ketetapan dari pemerintah. Sehingga, hal inilah yang nantinya akan menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, kapabilitas dan memiliki kinerja baik sesuai dengan visi & misi perusahaan.
  • Melakukan penyusunan kerja dan anggaran dalam pelaksanaan kebijakan, yang mana sebelumnya sudah ditetapkan oleh manajemen sumber daya manusia. Selain itu, manajer SDM juga perlu memastikan bahwa kinerja sumber daya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
  • Ikut berperan penting dalam mengontrol dan mengoordinasikan seluruh pelaksanaan fungsi sumber daya manusia di perusahaan. Hal ini bertujuan, agar dapat memastikan bahwa semua pelaksanaan yang dilakukan sudah berjalan sesuai strategi, kebijakan dan aturan yang sudah ditetapkan perusahaan.
  • Membantu penggunaan anggaran di perusahaan dapat terkoordinasi dan terkontrol dengan seefektif dan seefisien mungkin, sehingga program kerja yang dijalankan perusahaan berjalan dengan lancar.
  • Membantu menganalisa dan mempraktikkan prosedur remunerasi, serta memastikan agar keuangan perusahaan dapat memenuhi aturan dan prosedur tersebut. Yang mana, hal ini tentunya dilakukan dengan tetap mempertimbangkan segala hal, khususnya mengenai perusahaan yang kompetitif dan adil secara internal.

4. Indikator Kinerja Kunci Perusahaan

Indikator kinerja kunci perusahaan, juga dikatakan sebagai salah satu contoh job desk manager SDM yang mungkin selama ini tidak banyak diketahui orang-orang.

Dalam hal ini dikatakan, bahwa indikator kinerja kunci merupakan tolak ukur yang biasanya akan dijadikan oleh perusahaan untuk melakukan proses penilaian di akhir tahun.

Dengan adanya indikator kinerja kunci perusahaan ini, maka akan diketahui mengenai ukuran kinerja karyawan di perusahaan dalam mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Lebih lanjut jika berbicara mengenai indikator kinerja kunci perusahaan bagi seorang manager SDM sendiri, tentunya ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan baik-baik.

Adapun beberapa indikator penting bagi seorang manager SDM di perusahaan yang perlu Anda ketahui dan pahami, di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Profit per employee
  • Employee turn over
  • Rata-rata skor kompetensi karyawan perusahaan
  • Skor kepuasan karyawan
  • Durasi pemenuhan tenaga kerja baru
  • Rasio biaya pegawai dibandingkan dengan total biaya

5. Kriteria dan Spesifikasi Jabatan

Tidak hanya keempat contoh job desk manager SDM yang sudah dijelaskan tadi, Anda juga bisa menemukan contoh gambaran pekerjaan lain dari seorang manager SDM berupa kriteria dan spesifikasi jabatan yang dimiliki.

Pada dasarnya, setiap perusahaan biasanya akan menerapkan beberapa kriteria dan spesifikasi khusus yang masuk akal dalam kaitannya dengan profesi manager SDM.

Sehingga, hal inilah yang menjadikan perusahaan akan memperoleh seorang  manager SDM yang kompeten di bidangnya.

Terkait beberapa kriteria dan spesifikasi khusus dari seorang manager SDM perusahaan, biasanya ada beberapa hal penting yang memang harus dipenuhi.

Yang mana dalam hal ini, Anda bisa melihat beberapa kriteria dan spesifikasi tersebut berikut ini.

  • Memiliki pengalaman kerja di perusahaan lain minimal 2 atau 3 tahun.
  • Pendidikan minimal yang ditempuh S1 di bidang manajemen, hukum atau psikologi.
  • Dapat memahami atau menguasai berbagai sistem ketenagakerjaan di Indonesia.
  • Memiliki kemampuan khusus dalam kaitannya dengan negosiasi ataupun komunikasi dengan orang lain.

Setelah melihat beberapa contoh job desk manager SDM yang sudah dijelaskan di atas, tentunya membuat Anda lebih tahu dan paham seputar gambaran pekerjaan dari seorang manager SDM di perusahaan, bukan?

Baca Juga : Strategi Rekrutmen untuk UMKM dan Strategi Pengembangan Karir

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar