Cara Memaksimalkan Customer Engagement Untuk Bisnis
Cara Memaksimalkan Customer Engagement Untuk Bisnis

Cara Memaksimalkan Customer Engagement Untuk Bisnis

Diposting pada

Relasi penting sekali dalam bisnis sehingga bisa bertahan panjang. Bisnis umumnya sangat penting untuk menjaga hubungan dengan distributor, produsen, konsumen, dan berbagai pihak lainnya sehingga mempunyai hubungan yang saling menguntungkan.

Terutama hubungan dengan konsumen atau customer yang merupakan pengguna atau pemakai dari barang atau jasa yang diproduksi.

Agar konsumen selalu melakukan pembelian dan pembelian barang maka penting untuk selalu menjaga hubungan baik dengan customer. Maka cara memaksimalkan customer engagement juga merupakan hal yang penting dalam bisnis.

Pengertian Customer Engagement

Hal pertama adalah yang perlu dikenali adalah mengenai pengertian apa itu customer engagement terlebih dahulu. Sehingga dengan begitu bisa untuk menggunakan dan mengaplikasikan cara memaksimalkan customer engagement dengan lebih efektif.

Di mana customer engagement sendiri merupakan interaksi antara pihak produsen dan juga customer. Hubungan yang terjalin tersebut bisa menggunakan berbagai saluran sehingga memudahkan untuk melakukan komunikasi yang dibutuhkan.

Customer engagement ini juga bisa diketahui dan disebutkan sebagai keterikatan pelanggan yang merupakan hubungan baik antara produsen dengan konsumen.

Untuk menjaga customer engagement tersebut bisa didapatkan dari interaksi, reaksi, dan juga pengalaman pelanggan saat menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Keterikatan pelanggan dengan komunikasi tersebut bisa dilakukan lewat saluran offline maupun online.

Peran Penting Customer Engagement

Peran Penting Customer Engagement
Peran Penting Customer Engagement

Keterikatan pelanggan merupakan hal penting untuk bisnis. Seperti kota yang akan menjadi kota dan menjadi pusat dengan banyak kegiatan masyarakat apabila ada banyak orang yang berada dan melakukan aktivitas di tempat tersebut.

Begitu juga bisnis akan berkembang juga dipengaruhi oleh konsumen dan pelanggan setiap yang dimiliki. Sehingga tidak heran apabila di dalam bisnis, pembeli adalah raja dan berusaha untuk menjaga pelanggan dan konsumen agar tetap puas agar nantinya bisa untuk membeli kembali atau berlangganan dengan produk dan jasa yang ditawarkan.

Peran penting customer engagement dalam bisnis memang tidak perlu diragukan. Dinamika bisnis tersebut akan tergantung dari kepuasan yang didapatkan oleh konsumen ketika menggunakan produk dan jasa yang telah dibeli dari produsen.

Dengan menjaga kepuasan pelanggan akan sangat berpengaruh dan mempunyai dampak bisnis yang dipunyai.

Customer engagement yang membuat keterikatan dengan pelanggan juga akan bisa menentukan kesuksesan bisnis yang didapatkan.

Bahkan customer engagement tersebut merupakan kunci agar bisnis terus berkembang dan menjadi maju sehingga akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan akan menguntungkan bagi perusahaan.

Keuntungan tersebut didapatkan dari keterikatan yang terjalin dengan baik antara pelanggan dan produsen yang mempunyai bisnis.

Sehingga dengan hubungan tersebut akan membuat pelanggan merasa terikat dan menjadi konsumen yang loyal atau pelanggan.

Setelah menjadi pelanggan, hal tersebut bisa membuatnya untuk menggunakan jasa atau produk secara berkala. Kepuasan yang Anda berikan akan dibayar dengan loyalitas, sehingga hal tersebut juga akan membuat pelanggan terikat dan tidak pindah ke saingan bisnis lainnya.

Customer engagement tersebut sangat bermanfaat untuk mempertahankan pelanggan yang dipunyai agar tidak berpindah, dan bisa membuat konsumen baru karena memberikan kepuasan.

Hal tersebut akan sangat bermanfaat karena membuat pelanggan yang bertambah sehingga di akhirnya akan membuat Anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan bertambah.

Mengukur Customer Engagement

Untuk mengukur customer engagement tersebut bisa dilakukan dengan banyak yang dilakukan. Pebisnis bisa untuk melakukan pengukuran dengan tepat menggunakan metode offline maupun online yang akan mempunyai hasil yang berbasis data.

Dengan mempunyai ukuran customer engagement yang tepat tersebut akan bisa untuk menentukan langkah selanjutnya yang bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis.

Selain itu dari ukuran hasil yang dipunyai juga bisa merancang dan memilih cara memaksimalkan customer engagement yang tepat untuk mendapatkan keuntungan bagi bisnis.

Untuk cara mengukur customer engagement secara offline misalnya bisa menggunakan cara dengan melihat dan memperhatikan reaksi dari pelanggan.

Apabila berhadapan langsung dengan pelanggan perlu untuk menjaganya dengan layanan yang bagus dan memuaskan.

Selain itu pastikan untuk melakukan pelayanan yang ramah dan mempunyai kesan yang baik, sehingga hal tersebut juga akan disukai konsumen yang membuatnya bisa betah dan menjadi pelanggan karena mendapatkan pelayanan yang baik.

Selain itu, cara lainnya untuk mengukur customer engagement juga dengan mudah dapat dilakukan secara online.

Seperti misalnya dari konten yang Anda buat dan post di sosial media yang dipunyai, maka akan ada data yang bisa dilihat sehingga bisa mengetahui data dengan pasti customer engagement yang dipunyai.

Respon tersebut bisa dilihat dari banyaknya view yang dimiliki, like yang ditinggalkan, komentar yang didapatkan sebagai feedback, dan juga klik yang dipunyai untuk postingan tersebut.

Dengan berbagai respon dari sosial media tersebut akan bisa mengukur dan mengetahui customer engagement yang dipunyai.

Data dari hasil tersebut juga bisa diukur dengan memperoleh rasio keterlibatan dari pelanggan dari berbagai konten yang Anda buat dan post di sosial media sebagai media promosi.

Tools Untuk Memaksimalkan Customer Engagement

Tools Untuk Memaksimalkan Customer Engagement
Tools Untuk Memaksimalkan Customer Engagement

Ketika ingin memaksimalkan customer engagement, sekarang ini ada banyak tools yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan hasil tersebut. Seperti mendapatkan ukuran customer engagement yang bisa secara offline dan online, untuk tool yang bisa didapatkan juga beragam.

Akan tetapi sekarang ini memanfaatkan software merupakan hal yang bisa dipilih sehingga mempunyai hasil yang lebih akurat dan juga bisa mempunyai jangkauan lebih luas.

Adapun berbagai jenis tool yang bisa digunakan untuk memaksimalkan hasil dari customer engagement adalah sebagai berikut ini:

1. Aplikasi mobile

Tool pertama yang bisa digunakan sebagai cara memaksimalkan customer engagement yang bisa digunakan adalah dengan aplikasi mobile.

Cara ini merupakan solusi yang bisa digunakan untuk menghubungkan semua pelanggan dengan lebih mudah dan juga eksklusif karena dari aplikasi yang disediakan oleh produsen.

Aplikasi mobile ini juga bisa memberikan fitur yang dibutuhkan dan cocok untuk digunakan untuk kebutuhan keterikatan konsumen.

Seperti misalnya bisa untuk mengumpulkan poin, loyalty, referral, dan juga informasi lainnya yang bisa diberikan kepada konsumen secara real time.

Aplikasi mobile ini juga memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah dari smartphone kapanpun dan dimanapun. Sehingga hal tersebut akan membuat customer engagement juga lebih meningkat.

2. Live chat

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk memberikan hasil yang efektif dari customer engagement adalah dengan memanfaatkan live chat.

Cara ini adalah dengan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung baik secara offline maupun online.

Pastikan untuk mempunyai komunikasi yang baik saat ada konsumen yang belanja langsung di toko. Begitu juga pelayanan ramah secara online yang bisa menaikkan engage konsumen atau calon pelanggan tersebut.

Live chat ini bisa dihandle dari tim customer service yang ahli dan ramah sehingga bisa menghandle konsumen dengan baik.

3. Customer churn tool

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan customer engagement adalah memanfaatkan tool customer churn tool.

Cara ini adalah ketika menggunakan software yang memang bermanfaat untuk mengukur churn atau kepergian dari pelanggan yang dipunyai.

Dengan fitur tersebut akan membuat bisnis mengetahui penurunan pelanggan yang dipunyai, sehingga bisa untuk melakukan identifikasi dan memperbaiki kesalahan mengapa pelanggan tersebut pergi.

Dengan identifikasi dan analisa tersebut maka bisa membuat perubahan yang bisa untuk menjaga pelanggan agar tidak pergi dan tetap menggunakan layanan atau produk yang ditawarkan.

4. Listening tool

Selain mempunyai komunikasi yang baik, hal penting untuk meningkatkan customer engagement adalah menggunakan tool dengan mendengarkan dengan baik.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan mendengarkan keluhan atau saran dari customer yang dipunyai. Sehingga hal tersebut bisa membuat untuk feedback dapat didengarkan dan diatasi.

Sehingga apabila diselesaikannya dari keluhan yang dipunyai pelanggan tersebut akan membuatnya merasa didengar. Hal tersebut bisa membuat pelanggan tidak pergi dan masih akan menggunakan jasa dan produk dari bisnis yang Anda punyai karena memanfaatkan listening tool yang satu ini.

5. Dashboard analitik

Tool terakhir yang bisa dimanfaatkan sebagai cara memaksimalkan customer engagement adalah dengan dashboard analitik. Alat ini bisa dimanfaatkan untuk keterikatan pelanggan dari data yang didapatkan.

Data analitik tersebut akan bisa menetapkan strategi tepat yang perlu untuk dilakukan. Dengan dashboard data analitik tersebut bisa untuk mengukur bagian yang efektif dan kurang efektif dalam strategi yang dilakukan.

Sehingga nantinya hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk membuat analisa yang lebih baik dan akurat untuk memaksimalkan customer engagement.

Cara Memaksimalkan Customer Engagement

Cara Memaksimalkan Customer Engagement
Cara Memaksimalkan Customer Engagement

Untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan tersebut bisa menggunakan cara seperti berikut ini:

1. Maksimalkan pengaruh sosial media

Tidak dipungkiri bahwa banyaknya pengguna media sosial setiap harinya bisa menjadi calon konsumen yang bisa ditarik untuk tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Sehingga penting untuk melakukan pemasaran secara efektif dan memaksimalkan sosial media yang Anda miliki. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasarkan bisnis dengan sosial media yang banyak digunakan oleh calon pembeli.

Jangan lupa gunakan tagline atau hashtag, share, dan juga lakukan challenge sehingga bisa mendapatkan respon dan interaksi dari konsumen.

2. Buat konten yang menarik

Cara memaksimalkan customer engagement selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan membuat konten yang menarik.

Cara yang bisa digunakan adalah dengan membuat konten yang bisa untuk membuat pelanggan tergoda untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat postingan yang mempunyai tampilan bagus. Sehingga untuk mendapatkan hal tersebut bisa untuk menggunakan profesional untuk membuat postingan foto dan video yang mempunyai hasil yang bagus dan estetik.

Jangan lupa untuk merapikan feed Anda karena merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh calon customer.

3. Buat website profesional

Salah satu cara membuat bisnis Anda terlihat legit atau resmi adalah dengan mempunyai website resmi. Dengan menggunakan provider atau hosting untuk membuat alamat website bisnis Anda, maka akan membuat bisnis yang dipunyai akan lebih kredibel.

Selain bisa membuatnya lebih terjamin, keuntungan dengan membuat website resmi tersebut juga bagus untuk meningkatkan customer engagement.

Dari website profesional yang dipunyai akan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan. Selain itu juga ada kesempatan untuk berinteraksi, informasi mengenai akun sosial media, dan juga memberikan konten yang menarik bagi pelanggan.

4. Gunakan push web

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memaksimalkan fitur push web. Pemberitahuan atau notifikasi push web tersebut sangat penting dan bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara dan tool untuk pemasaran digital.

Pemberitahuan push web tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat jadwal secara teratur, membuat pesan mengenai penawaran untuk pelanggan, memastikan bahwa pesan yang akan diterima pelanggan adalah pesan yang relevan, dan juga jangan membuat pelanggan kesal karena tidak bisa untuk unsubscribe pesan apabila tidak membutuhkannya.

5. Gunakan email

Cara memaksimalkan customer engagement selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memaksimalkan email.

Maksudnya adalah pesan pada pelanggan yang menggunakan langganan email untuk menerima informasi dan promo menarik.

Sehingga dengan menerima email tersebut akan bisa memberikan informasi mengenai promo yang sedang berlangsung, harga dan produk saat promo, dan juga berbagai voucher dan cara yang bisa digunakan untuk membuat harga produk menjadi lebih terjangkau.

6. Email ulang tahun

Keterikatan pelanggan juga bisa menggunakan cara untuk memberikan hadiah di hari spesialnya. Sehingga saat pelanggan ulang tahun, produsen bisa untuk membangun hubungan dengan mengucapkan selamat ulang tahun melalui email.

Anda juga bisa menawarkan promo menarik yang bisa digunakan saat ulang tahunnya tersebut, sehingga akan bisa membuat hubungan baik dengan konsumen.

Untuk bisa melakukan hal ini tentunya produsen perlu mengetahui tanggal ulang tahun, siapkan template, lakukan optimisasi, dan juga siapkan diskon khusus untuk pelanggan yang ulang tahun.

7. Berikan respon yang baik pada pelanggan

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan sebagai salah satu cara memaksimalkan customer engagement adalah dengan memberikan respon yang baik untuk pelanggan.

Apabila pelanggan memberikan umpan balik, maka pastikan untuk memberikan tanggapan yang baik pada saran dan kritik yang diberikan.

Hal tersebut akan bisa membuat pelanggan didengar dan juga akan baik untuk kemajuan bisnis karena mendapatkan umpan balik mengenai hal yang perlu diperbaiki dari keluhan yang dirasakan oleh pelanggan.

8. Berikan layanan terbaik

Customer engagement tersebut tentunya akan dapat terjadi apabila pelanggan mendapatkan pengalaman yang baik dari pelayanan yang diberikan oleh produsen.

Oleh karena itulah konsep pembeli adalah raja merupakan hal yang di junjung di berbagai tempat untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumen.

Konsumen tersebut bisa menjadi pemasaran yang bisa merekomendasikan bisnis Anda karena mendapatkan pelayanan yang baik.

9. Berikan hadiah jalan-jalan

Cara memaksimalkan customer engagement ini biasanya banyak digunakan dengan memberikan doorprize yang salah satunya adalah jalan-jalan.

Hal ini akan membuat pelanggan yang merupakan pelanggan setia akan tetap loyal dan menggunakan jasa dan produk yang dipunyai.

Hadiah jalan-jalan ini untuk memperkuat customer engagement bagi pelanggan setia tersebut.

10. Jaga pelanggan setia

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan customer engagement adalah tentunya dengan menjaga pelanggan setia agar tidak sampai pergi.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan menjaga hubungan baik utamanya untuk pelanggan yang loyal. Jaga hubungan tersebut dengan memberikan promo khusus, pelayanan terbaik, dan juga hal lainnya untuk memuaskan pelanggan.

Berbagai cara di atas merupakan cara memaksimalkan customer engagement yang bisa dilakukan. Gunakan cara untuk membuat pelanggan puas dan tetap setiap sehingga menggunakan produk dan layanan yang ditawarkan.

Gunakan juga berbagai hal lainnya sehingga bisa menari pelanggan yang baru agar bisa menjadi pelanggan setia, seperti dengan memaksimalkan pelayanan yang diterima dengan layanan yang ramah.

Baca Juga : Apa Itu Engagement Rate?

Gambar Gravatar
Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.