7 Daftar Food Blogger Indonesia Terkenal, Inspiratif Banget!

Food Blogger Indonesia, Profesi Menyenangkan Buat yang Suka Makan

Jika Anda termasuk pecinta kuliner dan senang menulis, profesi food blogger Indonesia bisa menjadi salah satu pilihan.

Apalagi di era digital yang semakin pesat saat ini, profesi satu ini sangat mudah berkembang dan digemari oleh berbagai kalangan.

Meskipun pertama kali berkembang lewat blog atau website, tetapi profesi ini sekarang semakin banyak berkembang di berbagai sosial media. Food blogger bisa memanfaatkan Youtube, Instagram hingga twitter untuk menyalurkan karyanya.

Lalu, apa sebenarnya food blogger itu? Dan bagaimana profesi ini bisa menghasilkan uang?

Jika Anda penasaran dan tertarik menjadi food blogger, simak artikel ini hingga selesai, ya.

Pengertian Food Blogger

Pengertian Food Blogger

Apabila Anda memperhatikan arti namanya, tentu saja Anda akan mengerti bahwa food blogger merupakan salah satu niche yang ada di sebuah blog. Dimana, para pemilik blog tersebut kerap membahas tentang dunia kuliner.

Review makanan, rekomendasi restoran, hingga membagikan resep terbaru, menjadi beberapa hal yang dibahas pada setiap blog tersebut.

Seiring berkembangnya dunia digital, food blogger tidak hanya memanfaatkan blog untuk menghasilkan karya.

Blogger tersebut mulai merambah aplikasi sosial media seperti Instagram dan Youtube untuk membahas seputar dunia kuliner.

Tidak hanya menulis, kini food blogger mulai menguasai proses editing foto dan video untuk menghasilkan konten menarik.

Dari sinilah, istilah food blogger Indonesia terus berkembang menjadi profesi yang menjanjikan. Para pelaku profesi ini akan mendapatkan penghasilan dari setiap konten yang dibuatnya.

Tidak jarang, pebisnis usaha kuliner menggunakan jasanya untuk mereview makanan.

Melihat perkembangan profesi ini yang semakin luas, tidak heran banyak orang yang mulai tertarik untuk terjun ke dunia food blogger.

Walaupun terlihat mudah dan menyenangkan, ada berbagai hal yang harus dilakukan agar bisa menjadi food blogger yang digemari.

Jadi, bisa dikatakan bahwa, food blogger merupakan seseorang yang memiliki website, blog atau sosial media yang membahas seputar dunia kuliner, serta mendapat penghasilan dari konten yang dibuat.

Baca Juga : Pengertian Blogger

Sumber Penghasilan Food Blogger Indonesia

Sumber Penghasilan Food Blogger Indonesia

Sebuah hobi atau kegiatan yang menyenangkan akan berubah menjadi profesi, ketika hal tersebut bisa menghasilkan uang.

Kini, istilah pekerjaan atau profesi terus berkembang. Pekerjaan tidak lagi hanya sebatas seseorang yang bekerja di kantor dan memiliki seragam.

Namun, profesi juga bisa menyangkut hal menyenangkan dari hobi seseorang yang memberikannya penghasilan. Salah satu contohnya adalah menjadi food blogger.

Profesi food blogger di Indonesia menjadi pekerjaan yang banyak digemari kalangan muda.

Apalagi bagi yang senang jalan-jalan dan makan, profesi ini dianggap sebagai pekerjaan yang menyenangkan. Lalu, bagaimana para pelaku profesi ini mendapat penghasilan? Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, diantaranya sebagai berikut:

  • Memasang iklan di blog dan Youtube.
  • Membuka jasa endorsement untuk mempromosikan makanan dari pelaku bisnis kuliner.
  • Menjadi afiliator dan mendapatkan penghasilan dari setiap pengunjung yang melakukan pembelian atau mengklik link yang ada di blog Anda.
  • Membangun blog untuk memasarkan produk makanan yang Anda kembangkan.

Baca Juga: Cara Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula Wajib Dicoba

Cara Menjadi Food Blogger Indonesia

Cara Menjadi Food Blogger Indonesia

Profesi yang terlihatnya menyenangkan dan mudah ini, tetap memiliki berbagai cara yang harus dilakukan. Seorang food blogger tidak bisa langsung mendapatkan pasar yang baik. Orang tersebut akan memulai proses membuat konten dari awal.

Membangun brand atau nama blog, membuat konten, mempromosikan blog dan terus berkembang hingga dikenal banyak orang.

Proses itu tidaklah mudah, sehingga dibutuhkan niat yang kuat, semangat dan kesabaran untuk menjalani profesi ini.

Jika Anda berpikir menjadi food blogger hanya membutuhkan media sosial dan promosi, maka Anda salah.

Ada berbagai cara lain yang juga harus diperhatikan, bahkan dimulai dari rencana yang matang. Apa saja cara yang dimaksud? Berikut 5 hal diantaranya, sebagai berikut:

1. Membuat Rencana

Untuk menjadi food blogger Indonesia yang terkenal, Anda harus mulai membuat rencana. Tentukan apa saja yang ingin Anda bagikan dengan para pengunjung blog.

Kemudian, mulailah cari keunikan yang bisa digunakan untuk menjadikannya sebagai ciri khas.

Rencana ini termasuk jenis sosial media apa saja yang ingin digunakan untuk mempromosikan blog Anda. Kemudian, mulailah membuat setiap akun sosial media dengan nama yang ingin digunakan.

2. Menentukan Spesialisasi

Cara selanjutnya adalah menentukan spesialisasi konten agar Anda memiliki ciri khas yang membedakan dengan food blogger lain.

Ketahuilah hal apa saja yang diminati dan dikuasai berhubungan dengan dunia kuliner. Misalnya, Anda pandai memasak makanan tradisional.

Maka, isi blog yang bisa dibuat adalah seputar review makanan tradisional pasar, resep makanan dan jajanan tradisional yang mudah atau resep makanan tradisional sehat.

Apalagi ketika berhasil menciptakan konten yang menarik, maka blog tersebut akan lebih mudah menarik perhatian.

3. Menentukan Nama atau Brand

Nama food blogger Indonesia sebenarnya tidak banyak juga yang berkaitan dengan dunia kuliner atau makanan.

Kebanyakan, food blogger tersebut menggunakan namanya sendiri. Namun, nama tersebut tetap bisa menarik perhatian karena konten yang disajikan.

Selain menggunakan nama sendiri, Anda juga bisa menggunakan istilah-istilah makanan untuk nama blog Anda. Gunakanlah nama yang mudah diingat dan unik.

Menggunakan istilah yang berhubungan dengan makanan bisa meningkatkan kunjungan blog.

Sebab, istilah-istilah tersebut bisa lebih mudah dikenali oleh mesin pencarian seperti Google atau algoritma Instagram. Sehingga, lebih banyak orang yang bisa melihat blog yang Anda buat.

4. Konsisten

Kunci dari setiap kesuksesan adalah konsisten, begitu juga ketika ingin menjadi food blogger. Konsisten membuat konten akan meningkatkan traffic kunjungan. Maka dari itu, buatlah jadwal untuk setiap konten yang ingin dibagikan.

Anda bisa mulai dari menulis jadwal konten apa saja yang ingin dibagikan. Lalu, mencatat hari untuk membuat konten tersebut.

Terakhir, menentukan kapan kontes itu akan dirilis. Dengan begitu, konten yang disajikan akan terus tersedia dan nama Anda sebagai food blogger semakin dikenal.

5. Kolaborasi

Cara terakhir untuk menjadi food blogger Indonesia adalah melakukan kolaborasi dengan food blogger lain.

Tentu saja, koneksi dan teman adalah hal penting yang juga harus dimiliki dalam setiap profesi. Memiliki teman yang berprofesi sebagai food blogger, pasti akan sangat membantu.

Selain bisa saling berdiskusi, para food blogger juga bisa membuat konten menarik bersama. Apalagi ketika rekan kolaborasi adalah food blogger terkenal yang sudah memiliki jutaan pengikut.

Maka, proses kolaborasi tersebut juga bisa menjadi ajang untuk mempromosikan blog Anda.

Dan menariknya lagi, ketika kolaborasi dilakukan oleh food blogger yang memiliki spesialisasi masing-masing. Sehingga, konten yang dihasilkan bisa mendatangkan berbagai informasi baru yang bermanfaat seputar dunia kuliner.

6. Jujur

Sikap jujur harus dimiliki oleh semua orang, termasuk para food blogger. Pelaku profesi ini harus memberikan penilaian yang jujur kepada setiap produk makanan yang dicoba.

Tidak hanya itu, food blogger juga harus memberikan penilaian jujurnya kepada fasilitas restoran yang direview.

Syarat Menjadi Food Blogger

Syarat Menjadi Food Blogger

Karena food blogger berhubungan langsung dengan dunia kuliner, mungkin banyak yang mengira bahwa profesi ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang mengerti tentang kuliner. Nyatanya, profesi ini bisa saja ditekuni oleh berbagai kalangan.

Nama food blogger Indonesia banyak ditekuni oleh kalangan muda yang senang traveling.

Dimana, ketika Anda pergi traveling ke berbagai tempat, mencoba makanan menjadi kegiatan lain yang bisa dilakukan. Dari hobi itulah, profesi food blogger terus berkembang dan diminati.

Meskipun tidak ada syarat khusus yang harus diikuti, tetapi seorang food blogger setidaknya harus memiliki beberapa hal ini, diantaranya:

  • Kemampuan menulis yang baik, agar bisa menyajikan konten di blog yang telah dibuat.
  • Kemampuan mengedit foto dan video untuk menghasilkan konten berkualitas.
  • Kemampuan menyampaikan rasa makanan dengan baik.
  • Kejujuran dalam menyampaikan setiap kualitas rasa dan tempat makanan yang sedang direview.
  • Memiliki kreativitas tidak terbatas dalam menyajikan konten.
  • Tidak sedikit pula, seorang food blogger memiliki bisnis kuliner dan kegemaran memasak, sehingga orang tersebut bisa menyampaikan review makanan lebih detail.

Food Blogger Indonesia yang Terkenal

Kalangan muda adalah orang-orang yang lebih sering muncul sebagai food blogger.

Berbagai dampak dirasakan oleh pelaku bisnis, ketika makanan atau restoran mereka direview oleh seorang food blogger. Inilah yang membuat profesi ini sangat menyenangkan.

Ada beberapa nama food blogger di Indonesia yang sudah memiliki pasar yang luas, diantaranya yakni sebagai berikut:

1. Magdalena

Magdalena

Food blogger Indonesia yang satu ini memiliki pengikut di instagram mencapai 2,4 juta. Lewat instagram @Mgdalenaf dan channel Youtube MGDALENAF, food blogger ini berhasil memberikan pengaruh yang besar.

Pasalnya, lewat konten-konten yang disajikannya, para pelaku bisnis yang makanannya pernah di review selalu kebanjiran orderan. Magdalena kerap memberikan konten berupa vlog jalan-jalan dan mereview makanan.

Magdalena memiliki tagar #GegaraMagda dan kerap menyelenggarakan event kuliner yang diberinya nama, Barbarzaar.

Event tersebut berisi bazar UMKM yang berisi makanan rekomendasi Magdalena. Bahkan, kini Magdalena telah memiliki beberapa usaha makanan, salah satunya Makaroni Setan.

Melalui konten makan online, Magdalena melakukan perjalanan dan berkolaborasi dengan beberapa food blogger lainnya.

Bersama Ken & Grat dan Nex Carlos, Magdalena berkeliling Indonesia untuk menyajikan konten yang menarik kepada para pengikut setianya.

2. Farida Nurhan

Farida Nurhan

Melalui channel Youtube Farida Nurhan, food blogger satu ini memberikan konten mukbang yang akan membuat para penonton ingin segera mencicipi makanannya. Channelnya sudah diikuti lebih dari 4,59 juta subscriber.

Farida juga memiliki akun instagram @farida.nurhan yang memiliki pengikut hingga 2 juta. Tidak berbeda jauh dengan channel Youtubenya, Farida juga membagikan konten mukbang dalam bentuk video reel.

3. Ria SW

Ria SW

Ria Sukma Wijaya adalah nama asli dari food blogger satu ini. Ia dikenal sebagai salah satu food blogger Indonesia yang terkenal.

Perempuan ini memulai karirnya sebagai food blogger lewat vlog di Youtube. Channel Youtube Ria SW sudah memiliki subscriber lebih dari 4,7 juta.

Food blogger ini memiliki konten berupa vlog traveling sambil mencicipi makanan di tempat yang dikunjunginya.

Setiap video yang telah diposting selalu mendapat antusias dari para pengikutnya. Bahkan, kontennya selalu mendapat jumlah view tinggi hingga lebih dari 1 juta.

Ia juga  juga merilis buku yang berjudul ‘Off The Record’ pada 2018 di bawah penerbit Gramedia Pustaka Utama. Buku tersebut bercerita tentang behind the scene perjalanannya yang ditayangkan dalam setiap vlog.

4. Tanboy Kun

Tanboy Kun

Jika suka dengan makanan pedas, sepertinya Anda sudah mengenal food blogger Indonesia yang satu ini.

Tanboy Kun atau Bara Ilham, memiliki konten mukbang dan traveling di akun media sosialnya. Namun, namanya lebih banyak dikenal sebagai konten kreator mukbang.

Food blogger ini kerap membagikan konten mukbang untuk makanan pedas dengan porsi besar. Mie pedas, ayam geprek, hingga berbagai jenis fast food menjadi konten mukbang yang banyak dibagikannya.

Tanboy Kun sudah memiliki lebih dari 1,1 juta pengikut di Instagram, sedangkan pengikutnya di Youtube sudah mencapai angka 16,9 juta. Setiap konten mukbang yang dibagikannya juga selalu mencapai view lebih dari 1 juta.

5. Nex Carlos

Nex Carlos

Food blogger satu ini memiliki jargon berupa ‘Makan Cuy’, yang mengajak semua penikmat kontennya untuk berkeliling Indonesia sambil mencicipi makanan. Selain berkarir sebagai food blogger, Nex Carlos juga memiliki beberapa bisnis.

Ayam gedebuk dan minum cui adalah bisnis yang dijalaninya di bidang kuliner. Selain itu, food blogger ini memiliki bisnis merchandise yang dikenal dengan brand nexcolony. Bisnis merchandisenya ini mulai dipasarkan pada 2021 lalu.

Nex Carlos sendiri sudah memiliki lebih dari 4,66 juta subscriber di Youtube. Food blogger ini kerap membagikan berbagai konten jalan-jalan dan makan di Youtubenya.

Bahkan, Nex Carlos juga membagikan konten kolaborasinya dengan food blogger lain.

6. Ken & Grat

Ken & Grat

Sudah lebih dari 2,69 juta subscriber yang kerap menikmati konten dari Ken dan Grat. Tidak hanya mereview makanan, pasangan food blogger Indonesia yang terkenal ini juga kerap membagikan konten battle makanan, misalnya mencoba makanan yang sama dengan harga berbeda.

Kemudian, food blogger ini juga kerap menyajikan konten mukbang jajanan yang sedang viral. Menariknya konten yang disajikan membuat para pengikutnya tidak pernah bosan menunggu konten terbaru.

Ken & Grat berkarir sebagai food blogger sejak 2015. Konten yang disajikan selalu mendapat respon baik dari para penonton, sebab pasangan ini selalu memberikan review yang menarik dan jujur terhadap produk makanan yang dicicipi.

7. Anak Jajan

Anak Jajan

Food blogger Indonesia yang satu ini memiliki konten tentang makanan dan traveling. Anak jajan dikembangkan oleh pasangan muda, Julia dan Marius.

Melalui Instagram yang sudah diikuti lebih dari 486 ribu followers, pasangan ini kerap membagikan konten makanan di berbagai tempat.

Channel Youtubenya juga sudah diikuti lebih dari 13 ribu subscriber. Ada beragam jenis konten menarik yang rutin dibagikan melalui channel ini. Food blogger ini juga aktif di website resminya yakni anakjajan.com.

Ada beragam review tempat menarik beserta menu makanan yang disajikan dalam website tersebut. Selain itu, Anak Jajan juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai pemenang Influence Asia 2017 dan RCTI Socmed Awards 2016.

Ternyata, ada banyak hobi yang bisa menghasilkan, ya, salah satunya food blogger. Pekerjaannya mungkin terlihat mudah yakni, jalan-jalan dan makan.

Namun, tidak semua orang bisa menjalani profesi satu ini, sebab butuh ketekunan, kreativitas dan kesabaran dalam menjalaninya.

Profesi food blogger Indonesia juga semakin berkembang dan banyak digemari para kalangan muda.

Apalagi bagi kalangan yang sudah akrab dengan dunia digital, editing dan menulis, maka profesi ini akan semakin menyenangkan untuk dilakukan. Tertarik menjadi salah satunya?

Baca Juga : Fashion Blogger: Cara Memulai, Keuntungan dan Pemanfaatannya

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

11 pemikiran pada “7 Daftar Food Blogger Indonesia Terkenal, Inspiratif Banget!”

  1. pekerjaan yang fleksibel dan tidak terlalu menyita waktu pas untuk para pemuda di jaman sekarang yang bisa punya penghasilan sambil menuntut ilmu

    Balas
  2. Food blogger Pekerjaan yang memang butuh kesabaran dan konsisten, memang ramai peminat nya di jaman sekarang, sangat cocok untuk perkembangan jaman yang memang sekarang sudah banyak jenis jenis makanan modern yang perlu di review

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.