Jenis Website Berdasarkan Konten, Sifat, Platform, Generasi, dll

Ketahui Pengertian, Jenis Website, dan Manfaat Pentingnya Dalam Berbagai Bidang

Sejak ditemukannya internet yang sangat memudahkan kegiatan manusia, kini muncullah berbagai jenis website yang juga sangat bermanfaat dalam banyak bidang.

Website mampu menghubungkan berbagai sektor, memberikan informasi, dan memberikan kemudahan masyarakat dalam mengaksesnya.

Apa peran website dalam dunia teknologi?

Kalau berbicara tentang kegunaannya, website bisa berperan sebagai pusat teknologi yang nantinya bisa di akses oleh masyarakat dengan mudah tanpa ada batasan.

Dari sinilah peran website dianggap konkret dan mayoritas orang membutuhkan website setiap harinya.

Penggunaan website dalam berbagai bidang tentu saja disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhannya.

Misalnya Anda bisa menggunakannya untuk mengenalkan produk atau jasa, branding produk, memberi informasi resmi kepada masyarakat, proses rekrutmen, dan masih banyak peran lainnya.

Ketahui Berbagai Pengertian Website Dari Pendapat Para Ahli

Ketahui Berbagai Pengertian Website Dari Pendapat Para Ahli

Ada beberapa jenis website yang bisa Anda gunakan dalam bidang tertentu, namun sebelumnya pahami arti dari website itu sendiri.

Banyak ahli yang memberikan pendapat mengenai pengertian dan peran website dalam bidang teknologi menurut pandangannya masing-masing.

Penyebaran informasi dari website memang berlangsung sangat cepat, bahkan bisa mencakup area yang sangat luas.

Sebagai sarana penting yang bisa digunakan untuk mengelola informasi, maka tidak heran kini banyak orang yang berusaha untuk mengembangkannya agar berkembang lebih lengkap.

1. Pengertian Website Menurut Gregorius (2000)

Seorang ahli bernama Gregorius mengungkapkan bahwa, website merupakan perkumpulan halaman web yang nantinya saling terhubung satu sama lain.

Didalam sebuah website pasti akan ditemukan banyak file yang memiliki keterkaitan dengan sumber-sumber yang telah ada.

Web memang satu kesatuan, namun didalamnya terdiri atas halaman atau page serta sekumpulan halaman yang biasa dikenal dengan istilah homepage.

Perlu diketahui, homepage sendiri berada pada posisi paling atas dan memiliki keterkaitan dengan halaman yang ada di bawahnya.

Pada bagian homepage biasanya berisi ringkasan informasi yang akan dimuat sepenuhnya dalam sebuah website.

Nantinya developer akan memberikan alamat hyperlink pada homepage untuk menuju halaman lainnya, sehingga orang yang mengakses website lebih mudah menemukannya.

Dalam arti lain, Gregorius menyatakan bahwa website memiliki peran yang sangat luar biasa dalam memberikan informasi.

Tanpa adanya website, mungkin setiap orang tidak bisa update akan informasi tertentu sehingga bisa saja ketinggalan dengan kemajuan teknologi negara lain.

2. Pengertian Website Menurut Hakim Lukmanul (2004)

Sebelum mengetahui jenis website dan peran pentingnya, maka Anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian website menurut Hakim Lukmanul pada tahun 2004.

Website lazimnya termasuk fasilitas dari internet yang bisa menghubungkan dokumen satu dengan lainnya.

Dokumen yang terkumpul dalam sebuah website berasal dari lingkup lokal dan juga area yang sangat jauh.

Didalam website, Anda bisa menemukan sebuah webpage link yang akan membantu para pengguna untuk menemukan data dari page satu menuju page lainnya.

Halaman website nantinya bisa langsung bisa di akses melalui Google Browser atau perangkat yang sering digunakan seperti Google Chrome.

Biasanya tiap pemilik website pastinya memiliki domain dan alamat website masing-masing, sehingga pengguna lain mudah mengaksesnya.

Tinggal masukkan alamat website yang ingin dicari pada kolom URL browser, kemudian klik cari, maka internet menampilkan informasi yang dibutuhkan.

Untuk bisa mengakses sebuah website baru, biasanya pengguna akan diharuskan memiliki koneksi internet yang benar-benar stabil.

3. Pengertian Website Menurut Sholechul Aziz (2013)

Jenis-jenis website menurut para ahli memang ada banyak mengikuti perkembangan zaman yang semakin pesat.

Sejalan dengan pengertian website Sholechul Aziz, dimana website memuat halaman khusus yang bisa di akses melalui berbagai jenis sambungan internet aktif.

Didalam website, nantinya Anda bisa menemukan kumpulan komponen yang saling mendukung dan informatif.

Ada berbagai komponen mulai dari suara, gambar, teks, dan berbagai animasi untuk membuat tampilan website tampak lebih menarik dan mengesankan.

Suatu website terlihat menarik atau tidak tergantung dengan kreativitas yang dimiliki oleh para developer.

Semakin konkret peran website, biasanya akan semakin banyak komponen yang dibutuhkan untuk mengembangkannya agar terlihat sempurna dimata semua pengunjung.

Misalnya saja website yang biasa digunakan untuk promosi bisnis. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan oleh developer untuk membuatnya menarik dikunjungi.

Semakin baik layanan website, maka akan mempengaruhi income bisnis yang didapatkan oleh pemilik website tersebut.

Baca Juga: 14 Penyebab dan Cara Mengatasi Website Tidak Bisa di Akses

Beragam Jenis Website Berdasarkan Kegunaannya

Sesuai dengan pernyataan sebelumnya, seiring berjalannya waktu mendorong perkembangan website semakin pesat sehingga dibagi dalam berbagai macam jenis.

Nah, website yang akan dibahas berikutnya dibagi berdasarkan kegunaannya dalam berbagai bidang seperti bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

1. Website Dalam Bidang E-Commerce

Website Dalam Bidang E-Commerce

Siapa sih sekarang yang tidak menggunakan website e-commerce untuk jualan?

Hampir semua pemilik toko online sudah menerapkan website untuk meningkatkan pelayanan konsumen.

Peran website dalam toko online akan membantu para pelanggan untuk belanja secara daring.

Aktivitas website mulai dari membuka toko, memilih barang yang ingin dibeli, checkout barang, pembayaran, dan pengiriman sampai pada alamat yang dituju.

Semua aktivitas belanja online membutuhkan peran website, sehingga semuanya bisa berjalan dengan sangat mudah dan cepat.

Banyak website E-Commerce yang makin banyak bermunculan untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhannya sehari-hari.

E-Commerce yang paling banyak diminati seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, dan masih banyak lagi pasar online lainnya.

Kemunculan website E-Commerce tentu saja mendapatkan respon positif bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dan mancanegara.

Tidak hanya memudahkan pembeli dalam berbelanja, tetapi juga menguntungkan penjual yang ingin memperluas pangsa pasarnya.

Baca Juga : Perbedaan Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce, Wajib Tahu!

2. Website untuk Keperluan Blog

Website untuk Keperluan Blog

Jenis website yang satu ini banyak sekali dimanfaatkan oleh orang-orang untuk kepentingan pribadi ataupun keperluan bisnis.

Website blog sendiri ada yang bersifat gratis, sedangkan beberapa model lainnya membutuhkan budget yang lumayan dalam pengembangannya.

Ketika Anda memiliki sebuah website blog, maka nanti bisa memanfaatkannya untuk berbagi video, gambar, artikel, dan beragam konten lainnya.

Bagi pengguna blog yang memiliki hobi critical thinking juga bisa menyalurkannya lewat halaman blog dalam bentuk tulisan.

Tidak hanya itu, baru-baru ini peranan blog juga semakin beragam untuk mempromosikan suatu produk lewat periklanan.

Semakin banyak pengunjung website blog yang menonton iklan, maka bisa menjadi keuntungan yang sangat besar dalam jangka waktu tertentu.

Website blog lebih tepatnya memang bersifat dinamis dan bisa dikelola secara fleksibel oleh para pemiliknya.

Bagi Anda yang ingin tampilan website terlihat profesional dan menarik perhatian banyak pengguna internet, maka pastikan konten yang tersedia didalamnya sangat bermanfaat.

3. Penggunaan Website untuk Urusan Pemerintahan

Penggunaan Website untuk Urusan Pemerintahan

Dalam bidang pemerintahan, tentunya website juga memiliki peranan tersendiri sebagai media informasi bagi masyarakat luas.

Pemerintah hanya perlu fokus melakukan penyusunan program kemudian membagikan pengumuman tersebut dalam sebuah website resmi yang mudah di akses.

Umumnya informasi yang tersedia dalam jenis website pemerintahan meliputi layanan, program, dan juga berbagai kebijakan baru yang akan segera diberlakukan.

Sebagai website pemerintahan, maka biasanya domain yang digunakan memiliki ciri khas dan membutuhkan budget mahal.

Tujuan penggunaan domain khusus dalam instansi pemerintahan tidak lain berkaitan dengan jaminan keamanan data dan kemudahan akses.

Apalagi saat ini sudah marak terjadi penipuan yang mengatasnamakan website pemerintah, sehingga perlu adanya perbedaan khusus.

Website dalam bidang pemerintahan yang sering ditemui dalam aktivitas sehari-hari berkaitan dengan kementerian, lembaga negara, dan juga pemerintah daerah.

Sebagian orang mungkin ada yang kesehariannya perlu mengakses website pemerintahan untuk menyelesaikan pekerjaan.

4. Website untuk Kepentingan Bisnis

Website untuk Kepentingan Bisnis

Website biasanya sengaja dikembangkan untuk menjalankan bisnis. Dengan adanya website tersebut, maka Anda akan lebih mudah untuk mengkomunikasikan produk dan layanan kepada konsumen target.

Bagaimana cara kerja dari website bisnis?

Melalui adanya website, maka tiap pebisnis akan lebih mudah menonjolkan produknya sendiri dengan berbagai informasi lengkap sebagai penunjangnya.

Impact yang diharapkan dari website bisnis yaitu menjangkau pasar yang lebih luas dan bisa membangun kepercayaan konsumen.

Lalu apa perbedaan website bisnis dengan website E-Commerce?

Tidak ada perbedaan khusus antara kedua website tersebut. Intinya website E-Commerce bisa berpotensi untuk dijadikan website bisnis, sedangkan website bisnis tidak selalu di prioritaskan sebagai E-Commerce.

Biasanya brand besar dan ternama memiliki website bisnis sendiri dalam pengembangan produknya.

Tujuannya agar dalam pemasaran produk, pemilik brand tidak dihadapkan langsung dengan kompetitor lain yang sejenis, sehingga mampu menonjolkan keunggulan produk sendiri.

5. Website Kebutuhan Portofolio

Website Kebutuhan Portofolio

Apa itu jenis website portofolio?

Umumnya website portofolio tidak hanya digunakan untuk keperluan dalam membangun bisnis, melainkan membagikan karya pribadi.

Orang-orang akan secara bebas mengekspresikan karya dan pengalamannya lewat website portofolio tersebut.

Banyak yang mengatakan website portofolio konsepnya hampir sama dengan website pribadi.

Memang kalau ditinjau keseluruhan, kedua website memiliki konsep dan tujuan sama. Bedanya, website pribadi sering digunakan oleh toko publik seperti selebritis dan influencer yang terkenal.

Sedangkan website portofolio banyak digunakan oleh kalangan freelance dan juga pekerja profesional yang menekuni bidang tertentu.

Lewat website portofolio, maka mereka bisa bebas menunjukkan hasil karyanya untuk meyakinkan klien agar mau bekerja sama kedepannya.

Website portofolio diharapkan bisa memudahkan dalam mendapatkan proyek lewat personal branding yang sudah ditonjolkan.

Misalnya Anda seorang pelukis, maka alangkah baiknya dalam website portofolio memuat berbagai karya lukisan yang selama ini sudah diciptakan.

6. Website Dalam Bidang Pendidikan

Website Dalam Bidang Pendidikan

Website yang ditujukan untuk keperluan pendidikan tentu saja fokus memuat berbagai informasi yang berkaitan dengan materi akademis.

Melalui website khusus tersebut, maka orang-orang yang ingin mencari institusi pendidikan, beasiswa pendidikan, dan lainnya akan lebih mudah.

Website pendidikan dikembangkan langsung oleh institusi pendidikan yang berkaitan seperti sekolah SD, SMP,SMA, dan Universitas.

Pada website resmi tersebut akan memuat informasi terkait biaya, jurusan, informasi alamat dan kontak, dan pengumuman mengenai institusi tersebut.

Sama dengan website pemerintahan, website pendidikan juga biasanya menggunakan domain yang khas seperti .sch.id, edu, dan ac.id.

Masih banyak jenis domain website lainnya yang dipilih oleh website pendidikan karena biasanya memang tergantung tingkat penggunaannya.

7. Website Portal Berita

Website Portal Berita

Jenis website untuk membuat berita, menghimpun, dan juga melaporkan berita. Website ini banyak dikembangkan karena mampu memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Apalagi saat ini sudah ada fitur periklanan atau Google Adsense yang bernilai jutaan rupiah.

Website berita memang akan mendapatkan keuntungan dari banyaknya iklan yang muncul dalam situsnya tersebut.

Belum lagi banyaknya kunjungan pengguna internet yang tidak ingin ketinggalan informasi mengenai dunia selebriti, teknologi, gaya hidup, kesehatan, dan lain-lain.

Indonesia sendiri sudah memiliki segudang website berita ternama yang selalu menyediakan informasi update mengenai berbagai macam hal.

Beberapa website berita yang hits diantaranya ada Tribunnews, Detik, Kompas, Liputan 6, Babe, dan masih banyak portal lainnya.

8. Website Hiburan atau Entertainment

Website Hiburan atau Entertainment

Website entertainment tentu saja paling populer diantara website lainnya.

Mengapa demikian?

Melalui website entertainment, Anda akan menemui berbagai macam hiburan menarik yang bisa dinikmati ketika waktu luang ataupun dalam keadaan jenuh dengan pekerjaan.

Website entertainment secara khusus digunakan sebagai wadah untuk berbagi konten dalam bentuk gambar, film, musik, video, dan masih banyak konten lainnya.

Tidak hanya bisa menikmati konten, tetapi Anda juga bisa menghasilkan banyak uang dari website tersebut.

Salah satu website hiburan yang paling banyak diminati yaitu Youtube. Hingga saat ini, Youtube banyak melahirkan content creator yang kreatif dan mampu menghibur semua audiensnya.

Banyak juga kalangan selebriti yang menambah pundi-pundi keuangan dari bermain Youtube tersebut.

9. Website Perkumpulan Forum Komunitas

Website Perkumpulan Forum Komunitas

Jenis website satu ini digunakan untuk menunjang segala aktivitas perkumpulan atau komunitas.

Mereka bisa saling bertukar pendapat, berkomunikasi, dan saling berkolaborasi untuk menghadirkan konten yang bermanfaat bagi semua audiens.

Mereka yang bergabung dalam website komunitas biasanya tertarik untuk membicarakan suatu hal yang dianggap penting dan selalu membuat penasaran.

Tiap waktu pasti akan selalu ada topik yang akan diangkat dalam website komunitas tersebut. Tertarik bergabung website komunitas?

10. Website Keperluan Nirlaba

Website Keperluan Nirlaba

Sesuai dengan namanya “Nirlaba” tentu saja website hadir untuk kepentingan sosial, bukan untuk menambah keuntungan pribadi.

Website nirlaba terkadang juga dikembangkan oleh pemerintah untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas terkait keperluan tertentu.

Tidak hanya dari kalangan pemerintah, terkadang kehadiran website juga dilaksanakan oleh suatu oknum organisasi dalam usaha menjalankan tugasnya.

Salah satu website nirlaba yang cukup populer di Indonesia yaitu platform KitaBisa yang sudah berkembang sejak lama.

Jenis website KitaBisa secara khusus menampung semua informasi galangan dana bagi mereka yang sedang mengalami kesulitan atau musibah.

Info galang dana mengenai penyakit personal yang dialami seseorang, bencana alam, dan lain-lain dimuat dalam website satu ini.

Mengenali Berbagai Website Berdasarkan Sifatnya

Mengenali Berbagai Website Berdasarkan Sifatnya

Setelah mengetahui berbagai website berdasarkan fungsi atau jenis konten, maka selanjutnya Anda juga perlu tahu website berdasarkan sifatnya.

Berdasarkan sifatnya, website dibagi menjadi 2 yaitu website statis dan juga website dinamis yang akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

1. Website Statis

Apa yang dimaksud dengan website statis?

Website statis merupakan sejenis website yang tampilannya tetap dan tidak mengalami perubahan apapun.

Biasanya konten yang tersedia dalam website statis juga cenderung sama dan tidak pernah mengalami update atau pembaruan.

Pembuatan website statis biasanya membutuhkan campur tangan dari developer website yang profesional.

Mereka akan membantu dalam membuat pemrograman dan juga kode HTML khusus, oleh sebab itu website tidak akan mudah mengalami perubahan dengan cepat.

Banyak orang yang menggunakan website statis karena dinilai lebih cepat dan efisien.

Menariknya lagi, seluruh data yang didapatkan dalam website statis nantinya akan mudah dikembangkan dan disimpan dalam web hosting. Lalu bagaimana cara untuk mengubah kontennya?

Nah, inilah yang menjadi kekurangan dari website statis, karena penggunanya tidak mudah dalam melakukan perubahan konten.

Segala konten yang dibagikan dalam website statis dirasa tidak terlalu penting dan banyak ketinggalan zaman.

2. Website Dinamis

Berbeda dengan konsep website statis, jenis website dinamis memberi kemudahan para penggunanya dalam melakukan pembaruan konten.

Nantinya untuk melakukan perubahan konten, Anda bisa langsung meminta bantuan dari developer website atau pihak yang bisa mengaksesnya.

Sepertinya banyak sekali website dinamis yang saat ini diterapkan dalam berbagai bidang karena menawarkan keunggulan.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh website dinamis yaitu menyediakan banyak fitur tambahan, mudah terdekteksi search engine, dan mudah dikelola.

Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan dari internet, maka disarankan untuk menggunakan website dinamis dalam penerapannya.

Keberadaan website dinamis bisa membantu dalam menarik perhatian pengunjung dalam mengakses website tersebut.

Apa kekurangan dari website dinamis?

Penggunaan website dinamis dalam bidang tertentu butuh biaya yang sangat besar.

Pengguna harus memikirkan budget bulanan untuk berlangganan hosting dan dana lainnya untuk mengembangkan website bisa berkembang jauh lebih baik.

Beragam Jenis Website Berdasarkan Perkembangan Generasinya

Beragam Jenis Website Berdasarkan Perkembangan Generasinya

Perkembangan website dari sejak awal kemunculannya hingga sekarang tentu saja mengalami banyak perubahan.

Akan tetapi, bagi pengguna website yang ingin menggunakan versi sebelumnya, tentu saja masih bisa dilakukan dengan pertimbangan biaya yang jauh lebih terjangkau.

1. Versi Website 1.0

Saat pertama kali kemunculannya, website 1.0 menjadi teknologi yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Pertama kalinya, website 1.0 banyak dikeluarkan untuk kepentingan pribadi, sehingga bisa digunakan untuk sharing mengenai personal branding para penggunanya.

Website 1.0 hanya bisa menampilkan website statis, sehingga kontennya dianggap monoton dan sulit mengalami perubahan.

Para developer mengembangkannya dengan memilih program HTML dan hanya menyediakan komunikasi satu arah.

Pada kemunculan website 1.0 masyarakat tampak belum terlalu antusias untuk menggunakan, karena tidak memberikan dampak yang signifikan.

Namun, pada era saat itu kehadiran teknologi website tentu saja sudah dianggap sangat luar biasa.

2. Versi Website 2.0

Jenis website berdasarkan perkembangannya versi 2.0 hadir pada pertengahan tahun 2003.

Berbeda dengan website 1.0, kini Anda bisa menggunakannya untuk melakukan interaksi 2 arah, sehingga cukup menarik beberapa kalangan untuk mulai memanfaatkannya.

Pada versi 2.0 inilah bermunculan website pengelola media sosial yang hingga saat ini semakin populer.

Tidak hanya itu, banyak juga website komunitas yang muncul untuk menampung aspirasi masyarakat, berdiskusi, dan mengeluarkan pendapat mengenai topik tertentu.

Perkembangan website kian pesat dan banyak melibatkan orang didalamnya.

Tidak lama kemudian, muncullah versi website 3.0 yang semakin canggih. Versi terbaru website tersebut sampai saat ini terus mengalami pengembangan hingga digunakan dalam berbagai bidang.

3. Versi Website 3.0

Website versi 3.0 mengalami banyak pembaruan dan memberikan kemudahan signifikan pada manusia dalam menyelesaikan pekerjaan.

Situs ini mengusung web semantik, dimana mampu menghasilkan konten yang mudah dipahami oleh manusia dan komputer.

Perangkat ini sudah mencakup AI mampu menyimpan data dalam jumlah besar, membuat manusia bisa berkomunikasi dengan mesin pencarian, dan memberikan beragam informasi spesifik.

Website 3.0 sudah mampu menghasilkan segala hal yang dibutuhkan oleh manusia.

Ragam Website Berdasarkan Platform yang Digunakan

Website untuk Kepentingan Bisnis

Dalam menjalankan prosesnya, tentu saja sebuah website didukung oleh beberapa platform sehingga bisa menjalankan operasi software secara optimal.

Dari sinilah para developer website bisa melakukan perubahan untuk membuat websitenya semakin canggih dan bisa di akses untuk keperluan berbagai hal.

1. Content Management System (CMS)

Jenis website berdasarkan platform berkaitan dengan CMS (Content Management System).

CMS merupakan platform populer yang biasa dimanfaatkan dalam pembuatan website. Peran CMS digunakan oleh developer untuk bisa menciptakan konten yang profesional.

Biasanya orang yang ingin menekuni dunia website diharuskan untuk memahami terlebih dahulu tentang bahasa pemrograman.

Namun dengan kehadiran platform CMS, Anda tidak perlu bingung lagi karena bisa menciptakan website lebih cepat tanpa harus menguasai bahasa pemrograman.

Bagi Anda yang belum memiliki budget terlalu tinggi bisa menggunakan jenis CMS WordPress.

CMS tersebut menawarkan cara kerja tersendiri dan biayanya relatif terjangkau. Sedangkan CMS lainny seperti Blogger, Magento, Joomla, dan sebagainya membutuhkan budget cukup besar.

2. Website Builder Platform

Selain menggunakan CMS yang sangat memudahkan, Anda juga bisa menerapkan website builder platform.

Para penggunanya tidak diharuskan untuk memahami tentang design web yang menarik dan bahasa pemrograman yang bisa digunakan dalam mengembangkan website.

Website builder yang paling sering ditemui di Indonesia seperti Site Builder, Wix, MySCH, dan Weebly.

Penggunaan platform dari website builder memang sangat memudahkan, karena Anda akan mendapatkan layanan hosting, domain, dan template sekaligus dengan harga terjangkau.

Manakah yang ingin Anda terapkan dalam website?

Ada banyak Jenis website lainnya yang bisa digunakan dengan keunggulan masing-masing.

Biasanya semakin profesional platform website, maka harganya akan semakin mahal dan impact yang diberikan lebih besar.

3. Website CSS dan HTML

Platform website terakhir yang bisa Anda gunakan yaitu CSS dan HTML.

Pada jenis website 1.0, kedua platform sudah sering digunakan sehingga masuk dalam kategori platform dasar.

Namun, konten yang bisa disediakan lewat platform CSS dan HTML masih bersifat statis atau kaku.

Berbeda dengan platform-platform sebelumnya, Anda yang ingin menggunakan HTML dan CSS harus memiliki keterampilan pemrograman khusus.

Kalau tidak mampu menguasainya, maka lebih baik meminta bantuan layanan dari website developer profesional.

Hal itulah yang membuat CSS dan HTML tidak mudah diterapkan oleh sembarang orang. Platform dianggap sulit dan membutuhkan waktu lama dalam penerapannya.

Selain itu, konten yang disediakan dalam website juga tidak bisa dirubah dalam waktu yang cepat.

Manfaat Keberadaan Website Dalam Berbagai Bidang

Manfaat Keberadaan Website Dalam Berbagai Bidang

Setidaknya ada beberapa fungsi konkret dari keberadaan website yaitu komunikasi, informasi, hiburan, dan juga transaksi.

Kini peran website semakin menyeluruh dalam berbagai bidang seperti pemerintahan, bisnis, pendidikan, dan juga personal branding sesuai dengan penjelasan di bawah ini.

1. Sebagai Pusat Informasi

Website mampu menampilkan berbagai konten dalam bentuk tulisan, grafik, dan gambar yang mudah dipahami semua orang.

Keberadaan website bisa digunakan sebagai pusat informasi bagi masyarakat dan bisa di akses dengan mudah.

2. Proses Transaksi Mudah Dilakukan

Beberapa jenis website yang bergerak dalam bidang bisnis memberi kemudahan antara produsen dan pembeli dalam melakukan transaksi.

Untuk bisa mendapatkan suatu barang atau jasa, maka Anda tinggal melakukan transfer, kredit, atau membayar via dompet digital.

3. Sebagai Sarana Komunikasi

Kehadiran website teknologi bisa digunakan sebagai sarana komunikasi 2 arah yang melibatkan banyak orang didalamnya.

Dalam prakteknya, pengembang website menggunakan pemrograman web untuk menciptakan chatting form, panggilan, form kontak, dan sarana komunikasi lainnya.

4. Sebagai Sarana Hiburan

Ada banyak sekali website yang menyediakan berbagai konten menghibur bagi tiap orang yang menontonnya.

Website bisa menyatukan elemen dalam bentuk gambar, animasi, dan lainnya kemudian menginterpretasikannya dalam berbagai data yang dibutuhkan.

Perkembangan website dari sejak awal kemunculannya memang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya.

Kategori website sendiri dibagi dalam 4 jenis yaitu berdasarkan kegunaan, platform pembuatannya, generasi atau perkembangan, dan juga sifatnya.

Mayoritas masyarakat mungkin hanya mengetahui pembagian website berdasarkan kontennya seperti bisnis, berita, pendidikan, pemerintahan, dan lain-lain.

Padahal sebenarnya masih ada banyak jenis website yang sering kali diterapkan dalam aktivitas sehari-hari.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar