Pengertian Pamflet: Fungsi, Tujuan, Jenis, Kekurangan & Kelebihan

Pengertian Pamflet

Beberapa orang sudah pasti pernah mendengar kata pamflet, namun terkadang mereka masih belum mengenal pamflet itu sendiri, bahkan pengertian pamflet saja tidak tahu. Padahal pamflet apabila dimanfaatkan dengan baik dan tepat bisa menjadi media untuk mencapai sesuatu.

Jadi sebelum menggunakan dan memanfaatkan pamflet, sebaiknya cari tahu lebih dalam tentangnya, agar tujuan penggunaan pamflet bisa tercapai. Karena kriteria dalam membuat pamflet yang baik bisa terpenuhi.

Salah satunya yaitu pamflet bisa digunakan sebagai media untuk konten untuk marketing. Dengan memahami betul mengenai pamflet dan segala aspeknya, maka konten yang diinginkan atau dikonsepkan juga bisa dapat terwujud dengan baik.

Pengertian Pamflet

Pengertian Pamflet

Pamflet merupakan salah satu bentuk dari media dalam pemasaran. Menurut KBBI, pamflet yaitu surat selebaran, dimana memiliki ukuran yang tidak tebal dan di dalamnya berisi tulisan tentang suatu hal.

Di dalam pamflet selain berisi tulisan juga dilengkapi dengan gambar, tujuannya yaitu untuk menarik minat banyak orang agar mau membaca keseluruhan isi dari pamflet. Umumnya pamflet memuat informasi mengenai suatu produk jasa yang ditawarkan.

Namun, informasi tersebut umumnya hanya memiliki sifat edukatif saja. Dilansir dari laman PRI Graphics, pengertian pamflet yaitu sebuah media untuk pemasaran yang memiliki fokus pada produk atau jasa yang diberikan, manfaat dan juga bagaimana penggunaanya.

Pamflet biasanya dibagikan kepada orang lain oleh pihak dari pembuat pamflet atau ditempel pada dinding, pohon, tempat umum lainnya yang ramai dikunjungi orang, sehingga potensi orang melihat pamflet tersebut akan semakin tinggi.

Secara umum, pamflet lebih banyak ditujukan dalam rangka meningkatkan awareness seseorang mengenai sesuatu, dalam hal ini bisa mencakup produk, jasa, acara dan lain sebagainya. Selain itu, desain dari pamflet juga dibuat semenarik mungkin dengan bahan kertas yang bagus.

Ukuran dari pamflet sendiri yaitu menggunakan kertas A4 atau kertas dengan ukuran 8,5 inch x 11 inch. Pamflet ini dicetak secara bolak-balik dan juga dibuat tanpa adanya jilidan.

Ciri-Ciri dari Pamflet

Ciri-Ciri dari Pamflet

Walaupun sudah mengetahui pengertian pamflet, namun apabila tidak memahami ciri-cirinya akan membuat orang tetap kebingungan.

Beberapa akan merasa kesulitan membedakan antara pamflet dengan jenis media promosi lainnya yang hampir serupa.

Jadi pamflet juga memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya beda dengan jenis dari media cetak lainnya.

Seperti menggunakan bahasa yang lebih singkat, jelas dan padat, sehingga akan membuat pembacanya lebih bisa memahami isi yang dimuat dalam pamflet.

Selain penggunaan bahasa yang lebih singkat untuk isi kontennya, bahasa yang digunakan juga lebih bersifat persuasif.

Hal tersebut memiliki tujuan yaitu agar bisa membuat pembaca bisa terpengaruh dan mau untuk melakukan tindakan yang diharapkan.

Informasi yang terdapat di dalam pamflet bersifat aktual atau baru. Selain itu, pamflet juga biasanya dilengkapi dengan gambar, tujuannya yaitu agar orang tertarik dan juga bisa membantu dalam memahami isi dari pamflet.

Ciri-ciri dari pamflet bisa dirangkum menjadi poin-poin berikut ini:

  • Pamflet biasanya berisikan penawaran mengenai suatu produk atau jasa.
  • Isinya dijelaskan secara singkat, jelas dan padat, sehingga informasi di dalam pamflet bisa dengan mudah dipahami.
  • Menggunakan bahasa yang bersifat persuasif, yaitu tulisan yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi pembacanya agar bisa melakukan sesuatu seperti yang dimuat dalam pamflet.
  • Isi yang terdapat dalam pamflet yaitu berisi informasi yang aktual dan juga berkaitan dengan hal kekinian atau up to date.
  • Gambar pendukung yang terdapat di dalam pamflet jelas agar pembaca bisa lebih mudah untuk memahami maksud dari isi pamflet.

Manfaat dari Pamflet

Manfaat dari Pamflet

Walaupun sekarang ini sudah banyak media yang bisa digunakan untuk menyampaikan suatu informasi. Namun, pamflet masih tetap digunakan karena penggunaan dari pamflet memiliki banyak manfaat.

Pengertian pamflet yaitu sebuah sebuah media yang digunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran.

Kegiatan pemasaran tentu menjadi bagian penting bagi suatu perusahaan, karena produk atau jasa yang dihasilkan perlu dikenalkan kepada orang banyak.

Apabila orang-orang tidak mengenal mengenai produk atau jasa tersebut, bahkan sama sekali tidak tahu akan keberadaanya, bagaimana orang bisa membelinya.

Penggunaan pamflet masih tetap digunakan sekarang ini tentunya bisa disebabkan oleh banyak alasan. Salah satunya yaitu karen pamflet memiliki berbagai manfaat yang banyak. Berikut ini  merupakan beberapa manfaat dari penggunaan pamflet:

1. Bisa menjadi media promosi dengan biaya yang hemat

Pengertian pamflet yaitu surat selebaran, seperti yang tercantum dalam KBBI. Jadi hanya dari surat selebaran bisa menyampaikan informasi untuk mengenalkan suatu produk atau jasa. Hal tersebut yang membuat pamflet masih banyak digunakan sebagai media promosi.

Pamflet merupakan salah satu media promosi yang dalam proses pembuatannya tidak membutuhkan biaya yang besar. Bahkan tidak hanya proses pembuatannya, proses pendistribusiannya juga terbilang cukup murah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pamflet tergolong sederhana dan juga murah. Selain itu, proses pendistribusiannya bisa dilakukan sendiri oleh pembuat pamflet dengan menyebarkannya di sepanjang jalan atau bisa langsung kepada pelanggan.

Menekan biaya cost dalam dunia bisnis tentu sangat penting, maka dari itu dengan menggunakan pamflet dalam kegiatan promosi bisa membuat biaya cost menjadi berkurang.

2. Memberikan informasi

Pamflet merupakan media yang berisikan mengenai informasi tentang suatu hal, bisa seputar produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Tujuannya yaitu untuk mengenalkan produk atau jasa tersebut kepada orang banyak.

Sebagai salah satu media yang digunakan untuk melakukan kegiatan promosi, pamflet bisa memberikan informasi yang tidak terbatas.

Hal tersebut tentu berbeda dengan kegiatan promosi melalui pemasaran digital yang harus memperhatikan jumlah karakter yang digunakan.

Informasi di dalam pamflet bisa dicantumkan sebanyak yang dimau, namun harus tetap terlihat menarik dan juga teratur.

Karena salah satu poin yang bisa membuat orang tertarik untuk membacanya juga dikarenakan isi atau konten yang terdapat di dalam pamflet.

Walaupun tidak ada batas penggunaan karakter, sebaiknya informasi ditulis dalam penggunaan bahasa yang singkat, jelas dan padat. Tulisan yang terlalu bertele-tele akan membuat pembaca bosan pada saat membaca isi pamflet.

Hal tersebut malah bisa membuat poin yang ingin disampaikan tidak dapat diterima dengan baik. Jadi penting untuk memperhatikan penggunaan bahasa agar manfaat dari pamflet bisa didapat dengan baik.

3. Meningkatkan awareness

Pengertian pamflet selama ini dikenal sebagai media untuk mengenalkan suatu produk atau jasa yang ditawarkan, padahal pamflet juga bisa digunakan untuk meningkatkan awareness seseorang.

Hal tersebut dikarenakan, umumnya bahasa yang digunakan di dalam pamflet bersifat persuasif.Kalimat yang memiliki sifat persuasif bisa mempengaruhi orang lain untuk mengikuti atau melakukan tindakan, sesuai dengan yang tercantum di dalam pamflet.

Jadi kalimat tersebut biasanya berupa ajakan atau himbauan yang positif, memberikan sebuah anjuran dan juga memberikan informasi. Hal itulah yang membuat pamflet bisa meningkatkan awareness seseorang.

Baca Juga: Personal Branding : Pengertian, Manfaat dan Contoh

Tujuan dari Pamflet

Tujuan dari Pamflet

Pamflet memiliki kegunaan yang baik dalam proses komunikasi di dalam bisnis. Secara spesifik, tujuan dari pamflet itu sendiri yaitu untuk mengedukasi, menginformasikan mengenai suatu hal dan juga menghibur pembacanya.

Sedangkan pada umumnya, pamflet bisa digunakan untuk mempromosikan suatu slogan dan juga pesan.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, isi dari pamflet semakin beragam bentuknya. Pamflet bukan lagi menjadi media untuk promosi saja.

Pamflet sendiri memiliki tiga tujuan utama dalam penggunaanya, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Untuk mempromosikan suatu produk dari perusahaan baik itu dalam bentuk barang ataupun jasa.
  • Memberikan sebuah pembelajaran atau edukasi tentang suatu hal kepada pembacanya.
  • Menarik perhatian dari pembaca, sehingga bisa mempengaruhi pembaca untuk mengikuti pesan yang ingin disampaikan di dalam pamflet.

Jenis-Jenis Pamflet

Jenis-Jenis Pamflet

Setelah memahami mengenai pengertian pamflet, hal lain yang perlu diketahui seputar pamflet yaitu tentang jenis-jenisnya. Jadi pamflet memiliki banyak jenisnya, yang dibagi berdasarkan pada masing-masing bidang pembahasan.

Jadi pamflet tidak hanya membahas mengenai produk berupa barang atau jasa dari perusahaan saja, namun juga bisa mencakup beberapa aspek bidang. Karena selain digunakan untuk memberikan informasi, pamflet juga bisa meningkatkan awareness seseorang mengenai suatu hal.

Hal tersebut tidak selalu mengenai dunia bisnis saja, tapi bisa juga mengenai hal lainnya. Untuk mengetahui lebih dalam tentang jenis-jenis pamflet, simak penjelasan berikut ini:

1. Pamflet niaga

Jenis pamflet niaga berisikan tentang produk-produk yang ditawarkan, dan isi kontennya biasanya selalu diiming-iming dengan hal-hal seperti, diskon besar-besaran atau berbagai bonus-bonus menarik yang didapatkan apabila membeli produk tersebut.

Selain itu, di dalamnya akan lebih banyak membahas berbagai spesifik dari produk dan juga kelebihan atau keunggulan dari produk tersebut. Tujuannya tentu agar pembaca bisa terpengaruh dan juga tertarik untuk membeli produk tersebut.

Penggunaan pamflet untuk kegiatan promosi dalam peluncuran produk-produk baru masih banyak digunakan oleh orang-orang, karena selain bisa menjangkau target yang tepat, biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi juga bisa ditekan.

Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis bisa menjadi berkurang. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

Pamflet niaga ini menjadi jenis pamflet yang paling banyak digunakan, oleh sebab itu orang-orang selalu mengira pengertian pamflet hanya seputar mengenai media untuk sarana perdagangan saja.

2. Pamflet politik

Selain dalam kegiatan bisnis, pamflet juga bisa digunakan pada bidang politik. Penggunaan pamflet di bidang politik biasanya digunakan sebagai media yang digunakan untuk keperluan politik, seperti pada kampanye. Jadi isi dari pamflet tersebut berisikan mengenai kegiatan politik.

Tujuan dari pamflet ini yaitu mengajak para pembacanya untuk memilih calon-calon yang diajukan oleh suatu partai politik. Dalam hal ini bisa dalam hal pemilihan presiden, gubernur, bupati, DPR, lurah dan lain sebagainya.

Jadi isi atau konten yang terdapat dalam pamflet biasanya mengenai nama dari calon, dan juga berbagai informasi yang bisa memberikan kesan baik agar pembaca menjadi terpengaruh dan berakhir memilih calon tersebut.

Penggunaan pamflet dalam kegiatan politik masih efektif digunakan, karena bisa menjangkau seluruh kalangan. Golongan orang-orang yang sudah berumur biasanya kurang up to date mengenai berita dan juga informasi mengenai hal tersebut.

Jadi dengan menggunakan pamflet orang-orang yang tidak memiliki waktu atau sarana untuk mengikuti informasi tersebut, masih tetap bisa terjangkau.

3. Pamflet pendidikan

Jenis pamflet pendidikan merupakan pamflet yang dibuat untuk keperluan mengenai suatu hal yang terkait dalam bidang pendidikan.

Pamflet ini bisa berisikan mengenai informasi seperti kegiatan seminar pendidikan, berbagai lomba-lomba pendidikan untuk siswa atau guru, dan lain sebagainya.

Jadi tujuan dari dari pamflet pendidikan ini memberikan informasi seputar pendidikan dan juga untuk mengedukasi pembacanya. Maka dari itu target dari pamflet pendidikan yaitu para siswa, guru, mahasiswa maupun dosen.

Pamflet pendidikan biasanya lebih terkesan formal namun tetap dikemas dengan cara yang menarik. Hal tersebut tentu bisa membuat pembaca lebih tertarik untuk membacanya. Terutama untuk kalangan siswa, yang terkadang tertarik dengan hal-hal yang bersifat visual.

4. Pamflet kegiatan

Pamflet kegiatan adalah jenis pamflet yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah informasi mengenai suatu kegiatan, yang ditujukan kepada pembaca agar bersedia untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Contoh dari kegiatan yang dimaksud bisa bermacam-macam, bisa mengenai kegiatan keagamaan, kegiatan seminar, acara festival musik dan lain sebagainya.

Biasanya kegiatan- kegiatan yang dimaksud ditujukan untuk mencari audience atau penonton untuk meramaikan acara tersebut. Target dari orang-orang yang dituju bisa dari golongan tertentu atau bisa untuk masyarakat umum.

Namun kebanyakan ditujukan untuk umum, terutama untuk kegiatan yang membutuhkan penonton banyak. Pendistribusian dari pamflet ini bisa dibagikan langsung kepada orang-orang, atau bisa juga ditempel pada lokasi-lokasi yang potensial untuk dilihat banyak orang.

5. Pamflet pemerintah atau layanan masyarakat

Jenis pamflet pemerintah atau layanan masyarakat biasanya dikeluarkan oleh pemerintah.

Jadi pamflet ini berisikan informasi yang ditujukan kepada masyarakat umum. Informasi tersebut bisa berisikan mengenai beberapa hal menyangkut pemerintahan.

Informasi tersebut bisa mengenai masalah lokal, kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah untuk diikuti atau ditaati oleh masyarakat, penyuluhan mengenai program-program dari pemerintah, dan lain sebagainya.

6. Pamflet budaya

Biasanya jenis pamflet budaya banyak digunakan untuk memberikan sebuah informasi mengenai kebudayaan dari suatu negara. Informasi yang termuat di dalamnya bisa berupa data geografi, demografi, populasi, statistik dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Pamflet

Kelebihan dan Kekurangan Pamflet

Selain dengan mengetahui pengertian pamflet, cara untuk mengetahui dan memahami lebih dalam mengenai pamflet yaitu bisa dengan melihat kelebihan dan kekurangannya.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka bisa menjadi acuan apakah menggunakan pamflet merupakan cara yang tepat untuk digunakan, agar bisa mencapai suatu tujuan tertentu.

Berikut ini merupakan kelebihan dan juga kekurangan dari pamflet:

1. Kelebihan pamflet

Kelebihan pamflet sebagai media untuk menyampaikan informasi yaitu sebagai berikut:

  • Proses pembuatan pamflet lebih mudah.
  • Tidak membutuhkan banyak waktu dalam proses pembuatan pamflet.
  • Pamflet memiliki jangkauan yang sangat luas.
  • Biaya yang dikeluarkan dalam proses pembuatan hingga pendistribusian tergolong murah.
  • Bisa lebih mudah untuk mengajak orang banyak untuk turut berpartisipasi.
  • Lebih mudah untuk dibawa kemana-mana, karena kecil dan ringan.
  • Pamflet memiliki banyak pilihan variasi yang tersedia, jadi bisa disesuaikan dengan konten yang akan dimuat di dalamnya.

2. Kelemahan pamflet

Selain memiliki banyak kelebihan yang sudah dijelaskan sebelumnya, pamflet juga memiliki kekurangan, yaitu dibutuhkan ketelitian dan juga ketepatan dalam mendesain pamflet.

Hal ini dikarenakan, pamflet yang memiliki desain yang buruk bisa berakibat fatal dan bisa membuat citra dari produk akan buruk di mata orang-orang.

Cara Membuat Pamflet

Cara Membuat Pamflet

Setelah mengetahui segala aspek mulai dari pengertian pamflet, berikut ini merupakan cara untuk membuat pamflet, yaitu sebagai berikut:

  • Sebelumnya tentukan terlebih dahulu tema atau subyek yang akan menjadi topik atau informasi yang akan dibahas sebagai isi atau konten dari pamflet.
  • Kumpulkan berbagai tulisan mengenai topik yang telah ditentukan dan atur semenarik mungkin.
  • Tentukan skema warna yang cocok digunakan untuk pamflet.
  • Aturlah layout dan juga komposisi ukurannya sedemikian rupa agar bisa terlihat pas dan menarik.
  • Pesan yang ingin disampaikan bisa dilengkapi dengan sebuah gambar, maka bisa dengan membuat sketsa terlebih dahulu dan juga penempatan dari tulisannya.
  • Ilustrasi yang dibuat harus berhubungan erat dengan headline yang ada, selain itu ilustrasi tersebut juga harus terpadu dengan keseluruhan penampilan pada pamflet.
  • Beri tambahan slogan yang terlihat mencolok.
  • Buatlah dalam pilihan warna yang kontras sehingga isi di dalamnya bisa dibaca dengan jelas.
  • Hindari penggunaan embel-embel yang tidak penting.
  • Gambar dibuat secara sederhana saja.
  • Jarak huruf, bentuk dan juga ukuran harus diperhatikan.
  • Poster yang baik yaitu apabila maksud yang ingin disampaikan bisa tercapai, cara mengujinya bisa dengan memperlihatkan kepada teman untuk menilai apakah maksud dari poster bisa didapat atau tidak.

Cara untuk mengetahui lebih dalam tidak hanya dengan mengetahui pengertian pamflet saja, namun juga harus mengerti berbagai aspek dari pamflet. Sehingga akan menambah pemahaman dan pengetahuan mengenai pamflet dan bisa membuat pamflet yang memiliki kriteria baik.

Baca Juga: Strategi Promosi Anti Gagal untuk Bisnis Anda Berikut

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar