Pengertian Promosi, Jenis-jenis Beserta Manfaatnya

Pengertian Promosi, Jenis-jenis Beserta Manfaatnya

Sederhananya pengertian promosi yaitu salah satu upaya untuk memperkenalkan produk atau jasa ke banyak orang.

Jadi, dengan melakukan promosi berharap bisa mendatangkan ketertarikan pelanggan terhadap jasa maupun produk yang ditawarkan.

Pengertian Promosi Secara Umum

Secara umum pengertian promosi adalah sebuah kegiatan untuk mengkomunikasikan merek, produk dan layanan kepada klayak umum.

Dengan kata lain pengertian promosi merupakan kegiatan untuk membuat banyak orang agar tertarik dan sadar untuk membeli produk.

Selain itu, makna lain dari promosi yaitu sebagai upaya dalam menawarkan produk kepada calon konsumen untuk menggunakan produk tersebut.

Jadi, sederhananya pelaksanaan produk ini untuk memperkenalkan produk.

Menurut Frandy Tjiptono, pengertian promosi merupakan sebuah komunikasi pemasaran untuk menyebarkan informasi secara luas agar dapat membujuk atau mempengaruhi target pasar.

Tujuan dari penerapan promosi ini agar produk dapat diterima oleh masyarakat secara luas.

Jenis-jenis Promosi

Jenis-jenis Promosi

Di perkembangan zaman seperti saat ini promosi dibagi menjadi beberapa jenis seperti physical Promotion, Promotion through digital media dan Promotion through traditional media.

Lebih jelasnya mengenai tiga jenis-jenis promosi, berikut ini penjelasannya.

1. Physical Promotions

Jenis promosi yang pertama yaitu physical Promotions. Sesuai dengan namanya biasanya jenis promosi ini banyak orang mengenalnya sebagai promosi fisik.

Lebih tepatnya dalam pelaksanaannya pada sebuah kegiatan atau acara tertentu.

Misalnya saja acara konser, pameran, event tertentu dan lain sebagainya. Biasanya dalam promosi ini penjual atau pemilik produk membuka sebuah booth atau stand untuk menampilkan produk-produknya.

2. Promotion Through Traditional Media

Promosi yang satu ini masuk dalam kategori sangat efektif karena bisa meningkatkan penjualan produk dengan cepat.

Sesuai dengan namanya Promosi ini memanfaatkan berbagai media seperti televisi, baliho, media cetak, banner dan lainnya.

Jika membandingkan dengan jenis promosi lainnya, promosi ini mempunyai kelebihan tersendiri yaitu bisa menjangkau calon konsumen dengan cepat.

Namun, sayangnya untuk menerapkan cara promosi ini membutuhkan biaya besar.

3. Promotion Through Digital Media

Jenis promosi ini memanfaatkan perkembangan teknologi canggih seperti saat ini.

Dengan kata lain promosi ini memanfaatkan berbagai pemasaran secara digital seperti memanfaatkan jaringan website, media sosial, search engine dan lain.

Banyak perusahaan maupun bisnis yang menerapkan promosi menggunakan media ini karena sangat ramah pengeluaran.

Mengingat modal hanya berupa koneksi internet dan juga tenaga untuk membuat konten promosi.

Baca Juga : Strategi Promosi Anti Gagal untuk Bisnis Anda

Manfaat Promosi yang Wajib Diketahui

Setelah mengetahui pengertian promosi tentunya harus tahu juga manfaatnya.

Hampir semua orang sudah memahami jika promosi mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan bisnis.

Dengan kata lain promosi mempunyai banyak sekali manfaat yang tentunya dibutuhkan untuk keberlangsungan bisnis.

Selengkapnya berikut ini beberapa manfaat tersebut.

1. Membangun Branding Usaha

Salah satu manfaat utama dari promosi yaitu dapat membangun branding.

Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis seperti untuk mengetahui jika branding sangat penting untuk keberlangsungan bisnis.

Dengan manfaat tersebut tak heran saat ini para pebisnis menerapkan promosi.

Mengingat dengan melakukan promosi ini dapat memperkenalkan apa yang menjadi keunikan produk.

Selain itu, promosi juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan visibilitas merek produk agar lebih tinggi.

Baca Juga : 18+ Ide Peluang Bisnis Online Terbaik Paling Menguntungkan 2022

2. Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan

Pelanggan dalam sebuah bisnis mempunyai peranan yang sangat penting, maka dari itu sudah seharusnya bisa menjalin komunikasi sebaik mungkin.

Salah satu cara paling efektif untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan yaitu melakukan promosi.

Tentunya untuk melakukan promosi bisa melakukannya dengan berbagai cara.

Misalnya saja memberikan potongan harga, melakukan giveaway dan lain sebagainya. Cara sederhana itulah yang nantinya akan meningkatkan hubungan yang baik dengan pelanggan.

3. Meningkatkan Awareness Tentang Produk Baru

Manfaat lain Jika melakukan promosi yaitu dapat meningkatkan awareness produk.

Terutama dalam hal ini untuk mengenalkan produk baru. Biasanya sekalipun sudah menjadi pelanggan jika tidak adanya promosi dari pemilik produk, maka tidak akan mengetahui apa saja produk baru yang tersedia.

Tidak hanya itu, menerapkan cara ini juga sangat efektif untuk mempromosikan produk yang sudah lama ada.

Mungkin saja pelanggan baru belum mengetahui produk yang lama, sehingga dengan adanya promosi ini bisa menjadi solusinya.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Penerapan promosi juga bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas dari pelanggan.

Tentunya hal tersebut bisa berdampak pada peningkatan jumlah pesanan. Sedangkan saat ini terfokus pada pelanggan lama yang terkadang jarang berbelanja lagi karena beberapa faktor.

Misalnya saja karena budget sedang terbatas atau tidak membutuhkan produk tersebut.

Namun, dengan adanya promo seperti potongan harga, sekalipun pelanggan lama akan tertarik untuk membeli produk tersebut.

5. Membentuk Karakter yang Berbeda

Manfaat lain jika melakukan promosi untuk perkembangan bisnis yaitu menunjukkan karakter berbeda.

Maksudnya, dengan melakukan promosi bisa menunjukkan bagaimana keunikan dari produk atau brand.

Biasanya calon pembeli akan membandingkan dari tampilan promosi antara produk Anda dengan kompetitor lainnya.

Tentunya semakin unik cara promosi, semakin besar juga peluang untuk mendapatkan banyak pelanggan.

6. Menarik Pelanggan Baru

Membahas mengenai manfaat bunga sempurna tidak ada habisnya. Misalnya saja manfaat yang satu ini yaitu untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan baru.

Mengingat setiap orang pasti menginginkan membeli produk dengan harga promo atau diskon.

Semakin sering melakukan promosi dengan menawarkan berbagai promo, semakin banyak juga konsumen yang akan tertarik membeli.

Maka dari itu untuk mendapatkan manfaat ini pastikan menetapkan target atau sasaran pasar terlebih dahulu.

7. Menciptakan Peluang Marketing Tradisional

Seringkali saat ini pemasaran secara tradisional sudah tidak lagi berguna. Padahal sebenarnya promosi seperti ini juga berdampak penting pada perkembangan bisnis.

Mengingat promosi dharma melalui orang ke orang Justru lebih meningkatkan kepercayaan.

Maka dari itu menerapkan promosi dengan semenarik mungkin juga dapat meningkatkan peluang market yang tradisional.

Contoh sederhananya Jika ada salah satu orang yang mengetahui promo tersebut, biasanya akan memberitahukan kepada orang terdekatnya.

8. Meningkatkan Penjualan

Sudah jelas jika pelaksanaan promosi bertujuan agar penjualan mengalami peningkatan.

Maka dari itu, penting sekali melakukan promosi secara optimal. Maksudnya, promosi tidak hanya memperhatikan bagaimana caranya.

Namun, penting juga untuk memperhatikan berapa kali dalam melakukan.

Jadi, lebih sering melakukan promosi, maka lebih banyak juga peluang untuk mendapatkan penjualan. Idealnya promosi dilakukan dalam satu bulan sebanyak 3 kali.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Produk Terbaru 2022

Hal yang Harus Dihindari saat Promosi

Hal yang Harus Dihindari saat Promosi

Meskipun pelaksanaan promosi bisa dengan berbagai cara, tapi bukan berarti bisa secara sembarangan.

Dengan kata lain sudah seharusnya menghindari beberapa hal yang memang dapat merugikan bisnis itu sendiri.

Lebih jelasnya berikut ini beberapa hal tersebut.

1. Mengabaikan Respon Pembeli

Hal pertama yang cukup penting dan tidak boleh terlewatkan saat melakukan promosi yaitu mengabaikan respon dari pembeli.

Apalagi jika anda melakukan promosi melalui berbagai media sosial seperti Instagram atau Facebook, sudah pasti akan mendapat banyak komentar dari calon pembeli.

Bagaimanapun responnya, pastikan jika anda memberikan respon terbaik.

Selain itu, penting juga untuk menghindari pemberian respon buruk, karena bisa berpengaruh terhadap kepercayaan calon pembeli.

2. Tidak Mempunyai Tujuan Jelas

Hindari poin yang satu ini jika ingin promosi berjalan dengan lancar dan tentunya sesuai dengan harapan.

Dengan kata lain apapun promosinya, pastikan mempunyai tujuan yang jelas.

Misalnya saja saat membuat sebuah konten promosi, pastikan mempunyai tujuan Untuk menjangkau banyak audiens.

Begitu juga sebaliknya jika tujuan dalam promosi tidak jelas, maka kemungkinan besar promosi tersebut akan sia-sia. Maka dari itu, tidak ada salahnya juga jika terlebih dahulu membuat perencanaan dalam melakukan promosi.

3. Tidak Memiliki Komitmen untuk Jangka Panjang

Melakukan promosi tanpa adanya jangka panjang sama halnya dengan sia-sia.

Apalagi jika anda dalam pelaksanaan promosi memanfaatkan media sosial, sudah pasti harus bisa mempunyai kemampuan tinggi. Banyak namanya media sosial akan selalu eksis dalam jangka panjang.

Padahal itu memanfaatkan sebaik mungkin media sosial yang ada untuk melakukan promosi lebih maksimal.

Meskipun akan berhadapan dengan berbagai tantangan, pastikan tetap semangat menjalaninya.

4. Terlalu Serius dan Kaku

Menghindari poin ini sangatlah penting, karena jika pelaksanaan produksi terlalu kaku dan serius, maka hanya akan terbuang sia-sia.

Begitu calon pembeli aku mengetahui promosi seperti itu tidak akan tertarik untuk membeli produk.

Alangkah baiknya jika melakukan promosi menggunakan konten yang cenderung menghibur. ‘

Boleh saja konten lawak tapi tetap memuat promosi produk. Tanpa disadari berawal dari keseruan konten tersebut banyak calon pembeli yang tertarik dengan produk.

5. Melewatkan Riset

Perlu untuk mengetahui riset dalam melaksanakan bisnis mempunyai peranan yang sangat penting.

Maka dari itu menjadi sebuah kesalahan jika sebelum melakukan promosi melewatkan riset terlebih dahulu.

Pelaksanaan reset ini memberikan manfaat tersendiri untuk mengetahui bagaimana kondisi pasar.

Bahkan, sudah banyak juga yang mengalami kerugian karena tidak melakukan riset terlebih dahulu sebelum promosi.

Intinya pelaksanaan riset ini bermanfaat untuk mengetahui kondisi sesungguhnya di pasar agar bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Membuat Konten Tidak Jelas

Hindari juga kebiasaan membuat konten yang tidak jelas. Perlu tahu jika konten seperti ini justru akan membuat calon konsumen merasa ragu membeli produk.

Jika perlu, tidak ada salahnya untuk mencari referensi bagaimana konten bukti yang baik.

Manfaatkan berbagai media sosial untuk mengetahui bagaimana referensi konten yang saat ini sedang populer.

Begitu juga dalam pembuatan konten pastikan sama maksimal mungkin agar lebih mudah menarik minat banyak pembeli.

7. Kurang Memahami Target Pasar

Salah satu faktor dalam kesuksesan melaksanakan promosi karena dapat memahami target pasar.

Begitu juga sebaliknya, jika tidak mempunyai kemampuan tersebut, maka Jangan harap jika promosi biasa berhasil.

Setidaknya sebelum melakukan promosi penting untuk mempertimbangkan beberapa pertanyaan seperti berapa usia konsumen, Apa hobi mereka dan jenis kelamin. Bahkan, tidak ada salahnya juga untuk mengetahui berapa pendapatannya.

Contoh Promosi yang Populer Saat Ini

Cari penjelasan sebelumnya kesimpulannya promosi mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis.

Maka dari itu penting untuk menerapkannya secara rutin. Jika bingung ingin promosi seperti apa, mungkin bisa menerapkan beberapa contoh seperti berikut ini.

1. Coupons

Sesuai dengan namanya sebenarnya promosi yang satu ini sudah paling umum. Dimana promosi menggunakan kupon lebih banyak menarik minat calon pembeli.

Selain itu, contoh promosi seperti ini juga bisa membantu memperkenalkannya ke lebih banyak orang.

Adapun salah satu contoh dari promosi ini seperti setiap pembelian mendapatkan kupon.

Jadi, pentingnya kupon tersebut dikumpulkan untuk mendapatkan produk gratis. Meskipun terlihat sangat sederhana, tapi cara ini cukup efektif.

2. Flash Sale

Istilah yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia yang suka berbelanja secara online.

Ya, flase sale atau penjualan dengan waktu singkat ini semakin banyak peminatnya karena biasanya harganya jauh lebih terjangkau.

Bahkan, harga produknya bisa lebih murah 50% dari harga aslinya. Selain itu, menerapkan cara promosi ini juga membuat para calon konsumen berbondong-bondong untuk membeli produk Anda agar tidak kehabisan.

3. Buy One Get One Free

Contoh lain promosi yang saat ini cukup populer yaitu membeli satu barang mendapatkan gratis satu.

Jadi, setiap melihat promosi seperti ini, pasti ada keinginan untuk segera membelinya. Maka dari itu, jika ingin sukses dalam promosi pastikan menerapkan cara ini.

Meskipun terlihat sangat sederhana, tapi nyatanya cara ini cukup efektif untuk menarik banyak pembeli.

Namun, pastikan dalam menerapkan contoh ini sudah menyiapkan stok produk dalam jumlah banyak agar tidak ada pembeli yang kecewa.

4. First Order Discount

Sesuai dengan namanya contoh promosi yang satu ini memang memberikan diskon kepada pembeli pertama.

Jadi, dengan adanya pengumuman promosi seperti ini, calon konsumen akan berbondong-bondong untuk segera membeli produk Anda.

Sedangkan untuk menawarkan promosi seperti ini biasa membagikannya melalui berbagai media sosial.

Selain itu, bisa juga menawarkan berupa promo lain seperti bonus produk atau mendapatkan layanan lainnya.

5. Loyalty Program

Adapun contoh promosi lain yang cukup populer saat ini yaitu mengadakan program loyalti.

Perlu mengetahuinya jika cara promosi ini sangat efektif untuk menarik minat pembeli. Bahkan, menerapkannya bisa menjamin 75% Konsumen akan menyukai bisnis Anda.

Jadi, promosi seperti ini anda harus memberikan penghargaan kepada pembeli yang sudah berlangganan atau pembeli baru.

Selain itu, penghargaannya juga bisa berupa pemberian hadiah, bonus produk dan lainnya.

6. Promosi Cashback

Salah satu istilah dalam promosi yang saat ini cukup terkenal yaitu cashback atau pengembalian nominal tertentu.

Biasanya penerapan promosi seperti ini mengharuskan konsumen atau pembeli produk dengan minimal nominal tertentu.

Jadi, bagi Anda yang tertarik menerapkan cara ini bisa melakukannya pada acara atau hari tertentu.

Misalnya saja saat anniversary toko, menjelang hari raya dan hari besar lainnya. Selain itu, bisa juga memberikan cashback di tanggal-tanggal cantik.

7. Memberikan Tester Produk

Contoh promosi terakhir yang mungkin bisa menjadi pilihan yaitu memberikan tester produk.

Salah satu tujuan dari penerapan promosi ini agar pembeli mengetahui bagaimana kualitas dari yang Anda tawarkan.

Jadi, jika calon konsumen menganggap rasanya enak, maka sudah pasti akan ketagihan dan memutuskan untuk membeli.

Selain itu, Tidak ada salahnya juga untuk memberikan bonus tambahan bagi pembeli pertama setelah melakukan tester. Jadi, tanpa sadar contoh formula seperti ini sangat efektif untuk menarik minat calon pembeli.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai pengertian promosi, jenis-jenis dan contohnya.

Dari penjelasan ini kesimpulannya adalah promosi dengan menjalankan bisnis mempunyai peranan yang cukup penting.

Ibaratnya, bisnis tanpa promosi seperti sayur tanpa garam. Mengingat dari promosi Inilah nantinya akan meningkatkan jumlah penjualan.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Promosi, Jenis-jenis Beserta Manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.