6 Peran Manajer SDM dalam Menunjang Kesuksesan Perusahaan

6 Peran Manajer SDM dalam Menunjang Kesuksesan Perusahaan

Ketika seseorang ditanya mengenai apa saja peran manajer SDM di perusahaan, kebanyakan orang pasti akan menjawab sebagai penghubung penting di antara manajemen sumber daya manusia dan karyawan.

Hal ini memang benar adanya, namun ternyata seorang manajer SDM juga memiliki banyak sekali peranan penting di perusahaan yang bisa Anda ketahui di ulasan berikut ini.

Apa Saja Peran Manajer SDM di Setiap Perusahaan?

Apa Saja Peran Manajer SDM di Setiap Perusahaan

Penting untuk Anda ketahui, bahwa adanya sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan berkualitas, ternyata memberikan pengaruh yang cukup besar dalam hal perkembangan dan pertumbuhan perusahaan.

Yang mana dalam proses penyiapan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas, biasanya akan dimulai dari proses perencanaan sumber daya manusia yang dilakukan secara sistematis.

Berkaitan dengan hal tersebut, Human Resource Department (HRD) atau dikenal juga dengan istilah manajer SDM dikatakan memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan perencanaan SDM di setiap perusahaan.

Hal ini dikarenakan, tim manajer SDM biasanya akan bertugas penuh dalam kaitannya dengan pendayagunaan sumber daya manusia di perusahaan seefektif dan seefisien mungkin.

Tidak hanya itu saja, manajer SDM juga nantinya bisa saja menambah sumber daya manusia yang baru dari luar dengan proses perekrutan, jika ternyata ada kekurangan dalam melaksanakan tugas-tugas pokok di perusahaan.

Oleh sebab itulah, tidak mengherankan jika manajer SDM memiliki peranan penting di perusahaan.

Sebab tanpa adanya campur tangan dari seorang manajer SDM, bisa dipastikan perusahaan akan sulit untuk memperoleh karyawan terbaik dengan keahlian yang memang sedang dibutuhkan.

Apabila Anda penasaran mengenai apa saja peran manajer SDM di perusahaan, maka bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Merekrut dan Mempekerjakan Karyawan Baru

Salah satu peran manajer SDM yang terbilang paling utama di perusahaan, yakni membantu dalam hal merekrut dan mempekerjakan karyawan baru di dalamnya.

Dalam hal ini, seorang manajer SDM biasanya akan bertanggung jawab secara penuh yang erat kaitannya dengan proses perekrutan dan pencarian karyawan baru perusahaan.

Baik untuk dengan mengembangkan uraian pekerjaan, memposting iklan lowongan pekerjaan, melakukan peninjauan resume & lamaran karyawan, melakukan sesi wawancara dan melakukan negosiasi lamaran pekerjaan.

Ketika seorang manajer SDM berhasil memenuhi tanggung jawab tersebut dengan efektif, maka dipastikan kandidat yang dipilih akan mampu melaksanakan pekerjaan dengan tepat di perusahaan nantinya.

Yang mana, hal ini tentunya akan dapat membantu perusahaan dalam menghasilkan dan mempertahankan bakat karyawan yang diperlukan untuk kesuksesan nantinya.

Bahkan, hal ini juga akan membantu mempertahankan reputasi baik bagi pemberi kerja di pasar kerja.

Baca Juga : Contoh Job Desk Manager SDM di Perusahaan

2. Memberikan Pengembangan dan Pelatihan Terhadap Karyawan

Tidak banyak orang yang mengetahui, bahwasanya pengembangan dan pelatihan terhadap karyawan perusahaan merupakan aspek kunci terpenting dari peran manajer SDM.

Sebab dalam hal ini, seorang manajer SDM biasanya akan melakukan tanggung jawab penuh dalam memberikan pengembangan dan pelatihan kerja terhadap karyawan di perusahaan.

Yakni mulai dari mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, merancang & memberikan program pelatihan karyawan serta melakukan evaluasi terhadap efektivitas dari program pelatihan yang diselenggarakan.

Lewat pengembangan dan pelatihan karyawan perusahaan ini, maka para pekerja nantinya akan mendapatkan keterampilan dan pengetahuan baru.

Dimana, hal ini akan menjadikan kinerja dan kepuasan kerja di perusahaan menjadi lebih meningkat.

Di samping itu, adanya pengembangan dan pelatihan karyawan yang dilakukan manajer SDM ini, nantinya juga akan meningkatkan keterlibatan dan retensi karyawan untuk kesuksesan perusahaan.

3. Membantu Manajemen dan Penilaian Kerja Perusahaan

Pada dasarnya, seorang manajer SDM memiliki tanggung jawab penuh terhadap sistem manajemen sumber daya manusia dan juga penilaian kinerja karyawannya.

Dimana dalam hal ini, mereka biasanya akan melibatkan masalah penetapan standar & tujuan kinerja, memberikan feedback & pembinaan, melakukan evaluasi dan mengidentifikasi area untuk perbaikan perusahaan. Karena alasan itulah, karyawan penting mengetahui manajemen dan penilaian kinerja di perusahaan.

Yang mana, hal ini nantinya akan membantu karyawan perusahaan untuk memahami apa saja peran dan tanggung jawab mereka serta menyelaraskan prioritas dengan tujuan perusahaan.

Bahkan dengan adanya manajemen dan penilaian kerja dari peran manajer SDM, menjadikan karyawan mampu meningkatkan kualitas dan kinerjanya nanti di tempat kerjanya.

4. Mempromosikan Hubungan dan Keterlibatan Tenaga Kerja

Mengenai masalah hubungan dan keterlibatan karyawan yang positif, umumnya dikatakan sangat membantu dalam menunjang keberhasilan suatu perusahaan.

Ini dikarenakan, adanya hubungan dan keterlibatan karyawan tersebut dinilai dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif dan nyaman di dalamnya.

Tentu saja, ini akan dapat membantu meningkatkan moral karyawan, kepuasan kerja dan retensi karyawan itu sendiri.

Adapun dalam kaitannya dengan hal tersebut, peran manajer SDM memiliki andil besar dalam upaya mempromosikan hubungan dan keterlibatan karyawan yang positif, yang di dalamnya mencakup banyak aspek yang berbeda.

Dengan melakukan kegiatan tersebut, segala keluhan, masalah dan hal lain yang erat kaitannya dengan karyawan bisa ditangani dengan baik.

Terlebih lagi, hal ini juga dapat membantu menjadikan karyawan lebih termotivasi dan berdedikasi tinggi di perusahaan.

5. Melakukan Pengawasan Penuh Terhadap Kompensasi dan Tunjangan Karyawan

Peran manajer SDM di perusahaan yang juga tidak kalah penting, yaitu dengan melakukan pengawasan penuh terhadap masalah kompensasi dan tunjangan karyawan.

Dalam proses pengawasan yang dilakukan oleh manajer SDM, biasanya akan melibatkan beberapa hal seperti perancangan & penerapan paket tunjangan, penentuan rentang gaji karyawan dan lain-lain.

Ketika seorang manajer SDM mampu merancang kompensasi dan tunjangan yang selaras dengan standar industri, maka perusahaan akan mendapatkan banyak manfaat di dalamnya.

Baik itu berupa meningkatkan produktivitas kerja karyawan, menarik & mempertahankan kinerja yang baik dari karyawan, serta dapat meningkatkan keterlibatan dan loyalitas dari karyawan itu sendiri.

Tidak hanya itu saja, hal ini juga nantinya akan membantu manajer SDM perusahaan untuk menciptakan budaya tempat kerja yang lebih kondusif dan mendukung untuk karyawannya.

6. Memastikan Perusahaan Mematuhi Hukum dan Terhindar dari Masalah Hukum

Terakhir, manajer SDM juga memiliki peranan penting dalam upaya memastikan agar perusahaan sudah mematuhi segala aturan hukum dan terhindar dari masalah hukum.

Yang mana, disini pihak manajer SDM akan memastikan bahwa semua hal terkait ketenagakerjaan dan operasi yang dilakukan sudah sesuai dengan hukum dan etika yang berlaku. Baik itu menyangkut keselamatan kerja dan Undang-Undang Ketenagakerjaan di dalamnya.

Dalam hal ini, pihak manajer SDM juga biasanya akan berperan penting dalam mempromosikan beragam peluang kerja yang ada di perusahaan.

Adapun dalam melakukan kegiatan tersebut, pihak manajer SDM akan menerapkan berbagai kebijakan & prosedur, melatih karyawan seputar Undang-Undang dan aturan yang berlaku, serta menangani masalah atau pelanggaran kepatuhan.

Dari informasi yang sudah dibahas secara lengkap di atas, bisa kita simpulkan bahwa peran manajer SDM memang terbilang sangat besar bagi perusahaan.

Baik itu dari mulai merekrut dan melatih karyawan baru, memastikan kepatuhan terhadap hukum sampai dengan menjaga moral karyawan di perusahaan itu sendiri.

Baca Juga : Manajer Keuangan: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar