Rekomendasi Aplikasi ERP Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Anda!

Rekomendasi Aplikasi ERP Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Anda!

Kemajuan teknologi digital juga membawa kemudahan dalam pengelolaan kegiatan bisnis atau perusahaan, salah satunya dengan aplikasi ERP. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi ERP dengan fitur terbaik untuk perusahaan Anda.

ERP muncul sebagai inovasi untuk pengelolaan kegiatan bisnis, mulai dari keuangan, kegiatan produksi, pemasaran, promosi, pengelolaan karyawan, evaluasi, dan lain sebagainya. Lalu apa sebenarnya pengertian dari ERP?

ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan software atau perangkat lunak yang dapat membantu perusahaan untuk mengelola berbagai hal dalam bisnis.

Dengan adanya ERP, maka pengelolaan bisnis dapat dilakukan secara digital, sehingga lebih akurat dan optimal.

Baca Juga : Apa Pentingnya Trend Bisnis di Era Sekarang

Rekomendasi Aplikasi ERP Terbaik Untuk Bisnis

Saat ini, ada banyak sekali perangkat lunak dengan sistem ERP yang dibuat oleh berbagai perusahaan.

Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, berdasarkan fitur yang disediakan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan aplikasi ERP, pahami dulu rekomendasi aplikasi ERP terbaik berikut ini.

1. NetSuite ERP

Aplikasi NetSuite ERP merupakan salah satu aplikasi ERP yang cukup populer digunakan saat ini. Mengapa NetSuite populer dan banyak penggunanya?

Tentu karena ada banyak fitur yang dimiliki aplikasi ini yang dapat membantu kinerja operasional perusahaan dalam banyak hal.

Aplikasi ini menjadi andalan bagi banyak pelaku bisnis, terutama karena sistem pencatatan keuangan yang sangat rapi, terstruktur, dan akurat.

Fitur pencatatan keuangan pada aplikasi ini merupakan salah satu yang terbaik, termasuk dalam mengaudit pengeluaran perusahaan.

Baca Juga : Alasan Pentingnya Menyusun Pencatatan Keuangan dalam Bisnis

2. gtERP (Gamatechno Enterprise ERP)

Aplikasi ini juga biasa disebut Gamatechno Enterprise Suite (GES), yaitu salah satu aplikasi ERP dengan sistem terintegrasi yang dapat membantu dan memudahkan pengelolaan bisnis perusahaan Anda.

Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai bidang bisnis atau usaha.

Mulai dari fitur untuk pengelolaan bisnis pertambangan, konstruksi, manufaktur, retail, hotel, makanan, real estate, sekolah, proyek, institusi, logistik, keuangan, transportasi, dan lain sebagainya.

Tentu aplikasi ini menjadi rekomendasi aplikasi ERP terbaik untuk perusahaan Anda.

Beberapa modul yang dimiliki oleh aplikasi ini antara lain, Modul GtHR yang digunakan untuk pengelolaan data karyawan. Lalu Modul gtFinance, berfungsi untuk pengelolaan anggaran, keuangan, serta akuntansi perusahaan.

Selain itu, ada juga modul gtGA, yang digunakan untuk pengelolaan administrasi perusahaan secara digital, sehingga bisa menghemat penggunaan kertas.

Ada pula gtAsset, yang memang dirancang untuk membantu perusahaan dalam pengelolaan asset perusahaan. Selain yang disebutkan, ada pula jenis lainnya.

3. Brightpearl

Rekomendasi aplikasi ERP selanjutnya adalah Brightpearl yang juga banyak digunakan karena sistemnya sudah terintegrasi dengan berbagai platform online yang terkenal.

Mulai dari Amazon, Bay, BigCommerce, Magento, Shopify, dan platform online lainnya.

Oleh karena itu, keberadaan Brightpearl sangat membantu perusahaan untuk mengatur alur kerja di perusahaan.

Sistem ERP dalam aplikasi ini memungkinkan adanya pembaruan data penjualan secara real time, sehingga penghitungan stok di perusahaan akan lebih akurat.

Dengan penghitungan yang akurat ini, maka produksi perusahaan tidak akan kurang maupun berlebih.

Dalam hal ini, aplikasi Brightpearl ini juga membantu perusahaan untuk lebih efisien dalam penggunaan bahan-bahan produksi, sehingga meminimalisir dana terbuang sia-sia.

4. Oracle

Memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan, Oracle juga menjadi salah satu rekomendasi aplikasi ERP yang dapat digunakan untuk membantu pengelolaan bisnis Anda. Oracle memiliki keunggulan karena penggunaan cloud secara komprehensif pada sistemnya.

Aplikasi ini juga mengedepankan tampilan grafis secara real time, sehingga pengguna bisa melihat area kerja atau dashboard secara akurat.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur untuk pengelolaan data karyawan, keuangan, administrasi perusahaan, dan lain sebagainya.

5. Ecount ERP

Selanjutnya adalah Ecount ERP, yang juga banyak digunakan terutama oleh bisnis kecil maupun menengah, karena sangat fungsional untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Ecount ERP juga sudah mengintegrasikan berbagai fitur untuk membantu pengelolaan perusahaan.

Mulai dari fitur untuk sistem penggajian, manajemen pembelian, pengeluaran perusahaan, anggaran, manufaktur, serta fungsi akuntansi lain yang diperlukan oleh perusahaan. Untuk pengaturan dan pemeliharaannya juga sudah sangat canggih, karena menggunakan sistem cloud.

Penggunaan layanan cloud pada hosting yang digunakan oleh Ecount ERP membuat aplikasi ini tidak memerlukan pemeliharaan secara signifikan.

Mengapa demikian? Karena sistem ini memungkinkan adanya pembaruan sistem yang secara otomatis disinkronkan, sehingga akan segera update jika ada versi baru.

6. Sage Inttact

Jika Anda masih pemula dalam bisnis, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Karena Sage Inttact ini memiliki tools keuangan yang amat canggih, bahkan sudah dilengkapi AICPA untuk CPA.

Jika Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, Anda juga akan dibantu dengan adanya video tutorial sebagai panduan untuk pengguna baru.

Hal ini semakin membuat aplikasi ini banyak digunakan oleh para pebisnis, baik yang pemula maupun yang sudah berpengalaman.

7. SAP S/4 HANA

SAP S/ HANA menjadi rekomendasi aplikasi ERP selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk membantu pengelolaan bisnis.

Aplikasi ini cukup komprehensif dalam membantu Anda memaparkan dan menyajikan nilai bisnis, sehingga dapat dengan mudah melakukan analisis.

Aplikasi ini juga sudah menggunakan teknologi canggih, dimana semua informasi dan data akan disimpan dalam bentuk cloud, mobile, dan memory.

Dengan begitu, data yang ada dalam aplikasi ini akan terjamin keamanannya, serta lebih mudah diakses dengan berbagai cara.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah menggunakan sistem real time, sehingga data bisa dilihat dan dianalisis secara akurat.

Kecanggihan lain dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk melacak sumber daya bisnis, bahan dasar, uang, kapasitas produksi, dan sebagainya.

8. Compiere

Rekomendasi Aplikasi ERP selanjutnya adalah Compiere, aplikasi yang cocok untuk kaum milenial ini sudah menggunakan sistem ERP modern.

Dilihat dari tampilannya saja sangat kekinian, aplikasinya simple, biayanya cukup terjangkau, namun fitur yang ada di dalamnya cukup lengkap.

Aplikasi ini tentu sangat cocok bagi Anda kaum muda yang baru mulai merintis bisnis dan ingin mengelola keuangan, administrasi, sumber daya, dan sebagainya dengan baik.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk perencanaan di gudang, kaitannya dengan sumber daya.

9. Odoo ERP

Selanjutnya adalah Odoo ERP, yaitu aplikasi ERP yang sudah cukup modern, dan memiliki fungsi menyeluruh dalam pengelolaan perusahaan.

Aplikasi ini juga banyak digunakan baik oleh pebisnis pemula maupun yang sudah lama, karena fitur yang ditawarkan cukup lengkap.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini inti pengelolaan penjualan, laporan penjualan, akuntansi, pemasaran, inventaris, ketersediaan, serta fitur menarik lainnya.

Semua fitur-fitur yang ada di Odoo ERP ini juga sudah terintegrasi satu dengan lainnya, sehingga sangat memudahkan penggunaan.

Yang lebih menarik adalah, aplikasi ini memiliki tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dan aplikasi ini dapat diubah sesuai dengan skenario bisnis perusahaan.

Apakah Anda pernah menggunakan salah satu dari 9 rekomendasi aplikasi ERP di atas? Jika belum, cobalah untuk menggunakan aplikasi ERP dalam bisnis Anda.

Jika dilihat dari kegunaannya, aplikasi ini akan sangat membantu pengelolaan perusahaan Anda, sehingga kinerjanya akan menjadi lebih baik.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi HR Terbaik

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar