10 Tips Menghemat Biaya Listrik Agar Dompet Tetap Aman

10 Tips Menghemat Biaya Listrik Agar Dompet Tetap Aman

Tips menghemat biaya listrik merupakan hal yang penting diketahui demi meminimalkan pengeluaran bulanan. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki banyak peralatan elektronik di rumah.

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan menghemat listrik. Salah satunya seperti mengurangi residu penggunaan listrik yang dapat membantu melestarikan bumi.

Oleh karena itulah, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa tips menghemat biaya listrik beserta manfaatnya berikut ini.

Tips Menghemat Biaya Listrik yang Bisa Diterapkan

Tips Menghemat Biaya Listrik yang Bisa Diterapkan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mengurangi penggunaan daya listrik bisa memberikan manfaat yang besar. Baik bagi mahluk hidup maupun kelestarian alam.

Berikut ini adalah beberapa tips menghemat biaya listrik yang bisa Anda terapkan agar pengeluaran tetap aman, residu listrik berkurang dan alam pun ikut senang.

1. Gunakan Sistem Listrik Prabayar

Langkah pertama yang bisa Anda terapkan yakni dengan menggunakan sistem listrik prabayar.

Dengan demikian Anda bisa mengatur seberapa besar penggunaan listrik untuk kebutuhan sehari-hari di rumah.

Selain lebih hemat dan cermat, Anda juga bisa memonitor penggunaan sehingga tidak terjadi tunggakan tagihan.

2. Matikan Lampu di Siang Hari

Meskipun terdengar sepele, ternyata mematikan lampu di siang hari juga bisa sangat membantu. Selain itu, cara ini juga paling mudah dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik yang tidak efektif.

Anda bisa memanfaatkan sinar matahari di siang hari daripada harus terus menyalakan lampu yang membuat boros listrik.

3. Gunakan Lampu yang Efektif

Selain mematikan lampu di siang hari, Anda juga bisa beralih menggunakan lampu LED atau lampu sensor gerak sebagai salah satu tips menghemat biaya listrik.

Lampu LED diketahui lebih hemat karena tidak terlalu memakan banyak energi listrik dan juga tahan lama. Sedangkan lampu sensor gerak bisa Anda gunakan di luar rumah atau garasi.

4. Gunakan Alat Elektronik Seperlunya

Di zaman modern ini, tampaknya hampir semua rumah memiliki perabotan atau benda elektronik. Contohnya seperti penanak nasi, televisi, lemari pendingin, air conditioner (AC), dan masih banyak lagi.

Semakin banyak benda elektronik di suatu rumah, maka akan semakin besar pula kebutuhan listrik yang diperlukan.

Anda bisa mengatasi masalah pembengkakan tagihan listrik dengan cara mematikan benda elektronik jika sudah tidak digunakan.

Sebisa mungkin cabut kabel dari stop kontak listrik agar aliran listrik terputus dan tidak memakan daya. Cara ini menjadi salah satu tips menghemat biaya listrik yang signifikan.

5. Gunakan Benda Elektronik Low Watt

Saat ini Anda sudah bisa menemukan banyak benda elektronik yang memiliki fitur khusus seperti low watt atau hemat daya.

Pastikan untuk memperhatikan keterangan benda elektronik yang akan Anda beli. Beberapa benda elektronik yang sudah menerapkan fitur low watt di antaranya yakni air conditioner (AC), lemari pendingin, mesin cuci, oven, dan masih banyak lagi.

6. Cabut Kabel dari Steker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mencabut alat elektronik yang sudah tidak digunakan bisa sangat mengurangi tagihan listrik.

Meski terdengar sepele, namun sebenarnya tips menghemat biaya listrik yang satu ini efeknya terasa signifikan.

Pasalnya, benda elektronik akan tetap menyerap daya listrik jika kabelnya masih tertancap pada steker meskipun tidak sedang digunakan.

Banyak orang sering lupa mencabut kabel dari steker jika sudah selesai menggunakannya.

Contohnya seperti kabel charger smartphone atau laptop yang masih tetap menancap pada steker meski sudah tidak digunakan untuk mengisi daya. Anda harus menghilangkan kebiasaan ini jika ingin menghemat pengeluaran.

7. Gunakan AC Secara Efektif

Mungkin beberapa orang sering kali menggunakan AC dengan cara yang tidak efektif.

Contohnya seperti menyalakan AC hanya untuk mendinginkan suhu ruangan, kemudian jika sudah mencapai suhu tertentu maka AC akan dimatikan.

Bukannya mengurangi penggunaan listrik, cara ini hanya akan meningkatkan beban listrik.

Mengapa demikian? Sebab AC membutuhkan daya listrik yang lebih besar ketika dihidupkan.

Daripada menghidupkan dan mematikan AC berkali-kali, lebih baik Anda mengatur suhu secara bertahap sesuai yang diinginkan.

8. Gunakan Benda Elektronik yang Efisien

Selain menggunakan benda elektronik yang memiliki daya kecil, Anda juga bisa memilih yang lebih efisiensi.

Contohnya seperti memilih menggunakan kipas angin ketimbang AC, menggunakan PC untuk bekerja daripada komputer, menggunakan setrika dengan fitur pengatur panas otomatis, dan sebagainya.

Tips menghemat biaya listrik ini tentunya akan mengurangi beban pengeluaran secara signifikan. Anda harus bijak dalam memilih benda elektronik yang Anda gunakan.

9. Gunakan Peralatan Masak Seperlunya

Kebutuhan rumah tangga pastinya tidak jauh-jauh dari peralatan masak, belum lagi saat ini banyak sekali peralatan masak elektronik yang lebih canggih.

Selain memudahkan pengguna dalam kegiatan memasak, peralatan ini juga menghemat waktu penggunanya. Contohnya seperti penanak nasi, microwave, oven, blender, mixer, dan lemari pendingin.

Agar tidak menyedot banyak daya listrik, Anda harus cermat dalam menggunakannya sesuai keperluan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan yakni tidak membuka pintu lemari pendingin terlalu lama dan atur suhu pada tingkat yang sesuai, tidak memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam lemari pendingin.

Anda juga bisa memasak nasi menggunakan air panas agar penanak nasi bekerja lebih cepat dan menghemat daya listrik.

10. Manfaatkan Energi Alam Secara Maksimal

Dan tips menghemat biaya listrik yang bisa Anda terapkan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan energi alam secara maksimal.

Agar ruangan tetap sejuk, Anda bisa menggunakan ventilasi udara yang pastinya tidak memerlukan daya listrik.

Selain itu, menanam banyak tanaman di sekitar rumah juga bisa membantu membuat hawa rumah menjadi sejuk dan lebih rindang.

Anda juga bisa memasang tirai atau kaca film yang lebih murah dan tahan lama jika dibandingkan dengan penggunaan kipas angin atau AC untuk menyejukkan rumah.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk menerangi ruangan melalui jendela dan ventilasi agar tidak perlu menyalakan lampu di siang hari.

Memaksimalkan manfaat panas matahari untuk mengeringkan pakaian juga bisa jadi solusi untuk mengurangi penggunaan pengering pada mesin cuci.

Baca Juga : Biaya Marginal Adalah: Pengertian, Contoh dan Cara Hitungnya

Manfaat Mengurangi Penggunaan Listrik

Selain menghemat dana yang harus dikeluarkan per bulannya, mengurangi penggunaan listrik juga memiliki banyak manfaat lain.

Semakin berkurangnya daya listrik yang digunakan pada setiap rumah, maka akan berkurang pula tingkat pencemaran lingkungan. Kebutuhan bahan bakar fosil pun akan lebih rendah seiring dengan menurunnya penggunaan listrik.

Dan yang paling penting adalah berkurangnya dampak dari emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh penggunaan listrik yang berlebihan dan pencemaran yang dihasilkan oleh benda elektronik. Dengan demikian lingkungan pun akan ikut terjaga dari dampak negatif.

Jika dibahas lebih panjang, tentu saja masih ada banyak tips menghemat biaya listrik yang bisa Anda terapkan.

Bukan hanya untuk menghemat pengeluaran, meminimalisir penggunaan listrik juga sangat berpengaruh pada lingkungan dan alam sekitar.

Baca Juga : 9 Peluang Bisnis Game Online dan Tips Agar Menguntungkan

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar