Syarat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Pencairannya

Syarat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Pencairannya

Syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan adalah syarat yang harus dipenuhi supaya bisa mencairkan uang bantuan dari dinas sosial melalui bpjs ketenagakerjaan.

Namun tidak semua orang mengetahui tentang hal ini dan masih kebingungan terkait pencairan dan bahkan pengajuannya.

Karena kurangnya informasi yang didapatkan sehingga hanya sebagian saja yang bisa mengakses bpjs ketenagakerjaan ini.

Entah karena orang-orangnya yang masih belum melek teknologi ataupun informasi-informasi yang belum tersampaikan dengan baik.

Saat ini sudah banyak orang yang menguploadnya di internet dan bisa diakses oleh setiap orang untuk dijadikan panduan dalam mencairkan bpjs ketenagakerjaan.

Sehingga syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan ini kini sudah mudah untuk dicari dan bisa langsung dikumpulkan supaya mempermudah saat proses pencairan.

Bpjs ketenagakerjaan adalah bantuan penyelenggaraan jaminan sosial untuk tenaga kerja yang sesuai undang-undang No. 24 Tahun 2011.

Jenis Bpjs ketenagakerjaan ini mencakup tentang jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kecelakaan kerja.

Bpjs ketenagakerjaan ini diluncurkan saat pandemic dengan tujuan bisa membantu terhadap masyarakat yang terdampak pandemi covid19.

Bpjs ketenagakerjaan ini bisa digunakan secara online dan mempermudah dalam urusan pengadministrasian.

Hal ini merupakan layanan yang diberikan pemerintah untuk mengurangi mobilitas yang terjadi diantara masyarakat.

Pada tanggal 23 Maret 2020 lalu, bpjs ketenagakerjaan telah merilis pelayanan tanpa kontak fisik guna untuk menekan penyebaran covid19 dan juga memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Pelayanan tanpa kontak fisik atau disingkat LAPAK ASIK ini adalah inovasi baru yang diberikan pemerintah untuk mengecek  mengklaim bpjs ketenagakerjaan secara online.

Orang-orang yang akan mencairkan bpjs ketenagakerjaan tidak perlu datang ke kantor cabang dan mengantre.

LAPAK ASIK ini menggunakan layanan yang berbasis digital sehingga memungkinkan orang-orang yang akan mengklaim mengaksesnya dari rumah saja.

Orang-orang yang akan mengklaim cukup mengupload syarat pencairan bpjs ketenagakerjaan di website yang disediakan oleh pemerintah.

Lalu mengikuti wawancara online dengan customer service officer. Setiap petugas bisa melayani empat sampai enam orang dalam waktu yang bersamaan sehingga bisa mempercepat proses pencairan.

Syarat Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan

Layanan LAPAK ASIK ini hanya ditujukan untuk orang-orang yang melakukan pencairan jaminan hari tua atau mencapai pensiun pada usia 56 tahun.

Atau bagi para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja secara tiba-tiba. Barulah bisa mengajukan pencairan dan harus melengkapi syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan.

Dokumen yang harus dilengkapi oleh orang yang akan mencairkan bpjs ketenagakerjaan adalah sebagai berikut :

  1. File Kartu Peserta Bpjs Ketenagakerjaan
  2. File Dokumen E-KTP
  3. Foto Buku Tabungan Yang Masih Aktif Dan Tertera Nomor Rekening
  4. Foto Kartu Keluarga
  5. Foto Diri Terbaru Dengan Tampak Depan
  6. Formulir Pengajuan Jaminan Hari Tua Bisa Di Download Dan Disesuaikan Di Lapakasik.Bpjsketenagakerjaan.Go.Id Surat Keterangan Disesuaikan Dengan Peserta.
  7. Apabila Berhenti Atau Terkena PHK Bisa Menggunakan Surat Keterangan Berhenti Bekerja.
  8. Surat Perjanjian Kerja, Surat Pengalaman Kerja, Atau Surat Penetapan Pengadilan Hubungan Industrial
  9. Apabila peserta Pensiun Bisa Menggunakan Surat Keterangan Pensiun Yang Telah Disediakan Di Website
  10. Foto NPWP Untuk Klaim Manfaat Jaminan Hari Tua Dengan Akumulasi Saldo Diatas 50 Juta

Syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan ini harus dibuat dalam bentuk dokumen karena proses pencairannya pun menggunakan system online.

Oleh karena itu peserta yang mendaftarkan diri harus mengupload terlebih dahulu dokumen-dokumen syarat mencairkan bpjs ketenagaan tersebut di website yang telah disediakan oleh pemerintah.

Setelah itu peserta akan diarahkan untuk melakukan wawancara secara online dengan customer service yang telah ditugaskan.

Jika semua rangkaian persyaratannya sudah ditempuh secara menyeluruh, barulah peserta bisa melanjutkan ke proses pencairan bpjs ketenagakerjaan.

Cara Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan Melalui Website

Setelah syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan berhasil dikumpulkan maka yang selanjutnya adalah proses pencairan bpjs ketenagakerjaan.

Cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan ini dibagi menjadi dua cara yaitu bisa melalui website dan juga bisa melalui aplikasi. Dengan tanpa mengurangi syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan.

Dalam proses mencairkan bpjs ketenagakerjaan ini ada beberapa Langkah yang harus ditempuh agar bisa mencairkannya.

  1. Buka Website Layanan Lapakasik.Bpjsketenagakerjaan.Go.Id
  2. Isi Data Diri Berupa NIK, Nama Lengkap, Dan Juga Nomor Peserta
  3. Setelah Itu Sistem Akan Melakukan Verifikasi Secara Otomatis. Dan Peserta Akan Diarahkan Untuk Mengisi Data Yang Telah Disediakan Oleh Sistem.
  4. Unggah Dokumen-Dokumen Syarat Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan
  5. Bagi Peserta Yang Berhasil Akan Mendapatkan Notifikasi Terkait Jadwal Wawancara Online Dari Kantor Cabang
  6. Siapkan Berkas Asli Selama Proses Wawancara Online
  7. Setelah Proses Selesai Pencairan Akan Dilakukan Melalui Nomor Rekening Yang Dilampirkan

Cara Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

Cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi BPSJSTKU yang tersedia di playstore atau app store.

Dengan dan tanpa mengurangi syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan seperti dokumen-dokumen yang telah disebut di atas.

  1. Mengunduh Aplikasi BPJSTKU Yang Tersedia Di Google Play Store Atau App Store
  2. Login Menggunakan Email Dan Kata Sandi Yang Akan Digunakan Daftar
  3. Jika Belum Mempunyai Akun Maka Disarankan Untuk Mendaftarkannya Terlebih Dahulu.
  4. Masuk Di Halaman Utama Aplikasi BPJSTKU
  5. Pilih Menu Antrean Online
  6. Unduh Formulir Pengajuan Jaminan Hari Tua Lalu Isi Sesuai Dengan Data Diri
  7. Unggah Dokumen-Dokumen Syarat Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan
  8. Tunggu Petugas Melakukan Verifikasi Terkait Dokumen-Dokumen Yang Telah Diupload
  9. Petugas Menghubungi Peserta Untuk Melakukan Sesi Wawancara Online
  10. Proses Pencairan Selesai.

Manfaat dari bpjs ketenagakerjaan akan dicairkan melalui nomor rekening yang dilampirkan saat proses pengunggahan dokumen-dokumen persyaratan.

Dua cara ini bisa dilakukan sesuai dengan kecocokan dari peserta yang mengajukan pencairan bpjs ketenagakerjaan tu sendiri.

Karena diadakannya di acara ini bukan tanpa maksud dan tujuan yang jelas. Melainkan supaya mempermudah peserta dalam proses pengajuan pencairan bpjs ketenagakerjaan.

Syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan ini tetap sama. Entah menggunakan website ataupun menggunakan aplikasi BPJSTKU.

Setelah selesai melakukan proses pencairan dana dari bpjs ketenagakerjaan. Peserta yang berhasil dapat melakukan cek klaim terkait pencairan tersebut.

Peserta yang berhasil bisa mengeceknya melalui website bpjsketenagakerjaan.go.id. lalu peserta akan diarahkan untuk mengisi nomor kartu peserta bpjs ketenagakerjaan.

Setelah terbuka bisa memilih menu informasi status klaim. Status akan ditampilkan pada halaman tersebut.

Dan peserta yang berhasil bisa melihat berapa jumlah saldo bpjs ketenagakerjaanya. Supaya bisa mengetahui seberapa banyak dana yang bisa dicairkannya.

Apabila peserta tidak dapat mengakses layanan pencairan bpjs ketenagakerjaan secara online. Maka peserta bisa mencairkannya langsung di kantor cabang bpjs ketenagakerjaan terdekat.

Cara yang harus ditempuh pertama-tama adalah melakukan scan QR Code yang sudah tersedia di kantor cabang.

Lalu peserta akan diarahkan oleh petugas untuk mengisi data awal seperti NIK, nama lengkap, dan juga nomor kepesertaan bpjs ketenagakerjaan.

Setelah itu peserta akan dipersilahkan untuk menunggu terlebih dahulu selama proses verifikasi data terkait kelayakan pencairan dana bpjs ketenagakerjaan.

Langkah yang selanjutnya setelah verifikasi data selesai adalah pengisian beberapa data yang harus dilengkapi sesuai instruksi yang telah disediakan.

Lalu peserta diharuskan untuk mengunggah dokumen-dokumen persyaratan yang telah dikumpulkan. Jika sudah berhasil maka peserta akan diarahkan untuk melakukan wawancara.

Jika berhasil maka proses selesai dan dana bisa dicairkan melalui nomor rekening yang telah dilampirkan dalam syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan.

Baca Juga : Apa Itu Payroll? Cara Memilih Payroll Sesuai Kebutuhan Bisnis

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.