13 Aplikasi Laporan Keuangan Terbaik untuk UMKM & Perusahaan

Ini Dia Beragam Fungsi dan Contoh Aplikasi Laporan Keuangan Terbaik

Untuk sebagian orang, membuat laporan keuangan usaha merupakan aktivitas paling menyebalkan dan membutuhkan banyak waktu. Belum lagi kalau misalnya laporan keuangan salah hitung, pastinya perlu mengulang perhitungan kembali. Nah, inilah latar belakang kemunculan aplikasi laporan keuangan.

Aplikasi pembuat laporan keuangan bisa membantu Anda merekap data pemasukan atau pengeluaran secara lebih teliti, sehingga tidak mengalami kesalahan dalam menghitung.

Aplikasi analisis laporan keuangan juga dibekali dengan fitur tersendiri, sehingga memudahkan para penggunanya.

Kini untuk menghadapi laporan keuangan krusial dalam bisnis sudah tidak perlu ribet lagi karena sudah ada aplikasi khusus pengelola keuangan.

Untuk memahami beragam fungsi dan aplikasi khusus pembuat laporan keuangan, bisa simak penjelasan lengkap yang ada pada pembahasan kali ini.

Apa Itu Laporan Keuangan?

Apa Itu Laporan Keuangan?

Sebelum membahas tentang aplikasi laporan keuangan, maka Anda perlu memahami terlebih dahulu tentang laporan keuangan.

Berdasarkan Ikatan Akuntan Indonesia, laporan keuangan merupakan proses penyajian posisi keuangan secara terstruktur dan sesuai dengan entitas atau prosedur yang berlaku.

Laporan keuangan sangat dibutuhkan oleh karyawan, manajemen, calon investor, pemilik modal, para penyedia kredit usaha, dan lingkungan publik.

Apalagi bagi perusahaan yang sudah terdaftar pada Bursa Efek, maka biasanya wajib untuk melaporkan kondisi keuangan secara berkala atau tiap tahunnya.

Laporan keuangan sendiri terdiri atas laporan perubahan ekuitas, laporan laba rugi, neraca, dan catatan laporan keuangan.

Perusahaan bisa menyusun laporan keuangan sesuai dengan kebutuhan, mulai dari bulanan, triwulanan, kuartalan, semester bahkan sampai tahunan sekalipun.

Bagi perusahaan ternama yang sudah terdaftar dalam BEI (Bursa Efek Indonesia) harus mengeluarkan laporan tahunan yang sudah selesai melalui tahap audit.

Jika perusahaan tidak memenuhi kewajibannya, maka pastinya akan ada denda mencapai angka ratusan juta rupiah yang dikeluarkan oleh BEI sendiri.

Untuk menghindari terjadinya kesalahan dan denda saat membuat laporan keuangan, maka Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi untuk laporan keuangan.

Aplikasi keuangan sudah dibekali dengan fitur lengkap, sehingga tidak ada lagi yang namanya kesusahan saat membuat laporan secara cepat.

Dalam laporan keuangan, biasanya antara 1 data dengan data lainnya sering berkaitan. Misalnya ada 1 data yang keliru, maka sudah dapat dipastikan data lainnya akan mengalami kekeliruan.

Akuntan harus terus bertanggung jawab untuk membuat laporan keuangan benar adanya tanpa kesalahan sedikitpun.

Beragam Fungsi Aplikasi Laporan Keuangan

Beragam Fungsi Aplikasi Laporan Keuangan

Pada era perkembangan teknologi yang semakin pesat, hampir segala kegiatan manusia kini sudah makin mudah dilakukan berkat bantuan aplikasi atau software.

Laporan keuangan bisa membantu dalam menyediakan informasi tentang kondisi finansial secara tepat dan akurat. Masih tidak percaya?

1. Memiliki Fitur Tugas Akuntansi

Aplikasi khusus mengelola laporan keuangan bisa digunakan untuk menangani tugas akuntansi dalam suatu entitas usaha.

Dengan adanya fitur tugas akuntansi, maka Anda tidak perlu membuat laporan secara manual seperti zaman dulu sebelum munculnya aplikasi pengelola keuangan.

2. Memiliki Fitur Akses Multi-Pengguna

Saat menggunakan aplikasi laporan keuangan, maka aktivitas penyusunan laporan keuangan bisa dilakukan secara berkesinambungan.

Mengapa demikian?

Karena aplikasi sudah dilengkapi fitur akses multi-guna yang akan membuat pekerjaan bisa dilakukan secara bersamaan.

Fitur akses multi-pengguna bisa membuat Anda tidak perlu menunggu atau menunda pekerjaan saat akan mengelola laporan keuangan.

Semua pekerjaan yang berkaitan tentang keuangan usaha bisa dikerjakan secara cepat dan tepat waktu tanpa mengalami kendala apapun.

3. Tersedia Fitur Otomatisasi

Aplikasi akuntansi dan laporan keuangan juga menyediakan fitur otomatisasi. Apa fungsi fitur otomatisasi? Dengan adanya fitur tersebut, maka Anda bisa melakukan pekerjaan secara berulang dan otomatis hanya menggunakan aplikasi khusus pengelolaan keuangan.

Pekerjaan yang biasa dilakukan oleh para akuntan meliputi pembayaran, penagihan, dan informasi tentang jatuh tempo hutang piutang.

Semua pekerjaan nantinya bisa dilakukan secara otomatis dan dilakukan kapan saja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

4. Fitur Persiapan Pajak

Aplikasi khusus laporan keuangan juga menyediakan perhitungan sampai dengan laporan pajak secara otomatis.

Anda tinggal memasukkan data keuangan atau transaksi yang terjadi, kemudian input pada aplikasi sesuai dengan tempatnya masing-masing, maka hasil akan keluar otomatis.

Aplikasi perhitungan laporan keuangan membantu para pengusaha untuk tidak perlu repot-repot dalam menyiapkan dana pembayaran pajak.

Segala kegiatan yang berhubungan dengan pajak dan bangunan akan beres sesuai dengan ketentuan, sehingga operasional perusahaan lancar.

Dengan adanya fitur-fitur yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka Anda akan lebih mudah membuat aplikasi keuangan lebih bermanfaat.

Sesuai dengan fitur umum yang disediakan, kira-kira fungsi aplikasi laporan keuangan meliputi beberapa aspek lengkap berikut ini.

  • Digunakan sebagai manajemen invoice
  • Digunakan sebagai manajemen inventaris
  • Memudahkan proses manajemen keuangan
  • Memudahkan proses manajemen pendapatan
  • Memudahkan proses kalkulasi pajak
  • Memudahkan proses pelacakan pengeluaran
  • Para pengguna lebih mudah melakukan pemantauan penjualan
  • Lebih mudah melakukan pemantauan arus kas
  • Memudahkan proses rekonsiliasi bank
  • Memudahkan dalam proses manajemen penggajian

Cukup kompleks bukan fungsi dari laporan keuangan? Selain itu, laporan keuangan juga memiliki banyak kelebihan bagi para penggunanya.

Penasaran dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi keuangan? Sebenarnya tiap aplikasi pastinya menawarkan kelebihan masing-masing.

Baca Juga : Strategi Personal Selling bagi Perusahaan dan Mengapa Ini Penting?

Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Terbaik

Setelah mengetahui fitur, fungsi, dan kelebihan menggunakan APK laporan keuangan, maka Anda perlu tahu beragam rekomendasi software keuangan terbaik yang bisa digunakan.

Berikut ini software laporan keuangan yang disediakan dalam bentuk iOS dan Android sesuai kebutuhan Anda.

1. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal

Mekari Jurnal adalah salah satu aplikasi laporan keuangan yang dikembangkan oleh orang lokal atau asli dari Indonesia.

Jurnal dihadirkan sebagai solusi terbaik bagi para pebisnis untuk bisa melakukan penyusunan laporan keuangan dengan benar dan cepat.

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi Mekari Jurnal misalnya pembuatan faktur, manajemen stok barang, manajemen anggaran, cash link, dashboard contoh laporan keuangan, dan masih banyak lagi. Dengan adanya fitur tersebut, maka akuntan profesional akan lebih mudah mengelola keuangan.

Saat meng-klik menu Laporan, maka nantinya Anda bisa membuat berbagai jenis laporan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Beda lagi konteksnya saat meng-klik menu “Cash Link”, nantinya Anda bisa melakukan proses rekonsiliasi dengan penarikan mutasi rekening bank secara otomatis.

2. Catatan Keuangan

Catatan Keuangan

Cari aplikasi laporan realisasi fisik dan keuangan terbaik? Gunakan aplikasi yang dinamakan dengan “Catatan Keuangan”.

Aplikasinya memang sengaja dirancang secara sederhana sesuai dengan kebutuhan para penggunanya, sehingga pengguna pemula tidak perlu bingung.

Aplikasi Catatan Keuangan mampu memudahkan pengguna dalam menyusun laporan harian dan juga bulanan.

Tidak hanya itu, aplikasi juga menyediakan grafik tiap kategorinya sehingga para pengguna bisa melihat secara langsung pemasukan serta pengeluaran perusahaan paling besar.

Menariknya lagi aplikasi Catatan Keuangan nantinya bisa diekspor dalam bentuk doc, excel, pdf, dan juga csv.

Anda bisa bebas mengirim laporan keuangan kepada rekan lain dengan mudah karena perubahan dokumennya yang fleksibel. Bagaimana tertarik menggunakannya?

3. Aplikasi Odoo

Aplikasi Odoo

Aplikasi Odoo merupakan salah satu aplikasi manajemen bisnis yang menawarkan banyak fitur lengkap.

Dengan menggunakan Odoo, laporan keuangan perusahaan bisa selesai tepat waktu sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan fitur unggulan yang ada.

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi Odoo meliputi penagihan, akuntansi, pengelolaan CRM, gudang, e-commerce, manufaktur, manajemen proyek, dan manajemen stok.

Laporan keuangan yang nanti dihasilkan bisa lebih dinamis sesuai dengan referensi yang diinginkan para akuntan.

Anda butuh bantuan membuat laporan seperti apa?

Jenis laporan yang bisa di handle dengan menggunakan aplikasi Odoo seperti arus kas, laporan pendapatan, dan neraca saldo. Jika sudah selesai membuat laporan, maka nantinya akan ada laporan performa bisnis yang akurat.

4. Sage Accounting

Sage Accounting

Sage Accounting merupakan aplikasi keuangan terbaik yang bisa digunakan oleh perusahaan berskala kecil atau besar.

Pada saat awal membuka aplikasi, Anda akan menemui dashboard dengan bentuk sederhana sehingga lebih mudah dipahami oleh pengguna pemula.

Fitur yang dikeluarkan oleh aplikasi Sage Accounting meliputi pembayaran bisnis, penggajian, dan tagihan.

Dengan menggunakan aplikasi Sage Accounting, Anda bisa mengatur laporan keuangan secara berkala dan mengatur masalah hutang piutang secara lebih optimal.

Keunggulan aplikasi Sage Accounting yaitu bisa membantu dalam manajemen laporan keuangan secara lebih fleksibel.

Caranya mudah, tinggal kelompokkan detail penting keuangan yang sudah dilengkapi dengan dashboard serta visualisasi khusus yang memudahkan para pengusaha.

5. Aplikasi Akuntansi UKM

Aplikasi Akuntansi UKM

Akuntansi UKM merupakan salah satu aplikasi laporan keuangan gratis yang bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis maupun pribadi.

Aplikasi dibekali dengan fitur canggih, kemudian dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam upaya menyusun laporan keuangan.

Baik bisnis berskala kecil dalam bentuk UKM ataupun perusahaan besar bisa mencoba gunakan fitur aplikasi Akuntansi UKM satu ini.

Anda bisa mencoba lakukan pencatatan keuangan tanpa ada batasan periode sedikitpun, sehingga bisa menggunakannya secara fleksibel.

Akuntansi UKM juga bisa dioperasikan secara offline tanpa menggunakan koneksi internet.

Jika Anda ingin irit budget pengeluaran usaha, maka Akuntansi UKM bisa menjadi rekomendasi terbaik. Selain itu fitur yang disematkan di dalamnya cukup lengkap lho. Sudah pernah coba?

6. QuickBooks Online Accounting, Invoicing, dan Expenses

QuickBooks Online Accounting, Invoicing, dan Expenses

Aplikasi laporan keuangan terbaik berikutnya dinamakan dengan QuickBooks. Aplikasi sangat cocok digunakan oleh kalangan pebisnis pemula, terutama bagi mereka yang belum paham dalam usaha pengelolaan keuangan sama sekali. Bagaimana bisa?

Aplikasi keuangan satu ini menyediakan berbagai fitur yang mudah digunakan mulai dari membuat invoice, pengelolaan cash flow, pengelolaan pembayaran, dan transaksi penjualan otomatis.

Jika ingin menggunakan aplikasi keuangan ini, maka Anda bisa mengoperasikannya lewat smartphone.

7. ZipBooks

ZipBooks

ZipBooks merupakan salah satu APK laporan keuangan berbasis Android. Aplikasi satu ini sangat unggul karena menggunakan teknologi cloud yang kompatibel dengan mac OS, operasi Windows, iOS, dan juga Android. Sangat canggih bukan?

Sejak awal kemunculannya, ZipBooks sudah dilengkapi dengan fitur pelacakan transaksi sehingga proses evaluasi bisnis akan berjalan lebih praktis.

Setelah Anda selesai menggunakannya, APK juga akan menyediakan ringkasan performa bisnis dan laporan keuangan secara lebih akurat.

ZipBooks menyediakan beberapa model laporan mulai dari balance sheet, income statement, tax invoice, overdue account receivables, dan lain sebagainya.

Model laporan tersebut akan membuat laporan keuangan bisa selesai tepat waktu tanpa ada hambatan sedikitpun pastinya.

8. Akuntansi UKM

Akuntansi UKM

Akuntansi UKM merupakan software laporan keuangan yang dikembangkan oleh Wiinfeel.

Disini Anda bisa merasakan editing laporan keuangan tanpa diganggu dengan iklan dan gratis. Aplikasi juga tidak membatasi penggunaannya, bisa digunakan untuk bisnis, dan tanpa koneksi internet.

Aplikasi Akuntansi UKM menawarkan interface sederhana sehingga bisa digunakan oleh pebisnis pemula ataupun keperluan pribadi.

Anda bisa menggunakan fitur di dalamnya untuk manajemen laporan keuangan sehari-hari seperti transaksi jual beli, laba rugi, neraca keuangan, dan lainnya.

9. Money Lover

Money Lover

Anda bisa menggunakan aplikasi Money Lover untuk Android maupun iOS. Ciri khas Money Lover menggunakan logo celengan berwarna hijau dan gambar baby.

Aplikasi satu ini bisa digunakan untuk manajemen keuangan perusahaan sekaligus melakukan perhitungan anggaran tertentu.

Menariknya lagi, aplikasi Money Lover juga bisa digunakan untuk menyimpan uang atau tabungan berjangka pendek sampai panjang.

Tampilan interface aplikasi cukup sederhana, desainnya unik, dan sejumlah fitur yang disediakan juga mudah dipahami.

Dengan menggunakan fitur aplikasi Money Lover, Anda bisa coba membuat anggaran, tabungan, memantau pengeluaran, dan menabung sesuai kebutuhan.

Pengguna aplikasi Money Lover juga bisa menggunakannya untuk mencatat tagihan bulanan dan mengingatkan masalah cashbon.

10. Sage One

Sage One

Aplikasi laporan keuangan satu ini dikembangkan secara gratis di Newcastle, Inggris. Basis dari pengelolaannya sendiri juga menggunakan sistem cloud untuk menjamin keamanan data semua penggunanya.

Apa saja fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Sage One?

Sage One menyediakan sejumlah fitur diantaranya mengelola kas keuangan, penerimaan masalah pembayaran, pengiriman invoice, pengelolaan payroll, dan neraca keuangan.

Aplikasi juga sudah terintegrasi dengan aplikasi Zinc, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk mengurus pajak.

11. Wave

Wave

Pernah dengar aplikasi Wave sebelumnya?

Aplikasi satu ini bisa Anda gunakan untuk membuat pembukuan keuangan secara gratis tanpa harus berlangganan tiap bulannya.

Tampilan interface aplikasi sangat sederhana, sehingga mudah digunakan oleh kalangan pebisnis apapun.

Ada beberapa fitur lengkap yang ditawarkan oleh aplikasi Wave diantaranya pengiriman invoice, pembuatan laporan laba rugi, cetakan kuitansi digital, dan masih banyak fitur lainnya.

Aplikasi paling cocok digunakan untuk skala bisnis kecil, sehingga tidak ada fitur pencatatan stok.

12. Expense Manager

Expense Manager

Untuk meminimalkan budget memang sebaiknya Anda menggunakan aplikasi pembukuan gratis seperti Expense Manager.

Tampilan interface aplikasi sangat sederhana walaupun sebenarnya banyak menyimpan fitur unggul yang berkaitan dengan dunia keuangan.

Expense Manager menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk melacak penghasilan bisnis per harinya, pajak tracking, pengeluaran berdasarkan kategori, jumlah tagihan utang, dan lainnya. Aplikasi juga sudah terhubung dengan SMS Banking, sehingga memudahkan transaksinya.

13. FreshBooks

FreshBooks

Aplikasi laporan keuangan FreshBook juga menawarkan penyimpanan data dalam cloud, oleh sebab itu tingkat keamanannya cukup tinggi.

Aplikasi yang dilambangkan dengan icon daun ini tidak hanya menawarkan fitur pencatatan keuangan, tetapi juga fitur pelacak transaksi otomatis.

Para pengguna aplikasi FreshBook bisa memanfaatkannya untuk membuat invoice, faktur pajak, time tracking, laporan keuangan, dan alarm pengingat hutang piutang. Bisa dikatakan FreshBook bukanlah aplikasi pembukuan biasa karena sangat memudahkan Anda mengelola keuangan.

Biasanya APK laporan keuangan sudah menyediakan template format beragam tiap komponennya, oleh sebab itu pengguna tinggal pilih laporan sesuai dengan kebutuhan.

Formula yang tersedia pada aplikasi juga cukup familiar misalnya ada bagan akun, kalender akuntansi, dan juga rasio.

Aplikasi laporan keuangan juga kebanyakan memiliki kemampuan konsolidasi komplet, sehingga Anda bisa melakukan penyatuan data transaksi dengan tepat.

Gunakan beberapa rekomendasi APK keuangan di atas untuk memudahkan proses pengelolaan keuangan perusahaan dengan benar dan akurat.

Baca Juga: Apa Saja Jenis-jenis Laporan Audit, Tahapan dan Tujuannya?

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.