Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil yang Bisa Diikuti

Oleh

Assyfa

Ada banyak ide mengembangkan bisnis berskala kecil yang dapat diikuti oleh para pengusaha. Anda dapat menemukannya melalui berbagai referensi seperti majalah, buku, jurnal, atau sumber internet.

Pengembangan bisnis dilakukan agar usaha yang telah Anda dirikan dapat berjalan stabil, baik dari proses produksi hingga keuntungannya. Dengan begitu, target pasar semakin percaya bahwa Anda memiliki layanan produk yang bermutu.

Dalam mengembangkan bisnis juga perlu mempertimbangkan berbagai hal, misalnya hasil pencapaian selama beberapa tahun ke belakang. Sehingga pemilik bisnis bisa lebih mudah menentukan strategi apa yang cocok untuk mengembangkan bisnisnya.

Berikut Ini 20 Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil
Berikut Ini 20 Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil

Berikut Ini 20 Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil

Untuk mengembangkan suatu bisnis, membutuhkan keahlian dan pengetahuan luas agar hasilnya tepat sasaran. Berikut kami jelaskan 20 ide untuk mengembangkan bisnis Anda walaupun masih berskala kecil.

1. Menggunakan Logo yang Menarik

Ide mengembangkan bisnis berskala kecil yang pertama adalah memastikan untuk menggunakan logo yang menarik. Pastikan bahwa logo tersebut mengandung makna dan mempresentasikan bagaimana citra dan identitas brand Anda.

Agar lebih maksimal, dapat membayar jasa desainer grafis untuk konsultasi terkait logo, karena mereka lebih berpengalaman. Pastikan logo dibuat unik dan berciri khas agar masyarakat langsung mengenal bahwa itu adalah produk Anda.

2. Jangan Lupa Melakukan Riset Pasar

Seperti yang sudah diketahui secara umum bahwa sebelum berbisnis perlu melakukan riset pasar. Hal ini juga harus dilakukan saat mengembangkan suatu usaha. Sehingga pemilik akan lebih memahami kepuasan pelanggan terhadap produknya.

Jadi, riset pasar merupakan salah satu ide mengembangkan bisnis berskala kecil yang wajib dilakukan. Pahami trend market sehingga mudah menentukan strategi marketing ke depannya supaya lebih tepat sasaran.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Membangun brand awareness atau kesadaran merk menjadi hal paling penting ketika seseorang memutuskan mendirikan usaha. Membangun citra positif terhadap suatu produk bisa dilakukan dengan memperkenalkan identitas brand lewat sosial media.

Langkah awal ini dapat memanfaatkan Instagram, Twitter, atau Facebook yang memiliki banyak pengguna. Dalam suatu identitas brand harus mencangkup informasi, tujuan usaha, kelebihan, perbedaan dari kompetitor, logo, dan tagline.

4. Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil Memanfaatkan Sosial Media sebagai Media Strategi Marketing

Ide untuk mengembangkan bisnis berskala kecil selanjutnya adalah melakukan strategi marketing melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Sampai sekarang, Instagram masih menjadi platform terpercaya dalam mempromosikan suatu bisnis.

Selalu sertakan caption yang mengandung informasi produk dengan jelas. Jika memiliki budget lebih, cobalah membayar Instagram Ads agar produk dapat muncul di feeds pengguna lainnya sehingga mampu menjangkau lebih banyak konsumen.

5. Membuat Website yang Menarik

Ide mengembangkan bisnis berikutnya yaitu membuat website yang memiliki desain dan program menarik. Di zaman serba digital, hampir tidak ada bisnis yang tidak memiliki website sendiri untuk memasarkan produknya.

Dalam suatu laman website, berikan informasi produk dengan jelas. Sertakan katalog produk beserta harganya hingga testimoni dari konsumen. Desainlah website semenarik mungkin agar pengunjung betah lalu tertarik membeli produk Anda.

6. Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil dengan Strategi Marketing lewat Konten Tertulis

Ide untuk bisnis berskala kecil berikutnya adalah melalukan strategi pemasaran melalui konten tertulis. Manfaatkan website yang sudah dibuat dengan menambahkan konten ulasan tentang bisnis tersebut kemudian cantumkan link produk di akhir.

Ide ini merupakan cara yang mudah dan murah untuk diikuti karena tidak mengeluarkan budget besar untuk membayar Ads. Penulisan konten bisa dikerjakan sendiri atau dengan membelinya pada content writer.

Baca Juga : Pengertian Content Writer

7. Menggunakan Facebook Ads

Selain Instagram, Facebook Ads juga termasuk efektif sebagai wadah mengembangkan bisnis berskala kecil. Fitur ini memungkinkan profil pemilik usaha muncul di halaman akun pengguna lainnya, sehingga berpeluang mendapatkan perhatian lebih besar.

Namun sayangnya, ide mengembangkan bisnis berskala kecil melalui Facebook Ads adalah pada faktor biayanya. Pengeluaran biaya akan disesuaikan dengan jumlah klik juga page view, jadi harus menyiapkan budget sendiri.

8. Jadikan Tempat Usaha sebagai Tempat Nongkrong

Jika jenis bisnis lebih mengarah ke kuliner seperti restoran atau coffee shop, cobalah mengundang teman atau keluarga agar mengunjungi tempat tersebut. Jika terus dilakukan, mereka akan sering mengunjungi dengan sendirinya.

Ide mengembangkan bisnis berskala kecil ini bertujuan memastikan bahwa tempat bisnis Anda adalah lokasi yang nyaman untuk menghabiskan waktu. Pastikan tempatnya nyaman juga bersih, sehingga pengunjung tidak segan ketika mempromosikannya.

9. Mengadakan Open House

Jika jenis bisnis lebih mengarah pada fashion, cobalah mengadakan Open House. Anda dapat memberikan potongan harga khusus acara tersebut. Langkah ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan momen – momen tertentu.

Misalnya saat hari raya hari atau ulang tahun bisnis Anda. Adakan Open House untuk menarik minat para pengunjung agar mau datang dan membeli produk. Pastikan event seperti ini dipromosikan jauh sebelum hari-h.

10. Rutin Mengikuti Event Bazar atau Pameran

Ide mengembangkan bisnis berskala kecil selanjutnya yaitu rutin mengikuti event seperti bazar atau pameran. Biasanya para pemilik usaha akan memberikan potongan harga pada kegiatan seperti ini bisa menjangkau lebih banyak pembeli.

Bazar maupun pameran mampu membantu suatu bisnis agar dikenal lebih luas. Karena akan diikuti oleh berbagai brand, pastikan bahwa dekorasi stand Anda dibuat semenarik mungkin agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

11. Menjadi Sponsorship pada Acara Amal

Para pemilik bisnis biasanya berpartisipasi dalam event – event tertentu sebagai pihak sponsor. Misalnya pada kegiatan ulang tahun sekolah, ulang tahun kampus, rapat besar, hingga kegiatan amal seperti penggalangan dana.

Atau dapat melakukan penggalangan sendiri dengan cara mengajak para pembeli agar ikut menyisihkan uang sebagai bentuk sumbangan. Walaupun tidak bermaksud menumpang promosi, namun secara tidak langsung kegiatan ini mampu meningkatkan branding.

12. Memberikan Diskon bagi Pelanggan

Memberikan diskon kepada pelanggan juga termasuk salah satu ide mengembangkan bisnis berskala kecil. Strategi marketing ini dipercaya mampu mempertahankan pelanggan setia. Umumnya, beberapa brand memiliki membership.

Melalui sistem membership ini, biasanya pelanggan setia dapat memilih promo hingga hadiah yang bisa mereka ambil pada event – event tertentu. Strategi ini dipercaya dapat mengembangkan suatu bisnis lebih cepat.

13. Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil Bergabung dengan Forum Pengusaha Online

Bergabung dengan forum-forum pengusaha dapat dimanfaatkan sebagai media berbagi cerita maupun tips mengembangkan bisnis. Jika kurang menyukai forum online, Anda dapat bergabung di grup sosial media sesama wirausahawan.

Ide mengembangkan bisnis dengan berskala kecil ini bertujuan membangun relasi apalagi jika suatu saat ingin mengadakan kerja sama. Bergabung bersama forum sesama pengusaha bisa memberikan lebih banyak pengetahuan khususnya bagi pebisnis pemula.

14. Membuka Cabang di Lokasi Lain Jika Keuntungan Sudah Konsisten

Apabila bisnis sudah menghasilkan keuntungan lebih stabil, Anda bisa mulai membuka cabang di lokasi lainnya. Strategi ekspansi bisnis ini sering diterapkan oleh para wirausahawan agar usaha mereka semakin berkembang.

Ide mengembangkan bisnis berskala kecil ini perlu dilakukan dengan penuh ketelitian. Pastikan untuk melakukan riset pasar dan lokasi terlebih dahulu serta pertimbangkan sistem administiratif serta manajemennya yang cocok untuk diterapkan.

15. Mulai Menggunakan Sistem Franchise

Selain mendirikan cabang di daerah lain, membuka franchise juga menjadi ide menarik untuk mengembangkan bisnis. Sudah banyak para wirausahawan mengembangkan brand mereka dengan menggunakan sistem ini.

Membuka franchise berarti mengizinkan orang lain untuk menduplikasikan brand Anda namun dengan berbagai izin, syarat, dan ketentuan. Dalam hal ini, kerja sama antara pemilik bisnis dengan calon pemilik franchise sangat diperlukan.

16. Ekspansi Bisnis secara Global

Ide mengembangkan bisnis berskala kecil berikutnya adalah ekspansi secara global. Strategi ini membutuhkan waktu yang lama, namun dapat dijadikan sebagai goals atau tujuan dari perkembangan suatu bisnis seseorang.

Maka dari itu, perlu banyak persiapan karena ke depannya akan membutuhkan distributor asing. Pertimbangkan pasar potensialnya, strategi ekspor impor, biaya tambahan untuk pengiriman dan penyimpanan, model penjualan, hingga syarat legalnya.

17. Ekspansi Bisnis Lewat Internet

Ekspansi bisnis melalui internet adalah dengan menempatkan laman website Anda ke halaman teratas hasil pencarian. Ide mengembangkan bisnis berskala kecil ini dapat meningkatkan traffic pengunjung untuk sekadar melihat atau membeli produk.

Rajin mengunggah konten berkualitas dan relate dengan kebutuhan pasar adalah kuncinya. Lakukan riset kata kunci dahulu untuk memahami apa yang sering dicari oleh target market dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Baca Juga : Pengertian Internet Adalah

18. Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil Menyertakan Kartu Ucapan Terima Kasih pada Setiap Produk Pembelian

Mengembangkan bisnis berskala kecil selanjutnya yaitu menyertakan kartu ucapan terima kasih pada setiap produk pemberian. Pemberian kartu ucapan terima kasih dapat memberikan rasa senang serta eksklusif di hati para pelanggan.

Langkah kecil ini banyak dilakukan oleh para pemilik usaha mulai dari skala kecil hingga besar. Usahakan desain kartu dibuat secara unik juga khas, sertakan nama brand agar pelanggan semakin mengingatnya.

19. Melakukan Inovasi pada Produk atau Jasa

Inovasi produk atau jasa menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan sesuatu yang baru dari suatu brand. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan pelanggan setia serta menarik minat para pelanggan baru.

Langkah ini dapat dilakukan melalui peningkatan produktifitas kegunaan suatu produk. Atau menambah kualitas dan kegunaan brand Anda menjadi lebih multifungsi.

Inovasi juga dapat dilakukan lewat pengembangan produk yang lebih baru untuk disesuaikan kebutuhan juga permintaan pelanggan. Menambahkan nilai produk juga dapat berfungsi membedakan suatu bisnis dari kompetitor lainnya.

20. Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil Rajin Melakukan Evaluasi Bisnis dan Strategi Pemasaran

Mengembangkan bisnis berskala kecil terakhir adalah rajin melakukan evaluasi bisnis dan strategi pemasaran. Tujuannya untuk memantau sejauh mana arus bisnis telah berjalan, apakah ada peningkatan atau justru terjadi penurunan.

Evaluasi dapat dilakukan selama rentang periode tertentu, ada yang melakukannya secara bulanan hingga tahunan. Melakukan evaluasi juga harus disertai oleh laporan lengkap sehingga dapat diketahui mana yang harus diperbaiki.

Ide pengembangan bisnis perlu dilakukan mengingat persaingan sangat ketat, khususnya saat mencoba masuk ke segmen pasar yang sama dengan kompetitor. Selain itu, mengembangkan bisnis juga merupakan bagian dari investasi di masa depan.

Salah satunya dengan menciptakan inovasi pada produk atau jasa dengan nilai tawar serta kualitas lebih unggul dari milik pesaing. Lakukan ide mengembangkan bisnis berskala kecil di atas untuk meningkatkan brand awareness.

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.