Cara meningkatkan loyalitas karyawan sangat diperlukan untuk menyukseskan perusahaan. Loyalitas karyawan yang tinggi membuat usaha berjalan lancar.
Apa itu Loyalitas?
Loyalitas merupakan salah satu bentuk kinerja fokus dari karyawan untuk pertumbuhan perusahaan. Karyawan yang memiliki loyalitas tinggi cenderung mampu mencapai tujuan perusahaan. Biasanya atasan memberikan benefit kepada karyawan berloyalitas.
Pentingnya loyalitas bagi suatu perusahaan, membuat pihak HRD berlomba-lomba meningkatkan hal tersebut.
Untuk meningkatkan loyalitas pada karyawan, biasanya HRD akan menerapkan beberapa strategi.
Pemberian benefit atau reward kepada karyawan yang memiliki loyalitas tinggi dapat dijadikan sebagai feedback. Hampir semua perusahaan besar menerapkan sistem benefit bagi karyawan yang memiliki loyalitas tinggi.
Bagaimana Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan?
Untuk meningkatkan loyalitas karyawan, terdapat beberapa cara yang bisa Anda tempuh. Cara tersebut berkaitan erat dengan pemberian apresiasi kepada karyawan yang bersangkutan.
Berikut cara meningkatkan loyalitas karyawan:
1. Membuat Manajemen yang Nyaman
Karyawan akan fokus dalam menjalankan kinerja jika manajemen yang menaungi suatu divisi mampu menciptakan kenyamanan.
Faktor ini juga membuat karyawan satu dengan lainnya mudah berbaur. Hal tersebut membuat kinerja berjalan lebih efektif.
Manajemen yang tidak mampu mencipta kenyamanan, membuat karyawan mudah bosan. Jika sistem manajemen tersebut tidak berubah, maka bisa menyebabkan penurunan kinerja karyawan. Penurunan kinerja membuat loyalitas semakin rendah.
2. Menerapkan Kejujuran
Kejujuran yang diajarkan dari atasan atau seluruh pihak yang terlibat dalam perusahaan mampu meningkatkan loyalitas karyawan. Cara ini memang terkesan sepele, namun jika diterapkan mampu memberikan banyak manfaat.
Perusahaan yang menerapkan kejujuran mampu membuat karyawan merasa nyaman. Hal ini mendorong karyawan untuk terus meningkatkan kinerja.
Cara meningkatkan loyalitas karyawan ini sangat mudah diterapkan dengan melakukan hal-hal kecil.
3. Memberikan Hak-hak Karyawan
Pemilik perusahaan wajib memberikan hak-hak karyawan agar loyalitas semakin tinggi.
Seluruh hak karyawan yang terpenuhi mampu membuat loyalitas semakin meningkat. Hal ini diwujudkan dengan perbaikan kinerja serta pemberian prestasi untuk perusahaan
Beberapa hak yang wajib diberikan kepada karyawan seperti gaji, upah lembur, hari libur, cuti dan masih banyak lagi. Jika perusahaan memberikan semua hak dengan mudah, maka kinerja karyawan akan meningkatkan.
4. Mengusahakan Lingkungan Kerja yang Nyaman
Loyalitas karyawan akan meningkat jika lingkungan kerja yang dimiliki mampu memberikan rasa nyaman. Lingkungan yang nyaman membuat karyawan semangat dalam bekerja. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengusahakan kenyamanan karyawan.
Untuk menciptakan suasana nyaman, Anda bisa menanyakan kepada masing-masing karyawan.
Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan keharmonisan dalam lingkungan kerja. Lingkungan kerja yang nyaman membuat karyawan betah berlama-lama di kantor.
5. Mengusahakan Momen Berlibur
Hampir semua pengusaha memberikan jeda waktu bagi karyawannya saat momen tertentu.
Jeda libur tersebut biasanya digunakan untuk mengagendakan kegiatan berlibur bersama. Pemberian libur mampu dijadikan penghilang stress bagi karyawan.
Cara meningkatkan loyalitas karyawan dengan memberikan momen berlibur juga mampu mempererat hubungan antar sesama.
Tidak sedikit juga karyawan menggunakan momen berlibur untuk berkumpul bersama teman atau sanak-saudara.
6. Meningkatkan Komunikasi
Komunikasi menjadi indikator yang berperan penting untuk meningkatkan loyalitas karyawan. Selain meningkatkan loyalitas, komunikasi juga membuat perusahaan semakin berkembang. Menjalin komunikasi membuat hubungan semakin harmonis.
Dalam rangka meningkatkan komunikasi, biasanya perusahaan menerapkan sistem koordinasi dan evaluasi.
Koordinasi bertujuan untuk musyawarah terkait kinerja tertentu. Sementara evaluasi bertujuan untuk menguraikan kinerja dalam waktu tertentu
7. Rutin Melakukan Evaluasi
Evaluasi menjadi tindakan rutin yang diadakan oleh sejumlah perusahaan. Tujuan melakukan evaluasi yaitu mengetahui kinerja dari karyawan. Dengan melakukan evaluasi, Anda bisa mengetahui karyawan yang mempunyai loyalitas tinggi.
Rutin melakukan evaluasi mampu membuat karyawan berlomba-lomba meningkatkan kinerja.
Hal itu secara tidak langsung mampu meningkatkan loyalitas karyawan. Cara meningkatkan loyalitas karyawan ini sudah diterapkan oleh banyak perusahaan.
8. Menambahkan Fasilitas dan Sarana
Karyawan juga membutuhkan sarana-prasarana untuk menunjang kinerja. Penambahan dan pengembangan sarana maupun fasilitas mampu dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan loyalitas. Semakin lengkap fasilitas, maka loyalitas karyawan tinggi.
Untuk mengetahui sarana apa saja yang dibutuhkan, Anda bisa rundingan dengan seluruh karyawan. Penambahan sarana dan fasilitas juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja sehingga lebih bagus lagi kedepannya.
9. Rutin Mengadakan Pelatihan
Cara meningkatkan loyalitas karyawan berikutnya yaitu dengan mengadakan pelatihan.
Pelatihan biasanya ditempuh oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja dari karyawan. Dengan menerapkan cara ini, loyalitas karyawan akan semakin meningkat.
Pastikan pelatihan yang dipilih memiliki pengaruh besar terhadap kinerja. Hal ini juga dilakukan untuk menunjang karir dari karyawan tersebut.
Hanya dengan rutin mengadakan pelatihan, perusahaan secara tidak langsung telah memberikan fasilitas.
10. Memberikan Pengembangan
Selain mengadakan pelatihan, perusahaan juga kerap mengupayakan pengembangan karyawan.
Pengembangan dilakukan dengan memberikan penilaian sehingga merangsang kinerja karyawan. Pengembangan ini memiliki banyak manfaat.
Penilaian yang tinggi terhadap satu karyawan membuat karyawan lain memiliki kemauan untuk terus belajar. Alternatif ini dapat dijadikan sebagai cara agar kinerja tetap stabil.
12. Memberikan Reward
Pemberian reward bagi karyawan yang memiliki kinerja baik mampu meningkatkan loyalitas.
Pemberian reward dapat berupa uang, kenaikan jabatan, tiket liburan dan masih banyak. Reward membuat karyawan selalu berusaha meningkatkan kinerja.
Hal ini dapat dijadikan sebagai pancingan terhadap karyawan lain agar memperbaiki kinerja.
Rata-rata karyawan akan memperbaiki kinerja jika perusahaan menerapkan sistem reward. Cara ini bisa Anda jadikan referensi untuk meningkatkan loyalitas.
13. Memberikan Pujian
Hampir semua karyawan pasti akan berusaha meningkatkan kinerja jika HRD kerap memberikan pujian.
Pujian kecil mampu menciptakan kepuasan batin tersendiri bagi karyawan. Cara ini cenderung mampu mendorong karyawan untuk lebih giat.
Pujian yang diberikan oleh HRD kepada karyawan juga mampu memancing kinerja unggulan dari seluruh divisi.
Cara sederhana untuk meningkatkan loyalitas ini juga tidak membutuhkan biaya. Meskipun sederhana, Anda akan merasakan manfaat besar.
14. Memberikan Kesempatan Berpendapat
Cara meningkatkan loyalitas karyawan berikutnya yaitu memberikan kesempatan untuk berpendapat.
Dengan mengeluarkan pendapat, pemilik perusahaan mudah mengetahui keinginan karyawan. Hal ini membuat hubungan antara kedua belah pihak membaik.
Kesempatan berpendapat juga membuat karyawan mudah mengeluarkan berbagai macam keinginan.
Hal ini membuat karyawan merasa dihargai sehingga mendorong untuk meningkatkan kinerja. Kesempatan berpendapat kerap dijadikan penyelesaian.
15. Jenjang Karir
Jaminan jenjang karir yang diberikan pihak perusahaan untuk karyawan mampu dijadikan sebagai alternatif meningkatkan loyalitas.
Untuk mendapatkan jenjang karir lebih tinggi, karyawan harus menembus berbagai macam prosedur dan alternatif.
Salah satu prosedur tersebut yaitu memiliki loyalitas tinggi disertai dengan kinerja unggulan.
Jaminan jenjang karir mampu membuat karyawan berlomba-lomba memperbaiki kinerja. Hal ini tentu membuat perusahaan bisa mengalami peningkatan.
Indikator di atas merupakan cara meningkatkan loyalitas karyawan paling efektif dan praktis. Anda bisa menerapkan seluruh alternatif sehingga perusahaan semakin maju.
Faktor utama yang mempengaruhi kemajuan perusahaan yaitu loyalitas karyawan.
Baca Juga : Fungsi Strategi Membangun Customer Engagement yang Benar