Dalam dunia bisnis, iklan memiliki peranan krusial dalam memperkenalkan produk atau layanan kepada konsumen dan meningkatkan volume penjualan. Nah, kalau Anda ingin mengiklankan produk atau jasa, pastikan Anda tahu jenis-jenis iklan agar bisa membuatnya sesuai target.
Dengan demikian, Anda bisa membuat iklan yang tepat dan bisnis Anda dapat tumbuh dengan lebih pesat.
Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya dan Tujuannya
Berdasarkan isi dan tujuan kontennya, iklan dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah beberapa jenis iklan berdasarkan isi yang bisa Anda manfaatkan dalam bisnis Anda:
1. Iklan Persuasif (Persuasive Advertisements)
Salah satu iklan yang paling umum adalah iklan persuasif. Seperti namanya, tujuan iklan persuasif ini adalah merayu audiensnya untuk mengambil tindakan lanjutan, seperti menggunakan jasa atau produk. Ini adalah salah satu jenis iklan yang bisa Anda gunakan untuk memengaruhi keputusan pembelian dari audiens.
Iklan persuasif bermain dengan cara memengaruhi sisi emosi audiens. Contohnya adalah dengan mengaitkan produk atau layanan dengan emosi positif, seperti kebahagiaan atau kepuasan yang akan audiens dapatkan.
Karena bermain dengan emosi audiens, iklan ini sering menggunakan pemilihan bahasa yang kuat. Beberapa contoh frasa yang mungkin Anda temui adalah “tak ada yang lebih baik dari…” atau “sekarang adalah saat yang tepat untuk…”.
Selain itu, iklan persuasif juga sering menggunakan testimoni atau ulasan dari untuk membuktikan kualitas produk atau layanan.
Penggunaan bukti-bukti ini bisa membantu membangun kepercayaan pada produk dan meningkatkan daya tarik pada jasa yang Anda tawarkan.
2. Iklan Informasi (Informative Advertisements)
Dalam berbisnis, Anda tidak bisa selalu menggunakan jenis iklan persuasi tanpa diimbangi dengan iklan informasi.
Meskipun iklan persuasi memiliki tujuan untuk mendorong pembelian, iklan informasi juga memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bisnis.
Apakah yang dimaksud dengan iklan informasi? Iklan informasi adalah jenis iklan yang bertujuan mengedukasi audiens tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Jenis iklan ini membantu mengatasi ketidaktahuan audiens tentang alasan mengapa mereka membutuhkan produk atau jasa Anda.
Perlu Anda ketahui, tidak semua pelanggan merespons iklan persuasif. Beberapa pelanggan justru lebih suka mendapatkan informasi yang lebih mendalam sebelum mereka memutuskan untuk membeli.
Dengan memanfaatkan iklan jenis informasi, bisnis Anda bisa menjangkau segmen konsumen yang analitis dan terinformasi.
3. Iklan Pengingat (Reminder Advertising)
Jenis iklan yang selanjutnya adalah iklan pengingat. Dalam dunia pemasaran yang serba cepat dan persaingan bisnis yang semakin besar, iklan pengingat adalah komponen penting dalam strategi pemasaran.
Iklan reminder adalah iklan yang tidak fokus pada presentasi produk yang mendalam atau perbandingan dengan pesaing.
Sebaliknya, iklan menampilkan elemen yang sudah pelanggan kenal, seperti logo merek, tagline, atau elemen visual khas. Ya, seperti namanya, iklan ini hanya sebagai pengingat.
Mengapa iklan tersebut termasuk jenis iklan yang penting untuk Anda pertimbangkan? Iklan jenis ini bisa memperkuat posisi merek Anda dalam pikiran pelanggan, sekaligus menjaga hubungan positif yang telah terbentuk. Puncaknya, ketika pelanggan membutuhkan layanan tertentu, layanan Anda yang akan mereka ingat.
Iklan ini berperan penting dalam mempertahankan loyalitas dan memastikan bahwa merek tetap relevan dalam benak konsumen seiring berjalannya waktu.
4. Iklan Pengumuman
Selain beberapa iklan di atas, ada juga iklan pengumuman. Iklan pengumuman adalah jenis iklan yang Anda gunakan untuk memberikan informasi penting terkait bisnis Anda kepada khalayak atau audiens. Apa saja yang tergolong informasi penting?
● Peluncuran Produk atau Layanan Baru
Iklan bertujuan mengumumkan peluncuran produk baru atau layanan tambahan yang bisnis Anda tawarkan.
● Perubahan Harga
Anda bisa memanfaatkan iklan ini untuk memberitahu pelanggan tentang perubahan harga dari produk atau layanan.
● Promosi dan Diskon
Iklan memberikan pengumuman penawaran promosi, diskon, atau penjualan khusus yang sedang berlangsung.
● Perubahan Jam Operasional
Iklan berisi pemberitahuan tentang perubahan jam operasional toko atau bisnis.
Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Tempat Penyampaiannya
Selain memahami jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, Anda juga perlu memahami berbagai jenis iklan berdasarkan tempat penyampaiannya.
Berikut adalah beberapa jenis iklan berdasarkan bentuk penyampaiannya:
1. Iklan Media Cetak
Sama seperti namanya, iklan ini bisa Anda pasang dalam media cetak. Jenis-jenis iklan media cetak adalah di surat kabar, majalah, pamflet, atau brosur.
Iklan cetak memiliki cakupan luas dan bisa menjangkau berbagai jenis pembaca, terlebih pembaca yang masih belum menggunakan media sosial atau internet.
Untuk memaksimalkan jenis iklan ini, Anda perlu mengetahui tahui jenis media cetak yang apa yang sering target pasar Anda baca. Jika audiens Anda lebih tertarik pada berita bisnis, memasang iklan di surat kabar bisnis mungkin lebih cocok.
2. Iklan Elektronik
Jenis-jenis iklan elektronik adalah Iklan televisi dan iklan radio. Untuk iklan jenis ini, Anda harus mengetahui saluran TV yang sering dipilih oleh audiens Anda serta jam tayang yang tepat.
Begitu juga dengan iklan radio, Anda harus mengetahui saluran radio yang disukai target konsumen Anda dan jam dengarnya.
3. Iklan Luar Ruang
Iklan ini adalah iklan yang Anda pasang di tempat-tempat publik seperti papan reklame, spanduk, atau poster di tempat umum.
Agar iklan jenis ini bisa berfungsi dengan baik, Anda harus mengetahui lokasi-lokasi yang sering audiens Anda tuju atau tempat yang ramai. Misalnya, jalan-jalan utama atau pusat perbelanjaan.
4. Iklan Digital
Iklan digital merupakan iklan yang ditampilkan pada situs web dan platform online lainnya. Untuk memasang iklan ini, Anda perlu mengidentifikasi situs web yang sering target audiens Anda kunjungi dan memastikan iklan Anda muncul di sana.
Beberapa contoh iklan digital adalah banner, iklan video, iklan pop up, serta iklan baris. Di era digital, iklan digital memang mengambil banyak peran dalam kebutuhan marketing bisnis masa kini.
Anda bahkan bisa memanfaatkan banyak website iklan gratis untuk memasang iklan digital saat ini.
5. Iklan Media Sosial
Jenis iklan yang selanjutnya adalah iklan media sosial. Jenis iklan ini muncul di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn.
Untuk memasarkan produk dengan iklan online ini, penting bagi Anda untuk mengetahui demografi dari media sosial yang Anda incar. Mengetahui platform mana yang paling sesuai dengan audiens Anda adalah kunci utamanya.
Penutup
Bisnis yang cerdas memahami bahwa pesan yang tepat, pada waktu dan tempat yang tepat, memiliki potensi untuk mempengaruhi audiens dengan cara yang luar biasa.
Dalam artikel ini, Anda telah mengenal beragam jenis iklan untuk bisnis Anda, mulai dari iklan informatif yang memberikan pengetahuan kepada pelanggan, hingga iklan persuasif yang memengaruhi keputusan pembelian.
Ada juga jenis iklan berdasarkan tempat penayangannya.
Ingatlah bahwa tidak ada satu ukuran pasti mana jenis iklan mana yang paling baik. Keputusan tentang jenis iklan dan media iklan yang akan digunakan harus didasarkan pada target audiens Anda.
Ini sebabnya, penting untuk melakukan riset dan mengenal target audiens bisnis Anda lebih dulu sebelum membuat iklan.
Dengan memahami preferensi, kebutuhan, dan perilaku audiens, Anda dapat menentukan jenis jenis iklan yang efektif untuk mengoptimalkan potensi bisnis.
Baca Juga : Apa Itu Iklan Baris? Pengertian, Karakteristik & Kelebihannya