Inilah 8 Cara Memulai Bisnis Dropshipping Untuk Pemula

Inilah 8 Cara Memulai Bisnis Dropshipping Untuk Pemula

Bagi Anda yang berniat untuk memulai bisnis dropshipping tentunya harus mengetahui terlebih dahulu cara memulai bisnis dropshipping, agar nantinya bisnis yang dijalankan bisa memberikan keuntungan.

Karena itulah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara untuk memulai bisnis dropshipping bisa menyimak informasinya pada artikel di bawah ini.

Cara Memulai Bisnis Dropshipping

Perlu Anda ketahui, untuk memulai bisnis dropshipping sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Nah, agar bisnis dropshipping yang dijalankan bisa memberikan keuntungan ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis dropshipping.

Adapun cara memulai bisnis dropshipping adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Produk Yang Hendak Dijual

Cara memulai bisnis dropshipping yang pertama adalah menentukan terlebih dahulu barang yang hendak dijual.

Untuk menentukan produk yang akan dijual, Anda harus menyesuaikannya dengan modal yang dimiliki dan minat konsumen terhadap produk tersebut.

Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan untuk menawarkan produk tersebut ke konsumen.

Nah, jika Anda masih kebingungan menentukan barang yang hendak dijual, Anda bisa melakukan riset di internet. Dengan melakukan riset Anda akan mengetahui produk yang sedang tren di masyarakat.

Apabila produk tersebut sedang tren dan dibutuhkan oleh banyak orang, Anda bisa mempertimbangkan untuk berjualan produk tersebut.

2. Menentukan Supplier

Cara memulai bisnis dropshipping selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah menentukan supplier.

Sebab, memilih supplier yang tepat sangatlah penting agar bisnis supplier yang dijalankan bisa berjalan lancar dan bisa mendatangkan keuntungan.

Karena itulah, pemilihan supplier ini tidak bisa sembarangan dan harus dipertimbangkan dengan matang-matang.

Dalam memilih supplier, setidaknya ada beberapa hal yang perlu pertimbangkan. Seperti misalnya harga yang ditawarkan, kesanggupan supplier memenuhi stok, reputasi supplier dan lain sebagainya.

Hal tersebut, harus Anda perhatikan agar nantinya Anda tidak kecewa dan mengalami kesulitan dikarenakan salah memilih supplier.

Untuk itu, tidak ada salahnya Anda melakukan survei dan wawancara singkat kepada supplier terlebih dahulu.

Nah, dari survei dan wawancara singkat yang dilakukan Anda bisa menentukan apakah akan melanjutkan kerja sama dengan supplier tersebut atau tidak.

3. Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar juga merupakan salah satu cara memulai bisnis dropshipping. Sebab, dengan menentukan produk pasar akan memudahkan Anda untuk bisa menjual dan menawarkan produk konsumen.

Untuk bisa menentukan target pasar, Anda perlu melakukan analisa mengenai kegunaan serta tingkat kebutuhan suatu kelompok terhadap produk yang hendak Anda jual.

Kesalahan dalam menentukan target pasar, akan menyebabkan sulit menjual barang yang ditawarkan dan bisa berujung kerugian.

Karena itu, lakukan survei atau membuat questioner singkat yang Anda sebarkan di sosial media untuk bisa menentukan target pasar yang paling tepat untuk produk yang sedang Anda jual.

4. Membangun Brand

Meskipun sebagai dropshipper Anda tidak menjual barang yang dibuat sendiri, Anda tetap memiliki kewajiban untuk membangun brand dari usaha yang sedang dijalankan.

Membangun brand ini sangatlah penting agar Anda bisa membuat orang lain menjadi percaya dan mau membeli produk yang Anda tawarkan.

Itulah mengapa Anda harus menciptakan kesan yang baik dan positif kepada masyarakat khususnya target pasar.

Membangun brand memang tidak instan dan mudah, namun hal ini harus Anda lakukan agar bisnis yang dijalankan bisa mendatangkan keuntungan.

Setelah branding berhasil dilakukan, maka tugas Anda selanjutnya adalah tetap mempertahankan dan menjaga konsistensi branding tersebut.

Jangan sampai melakukan suatu tindakan yang mencemarkan produk serta bisnis yang dibangun sebab akan mendatangkan suatu kerugian.

5. Melakukan Promosi

Promosi merupakan sesuatu yang harus dilakukan agar bisnis yang dijalankan bisa dikenal oleh masyarakat luas. Apabila bisnis telah dikenal oleh masyarakat, proses penjualan produk akan menjadi mudah.

Dengan begitu bisnis yang dijalankan akan mengantarkan pada kesuksesan sebab bisnis tersebut mampu memberikan keuntungan.

Itulah mengapa, Anda harus melakukan promosi yang menarik untuk membuat orang mengenali bisnis yang Anda jalankan.

Nah, untuk melakukan promosi ini sendiri ada beberapa macam caranya, seperti menawarkan produk secara langsung kepada konsumen, menyebarkan pamflet, menggunakan papan iklan, dan yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan sosial media.

Tidak hanya mudah, sosial media juga membuat jangkauan promosi menjadi lebih luas. Selain itu, kelebihan lainnya dari promosi menggunakan sosial media adalah gratis serta bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun.

Sedikit saran, jika Anda berencana melakukan promosi melalui sosial media pastikan untuk membuat konten promosi yang menarik.

Tujuannya adalah agar orang tertarik untuk melihat konten promosi yang Anda buat. Apabila Anda kesulitan untuk membuat konten yang menarik, tidak ada salahnya meminta bantuan kepada orang yang ahli dalam hal tersebut seperti misalnya para desainer grafis.

Meskipun harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menyewa jasa mereka, namun hal ini sangat sebanding dengan manfaat yang bisa Anda dapatkan nantinya.

6. Lakukan Analisa Kompetitor

Cara memulai bisnis dropshipping berikutnya adalah melakukan analisa terhadap kompetitor.

Hal ini dikarenakan dengan melakukan analisa terhadap kompetitor akan membantu Anda memenangkan persaingan pasar. Dengan begitu bisnis Anda akan bisa tetap bertahan dan tidak mengalami kebangkrutan.

Nah, untuk analisa kompetitor ini sendiri meliputi harga yang mereka tetapkan, pelayanan yang kompetitor berikan kepada pelanggan, dan lain sebagainya.

Nantinya, informasi yang Anda dapatkan terkait kompetitor tersebut dapat digunakan untuk menyusun strategi bisnis yang bisa menghantarkan bisnis Anda menuju kesuksesan.

7. Pertimbangkan Membuat Toko Online

Menjual produk melalui toko online merupakan cara termudah dan efektif bagi orang yang baru memulai bisnis dropshipping.

Karena itu, jangan ragu untuk membuka toko online di e-commerce dan mulai berjualan di sana. Sebab, kemungkinan bisnis dropshipping Anda memperoleh keuntungan jika berjualan melalui platform tersebut cukup tinggi.

Kelebihan lainnya dari berjualan melalui platform e-commerce adalah tingkat keamanannya cukup tinggi.

Sebab, e-commerce tersebut dikelola oleh perusahaan yang memiliki reputasi baik dan dilindungi oleh hukum. Jadi ketika berjualan melalui platform e-commerce tersebut Anda bisa merasa tenang.

8. Lakukan Kerja Sama Dengan Influencer

Cara memulai bisnis dropshipping yang terakhir adalah dengan melakukan kerja sama dengan seorang influencer.

Melakukan kerja sama dengan seorang influencer cukup efektif untuk bisa mendatangkan keuntungan untuk Anda.

Sebab, dengan pengaruh yang dimiliki seorang influencer akan membuat orang khususnya pengikut dari influencer tersebut membeli produk yang Anda tawarkan.

Nah, jika Anda memutuskan bekerja sama dengan seorang influencer pastikan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan mereka.

Dengan begitu kerja sama yang terjalin bisa bertahan untuk jangka panjang bukan hanya kerja sama sesaat saja.

Nah, itu tadi informasi mengenai beberapa cara memulai bisnis dropshipping yang bisa Anda coba.

Semoga informasi mengenai cara untuk memulai bisnis dropshipping yang kami sampaikan di atas bisa berguna terutama untuk Anda yang berniat untuk memulai bisnis dropshipping.

Baca Juga : 18+ Ide Peluang Bisnis Online Terbaik Paling Menguntungkan

Bagikan:

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.