Inilah 8 Faktor yang Membuat Bisnis Gagal dan Merugi

Inilah 8 Faktor yang Membuat Bisnis Gagal dan Merugi

Sebelum memulai sebuah bisnis, tentunya sangat penting bagi Anda untuk mengetahui faktor yang membuat bisnis gagal.

Sebab, dengan mengetahui hal tersebut akan membuat resiko bisnis mengalami kegagalan bisa di minimalisir.

Faktor yang Membuat Bisnis Gagal

Menjalankan sebuah bisnis tentunya tidak lepas dari risiko kegagalan. Sebab nyatanya ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan bisnis mengalami kegagalan.

Baca Juga : Bisnis untuk Pasangan Muda yang Bisa Dipilih

Nah, adapun beberapa faktor yang membuat bisnis gagal adalah seperti berikut ini:

1. Visi Misi Tidak Jelas

Ketika memulai menjalankan sebuah bisnis, seringkali pebisnis pemula mengabaikan keberadaan visi misi perusahaan.

Padahal, visi dan misi adalah hal fundamental yang termasuk kedalam susunan rencana bisnis.

Pengabaian terhadap visi dan misi akan menyebabkan sebuah bisnis kehilangan arah dan tujuannya.

Ini karena visi dan misi adalah patokan dan pedoman untuk menentukan langkah yang akan diambil.

Sebab, ketika menentukan sebuah langkah tanpa memperhatikan visi dan misi perusahaan bisa berakibat kegagalan.

Karena itulah, agar bisnis yang dijalankan bisa sukses sangat penting bagi Anda untuk membuat visi misi yang jelas.

2. Rencana Bisnis Tidak Jelas

Faktor yang membuat bisnis gagal berikutnya adalah rencana bisnis yang dimiliki tidak jelas. Padahal rencana bisnis merupakan kunci utama yang akan menentukan bisnis akan sukses atau tidak.

Karena begitu sangat pentingnya rencana bisnis, keberadaannya harus lebih dahulu dibuat sebelum membuka bisnis.

Sebab, jika membuka bisnis tetapi tidak memiliki rencana sudah pasti bisnis akan gagal. Untuk membuat rencana bisnis sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan asal-asalan.

Hal ini karena dalam membuat rencana bisnis Anda harus memperhatikan berbagai faktor dan melakukan perhitungan yang matang.

Dengan begitu tujuan bisnis yang Anda tetapkan akan bisa tercapai sesuai harapan.

Nah, bagi Anda yang baru saja terjun di dunia bisnis, ada baiknya berkonsultasi dengan orang yang telah memiliki pengalaman berbisnis, agar rencana bisnis Anda lebih matang.

3. Lokasi Tidak Strategis

Lokasi bisnis yang tidak strategis ternyata juga merupakan salah satu faktor yang membuat bisnis gagal.

Hal ini karena lokasi yang kurang strategis menyebabkan bisnis mengalami berbagai kendala seperti misalnya jarang ada pembeli karena lokasi sulit dicapai dan jauh dari jalanan utama.

Inilah mengapa lokasi bisnis juga sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan.

Untuk itulah, sangat penting bagi Anda untuk membuka bisnis di lokasi yang strategis. Untuk ciri dari lokasi yang strategis sendiri ada beberapa.

Di antaranya adalah akses jalan yang mudah, ramai dilalui orang, dan dekat dengan jalan raya.

Dengan membuka bisnis di jalan yang strategis, maka besar kemungkinan Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan.

Sebaliknya, ketika Anda membuka bisnis di lokasi yang kurang strategis akan sulit untuk mendapatkan pelanggan.

4. Kesalahan Pengelolaan Modal

Bukan rahasia umum jika terbatasnya kekurangan modal saat berbisnis juga merupakan faktor yang membuat bisnis gagal.

Hal ini karena jika modal bisnis kurang atau tidak cukup akan membuat bisnis terhambat sebab tidak ada yang menopang.

Seperti yang Anda ketahui, saat awal menjalankan bisnis bukan tidak mungkin akan ada pengeluaran yang tak terduga.

Selain mempersiapkan modal atau dana darurat, pebisnis juga harus mampu mengelolanya dengan benar.

Sebab meskipun modal yang dimiliki banyak tetapi pengelolaannya tidak benar maka bisnis yang dijalankan juga kemungkinan besar akan gagal.

Itulah mengapa Anda perlu harus teliti dan memahami bagaimana cara pengelolaan modal yang benar.

5. Kurang Berpengalaman

Umumnya sebelum membuka bisnis, seorang pebisnis telah memiliki pengetahuan, keterampilan, juga pengalaman yang memadai mengenai bidang bisnis yang hendak dijalankan.

Karena bekal yang dimilikinya itulah mereka berani membuka bisnis karena merasa sudah mampu menjalankan bidang bisnis tersebut.

Sebaliknya, orang cenderung menghindari menjalankan bidang bisnis yang dirasa asing bagi mereka.

Meskipun begitu, bukan berarti orang yang belum pengalaman tidak boleh menjalankan bisnis.

Mereka tetap bisa menjalankan bisnis selama mereka berusaha mempelajari bisnis yang dijalankan atau meminta pendampingan orang yang ahli dalam bidang tersebut.

Walaupun begitu tetap saja lebih disarankan mempelajari terlebih dahulu bidang yang akan ditekuni sebelum benar-benar mulai menjalankan bisnis.

Sebab, jika sudah berpengalaman bisa membuat lebih tenang dan siap ketika menghadapi berbagai masalah yang terjadi saat berbisnis. Sehingga tidak akan lagi merasa ragu dan takut dalam menjalankan bisnis.

6. Tidak Berani Ambil Risiko

Risiko merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari berbisnis, sebab bisnis dan risiko seperti dua sisi koin yang tidak mungkin terpisahkan.

Karena itulah, seorang pebisnis harus berani mengambil risiko yang ada. Sebab, ketika pebisnis mampu menaklukkan risiko tersebut maka jalan untuk kesuksesan akan terbuka lebar.

Namun ketika seorang pebisnis tidak berani menghadapi risiko yang ada, bukan tidak mungkin akan ada kompetitor yang berani menghadapinya dan kemudian akan mengalahkan Anda.

Jika ini dibiarkan terjadi, sudah tentu Anda yang akan merasa rugi dan menyesal. Tetapi perlu Anda ingat, dalam mengambil risiko juga tidak hanya mengandalkan keberanian saja.

Anda juga perlu memperhitungkan segalanya agar ketika risiko tersebut membawa hal buruk, Anda masih bisa bertahan.

Karena itulah, Anda harus mempersiapkan segalanya dengan benar sebelum melakukan apapun termasuk mengambil risiko.

7. Tidak Mampu Beradaptasi

Faktor yang membuat bisnis gagal selanjutnya adalah ketidakmampuan Anda dalam beradaptasi. Padahal tren yang ada di dunia ini akan selalu berubah-sudah dalam setiap saat tanpa ada aba-aba.

Karena itulah, sebagai seorang pebisnis Anda dituntut untuk selalu sanggup beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi.

Ketika Anda tidak mampu atau gagal menyesuaikan bisnis dengan tren, maka Anda harus bersiap-siap ditinggalkan oleh pelanggan Anda.

Sebab, Anda dinilai gagal dan tidak sanggup menyediakan apa yang menjadi keinginan mereka.

Satu hal yang perlu dipahami tentang beradaptasi dalam bisnis, beradaptasi berbeda dengan melakukan pembaharuan total di luar ciri khas sehingga menghilangkan keunikan dari bisnis Anda.

Maksud dari beradaptasi adalah melakukan pembaharuan namun tetap mempertahankan dan tidak menghilangkan ciri khas dari bisnis Anda.

8. Pemasaran dan Promosi yang Buruk

Faktor yang membuat bisnis gagal terakhir adalah pemasaran dan promosi yang dilakukan buruk. Ketika pemasaran dan promosi yang dilakukan buruk tentunya membuat orang mengabaikan produk tersebut.

Karena itulah, pemasaran dan produksi yang buruk akan membuat orang tidak mengenal atau mengingat bisnis Anda/

Jadi untuk menghindari hal ini terjadi, Anda perlu membuat serta melakukan pemasaran dan promosi yang menarik.

Tidak hanya itu, ada baiknya pemasaran dan promosi yang dilakukan secara rutin. Jangan lupa untuk promosi dilakukan melalui sosial media agar mampu menjangkau lebih banyak audiens dan calon pembeli

Sebenarnya faktor yang membuat bisnis gagal tidak hanya seperti yang telah kami sampaikan di atas, namun masih banyak lagi.

Tapi semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa berguna serta menambah wawasan Anda mengenai apa saja faktor penyebab bisnis menjadi gagal.

Baca Juga : 5 Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana untuk Memulai Usaha

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.