Bagaimana Cara Memasarkan Bisnis di Media Sosial? Inilah hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum dan ketika memasarkan bisnis di media sosial.
Pentingnya Promosi di Media Sosial
Bagi anda yang saat ini tengah memiliki bisnis kecil-kecilan tentu sangat penting untuk memasarkan produk kepada masyarakat. Namun memasarkan bisnis yang dimiliki tidak hanya perlu digunakan oleh pelaku bisnis-bisnis kecil saja.
Pentingnya memasarkan bisnis tidak hanya akan berdampak kepada produk yang lebih dikenal tapi, untuk menanamkan keunikan yang ada di dalam produk.
Bisnis yang anda miliki tak hanya akan dikenal tapi akan diingat jika saja Cara Memasarkan Bisnis di Media Sosial dikelola secara tepat.
Misal membuat ciri khusus untuk menonjolkan bahwa produk yang dipasarkan berbeda dari yang lain.
Namun tentu menonjolkan produk tidak dilakukan dengan mudah, sebelum berbisnis anda harus menentukan bahwa apa yang anda tawarkan adalah sesuatu yang baru.
Sesuatu hal baru yang ditawarkan bukan hanya soal barang atau produk, tapi konsep atau pun bagaimana cara anda memasarkan bisnis.
Selain itu dalam memasarkan bisnis di media sosial haruslah memiliki tujuan atau target yang ingin didapatkan selama berbisnis.
Tak ketinggalan anda juga harus memiliki sebuah organisasi yang lengkap untuk menjalankan dan memasarkan bisnis dengan perannya masing-masing.
Setelah berhasil menentukan bisnis seperti apa yang diinginkan, sesuatu yang baru apa yang bisa ditawarkan, selanjutnya ada juga haruslah memiliki cerita atau motivasi yang menjadi alasan berbisnis suatu produk.
Misal produk yang ditawarkan adalah barang yang timbul karena adanya keresahan, contohnya anda telah merasakan betapa sulitnya mendapatkan produk itu, atau tidak mendapakan produk yang diinginkan secara khusus karena jarang atau belum ada yang memasarkan.
Usai hal-hal di atas selesai ditentukan, maka saatnya anda memikirkan siapa target pasar dalam bisnis yang ditawarkan, berapa kisaran umurnya, pekerjaannya, dan segala macamnya.
Karena ha ini akan menjadi penentu platform media sosial apa yang harus digunakan dalam memasarkan produk.
Selanjutnya jika sudah dapat memastikan bahwa dasar-dasar itulah yang harus dilakukan, maka selanjutnya dalam memasarkan bisnis di media sosial anda harus membuat sitem seperti apa yang akan akan diterapkan dalam berbisnis.
Contohnya adalah harus menentukan konten starategi apa yang harus digunakan di setiap platform media sosial, pendekatan apa yang sesuai dengan usia atau pekerjaan pembeli, hingga bagaimana caranya agar konsumen mau menggunakan produk yang ditawarkan.
Setelah berhasil menarik konsumen untuk mau membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan, anda juga harus memikirkan bagaimana cara mengatasi jika pembeli gagal melanjutkan pesanan dan apa yang harus dikerjakan agar pembeli mau datang kembali untuk berlangganan dengan bisnis anda.
Hal ini adalah entitas yang harus benar-benar dipikirkan dengan matang agar anda dapat dengan tenang memasarkan bisnis yang akan ditawarkan kepada target pasar.
Tentunya ini akan memudahkan anda karena hal-hal ini akan sangat membantu sebelum memasuki bagaimana bisnis anda dikenal di media sosial.
Cara Promosi Bisnis di Media Sosial
Ketika sudah paten dengan sistem seperti apa dalam berbisnis di media sosial, inilah Cara Memasarkan Bisnis di Media Sosial yang bisa anda terapkan.
1. Facebook
Jika audiens anda adalah pembeli yang memiliki umur diantara angka 18 – 45 ke atas, maka platform Facebook bisa digunakan untuk memasarkan bisnis.
Di dalam media sosial ini ada berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan seperti marketplace.
Di mana anda dapat menjual produk di Facebook marketplace dengan gratis atau tanpa biaya dengan mengunggah produk anda.
Anda dapat mengunggah produk berupa barang atau yang lainnya lalu memberikan deskripsi dari produk tersebut baik dari segi brand, harga, dan kondisi produk.
Selanjutnya menjelaskan keunggulan produk dan mengapa produk anda harus dibeli oleh konsumen sebagai penyelesaian masalah mereka, tulis dengan semenarik mungkin di kolom keterangan.
Tak lupa anda juga wajib mengunggah foto produk, disarankan untuk mengupload empat foto agar lebih menarik pembeli.
Tak hanya di fitur marketplace saja, produk yang ditawarkan juga harus dipromosikan di grup-grup jual beli yang memiliki banyak peminat.
2. Instagram
Selanjutnya salah satu platform populer saat ini, Instagram dapat digunakan untuk memasarkan bisnis di media sosial.
Pasalnya Instagram menjadi salah satu paltform yang sangat digemari oleh masyarakat khusunya dengan rentang usai 18 – 35 tahun.
Namun fungsi Instagram dalam berbisnis lebih dari sekedar alat untuk mempromosikan produk, akan tetapi sebagai branding bisnis yang dijalankan.
Sebab kebanyakan konsumen akan lebih dulu memastikan keaktifan dari Instagram yang dimiliki oleh penjual, bagaimana penjual menyusun dan membuat Instagram bisnisnya menjadi lebih menarik, serta bagaimana cara seller berkomunikasi dengan customernya.
Maka dari itu akaun Instagram anda haruslah dibranding dengan semenarik mungkin karena menjadi platform penting untuk memulai bisnis di media sosial untuk sorang pemula.
3. Twitter
Twitter menjadi media sosial yang dapat mewadahi anda untuk memulai dan mengembangkan bisnis, tak jauh berbeda dengan Facebook kisaran usia masyarakat yang menggunakan platform ini adalah 18 – 45 tahun.
Biasanya platform ini bukan digunakan untuk tempat jual beli meski ada yang melakukan tindakan ini, Twitter lebih sering digunakan untuk melayani atau berinteraksi dari penjual ke pelanggan.
Aplikasi ini juga sangat dirokemendasikan untuk membangun citra brand yang ramah dan sigap dalam melayani pembeli.
Baca Juga : 14 Cara Mendapatkan Uang dari Twitter (Mudah dan Praktis)
Itulah tips dan Cara Memasarkan Bisnis di Media Sosial yang bisa anda pertimbangkan untuk diterapkan dalam bisnis yang indin anda mulai atau kembangkan.