10 Manfaat Asuransi Jiwa Sebagai Bahan Pertimbangan Sebelum Membelinya

10 Manfaat Asuransi Jiwa Sebagai Bahan Pertimbangan Sebelum Membelinya

Salah satu alasan yang membuat seseorang belum berminat membeli produk asuransi jiwa, yakni karena mereka memang belum tahu mengenai apa saja manfaat asuransi jiwa tersebut.

Karena itulah, di pembahasan kali ini akan kita jelaskan mengenai beberapa manfaat penting dari asuransi jiwa, yang mana bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum membelinya di perusahaan asuransi di Indonesia.

Apa Saja Manfaat Asuransi Jiwa Bagi Pengguna?

Apa Saja Manfaat Asuransi Jiwa Bagi Pengguna

Dari sekian banyaknya produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi di Indonesia, asuransi jiwa menjadi produk asuransi yang banyak dijadikan pilihan oleh sebagian besar kalangan masyarakat.

Hal ini dikarenakan, produk asuransi ini memberikan manfaat proteksi berupa pengalihan risiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Asuransi jiwa sendiri, umumnya berbentuk kontrak perlindungan tertulis atau dikenal dengan istilah polis, yang di dalamnya berisikan perjanjian yang sudah disetujui oleh pihak perusahaan asuransi dan pemegang polis.

Sudah menjadi suatu keharusan bagi seseorang untuk memiliki asuransi jiwa, lantaran dapat meminimalisir terjadinya gangguan pada kebutuhan ekonomi.

Yang mana, hal ini bisa saja terjadi karena adanya risiko kepada pencari nafkah selama masa-masa produktif.

Tidak hanya itu saja, manfaat asuransi jiwa juga bisa Anda lihat di penjelasan berikut untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

1. Memberikan Proteksi dari Risiko Meninggal Dunia

Dalam produk asuransi jiwa, umumnya akan memberikan manfaat utama bagi pemegang polis berupa jaminan proteksi/perlindungan dari risiko musibah yang bisa saja terjadi di masa depan.

Bisa kita ambil contoh disini, jika kepala keluarga meninggal dunia karena kecelakaan kerja atau sakit, sehingga mata pencaharian utama hilang, maka asuransi jiwa akan berperan penting di dalamnya.

Dimana, asuransi jiwa tersebut nantinya akan membayar sejumlah pertanggung jawaban dari risiko musibah yang terjadi pada pemegang polis tersebut.

2. Sebagai Jaminan Kehidupan Layak Bagi Ahli Waris

Manfaat asuransi jiwa berikutnya, yakni bisa dijadikan sebagai jaminan kehidupan yang layak bagi kelangsungan hidup anggota keluarga lainnya, dimana dalam hal ini merupakan ahli waris.

Hal ini dikarenakan, uang pertanggungan asuransi jiwa dari pemegang polis jika meninggal, biasanya akan mencapai beberapa kali lipat pendapatan di dalamnya.

Dengan adanya polis asuransi yang cukup besar tersebut, orang-orang yang bergantung pada penghasilan pemegang polis nantinya akan mendapatkan perlindungan secara finansial di dalamnya.

3. Membantu Perencanaan Keuangan Keluarga

Alasan lain yang mengharuskan seseorang perlu memiliki asuransi jiwa sejak dini, yakni karena memberikan manfaat penting dalam upaya membantu perencanaan keuangan keluarga di masa depan.

Ketika seseorang memiliki produk asuransi jiwa satu ini, maka mereka akan memperoleh perlindungan optimal dari kondisi finansial, jika sewaktu-waktu terjadi risiko yang tak terduga di masa depan.

Di samping itu, penggunaan asuransi jiwa juga berperan penting dalam menanggung kerugian yang terjadi dengan besaran uang yang diberikan sesuai dengan polis yang sudah disepakati oleh pihak perusahaan asuransi.

4. Memperoleh Biaya Pertanggungan untuk Penyakit Kronis

Seseorang yang membeli produk asuransi jiwa, nantinya akan memperoleh manfaat asuransi jiwa berupa perolehan biaya pertanggungan untuk menutupi biaya perawatan selama menjalani pengobatan penyakit kronis.

Manfaat ini, biasanya hanya berlaku jika seseorang didiagnosis menderita penyakit kronis tertentu, termasuk halnya terminal illness dan diperkirakan akan hidup kurang dari 12 bulan.

Adapun selama orang yang bersangkutan masih hidup, maka dalam kondisi tersebut bisa memanfaatkan keuntungan dari produk asuransi jiwa ini untuk keperluan biaya berobat nantinya.

5. Bisa Dijadikan Tabungan Pensiun

Tidak hanya bisa dijadikan sebagai jaminan perlindungan dari risiko kematian dan penyakit kronis saja, penggunaan asuransi jiwa juga berguna untuk dijadikan sebagai tabungan pensiun atau hari tua.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut, Anda bisa melihat produk asuransi jiwa dwiguna dan unit link, yang mana bisa digunakan oleh pemegang polis asuransi untuk mengakumulasi persiapan tabungan pensiun masa depan.

Umumnya, premi asuransi jiwa yang dibayarkan disini tidak hanya sebatas untuk kepentingan asuransi saja, akan tetapi juga digunakan untuk kepentingan investasi.

6. Memberikan Rasa Tenang dan Nyaman Bagi Pengguna

Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita tidak pernah tahu bagaimana nasib kita di masa depan nanti.

Namun ketika memiliki asuransi jiwa, manfaat asuransi jiwa yakni akan membantu Anda dalam mempersiapkan segala upaya terbaik dalam mengatasi masalah yang akan terjadi di masa depan.

Dengan adanya asuransi jiwa satu ini, tentunya akan menjadikan Anda merasa lebih tenang dan aman, lantaran asuransi ini menanggung kerugian finansial Anda ataupun ahli waris di dalamnya.

7. Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Sebagai orang tua, sudah seharusnya untuk mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin untuk mencapai target yang dibuat sebelumnya.

Dan yang perlu Anda ketahui adalah, biaya pendidikan saat ini tentunya akan sangat jauh berbeda dengan biaya pendidikan di masa depan, entah itu sepuluh atau dua puluh tahun lagi.

Jika Anda membeli produk asuransi jiwa, maka akan dapat membantu Anda untuk mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, sehingga anak bisa melanjutkan studi mereka ke jenjang tertinggi.

8. Sebagai Pertanggungan Biaya Perawatan Medis

Walaupun seseorang tidak memiliki produk asuransi kesehatan, mereka tidak perlu merasa khawatir lagi dengan besaran biaya perawatan yang harus mereka keluarkan untuk memperoleh pelayanan atau perawatan medis.

Dikarenakan, manfaat asuransi jiwa bisa dijadikan sebagai pertanggungan biaya perawatan medis dengan syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh pemegang polis asuransi.

Mengenai syarat yang harus dipenuhi pemegang polis asuransi jiwa disini, yakni harus memilih atau membayar manfaat tambahan pada asuransi jiwa untuk memperoleh jaminan kebutuhan biaya perawatan.

9. Dapat Membantu Pertumbuhan Aset

Meskipun sudah banyak orang yang menyadari akan pentingnya pembelian asuransi jiwa, akan tetapi ternyata masih ada sebagian orang yang enggan membeli produk asuransi tersebut karena dianggap tidak penting.

Padahal jika dilihat dari manfaat yang ditawarkan, asuransi jiwa ini akan membantu seseorang dalam pertumbuhan aset yang mereka miliki dan sudah susah payah dikumpulkan selama ini.

Untuk memperoleh manfaat dari asuransi jiwa ini, seseorang perlu memilih produk asuransi jiwa yang di dalamnya menawarkan manfaat perlindungan terhadap aset.

10. Membantu Pelunasan Utang yang Belum Terbayar

Adapun untuk manfaat asuransi jiwa yang tidak kalah penting untuk dijadikan bahan pertimbangan Anda, yakni dapat membantu pelunasan utang yang belum terbayar.

Umumnya, orang yang meninggal tidak selalu mewariskan uang, kekayaan ataupun aset, melainkan bisa saja meninggalkan utang yang harus dibayarkan oleh ahli waris.

Namun dengan asuransi jiwa, permasalahan utang tersebut bisa teratasi dengan mudah, dikarenakan produk asuransi ini akan menanggung utang dari pemegang polis.

Begitu banyaknya manfaat asuransi jiwa yang ditawarkan di dalamnya, tentunya menjadikan Anda tidak perlu ragu lagi dalam membeli produk asuransi dengan jaminan proteksi bagi diri sendiri dan keluarga tersebut, bukan?

Jika Anda tertarik membeli produk asuransi jiwa, pastikan untuk membelinya di perusahaan asuransi yang sudah terpercaya di Indonesia.

Baca Juga : Hak Nasabah Asuransi dan Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengambil Polis

Bagikan:

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.