Kelebihan Dan Kelemahan Usaha Mie Ayam Yang Harus Pemula Tahu

Kelebihan Dan Kelemahan Usaha Mie Ayam Yang Harus Pemula Tahu

Mie ayam adalah salah satu makanan khas Indonesia yang bisa Anda temukan di manapun dengan mudah.

Hal itu dikarenakan mie ayam menjadi makanan favorit banyak orang, karena itu membuka usaha mie ayam bisa memiliki peluang usaha yang bagus, namun selain kelebihan nya tentu juga ada kelemahan usaha mie ayam yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Ketatnya persaingan usaha terutama di bidang kuliner tentu bisa menjadi kelemahan usaha mie ayam walaupun banyak juga kelebihan dari usaha kuliner tersebut.

Karena itu dengan mengetahui kelebihan dan kelemahannya Anda dapat menyiapkan dan mempersiapkan agar bisnis kuliner mie ayam Anda bisa laku dan berjalan lancar.

Agar Anda tidak bingung apa saja kelebihan kelemahan usaha mie ayam langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Baca Juga : Tips Cara Promosi Usaha Catering Rumahan Dijamin Banjir Orderan!

Kelebihan Usaha Mie Ayam

Peluang usaha dari usaha mie ayam cukup menggiurkan apabila dijalankan karena keuntungan yang bisa didapatkan juga cukup besar, karena mie ayam ini terbuat dari bahan-bahan yang terjangkau dan juga cukup mudah untuk diperoleh. selain itu mie ayam juga disukai oleh berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa.

Karena itu berikut ini adalah beberapa keuntungan dan peluang yang dapat Anda peroleh apabila menjalankan usaha mie ayam:

  • Modal usaha yang diperlukan tidak besar karena hanya memerlukan warung sederhana yang dapat dibuat di rumah serta hanya memerlukan gerobak.
  • Segmen pasar dari usaha kuliner mie ayam sangat luas dan tidak pernah surut atau menurun seperti makanan – makanan kekinian. Selain itu segmen pasar dari mie ayam juga luas karena mencakup orang tua, anak muda, anak kecil mulai dari yang ekonominya menengah ke bawah sampai keatas.
  • Mengkonsumsi mie ayam ini dapat dilakukan kapan saja tidak tergantung waktu, mie ayam pangsit ini dapat dilahap sebagai menu sarapan pagi namun juga dapat dikonsumsi di malam hari untuk pengganjal perut disaat lapar.
  • Bahan untuk pembuatan dari mie ayam ini juga sederhana dan juga tidak memerlukan begitu banyak bahan makanan.
  • Bahan dari pembuatan mie ayam ini dapat dengan mudah Anda temui di berbagai minimarket maupun di pasar – pasar tradisional.
  • Makanan berupa mie ayam ini dapat dikonsumsi sebagai makanan pengganti nasi, karena itulah mie ayam ini dapat mengenyangkan perut dan dapat diberi tambahan topping dari berbagai jenis lauk pauk seperti bakso, daging,jamur dan lain – lain.
  • Tidak diperlukan kemampuan khusus dalam memasak karena mie ayam adalah makanan yang sederhana dalam pembuatannya.

Baca Juga : 5 Tips Bisnis Ayam Potong dan Cara Memulainya untuk Pemula

Kelemahan Usaha Mie Ayam

Kelemahan Usaha Mie Ayam

Walaupun dikatakan sebagai bisnis kuliner yang memiliki peluang untuk yang bagus, tetap terdapat kelemahan usaha mie ayam yang penting untuk Anda pahami, berikut pembahasannya:

1. Persaingan Yang Ketat

Persaingan jualan mie ayam tentu sudah tidak diragukan lagi karena setiap wilayah indonesia hingga ke pelosok daerah, kota dan bahkan provinsi pasti bisa ditemukan penjual makan mie ayam yang mempunyai rasa yang berbeda.

Salah satu kelemahan usaha mie ayam yang umumnya dialami oleh pelaku usaha mie ayam adalah rasa mie ayam yang mereka buat kurang diminati oleh pembeli.

Oleh karena itu ada baiknya Anda membuat mie ayam yang enak dengan cara mempersiapkan resep mie ayam spesial untuk warung Anda.

Untuk dapat bersaing dengan pemilih usaha warung mie ayam lainnya maka Anda perlu memiliki resep masakan mie ayam spesial. raciklah resep mie ayam spesial agar dapat menarik pembeli.

Dengan begitu nantinya mie ayam buatan Anda bisa dilirik oleh khalayak.

2. Membutuhkan Lokasi Yang Strategis

Apabila Anda mau membuka usaha mie ayam namun belum mempunyai lahan yang cocok untuk dibangun warung.

Maka ada baiknya untuk Anda mencari lokasi yang strategis untuk tempat warung mie ayam Anda.

Anda dapat mencari lokasi yang ramai seperti dekat dengan lokasi-lokasi yang memang sering dilalui dan menjadi pusat keramaian seperti di dekat pusat perbelanjaan perkantoran, sekolah atau kampus.

Agar warung Anda nantinya dapat disinggahi oleh mereka yang kelelahan dan kelaparan setelah bekerja atau belajar.

3. Masakan Gampang Basi

Apabila mie ayam telah selesai dimasak, ada baiknya untuk Anda tidak menundah mie ayam yang telah Anda siram dengan kuah karena mie ayam yang telah disajikan dan siap dimakan tidak dapat lama disimpan.

Kalau mie ayam yang sudah dibuat ternyata tidak segera dimakan dalam waktu 12 jam maka dapat dipastikan mie ayam telah basi dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya segera makan mie ayam yang telah disiapkan.

apabila ada pelanggan yang memesan mie ayam di warung dan dia ingin membungkus serta membawa pulang terlebih rumah dia lumayan jauh, coba pisahkan kuah dengan mie ayam tersebut agar mencegah mie ayam menjadi lodoh.

4. Terasa Kurang Spesial

banyaknya bisnis dengan menu yang sama membuat para pebisnis harus bisa menuangkan ide dan juga inovasi yang berbeda.

Agar bisa menarik minat dari calon konsumennya, maka tentu diperlukan usaha untuk memperhatikan kualitas dan hal spesial yang tidak ditemukan di penjual mie ayam tempat lain.

Karena itu, walaupun yang dijual merupakan makanan serupa tetapi tetap ada kelebihannya yang membedakan mie ayam Anda.

Dengan kata lain menu mie mesti menggunakan toping menarik dan unik. Menu yang itu – itu saja juga bisa menjadi salah satu kelemahan usaha mie ayam yang kerap terjadi.

Banyaknya pilihan tempat yang menawarkan mie ayam, membuat calon pelanggan juga selektif saat menentukan tempat makannya.

Karena itulah Pertahankan kualitas rasa dan kelebihan yang dimiliki, dengan begitu konsumen tidak akan berpaling dari warung Anda walaupun ada berbagai pilihan lainnya.

5. Persaingan Harga

Apabila orang sudah dapat menerka seporsi dari harga mie ayam, maka akan sangat mudah untuk yang lainnya juga dalam menganalisisnya.

Apabila tidak ada kelebihan atau hal spesial pada menu Anda tetapi Anda menjualnya dengan harga berbeda tentu hal itu bisa menjadi bahan pertimbangan perbandingan oleh konsumen.

Harga di bidang ini sebenarnya sensitif, khalayak umum sudah tidak asing lagi dengan perkiraan harga yang biasa di pasaran.

Ada baiknya Anda menetapkan harga sesuai dengan standar yang ada atau usaha tersebut tidak akan bisa bersaing dengan yang lain.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kelemahan usaha mie ayam yang penting untuk Anda ketahui apabila Anda tertarik untuk membuka usaha kuliner mie ayam sendiri.

Pastikan mie ayam yang Anda sajikan mempunyai cita rasa dan hal lain yang bisa ditonjolkan dan menjadi pembeda dengan mie ayam lainnya.

Baca Juga : Karakter Mitra Usaha, Membangun Hubungan yang Saling Menuntungkan

Bagikan:

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.