Broadcast Adalah: Pengertian, Sejarah dan Jenis-jenisnya

Broadcast Adalah Pengertian, Sejarah dan Jenis-jenisnya

Dengan segala bentuk kemajuan teknologi yang ada saat ini, bukan suatu hal yang aneh jika kita dapat memperoleh informasi baru hanya dalam hitungan detik.

Dalam hal ini, media broadcast adalah salah satu faktor pendukungnya.

Menjadi salah satu faktor penting dalam persebaran informasi, pada pembahasan kali ini, kita akan mengupas tuntas hal-hal yang berkaitan dengan broadcast mulai dari pengertian hingga contoh yang ada di sekitar kita.

Apa Itu Broadcast?

Apa Itu Broadcast

Dalam bahasa Indonesia, broadcast memiliki arti Penyiaran.

Sementara itu menurut istilah, Pengertian broadcast adalah sebuah proses menyebarkan informasi dari satu sumber (Sender) menuju khalayak ramai (Receiver).

Hal yang membuat broadcast berbeda dengan media informasi lainnya adalah kemampuannya dalam menyiarkan berita kepada banyak penerima dalam waktu yang bersamaan.

Pengertian Broadcast Menurut Para Ahli

Broadcast adalah sebuah kegiatan yang jika dijabarkan definisinya akan berbeda antara satu kepala dengan kepala lain.

Berikut ini adalah beberapa definisi yang dikemukakan oleh beberapa ahli, diantanya adalah :

1. Berdasarkan UU No. 32 Tahun 2002

Dalam undang-undang tertera bahwa Broadcast adalah kegiatan pemancaran siaran menggunakan transmisi di darat, laut maupun antariksa.

Dengan memanfaatkan sinyal radio dalam bentuk elektromagnetik yang dapat merambat lewat kabel, udara maupun media lain.

Agar dapat diterima secara bersamaan oleh masyarakat melalui alat penangkap siaran.

2. J. B. Wahyudi (1996)

Wahyudi mengungkapkan bahwa broadcast adalah jaringan komunikasi dari satu titik ke titik lain (audiens).

Proses penyebaran informasi dari seorang ke masyarakat melalui pemancar elektromagnetik.

3. Ben Henneke

Ben adalah seorang ahli di bidang siaran radio, ia mengatakan bahwa broadcast atau penyiaran adalah suatu upaya mengkomunikasikan sebuah informasi untuk memberitahukan suatu hal.

Meski disebarkan pada banyak orang, namun tujuannya tercapai jika seorang pendengar merasa tertarik dan mendengarkan informasi tersebut. Serta ia mau melakukan apa yang telah ia dengar.

Broadcast Dalam Bidang Keilmuan Komunikasi

Tidak jauh berbeda dengan definisi secara umum, dalam ilmu komunikasi, broadcast adalah cabang keilmuan yang memiliki fokus pada proses menyiarkan pesan atau informasi dari satu titik ke masyarakat.

Secara spesifik, dalam ilmu komunikasi, artinya proses menyebarkan informasi memalui sarana pemancar dan transmisi dengan memanfaatkan frekuensi radio yang nantinya dapat diterima khalayak luas secara bersamaan.

Pada Ilmu Komunikasi, sebuah kegiatan dapat disebut sebagai broadcast jika dalam pelaksanaanya memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Jika di dalamnya terdapat frekuensi radio dan transmisi sebagai media penyebarannya.
  2. Memiliki media penerima yang nantinya akan menampilkan informasi apa yang sedang dibagikan secara bersamaan.
  3. Memiliki acara atau program yang berperan sebagai informasi yang akan dibagikan ke khalayak ramai.

Dalam ilmu komunikasi sendiri terdapat 2 media utama yang menjadi media penyebaran informasi, yaitu Radio dan Televisi.

Namun, seiring berkembangan zaman, kini informasi dapat dengan mudah diakses melalui internet pada smartphone.

Sejarah Broadcast di Indonesia

Di Indonesia sendiri, Broadcast atau penyiaran pertama terjadi di tahun 1925 ketika pemerintah Hindia Belanda berhasil menjalankan komunikasi via radio melalui stasiun radio Malabar.

Pasca kejadian ini, organisasi radio amatir Indonesia terbentuk dengan nama NIVERA pada tahun 1930.

Ini menjadi organisasi radio amatir pertama yang ada di Indonesia yang disahkan langsung oleh Hindia BelAnda.

Jenis Media Broadcast

Dalam penggunaannya, terbagi dalam beberapa jenis. Di antaranya ada yang bersifat tradisional ada juga yang modern.

Berikut ini adalah jenis-jenis media broadcast yang banyak digunakan saat ini.

1. Media Cetak

Media cetak adalah salah satu media yang paling tua, sehingga masuk dalam kategori media broadcast tradisional.

Kehadirannya di Indonesia semakin eksis sejak masa kolonialisme.

Media cetak menjadi salah satu media penyebaran informasi yang cukup repeatable yang artinya dapat di sebarkan secara berulang.

Selain itu, berikut adalah keunggulan media cetak, di antaranya adalah :

  • Meski terbatas dalam segi tampilan namun informasi yang disajikan cukup mendalam. Mudah dibaca dan dipahami karena informasi yang disajikan cukup jelas dan rinci dengan bahasa yang mudah dipahami.
  • Harga lebih murah dan lebih terjangkau oleh segala kalangan.
  • Bisa disimpan untuk kebutuhan referensi. Media cetak yang disimpan dapat dibaca kembali sewaktu dibutuhkan.

Contoh media cetak di antaranya adalah surat kabar, majalah, tabloid dan lain sebagainya.

Saat ini eksistensinya menurun karena masyarakat bisa membaca berita hanya lewat smartphone.

2. Media Elektronik

Media broadcast yang muncul setelah media cetak adalah media elektronik.

Jika penyebaran informasi menggunakan media cetak membutuhkan waktu berhari-hari, tidak dengan media elektronik.

Selama perangkat penerima informasinya tersambung dengan listrik, maka informasi bisa diterima dalam hitungan detik.

Berikut adalah keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dari media elektronik.

  • Jangkauan media ini juga lebih luas dibandingkan dengan media cetak.
  • Dapat digunakan untuk menyebarkan berita dengan cepat bahkan langsung di tempat kejadian.
  • Secara tampilan, tentu media elektronik lebih menarik dibandingkan dengan surat kabar.
  • Memiliki keunggulan audio dan visual sehingga masyarakat dapat dengan mudah memahami informasi apa yang sedang disampaikan.

Selain ada keunggulan media ini juga memiliki kelemahan dimana informasi yang disampaikan atau disebarkan melalui media ini sulit atau bahkan tidak akan terjadi pengulangan.

Contoh dari media elektronik ini adalah dua sumber penyebaran informasi masal yang sudah banyak digunakan sejak dulu yaitu Radio dan Televisi.

3. Media Daring/Online

Jenis media satu ini muncul seiring berkembangnya teknologi dunia.

Media online adalah gabungan karakter dua media sebelumnya, yaitu media cetak dan media elektronik.

Mengapa?

Karena media online melibatkan proses elektronika dan karakteristik repeatable dalam penyebaran informasinya.

Berikut ini adalah keunggulan media online ini dibandingkan dengan media broadcast lainnya :

  • Informasi yang disuguhkan juga bisa dibahas lebih mendalam dengan tampilan yang menarik seperti foto, video dan audio. Media ini juga sangat mudah diakses karena hanya membutuhkan sambungan internet.
  • Informasi dapat diperoleh dengan mudah, cepat dan dimana saja tidak terbatas ruang dan waktu selama masyarakat terhubung dengan jaringan internet.
  • Dapat didokumentasikan atau diarsipkan sehingga dapat dengan mudah dicari ketika dibutuhkan lagi.
  • Informasi bersifat dua arah, dimana pengirim informasi dapat berinteraksi langsung dengan penerima informasi.
  • Jangkauan informasi yang luas dan update berita berjalan dengan cepat. Bahkan penyuntingan dapat dilakukan kapan saja jika terjadi kesalahan.

Dengan segala bentuk kesempurnaannya, media broadcast online juga tidak terlepas dari resiko atau kelemahan.

Salah satunya adalah receiver rawan terkena berita hoax atau berita bohong.

Jadi, bukan hanya persebaran dan pertukaran informasi faktual saja yang berjalan begeitu cepat.

Namun, persebaran berita bohong atau hoax juga cenderung cepat mengikuti pola informasi faktual.

Broadcast Dalam Bidang Bisnis

Broadcast adalah media yang bukan hanya berfungsi sebagai penyebar informasi atau berita semata, namun juga memiliki pengaruh yang luar biasa dalam bidang Bisnis.

Salah satu manfaatnya adalah dapat digunakan sebagai media pemasaran.

Penggunaan broadcast dalam pemasaran dinilai lebih efisien dari cara tradisional dimana pihak yang menawarkan barang atau jasa harus turun langsung menemui pelanggan.

Berikut adalah keunggulan penggunaan broadcast untuk pemasaran.

1. Media Pemasaran Paling Hemat dan Efisien

Hal ini karena Anda hanya perlu menyiapkan satu bahan untuk dikirimkan ke banyak target dan media dalam waktu yang bersamaan.

Anda juga lebih hemat biaya karena tidak harus terjun langsung ke lapangan untuk sekedar promosi.

2. Interaksi Lebih Intens

Jika promosi langsung memiliki waktu terbatas, pada sistem broadcast ini Anda memiliki peluang untuk berinteraksi dengan konsumen lebih intens.

Ini karena konsumen dapat dengan bebas bertanya tanpa ada batasan waktu.

Sekarang ini, banyak pilihan media sosial yang dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan broadcast promosi.

Jangkauannya menjadi sangat luas karena siapapun dapat dijangkau melalui internet. Sosial media broadcast adalah sebagai berikut :

  • Facebook, sosial media yang paling banyak digunakan oleh pengusaha yang baru merintis usahanya. Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas dengan fitur grup atau Facebook Ads.
  • Whatsapp, aplikasi chat yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan sekaligus ke banyak penerima. Aplikasi ini cukup efektif untuk melakukan promosi langsung dan membangun komunikasi yang intens dengan konsumen.
  • Email, alat promosi satu ini banyak digunakan oleh aplikasi yang memiliki data email penggunanya. Biasanya berfungsi sebagai alat untuk menginformasikan pada konsumen bahwa ada produk atau fitur baru.

Broadcast Dalam Komputer Jaringan

Broadcast Dalam Komputer Jaringan

Pada bidang ini, broadcast adalah sebuah layanan server yang memungkinkan untuk mengirimkan data secara serentak ke komputer receiver.

Komunikasi jenis ini sering disebut all to all karena setiap komputer dapat mentransmisi pesan ke komputer lain.

Broadcast pada komputer jaringan merupakan satu dari teknik untuk mengatur lalu lintas komputer jaringan.

Ada 5 teknik pengaturan lalu lintas jaringan, yaitu Geocast, Anycast, Multicast, Unicast dan Broadcast.

Berbeda dengan broadcast dalam 2 bidang sebelumnya, broadcast pada komputer jaringan memiliki 3 kategori yang memiliki definisi serta fungsi yang berbeda untuk tiap jenisnya dan berikut ini adalah pembahasannya :

  • Broadcast Storm : Situasi yang membuat informasi yang akan dibagikan tidak terkirim dan hanya berputar di jaringan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kesalahan desain pada jaringan.
  • Broadcast Address : Berisi 1 Bit alamat yang dapat mengirimkan alamat pada seluruh perangkat yang terhubung dalam satu jaringan.
  • Broadcast Domain : Suatu bagian dalam perangkat yang mampu mendeteksi sumber sinyal yang berada dalam satu jaringan.

Peran dan Fungsi Broadcast Dalam Kehidupan

Setelah membahas jenis-jenis broadcast yang ada pada bidang ilmu komunikasi, bisnis, hingga komputer jaringan kita semakin menyadari bahwa broadcast atau penyiaran memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan manusia.

Sistem dasar broadcast dapat digunakan dengan cara mentransfer informasi dari satu titik hingga dapat diterima secara bersamaan oleh banyak penerima.

Selain itu, berikut ini adalah fungsi dari broadcast dalam kehidupan di antaranya adalah :

1. Broadcast dapat menjadi media penghimpun kekuatan sosial

Hal ini karena biasanya, informasi yang disiarkan memiliki tujuan untuk menunjukan sesuatu pada publik.

Bisa berupa hal baik maupun hal buruk yang sedang terjadi di sekitar manusia.

Ketika yang disampaikan itu baik, maka akan memperoleh dukungan dan sebaliknya, jika itu adalah hal buruk maka akan terhimpun kekuatan yang cukup besar untuk melawan.

2. Media Pertukaran Informasi

Hal ini sudah jelas dan menjadi fungsi utama dari broadcast dalam kehidupan sosial manusia.

Bahkan dewasa ini bukan hanya informasi atau berita saja yang dapat dibagikan, namun juga hiburan untuk masyarakat.

3. Media Advertising

Broadcast adalah media paling umum digunakan untuk menarik konsumen terhadap kehadiran sebuah produk.

Setiap produk baru yang muncul pasti akan menggunakan media ini untuk memberikan informasi produk.

Upaya ini dilakukan dengan harapan, ketika konsumen mendapat informasi terkait secara berulang, akan membuat konsumen mau membeli produk yang ditawarkan.

Upaya ini juga menjadi lebih hemat biaya karena hanya dengan sekali membuat bahan promosi dan dikirimkan dari satu titik, media ini dapat diterima bersamaan oleh konsumen dan jangkauannya lebih luas.

Dampak Broadcast Terhadap Sisi Sosial Masyarakat

Dampak Broadcast Terhadap Sisi Sosial Masyarakat

Sama seperti media lain, broadcast adalah media yang juga memiliki dampak positif dan negatif.

Namun positif negatifnya dampak yang dihasilkan tergantung dari bagaimana media ini digunakan.

Selain dapat dengan mudah membagikan informasi bahkan ke sudut pelosok daerah yang jauh, broadcast atau penyiaran ini juga memiliki dampak positif lain yang di antaranya adalah :

  • Dapat menjadi media untuk mengungkapkan aspirasi masyarakat.
  • Media untuk penyebaran pengetahuan dan edukasi. Dengan jangkauan yang cukup luas dan mudah diakses, maka media ini akan sangat baik untuk digunakan dalam program pendidikan.
  • Sarana dalam mengakses hiburan dimana saja dan kapan saja.

Seperti dua sisi mata koin disamping memiliki sisi positif, broadcast adalah media yang juga memiliki dampak negatif bagi lingkungan sosial masyarakat.

Selain mempercepat proses tersebarnya hoax, sisi negatif lainnya adalah :

  • Menggeser budaya dan norma setempat karena masyarakat dapat dengan mudah mengakses budaya luar yang dinilai lebih modern.
  • Menekan produktivitas masyarakat karena terlalu asik dengan dunia internet yang dapat dengan mudah diakses melalui smartphone.
  • Menghambat perkembangan otak karena segala sesuatunya menjadi lebih mudah didapat.

Mengingat karena dampak yang akan kita dapat tergantung untuk apa broadcast ini digunakan maka penting bagi Anda untuk lebih selektif dan teliti dalam memilih informasi apa yang akan Anda konsumsi.

Dewasa ini publik dapat dengan bebas menggunakan media broadcast yang mereka miliki untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Dalam hal ini kita tidak bisa memaksa mereka untuk hanya mengirim informasi positif bukan?

Kesimpulan

Dari penjabaran materi di atas kita dapat menyimpulkan bahwa setiap bidang kehidupan memiliki pengertian broadcast-nya sendiri.

Selain itu, bidang-bidang tersebut juga memiliki manfaatnya masing-masing.

Intinya, broadcast adalah sebuah media atau proses atau kegiatan yang digunakan untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi dari satu titik ke khalayak ramai yang dapat diterima secara serentak.

Hal inilah yang membuat broadcast menjadi media yang dapat menyatukan bangsa, karena antara satu daerah dengan daerah lain bisa memperoleh informasi yang sama hanya dalam waktu yang singkat.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.