Fungsi web crawler ini sangat penting sehingga mesin pencari dapat menjawab “pertanyaan” Anda.
Mungkin sebagian orang awam yang hanya menggunakan mesin pencari tidak menyadari keberadaan bot ini.
Tetapi bagi mereka yang bekerja di belakang layar untuk memberikan informasi online kepada pengguna, perayap web adalah alat yang sangat berguna untuk menentukan apakah informasi Anda tersedia untuk umum di Internet atau tidak.
Pengertian Web Crawler dan Hubungannya Dengan Indexing
Web crawler, juga dikenal sebagai laba-laba web, bot laba-laba, bot web, atau perayap.
Ini adalah program komputer yang digunakan mesin pencari untuk mengindeks halaman web dan konten setiap situs web.
Pengindeksan adalah proses yang cukup penting karena membantu pengguna menemukan kueri yang relevan dengan cepat.
Pengindeksan yang sama ini dapat dibandingkan dengan pengindeksan buku.
Anda akan menemukan daftar abjad dan indeks yang berisi halaman yang disebutkan di buku teks.
Hal yang sama berlaku untuk indeks pencarian, mesin pencari menunjukkan beberapa tautan dimana pengguna dapat menemukan jawaban atas pertanyaan.
Hubungan Mesin Pencari dan Web Crawler
Sebelum mempelajari cara kerja web crawler, mari kita tentukan bagaimana proses pencarian dilakukan di mesin pencari untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang dicari pengguna.
Misalnya, jika Anda mencari “apa itu SEO blackhat dan whitehat” dan menekan enter, mesin pencari akan menampilkan daftar halaman terkait.
Mesin pencari biasanya melakukan langkah-langkah berikut sebelum menampilkan informasi kepada pengguna:
- Merayapi konten situs web.
- Halaman tersebut kemudian diindeks oleh mesin pencari.
- Algoritma pencarian akan memberikan peringkat halaman yang paling relevan.
Cara Kerja Web Crawler
Ada banyak mesin pencari untuk dipilih. Anda juga bisa mengenal beberapa di antaranya dengan membaca artikel berikut tentang browser terbaik dan tercepat.
Faktanya, masing-masing mesin pencari ini menggunakan perayap web untuk mengindeks halaman mereka.
Proses crawling biasanya dimulai dengan situs web populer. Tujuan dari web crawler adalah untuk menyampaikan esensi dari konten setiap halaman.
Jadi web crawler mencari kata-kata di halaman itu dan membuat daftar yang nantinya digunakan mesin pencari.
Semua halaman di Internet ditautkan oleh hyperlink, sehingga web crawling dapat menemukan tautan ini dan melanjutkan ke halaman berikutnya.
Inilah sebabnya mengapa tautan internal situs web sangat penting untuk memastikan bahwa semua halaman situs web Anda mudah diindeks.
Perayapan tidak berhenti setelah halaman diindeks. Mesin pencari secara berkala menggunakan spider web untuk memeriksa apakah ada perubahan yang dilakukan pada halaman Anda.
Jika ada perubahan, indeks mesin pencari akan memperbaruinya.
Jenis-jenis Web Crawling (Perayap Web)
Sekarang Anda mulai memahami apa itu web crawler, bukan?
Sejatinya, alat ini bukan hanya sebagai bot crawling mesin telusur. Ada beberapa jenis web crawling yang juga harus diwaspadai, antara lain:
1. Crawling Media Sosial
Sebenarnya Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua media sosial akan mengizinkan perayapan atau crawling karena beberapa jenis perayapan ilegal dapat membahayakan privasi data.
Namun, ada beberapa penyedia platform media sosial yang terbuka untuk ini, seperti Twitter dan Pinterest.
Izinkan web crawler memindai halaman jika Anda tidak mengungkapkan informasi pribadi apa pun.
2. Crawling Berita
Kehadiran internet sejatinya telah memberi kita akses yang lebih cepat terhadap berbagai berita dari berbagai wilayah di dunia.
Mendapatkan data ini dari berbagai situs web dapat di luar kendali pengguna.
Ada banyak web crawler yang bisa mengatasi hal ini. Perayap membaca umpan RSS, mengambil data dari konten berita baru, lama, dan yang diarsipkan.
Crawler ini mencari informasi seperti tanggal publikasi, nama penulis, paragraf utama, judul, dan bahasa konten berita.
3. Crawling Video
Menonton video jauh lebih mudah dan menyenangkan daripada membaca banyak konten sekaligus.
Jika Anda menyertakan video YouTube, Soundcloud, atau konten video lainnya di situs web, konten ini juga dapat diindeks oleh beberapa web crawler.
4. Crawling Melalui Email
Ini sangat berguna untuk menghasilkan prospek karena jenis perayapan ini membantu memeriksa alamat email.
Namun, perlu diketahui bahwa perayapan semacam ini melanggar privasi dan tidak dapat digunakan tanpa izin, sehingga dapat dianggap ilegal.
5. Crawling Foto
Jenis perayapan ini berlaku untuk gambar. Internet penuh dengan representasi visual.
Oleh karena itu, jenis bot ini membantu pengguna menemukan gambar yang relevan di antara jutaan gambar yang ditemukan di mesin pencari.
Contoh Web Crawling
Berbicara mengenai perayapan web atau web crawler. Ada banyak sekali mesin pencari yang menggunakan bot crawling mereka sendiri.
Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh perayap web.
1. DuckDuckGo
DuckDuckGo mungkin adalah salah satu mesin pencari paling populer, tidak melacak riwayat pengguna, tetapi melacak pengguna berdasarkan situs yang mereka kunjungi.
Web Crawler DuckDuck membantu Anda menemukan hasil terbaik dan paling relevan.
2. BaiduSpider
Perayap atau spider ini menggunakan mesin pencari buatan Cina yang disebut Baidu.
Seperti bot lainnya, Baiduspider merayapi berbagai halaman dan mengindeks konten untuk mesin pencari. Baidu sangat populer di China dan jauh melampau Google.
3. Alexabot
Perayap web Amazon menggunakan Alexabot untuk mengidentifikasi konten situs web dan tautan balik.
Jika tidak ingin bot ini mengetahui informasi pribadi, Anda dapat mencegah Alexabot merayapi situs web.
4. Eksabot
Yang keempat, mesin pencari asal Prancis Exalead menggunakan Exabot sebagai alat perayapan web untuk mengindeks konten yang mereka sertakan di mesin pencari.
Hampir tidak ada bedanya dengan yang lain, Exabot memberikan keuntungan bagi penggunanya.
6. Yandexbot
Yandex Bot dimiliki oleh mesin pencari terbesar di Rusia. Anda juga dapat mengecualikan perayap ini dari pengindeksan konten jika tidak berencana untuk mengembangkan nama situs web di negara ini.
7. Bingbot
Yang ketujuh, Bingbot adalah salah satu web spider paling populer yang didukung oleh Microsoft.
Bingbot membantu mesin pencari Bing membuat indeks yang paling relevan untuk penggunanya.
8. Hit Facebook Eksternal
Facebook juga memiliki web crawler sendiri. Misalnya, jika pengguna Facebook ingin membagikan tautan ke halaman konten eksternal dengan orang lain, perayap akan mengikis kode HTML halaman dan memberikan judul, tag, dan gambar di konten tersebut kepada pengguna.
Informasi yang Dapat Dikumpulkan oleh Web Crawler
Untuk pertama kalinya Google mulai menggunakan web crawler untuk mencari dan mengindeks konten sebagai cara paling mudah untuk menemukan situs web berdasarkan kata kunci serta frasa.
Popularitas dan variasi aplikasi hasil pencarian yang diindeks pada akhirnya tumbuh untuk memonetisasinya.
Mesin pencari dan sistem TI membuat perayap web mereka sendiri yang diprogram dengan algoritma berbeda.
Proses ini melibatkan web crawler, pemindaian konten, dan pembuatan salinan halaman yang dikunjungi untuk pengindeksan berikutnya.
Saat ini, kita dapat menemukan informasi atau data apa pun di web, sehingga hasilnya terlihat.
Crawler dapat digunakan untuk mengumpulkan jenis berita atau informasi tertentu dari halaman web, seperti:
- Ulasan katalog aplikasi integrasi makanan
- Informasi penelitian akademis
- Riset pasar untuk menemukan tren terpanas
- Layanan atau situs web yang paling cocok untuk penggunaan pribadi
- Peluang kerja dan karir
Penggunaan intelijen bisnis perayap web meliputi:
- Lacak perubahan konten
- Deteksi situs web berbahaya
- Pengambilan harga secara otomatis diambil situs web pesaing untuk strategi penetapan harga
- Akses data pesaing untuk mengidentifikasi kandidat terlaris untuk platform e-niaga
- Beri peringkat pembaca populer dan bintang film
- Akses data feed dari ribuan merek serupa
- Mengindeks tautan yang paling banyak dibagikan di jejaring sosial
- Akses dan indeks lowongan pekerjaan berdasarkan peringkat dan gaji karyawan
- Ukur harga berdasarkan kode pos dan katalog pengecer
- Buat database ulasan layanan dengan menggabungkan ulasan di berbagai sumber
- Mengekstrak data dari kantor berita dan umpan sosial berita terkini dan digunakan untuk membuat konten otomatis
- Akses pasar dan data sosial untuk membangun mesin rekomendasi keuangan
- Temukan ruang obrolan yang terkait dengan teroris.
Web Crawling vs Web Scraping
Tidak banyak orang yang tahu apa perbedaan web crawling dan juga web scraping.
Kebanyakan orang menganggap kedua hal ini sama saja. Padahal, terdapat perbedaan mendasar dari keduanya yang harus diketahui.
Berikut adalah informasi selengkapnya:
- Web Crawling
Perayapan web atau web crawling juga dikenal sebagai pengindeksan, digunakan untuk mengindeks informasi pada halaman menggunakan bot.
Perayapan ini pada dasarnya adalah apa yang dilakukan mesin pencari secara umum.
Ini semua tentang melihat dan mengindeks seluruh halaman. Ketika bot merayapi sebuah situs web, ia melihat setiap halaman dan setiap tautan, hingga baris terakhir situs web, mencari informasi apa pun.
Web crawler digunakan oleh mesin pencari utama seperti Google, Bing, dan Yahoo, agen statistik, dan aggregator online besar.
Jenis ini biasanya mengumpulkan informasi umum, sementara pengikisan web menyoroti bagian tertentu dari kumpulan data.
- Web Scraping
Web scraping, juga dikenal sebagai penambangan data web, mirip dengan Web crawler karena menemukan dan mengidentifikasi data target dari halaman web.
Perbedaan utama adalah bahwa web scraping mengetahui pengidentifikasi dataset yang tepat.
Ini adalah metode otomatis untuk mengekstrak kumpulan data tertentu menggunakan bot.
Setelah informasi yang diperlukan dikumpulkan, informasi tersebut dapat digunakan untuk perbandingan, validasi, dan analisis berdasarkan kebutuhan dan tujuan spesifik bisnis Anda.
Baca Juga : Pengertian Web Scraping
Kasus Penggunaan Web Scraping Secara Umum
Anda telah mengetahui perbedaan mendasar mengenai web crawler dan web scraper.
Berikut ini kami memberikan beberapa cara paling umum perusahaan dalam memanfaatkan web scraping untuk mencapai tujuan bisnis mereka.
1. Penelitian
Data sering kali merupakan bagian integral dari proyek penelitian, baik murni akademis atau pemasaran, keuangan, atau aplikasi bisnis lainnya.
Misalnya, kemampuan untuk mengumpulkan data pengguna waktu nyata dan mengidentifikasi pola perilaku dapat menjadi sangat penting.
2. Ritel/E-Commerce
Bisnis, terutama yang bergerak di bidang e-commerce, perlu melakukan analisis pasar secara teratur untuk mempertahankan keunggulan kompetitif.
Kumpulan data relevan yang dikumpulkan oleh pengecer front-end dan back-end mencakup harga, ulasan, inventaris, spesial, dan banyak lagi.
3. Perlindungan Merek
Pengumpulan data telah menjadi bagian integral dari perlindungan terhadap penipuan merek dagang, mitigasi merek dagang, dan identifikasi individu jahat yang secara ilegal mengeksploitasi kekayaan intelektual perusahaan (nama, logo, salinan item, dll).
Baca Juga : Pengertian Merek Dagang
Manfaat Web Crawling dan Web Scraping
Hadirnya web crawling dan juga web scraping tentu untuk memudahkan proses pengindeksan dalam mesin pencari.
Namun begitu, masih banyak lagi manfaat dari penggunaan kedua hal tersebut. Berikut adalah informasi selengkapnya yang harus diketahui:
1. Manfaat Utama dari Web Crawling
- Deep Diving – Metode ini melibatkan pengindeksan terperinci dari setiap halaman target. Ini berguna ketika mencoba mengungkap dan mengumpulkan informasi dari kedalaman World Wide Web.
- Real-time – Web crawling sendiri memiliki satu kelebihan yakni lebih adaptif terhadap peristiwa terkini dan lebih disukai oleh bisnis yang mencari snapshot real-time dari kumpulan data target mereka.
- Jaminan Kualitas -Web crawling memiliki kelebihan yakni hebat dalam menilai kualitas konten. Singkatnya, crawler adalah alat yang menawarkan keuntungan, misalnya saat melakukan tugas jaminan kualitas.
2. Manfaat Utama dari Web Scraping
- Akurasi Tinggi – Perangkat lunak scraper web bermanfaat untuk menghilangkan kesalahan manusia dari sebuah operasi, sehingga Anda dapat yakin bahwa informasi yang diterima 100% akurat.
- Hemat Biaya – Pengikisan web hemat biaya karena seringkali membutuhkan lebih sedikit karyawan untuk beroperasi dan seringkali memiliki akses ke solusi otomatis penuh yang tidak memerlukan infrastruktur.
- Spesifik – Banyak alat pengikis web memungkinkan memfilter titik data persis yang dicari. Artinya, untuk pekerjaan tertentu, Anda dapat menentukan bahwa Anda ingin mengumpulkan gambar, bukan video, atau harga.
Output Web Crawling
Dalam web crawling, keluaran utama biasanya berupa daftar URL.
Mungkin ada bidang dan informasi lain, tetapi tautan biasanya merupakan produk sampingan utama.
Sejauh menyangkut pengikisan web, hasilnya bisa berupa URL, tetapi cakupannya jauh lebih luas seperti:
- Produk/harga saham
- Dilihat/suka/bagikan (yaitu berbagi sosial)
- Ulasan konsumen
- Peringkat bintang pesaing
- Gambar yang dikumpulkan dari kampanye iklan industri
- Kueri mesin telusur dan hasil mesin telusur ditampilkan dalam urutan kronologis.
Meskipun ada perbedaan antara web crawling dan web scraping, dalam penggunaan keduanya untuk bisnis tetap saja selalu ada beberapa tantangan umum yang ditemui pengguna, yakni :
- Pemblokir Data – Banyak situs web memiliki kebijakan anti-scraping/crawling yang dapat mempersulit pengumpulan poin data yang dibutuhkan.
- Padat Karya – Menjalankan pekerjaan perayapan/pengikisan data yang besar dapat menjadi padat karya dan memakan waktu.
- Batasan Grup – Menggores/merayap data biasanya mudah dilakukan untuk situs target sederhana, tetapi ketika Anda mulai menghadapi situs target yang lebih menuntut, beberapa larangan IP mungkin tidak dapat diatasi.
Jenis Bot Google dan Cara Kerjanya
Ada dua jenis utama Googlebot: bot desktop dan perayap aplikasi seluler. Googlebot menggunakan prinsip perayapan yang sama seperti spider web lainnya, seperti mengikuti tautan dan memindai konten yang tersedia di situs web.
Proses ini sepenuhnya otomatis dan berulang. Ini berarti bahwa halaman yang sama dapat diakses berkali-kali dengan interval yang tidak teratur. Misalnya, saat konten Anda siap dipublikasikan.
Perayap Google membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengindeksnya. Namun, Anda dapat mempercepat proses pengindeksan secara manual dengan mengirimkan permintaan pengindeksan melalui Google Search Console.
Penutup
Web crawling adalah bagian penting dari mesin pencari yang digunakan untuk mengindeks dan mencari konten.
Banyak perusahaan mesin pencari memiliki bot sendiri. Selain itu, terdapat beberapa jenis crawling yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
Setelah mengetahui banyak manfaat, Anda pasti ingin web crawler mengindeks situs web Anda, bukan?
Untuk membuatnya bisa mengindeks situs web, Anda perlu mengoptimalkan situs web, mulai dari desain, daya tanggap situs hingga SEO. Semoga bermanfaat.