Cash on Delivery (COD): Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Cash On Delivery

Belakangan ini cash on delivery menjadi opsi pembayaran yang begitu diminati oleh para konsumen ketika berbelanja di situs marketplace Indonesia.

Biasanya toko-toko online yang melayani pembayaran barang dengan sistem COD akan menampilkannya di halaman beranda.

Memang benar jika saat ini ada begitu banyak pilihan metode pembayaran yang bisa dipilih.

Mulai dari mengisi kantong marketplace, dompet digital, transfer bank dan sebagainya. Akan tetapi, sistem pembayaran COD masih menjadi yang paling difavoritkan.

Pembayaran dengan sistem COD dianggap  sangat mudah dilakukan. Bahkan masih ada keuntungan lain yang bisa didapatkan ketika seseorang memilih sistem pembayaran ini.

Salah satunya adalah Anda bisa boleh melakukan pemeriksaan terhadap barang terlebih dahulu sebelum membayarnya.

Pengertian Cash on Delivery

Pengertian Cash on Delivery

Metode pembayaran yang dapat dipilih ketika berbelanja di situr e-commerce maupun marketplace memang sangat beragam.

Mulai dari menggunakan sistem mbanking, Ibanking, transfer ATM, dompet digital hingga COD. Mungkin salah satu opsi pembayaran tersebut sedang Anda pilih.

Salah satu metode pembayaran yang difavoritkan adalah sistem pembayaran COD atau cash on delivery. Tentunya jika Anda pernah berbelanja online maka tidak akan merasa asing dengan istilah seperti ini. Bagaimana, sudah terpikirkan oleh Anda?

COD merupakan jenis metode pembayaran secara tunai ketika seseorang melakukan transaksi jual beli online dengan catatan bahwa barang yang dibeli sudah ada di tangan pembeli. Pembelian dengan sistem COD akan sangat memudahkan pembeli.

Dengan demikian, pembeli tidak perlu lagi mendatangi ATM guna melakukan transaksi jual beli tersebut.

Di samping itu, pembeli juga bisa melihat barang terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran. Inilah yang menjadi alasan bagi banyak orang untuk menyukai sistem pembayaran COD.

Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama lagi untuk melakukan pembelian barang dengan menggunakan metode pembayaran ini.

Semua hal terasa lebih praktis dan efisien dengan adanya sistem pembayaran COD. Sudah banyak toko online juga yang membuka sistem pembayaran COD.

Kelebihan Pembayaran Cash on Delivery

Kemudahan Pembayaran Cash on Delivery

Sistem pembayaran COD merupakan sistem pembayaran atau transaksi jual beli di tempat ketika berbelanja online.

Sistem pembayaran ini kini tengah digandrungi oleh banyak orang yang suka belanja online. Hal ini tentunya karena sistem pembayaran ini lebih banyak mengandung kemudahan.

Tidak heran jika banyak toko online yang menyediakan layanan pembayaran di tempat seperti ini bagi pembeli yang mau berbelanja barang di toko online mereka.

Berikut merupakan beberapa kelebihan dari sistem pembayaran COD yang bisa Anda pertimbangkan.

1.  Bisa Cek Barang Terlebih Dahulu

Salah satu keunggulan mutlak yang dimiiliki oleh sistem pembayaran COD adalah pembeli bisa melakukan pengecekan barang terlebih dahulu sebelum membayar.

Inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk melakukan pembayaran dengan sistem COD.

Barang yang dibeli bisa diperiksa langsung di tempat. Jika sudah oke, barulah pembeli bisa melakukan pembayaran.

Hal ini tentu sangat bagus sebab dapat menghindari risiko cacat produk maupun kemungkinan adanya retur atau pengembalian barang jika terjadi kerusakan yang tidak diinginkan.

2. Pembayaran Cash yang Mudah

Cash on delivery menjadi metode pembayaran yang banyak difavoritkan karena mampu mempermudah pembayaran di tempat.

Metode pembayaran ini dilakukan dengan menggunakan uang tunai ketika berbelanja online jika barang sudah sampai di tangan pembeli.

Hal ini tentunya akan mampu mempermudah pembeli karena nantinya tidak perlu lagi jauh-jauh ke ATM untuk melakukan pembayaran. Semuanya bisa praktis dan aman jika pembeli memilih metode pembayaran dengan sistem COD.

3. Tidak Akan Menghabiskan Banyak Waktu

Keunggulan berikutnya dari sistem pembayaran secara COD adalah pembeli tidak akan menghabiskan banyak waktu. Pembeli biasanya cenderung akan menghindari pilihan metode pembayaran yang kiranya banyak memakan waktu.

Dengan adanya sistem pembayaran COD, maka pembeli tidak akan membutuhkan banyak waktu. Pembeli hanya perlu menunggu hingga kurir datang ke lokasi. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah, praktis dan pastinya aman.

4. Dapat Dipercaya

Kemudahan lainnya yang diberikan oleh sistem pembayaran dengan metode COD ini adalah sangat dapat dipercaya.

Setelah pembeli diberikan kesempatan untuk melakukan pemeriksaan barang yang dipesan apakah ada kecacatan atau tidak, maka pembeli dapat langsung melakukan pembayaran.

Dengan demikian, maka hal ini juga dapat memberikan rasa percaya yang lebih banyak bagi pembeli terhadap adanya metode pembayaran menggunakan cara tunai COD ini.

Wajar sekali jika banyak orang memilih metode pembayaran COD seperti ini. Semuanya sangat aman dan dapat ipercaya.

Baca Juga: Apa itu Delivery Order? Transparansi Bisnis Retail Hingga Kuliner

Cara Kerja Sistem Pembayaran Cash on Delivery

Cara Kerja Sistem Pembayaran Cash on Delivery

Sistem pembayaran memang beragam. Namun, tetap sistem pembayaran dengan metode COD yang difavoritkan oleh banyak orang. Hal ini tentu saja karena sistem pembayaran COD bisa memberikan banyak kemudahan bagi pembeli.

Cash on delivery adalah metode pembayaran yang sangat sederhana jika dipertikan dengan baik.

Bahkan amat sangat menguntungkan jika dibandingkan dengan metode pembayaran jenis lainnya. Karena itu banyak orang suka dengan sistem pembayaran ini.

  1. Ketika Anda sudah melakukan pemesanan atau pembelian barang melalui situs marketplace maupun e-commerce, maka penjual nantinya akan segera melakukan pengiriman barang menggunakan jasa kurir dari marketplace atau e-commerce tersebut.
  2. Opsi lainnya adalah, jika tidak mengirim dengan kurir tersebut, maka penjual bisa menyewa mitra logistik lainnya secara terpisah guna melakukan pengiriman terhadap barang tersebut serta melakukan pengumpulan pembayaran.
  3. Apabila pesanan sudah dilakukan, maka barang tersebut akan dikemas oleh penjual. Pada saat itu pula, pengirim yakni penjual akan melakukan penyiapan invoice guna ditempelkan pada barang paket.
  4. Selanjutnya, barang pesanan tersebut akan dikirimkan dengan invoice untuk diserahkan kepada pihak perusahaan logistik guna melakukan pengiriman barang pesanan serta mendapatkan pembayaran secara tunai yang dilakukan oleh pembeli.
  5. Berikutnya, petugas pengiriman atau mitra logistik tersebut akan diberikan wewenang guna melakukan pengambilan uang tunai sesegera mungkin setelah pengiriman pesanan barang sampai di depan pintu pembeli.
  6. Sebagai catatan, beberapa perusahaan atau mitra logistik akan menerima pembayaran menggunakan kartu kredit maupun debit ketika pengiriman. Jadi, para kurir diperkenankan untuk membawa mesin gesek kartu.
  7. Jika mitra logistik atau kurir yang ditugaskan sudah berhasil mengumpulkan tagihan, maka selanjutnya mereka akan melakukan penyetoran ke kantor. Mitra logistik tersebut akan segera menyerahkan uang tunai kepada penjual atau marketplace terkait.

Kelemahan Sistem Pembayaran Cash on DeliveryKelemahan Sistem Pembayaran Cash on Delivery

Selain memiliki sejumlah kelebihan atau kemudahan, sistem pembayaran COD nyatanya juga tetap memiliki beberapa kekurangan.

Persis sekali seperti sistem pembayaran dengan menggunakan sistem lainnya, COD juga memiliki beberapa kekurangan.

Tentunya beberapa kekurangan dari sistem pembayaran COD ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum memilih untuk melakukan pembayaran dengan metode seperti ini.

Adapun beberapa kelemahan sistem pembayaran COD, diantaranya:

  1. Jangkauan area atau wilayah pengiriman relatif terbatas. Seringkali penjual memberikan opsi sistem pembayaran COD jika pembeli memiliki domisili di daerah yang sama dengan toko penjual. Misal, domisili toko online di Jakarta, maka pembeli bisa COD dengan lokasi Jakarta.
  2. Adanya risiko kemungkinan untuk melakukan pemalsuan barang paketan kepada penjual yang cukup besar. Bahkan bukan hanya menyasar kepada penjual saja, melainkan juga bisa menyasar kepada pembeli.
  3. Bagi pembeli, tentunya ada beberapa risiko ketika memilih pembayaran dengan sistem COD. Seperti halnya pada kasus amazon cash on delivery baru-baru ini. Salah satu risiko yang amat memungkinkan adalah adanya penerapan tambahan biaya pengiriman dan asuransi.
  4. Bagi pembeli, masih ada kekurangan lain yang harus dipertimbangkan pada pembelian barang dengan sistem COD. Misalnya, untuk lokasi transaksi jual beli yang lebih jauh dari toko online, maka dikhawatirkan barang akan mengalami kerusakan ketika berada dalam perjalanan.
  5. Selain bagi pembeli, juga ada kekurangan yang mungkin akan dihadapi penjual. Bisa jadi pihak pembeli akan melakukan pembatalan transaksi

Beberapa Tips Aman Melakukan Cash on Delivery

Beberapa Tips Aman Melakukan Cash on Delivery

Berbagai macam hal yang dilakukan tentu memilih nilai kelebihan dan kekurangan. Salah satunya ketika berbelanja online dan ingin melakukan transaksi jual beli di tempat atau yang lebih familiar dengan sistem COD.

Agar Anda senantiasa bisa tetap aman melakukan transaksi jual beli saat belanja online menggunakan sistem COD, maka ada baiknya untuk menerapkan beberapa tips berikut. Tentunya semua akan mudah Anda lakukan.

  1. Senantiasa mengusahan agar Anda membatasi sistem pembayaran COD ketika tengah berbelanja online. Pastikan Anda hanya menggunakan sistem pembayaran COD saat membeli barang yang memang sifatnya harus dilihat maupun coba digunakan oleh pembeli.
  2. Jangan lupa juga untuk melakukan pembatasan terhadap jumlah transaksi ketika Anda melakukan sistem pembayaran secara COD sehingga Anda nantinya tidak terlalu akan membayarkan banyak uang. Misal, memilih budget maksimal Rp300.000,00.
  3. Berikutnya, jangan lupa untuk senantiasa memastikan agar saat melakukan COD, Anda berada di lokasi yang aman. Misalnya, rumah sendiri maupun tempat-tempat umum lainnya yang sudah Anda kenal dengan cara yang baik. Ini untuk menghindarkan dari risiko negatif.
  4. Kemudian, Anda juga bisa mengusahakan untuk meminta semacam jaminan terlebih dahulu jika penjual dan Anda sendiri memang tidak akan membatalkan transaksi ketika bertemtu. Ini bisa Anda lakukan sebagai cara terbaik untuk aman melakukan transaksi dengan sistem COD.
  5. Lalu, Anda juga bisa menghindari pengembalian barang dengan sejumlah ketentuan. Misalnya, pembatalan barang tidak bisa dilakukan apabila barang masih ada dalam kondisi baru, masih tersegel dengan baik atau belum pernah dipakai sebelumnya.
  6. Terakhir, berikan juga persyaratan seperti penyertaan video ketika melakukan unboxing paket barang. Misalnya, ketika buy iphone clone cash on delivery. Tentu barang elektronik seperti ini harus dipastikan orisinalitasnya dengan baik. Apalagi ketika membeli secara online.

Fakta Pembayaran dengan Sistem Cash on Delivery di Indonesia

Fakta Pembayaran dengan Sistem Cash on Delivery di Indonesia

Terdapat sejumlah fakta menarik ketika melakukan pembayaran belanja online dengan sistem COD di berbagai negara, termasuk Indonesia. Ada yang memiliki pengalaman belanja online dengan sistem pembayaran COD yang baik dan aman.

Namun, juga ada orang yang melakukan belanja online dengan sistem pembayaran COD dengan pengalaman yang kurang menyenangkan.

Berikut merupakan beberapa fakta yang bisa Anda simak mengenai sistem pembayaran secara COD.

1. COD untuk Pembeli Tanpa Rekening

Tahukah Anda bahwa sebetulnya sistem pembayaran yang dilakukan dengan COD ditujukan bagi mereka yang tidak memiliki nomor rekening. Pada umumnya orang-orang yang berusia 40 tahun dan anak-anak tidak memiliki rekening.

Oleh sebab itu, sistem pembayaran COD seperti ini amat disarankan bagi mereka yang berada di rentang usia tersebut.

Dengan adanya sistem pembayaran seperti ini, maka pembeli bisa langsung membayar paketan barang saat paketan barang tersebut sudah sampai di tangannya.

2. Kerap Terjadi Pengembalian Barang COD

Fakta lainnya dari sistem pembayaran dengan cara COD seperti ini juga kerap menimbulkan efek buruk seperti halnya pengembalian barang COD.

Sistem COD seperti ini memang benar mampu membuat banyak orang tertarik dan ingin membeli barang online,

Namun, tidak semua dari mereka paham dengan prosesnya. Maka, tidak heran jika kerap terjadi kasus pengembalian barang setelah dibuka.

Padahal, pada aturannya hal seperti ini tidaklah benar. Oleh sebab itu, penting sekali untuk melakukan edukasi sistem COD seperti ini.

3. Hampir Semua Ekspedisi Menyediakan Sistem COD

Fakta menarik lainnya dari sistem pembayaran dengan menggunakan sistem cash on delivery seperti ini adalah hampir semua jasa ekspedisi sudah menyediakan sistem ini.

Jadi, rasanya tidak sulit untuk menemukan jasa ekspedisi yang mau melakukan pembayaran COD.

Adanya sistem seperti ini tentunya akan mampu untuk mendorong pertumbuhan yang begitu banyak bagi masyarakat untuk melakukan belanja online.

Walaupun dahulunya sistem belanja seperti ini kerap dianggap remeh, nyatanya sekarang hampir sudah menjadi trend di kalangan pecinta belanja online.

4. Sistem COD Mampu Menarik Pelanggan Baru

Tidak dapat dipungkiri bahwa meskipun terdapat sejumlah poin minus dan plus dari adanya sistem pembayaran secara COD, akan tetapi cara pembayaran ini tetap mampu untuk menarik para pelanggan baru.

Para konsumen tersebut cenderung suka metode pembayaran yang lebih praktis dan aman.

Berbeda halnya dengan metode pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan sistem rekening maupu m-banking.

Sistem pembayaran seperti ini akan membutuhkan effort dalam pemrosesan transaksi. Apalagi ketika Anda tidak mempunyai sistem m-banking. Tentu lebih jauh amat repot.

5. Sistem COD Masih Banyak Pro Kontrra

Rasanya hampir semua hal di dunia ini memiliki pro dan kontra. Seperti halnya ketika melakukan pembayaran belanja onlinde dengan sistem COD. Bahkan pernah sewaktu-waktu, sistem pembayaran COD diusulkan untuk dihapus. Mengapa demikian?

Jadi, meskipun ini merupakan sistem pembayaran yang terkenal praktis dan aman, nyatanya COD kerap menuai konflik dan drama.

Misalnya, seperti kasus buy online books in Pakistan cash on delivery. Permasalahan yang ditimbulkan cenderung sangat merepotkan.

6. Pembeli di Indonesia Suka Sistem COD

Sepertinya ini akan menjadi fakta yang tidak dapat terbantahkan. Sebab, memang orang Indonesia banyak yang suka dengan sistem pembayaran secara COD.

Bahkan fakta ini pernah disampaikan oleh co-founder marketplace Indoneisa yaitu Zalora. Dengan begini, Anda bisa lebih percaya, bukan?

Menurutnya, cara pembayaran belanja online yang paling terkenal di negara Indonesia adalah COD.

Berikutnya, sejumlah 40% transaksi yang dilakukan di marketplace Zalora dilakukan dengan menggunakan sistem COD. Ini tentu bisa menjadi tolak ukur yang cukup efektif di lingkup luas.

Cash on delivery menjadi sistem pembayaran yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan, banyak orang yang menjadikannya sebagai sistem pembayaran favorit karena dirasa lebih praktis, aman dan tentunya bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap barang paketan.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.