7+ Cara Membuat Iklan yang Menarik untuk Branding

7+ Cara Membuat Iklan yang Menarik untuk Branding

Cara membuat iklan yang menarik untuk kebutuhan branding merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan dengan mudah.

Apalagi untuk pemula yang ingin membangun bisnis, menjual produk maupun layanan melalui berbagai variasi keunggulan serta harga yang berbeda.

Iklan merupakan sebuah cara promosi produk ataupun jasa yang dijual. Melalui iklan, masyarakat akan mengetahui perusahaan Anda menjual produk yang mereka butuhkan.

Tujuan pembuatan iklan, agar masyarakat bisa tertarik untuk membeli produk tersebut.

Cara membuat iklan yang menarik wajib memperhatikan beberapa faktor penting dalam pengembangan.

Tujuannya, agar iklan bisa tersampaikan dengan baik kepada calon pembeli. Barang maupun layanan yang ditawarkan juga dapat berhasil dan menghasilkan keuntungan.

Membuat sebuah promosi, tidak bisa asal-asalan, perlu memperhatikan berbagai hal penting agar perusahaan tidak rugi.

Apalagi jika membayar influencer untuk ajang promosi tersebut. Terdapat website dan juga berbagai media sosial yang dapat dijadikan ajang promosi.

Untuk cara membuat iklan yang menarik bisa dipelajari dengan simple tanpa ribet.

Jika tidak mengerti, Anda bisa mencari referensi dan ide melalui video pada platform youtube. Hal tersebut akan sangat membantu, apalagi untuk pemula yang baru membangun usaha.

Cara Membuat Iklan yang Menarik Agar Dilirik

Cara Membuat Iklan yang Menarik Agar Dilirik

Untuk dapat membuat promosi produk maupun layanan sesuai target market.

Anda harus mengetahui caranya, agar para konsumen tidak bosen dan tetap memiliki ketertarikan untuk membeli produk maupun layanan yang ditawarkan.

1. Tujuan Iklan

Cara membuat iklan yang menarik pertama adalah memperhatikan tujuannya. Hal tersebut dapat membuat promo barang maupun jasa menjadi lebih efektif.

Perlu dipahami dengan baik, bahwa terdapat tujuan melakukan promosi yang berbeda dan wajib diperhatikan dengan baik.

Pertama adalah untuk meningkatkan engagement media sosial, kedua untuk meningkatan conversion rate, ketiga meningkatkan penjualan dan lainnya.

Hal tersebut wajib untuk dipahami, agar tidak menghabiskan budget besar untuk menghasilkan iklan sesuai kebutuhan para konsumen.

2. Memilih Platform

Setelah mengetahui tujuannya. Lanjut dengan memilih platform sebagai jembatan untuk membuat promosi tersebut.

Terdapat berbagai platform media sosial yang bisa menjadi pilihan. Contohnya seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, Youtube dan masih banyak lagi.

Setiap platform media sosial tersebut mempunyai keunggulan dan karakteristik yang berbeda. Pemilihan platform juga akan berdampak dalam penentuan target market yang didapatkan.

Hal tersebut juga berpengaruh pada tujuan pembuatan promosi. Jadi, harus dipertimbangkan dengan baik.

3. Menentukan Jenis Konten

Setelah platform, lanjut pada pemilihan jenis konten yang akan ditampilkan. Hal tersebut menjadi salah satu cara membuat iklan yang menarik agar dilirik banyak orang.

Menentukan jenis konten harus mengacu pada platform yang sudah dipilih untuk penyesuaian target pasaran.

Perlu diingat, bahwa setiap jenis platform memiliki jenis konten yang berbeda. Contohnya seperti Tiktok yang cenderung dengan video pendek berdurasi kurang dari satu menit.

Berbeda dengan Instagram, yang bisa di upload menggunakan gambar maupun video promosi melalui Instagram story.

4. Detail Desain Konten

Hal lain yang menjadi cara membuat iklan yang menarik adalah dengan memperhatikan desain konten. Jika berbentuk photo, maka pastikan photo tersebut sesuai dengan produknya.

Pastikan membuat gambar yang menarik, agar bisa dilirik oleh calon konsumen di berbagai usia.

Pastikan juga membuat desain sesuai karakteristik yang sudah Anda bangun pada branding.

Perhatikan sifat visualisasi, mulai dari penggunaan font, logo produk, konsistensi warna, gaya penulisan dan masih banyak lagi. Hal ini akan sangat berdampak pada ketertarikan pembeli dengan produk tersebut.

5. Penawaran yang Menarik

Untuk para pelaku bisnis yang masih pemula, hal ini wajib diperhatikan dengan baik. Membuat sebuah penawaran yang baik dapat menarik banyak konsumen.

Apalagi, jika konsumen merasa hal tersebut dapat memberikan keuntungan yang besar bagi mereka. Maka dari itu, perlu adanya riset.

Sebelum membuat sebuah penawaran. Anda juga harus mengetahui, konsumen yang mana yang suka dengan penawaran dan tidak suka dengan penawaran.

Contohnya buy one get one, gratis ongkir, cashback, potongan harga dan jenis yang lainnya. Hal tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan.

6. Bahasa Persuasif

Lanjut dengan penggunaan bahasa yang tepat. Seringkali, orang-orang yang belum terlalu paham dengan fungsi promosi, masih menggunakan bahasa formal yang sulit dimengerti oleh semua orang.

Hal tersebut berdampak pada penjualan yang tidak mengalami peningkatan dalam jangka waktu tertentu.

Maka dari itu, harus mengenal dan mempelajari bahasa persuasif dengan baik. Terdapat sifat mengajak, bahkan membujuk para konsumen agar mau membeli berbagai produk yang diiklankan.

Hal itu justru akan sangat membantu. Tidak heran jika saat ini copywriting juga sangat dibutuhkan.

Baca Juga : Cara Membuat Copywriting, Memahami Teknik AIDA

7. Buat Judul dan Slogan

Para pelaku bisnis juga harus mempertimbangkan cara membuat iklan yang menarik dengan membuat judul dan slogan yang berbeda pada produk dengan kualitas terbaik.

Hal tersebut, akan membantu para konsumen lebih mengenal, dan tidak melupakan dengan cepat mengenai produk yang ditawarkan.

Bahkan slogan juga biasa dibuat sesuai dengan produk maupun jasa yang ditawarkan.

Hampir semua perusahaan memiliki tagline atau slogan yang mempunyai karakteristik tersendiri agar bisa menggambarkan brand mereka dengan sangat baik. Tujuannya agar lebih focus ke calon konsumen.

Mengenal Strategi Digital Marketing yang Tepat

Mengenal Strategi Digital Marketing yang Tepat

Untuk Anda para pemula tidak cukup jika hanya mempelajari cara membuat iklan yang menarik. Anda harus memahami berbagai strategi digital marketing agar bisa tepat sasaran.

Digital marketing merupakan konsep yang diterapkan agar bisa meningkatkan penjualan.

1. Menentukan Identitas Bisnis

Langkah awal yang harus disiapkan adalah menentukan identitas bisnis dengan baik menggunakan digital assets development.

Aktivitas yang satu ini dilakukan dengan cara membuat sebuah website maupun akun media sosial untuk dijadikan platform, agar masyarakat mengenal bisnis Anda.

2. Strategi Digital Marketing

Setelah melakukan perkenalan melalui identitas bisnis. Lakukan juga berbagai strategi digital marketing yang wajib dijadikan pertimbangan melalui SEO atau search engine optimization.

SEO menjadi salah satu upaya agar bisa mengoptimalkan sebuah situs agar mengikuti peringkat teratas.

Tidak hanya berlaku pada website saja, MyAdspreneur juga sangat perlu melakukan optimasi pada berbagai media sosial.

Tujuannya untuk meningkatkan interaksi bagi para pengguna media sosial tersebut dengan cara membuat konten menarik yang tidak membuat orang mudah bosan.

3. Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Anda bisa melakukan pengembangan bisnis melalui penjangkauan audiens yang lebih banyak. Cara yang satu ini bisa dilakukan melalui email, sms maupun whatsapp.

Lakukan pesan permintaan atau persuasif yang akan membuat para pembaca tertarik untuk mencoba dan membeli produk yang ditawarkan.

Perlu ide dan kreativitas yang tinggi agar konten bisa diterima oleh masyarakat pada umumnya. Maka dari itu, perlu adanya focus yang lebih agar bisa menarik minat para calon konsumen.

Sehingga cara membuat iklan yang menarik di atas bisa dipelajari dan dipahami dengan baik.

Bagikan:

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.