Perkembangan UMKM di Indonesia membuat semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk membuka usaha sendiri. Jika Anda termasuk salah satunya, maka perlu tahu strategi memilih lokasi usaha yang tepat.
Mengingat saat ini semakin banyak masyarakat yang lebih memilih untuk terjun ke dunia bisnis. Maka dari itu, perlu penentuan strategi yang tepat agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
Apalagi semakin hari persaingan akan semakin ketat dan bisnis Anda pasti lebih mudah bergeser apabila tidak menggunakan strategi. Jika menggunakan strategi, usahakan untuk menggunakan strategi yang tepat sebagai berikut.
Strategi Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat
Menggunakan strategi memilih lokasi usaha yang tepat merupakan salah satu langkah yang perlu Anda perhatikan.
Hal ini karena akan memberikan pengaruh yang besar bagi kesuksesan suatu usaha atau bisnis.
Maka dari itu, Anda perlu melakukan pertimbangan yang cukup mendalam saat menentukan sebuah strategi.
Lantas bagaimana strategi memilih lokasi usaha yang strategis? Ini dia caranya.
1. Riset Pendapatan Warga Sekitar Lokasi
Strategi memilih lokasi usaha yang pertama adalah melakukan riset terkait pendapatan warga sekitar lokasi. Mengingat penghasilan warga sekitar memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap omset bisnis..
Apabila Anda melakukan riset yang kurang tepat, maka akan berpengaruh terhadap usaha yang sepi pembeli.
Anda harus mencoba apakah harga barang atau jasa milik Anda nantinya dapat dijangkau warga sekitar atau tidak.
Jika masyarakat sekitar bisa menjangkau harga tersebut, maka ini merupakan langkah yang tepat. Apalagi jika semakin besar masyarakat yang bisa menjangkau harga tersebut sesuai dengan target pasar Anda.
2. Cari Tahu Bisnis Lain di Sekitar
Anda juga perlu mempertimbangkan apakah lokasi yang sudah terpilih adalah lokasi yang tepat. Maksudnya terdapat banyak usaha yang ada di sekitar lokasi usaha yang Anda pilih.
Ini merupakan strategi memilih lokasi usaha yang menjanjikan. Karena semakin banyak usaha dalam suatu tempat, maka semakin banyak konsumen yang akan datang.
Secara tidak langsung tempat yang Anda pilih berpotensial mendatangkan keuntungan yang banyak dalam jumlah yang cukup besar. Namun sebelum itu, pastikan untuk menjual produk yang berbeda dari usaha lainnya.
3. Tentukan Lokasi Sesuai Demografi Konsumen
Strategi memilih lokasi usaha selanjutnya adalah menentukan lokasi yang sesuai dengan demografi konsumen.
Tentukan lokasi yang strategis yang sesuai dengan pengetahuan demografi konsumen yang akan menjadi target pasar.
Umumnya terdapat beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan demografi konsumen. Faktor tersebut meliputi gender, tingkat pendapatan serta usia.
Sehingga, semakin tahu target bisnis yang dituju akan membuat penentuan lokasi semakin baik dan strategis. Dengan begitu, akan memberikan pengaruh yang cukup besar pada langkah pemasaran usaha yang berjalan.
4. Cek Keamanan Lingkungan Lokasi Usaha
Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan lingkungan lokasi usaha. Keamanan lingkungan merupakan satu satu ciri-ciri tempat usaha yang strategis.
Lokasi usaha yang tepat dan aman bisa menjadi properti bisnis Anda nantinya. Selain itu, lokasi usaha yang tingkat kriminalitasnya rendah bisa memberikan rasa aman pada konsumen.
Namun jangan langsung santai begitu saja, karena Anda perlu melakukan perlindungan maksimal.
Perlindungan tersebut seperti menambah cctv atau merekrut petugas keamanan untuk membantu menjaga keamanan tempat usaha.
5. Perhitungkan Budget
Jangan terlalu terfokus untuk membuat sebuah usaha yang fenomena tanpa memikirkan budget yang harus dikeluarkan. Namun, Anda juga harus membangun usaha yang sesuai dengan budget yang ada.
Jika Anda berhasil membangun usaha sendiri, maka ini akan jauh lebih menguntungkan dan bisa menjadi value tersendiri. Namun, jika memang harus menyewa maka Anda harus siap untuk mengeluarkan budget lebih.
Karena tempat dengan lokasi yang strategis tentu saja memiliki banderol harga sewa yang cukup mahal.
Maka dari itu, perhitungkan dengan cermat dan lakukan keputusan kontrak sewa bersama dengan pemiliknya.
Hal ini termasuk salah satu strategi memilih lokasi usaha yang perlu mendapat perhatian lebih. Pertimbangannya pula apakah keuntungan yang Anda dapat setiap bulan mampu memenuhi biaya operasional dan biaya sewa.
Biasanya, terdapat kenaikan harga sewa apabila Anda ingin melakukan perpanjangan kontrak. Terutama jika bisnis Anda sedang berkembang pesat bahkan memiliki konsumen yang loyal.
6. Cari Lokasi Dekat Kompetitor
Mencari lokasi yang dekat dengan kompetitor merupakan salah satu strategi memilih lokasi usaha yang perlu Anda lakukan. Mungkin sebagian orang cara ini sama saja dengan merugikan usaha sendiri.
Padahal, lokasi yang dekat dengan kompetitor akan jauh lebih baik dari segi pemasaran. Hal ini karena customer sudah memahami terkait usaha apa yang Anda bangun.
Hingga akhirnya, konsumen tersebut merasa penasaran dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dan besar kemungkinan jika konsumen tertarik akan melakukan pembelian produk atau jasa tersebut.
7. Memperhatikan Resiko Bencana Alam
Lokasi yang strategis dan ramai orang berlalu lalang nyatanya tidak bisa membuat Anda merasa puas begitu saja. Karena Anda juga harus memperhatikan bahwa lokasi yang dipilih merupakan lokasi yang minim resiko bencana alam.
Mengingat faktor bencana alam ini seringkali terlupakan dan jauh dari pertimbangan seseorang dalam memilih lokasi usaha. Padahal, ini termasuk contoh analisis lokasi usaha untuk meminimalisir kerugian di kemudian hari.
Apabila Anda salah dalam memilih tempat usaha seperti rawan banjir, maka bukannya mendapatkan keuntungan.
Namun, justru akan menimbulkan kerugian karena bencana tersebut dapat merusak perabotan dan bahan baku yang tersedia.
8. Tentukan Target Pasar
Jika Anda berhasil menentukan strategi memilih lokasi usaha sebelumya, maka selanjutnya adalah menentukan target pasar. Anda harus menetapkan siapa saja yang akan menjadi target pasar dari produk atau jasa yang akan berjalan.
Ini merupakan hal yang penting dan tidak boleh terlewat karena target pasar akan memberikan banyak kemudian. Salah satu kemudahannya adalah target pasar akan membantu mempersempit pilihan lokasi usaha.
Misalnya, jika Anda memiliki rencana membuka toko sepatu dengan beragam produk yang harganya murah dan sedang trend.
Maka lokasi yang perlu Anda gunakan adalah dekat dengan fasilitas umum baik sekolah, tempat kerja, tempat makan dan lain sebagainya.
9. Akses Mudah Dijangkau
Rasanya akan percuma jika Anda berhasil menentukan target pasar dan lokasi usaha yang tepat namun terdapat kesulitan akses. Para konsumen pasti kurang tertarik untuk mengunjungi tempat yang aksesnya sulit.
Jika Anda menggunakan strategi memilih lokasi usaha yang tepat, maka harus memperhatikan akses yang mendukung.
Akses yang dimaksud seperti kemudahan konsumen dalam mengakses tempat usaha Anda.
Tepatnya, akses tersebut dapat berupa row jalan lebar, dan kendaraan jauh lebih mudah masuk. Apalagi jika lokasi tersebut dilalui transportasi umum, pasti akan lebih memudahkan konsumen menjangkau lokasi bisnis tersebut.
Ada 9 strategi memilih lokasi usaha yang perlu Anda perhatikan sesuai penjelasan tersebut. Lakukan yang terbaik dalam memilih lokasi usaha agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai keinginan.
Baca Juga : Rekomendasi Peluang Usaha yang Menjanjikan