Seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini sudah banyak hal yang beralih ke arah digitalisasi, salah satunya yaitu iklan online.
Secara perlahan, iklan konvensional mulai tergeser karena dinilai kurang efektif untuk memasarkan sebuah produk. Jadi, apa itu iklan online?
Iklan online memang sekarang ini menjadi salah satu strategi untuk melakukan promosi yang banyak dipilih oleh orang-orang.
Hal ini dikarenakan iklan online memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan iklan konvensional, seperti lebih bisa menghemat biaya untuk kegiatan marketing.
Untuk itu, bagi Anda yang ingin menjalankan sebuah bisnis, maka cara ini bisa menjadi opsi yang harus dipertimbangkan untuk melakukan kegiatan promosi.
Agar bisa memahami lebih dalam apa yang dimaksud dengan iklan online beserta jenis-jenisnya, Anda bisa simak artikel di bawah ini.
Apa Itu Iklan Online?
Walaupun sudah sering mendengar dan melihat iklan online, namun mungkin beberapa dari Anda masih bingung apa yang dimaksud dengan iklan online.
Jadi iklan online ini yaitu proses pemasaran produk yang dilakukan dengan menggunakan bantuan media elektronik.
Iklan online ini berisikan mengenai pesan atau info yang ingin disampaikan kepada khalayak ramai yang tujuannya yaitu agar orang-orang bisa mengenal produk yang ditawarkan, dengan harapan orang-orang bisa terbujuk untuk membeli barang atau jasa tersebut.
Cara yang dilakukan untuk melakukan promosi online bisa dilakukan dengan berbagai macam media, baik itu gambar, video maupun animasi.
Jadi tinggal disesuaikan saja dengan platform yang akan digunakan, seperti pada blog maka orang-orang cenderung menggunakan gambar.
Berbeda dengan platform youtube, media dalam bentuk video lebih banyak digunakan. Di dalam iklan tersebut berisikan informasi-informasi yang dituliskan atau disediakan dengan tujuan tertentu, seperti untuk melakukan konversi penjualan, meningkatkan brand awareness dan lain sebagainya.
Seperti yang sudah diketahui bahwa keberadaan dari iklan online ini semakin banyak bertebaran. Hal ini dikarenakan jangkauan internet yang semakin luas.
Hasil yang diperoleh dari membuat iklan ini bisa dilihat oleh semua pengguna dari di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
Bahkan iklan tersebut juga berpotensi dilihat oleh orang-orang di luar negeri, selama mereka memiliki akses jaringan internet.
Baca Juga: 6 Jenis Iklan di YouTube Advertising dan Keuntungannya
Jenis-Jenis Iklan Online
Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan, apa itu iklan online? Hal selanjutnya yang wajib diketahui yaitu mengenai jenis-jenis iklan online. Karena ada banyak pilihan jenis iklan online yang sekarang ini tersedia.
Masing-masing jenis iklan tentu memiliki karakteristik serta kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Untuk itu, sebelum menggunakan jenis iklan yang akan digunakan, alangkah baiknya jika mengenal terlebih dahulu mengenai jenis iklan online yang tersedia.
Sehingga hasil yang diperoleh dari kegiatan promosi atau marketing yang dilakukan bisa lebih maksimal. Adapun beberapa jenis iklan tersebut antara lain yaitu:
1. Email marketing
Jenis iklan online yang pertama yaitu ada email marketing. Pengertian dari email marketing yaitu iklan online yang dilakukan melalui email.
Jadi promosi ini biasanya akan dikirim melalui email yang akan masuk ke dalam kotak pesan atau inbox penerima.
Jenis iklan online yang satu ini memang sudah eksis sejak lama, mengingat jumlah dari pengguna email yang kian mengalami peningkatan. Selain itu, melakukan promosi menggunakan email ini juga memiliki efektivitas yang cukup tinggi.
Sebelum melakukan promosi menggunakan email marketing, maka langkah pertama yang harus dilakukan agar hasil yang diperoleh bisa lebih optimal yaitu membuat email bisnis terlebih dahulu.
Dengan menggunakan email bisnis maka bisa membuat alamat email lebih terkesan profesional.
Selain itu, di dalam email bisnis juga lebih tersedia banyak fitur yang bisa mempermudah menjalan kegiatan marketing, seperti bisa mengirim email dalam jumlah banyak sekaligus.
Setelah email bisnis dibuat maka Anda hanya perlu membuat daftar dari alamat email target konsumen. Hal ini maka bisa mempermudah Anda dalam menemukan konsumen yang berpotensial untuk dikirimi email marketing ini.
Selanjutnya yaitu agar email yang dibuat lebih menarik maka bisa mempercantik tampilan dengan pilihan tools yang tersedia, seperti menambahkan video, gambar, link dan lain sebagainya.
Sebelum mengirim email marketing tersebut, usahakan untuk membuat subjek yang menarik.
2. Self-service advertising
Apa itu iklan online? Jadi di dalam iklan online, salah satu jenis yang tersedia yaitu ada self-service advertising. Seperti halnya dengan namanya, iklan online ini bisa disesuaikan penggunaannya sesuai dengan kehendak yang diingin dari pengiklan.
Anda bisa bebas menentukan mulai dari ide, informasi yang dimuat, desain hingga struktur penempatan yang bisa diatur sesuka hati pengiklan.
Dengan ini, iklan yang dibuat bisa menjangkau audiens lebih maksimal karena sudah disesuaikan dengan strategi pemasaran yang tepat.
Hal ini yang membuat banyak pengiklan menyukai jenis iklan ini, karena lebih terarah serta budget yang dikeluarkan juga cenderung lebih murah.
Jasa penyedia iklan untuk jenis ini yaitu ada dari perusahaan Google yang dinamakan dengan Google Adword, serta ada juga BlogAds.
Google Adword adalah iklan jenis pengiklanannya yaitu berbasis self-service advertising. Jadi bentuk iklan yang ditawarkan yaitu bisa berupa gambar, teks maupun video.
Umumnya iklan ini akan muncul pada sebuah blog-blog yang masih relevan dengan produk yang ditawarkan pada iklan.
Contohnya yaitu iklan rumah maka akan muncul pada sebuah blog yang banyak membahas seputar rumah.
Biaya yang dikeluarkan untuk membuat iklan ini lebih murah karena sistemnya menggunakan pay-per-click, jadi Anda hanya perlu membayar iklan jika ada konsumen yang mengklik iklan tersebut.
3. Social media marketing
Media sosial sekarang ini juga tidak hanya digunakan sebagai hiburan saja, namun bagi Anda yang memiliki sebuah bisnis bisa memanfaatkannya sebagai media untuk membuat iklan online.
Lalu apa hubungannya dengan dengan sosial media?
Jadi seperti namanya yaitu social media marketing dimana merupakan sebuah iklan yang memanfaatkan penggunaan media sosial sebagai platform.
Contoh dari iklan media sosial yang populer yaitu ada Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads dan Tiktok Ads.
Strategi pemasaran yang dilakukan di media sosial ini memungkinkan Anda untuk melakukan penayangan iklan yang berbayar di platform media sosial.
Iklan ini bisa membantu untuk mempromosikan produk melalui konten yang telah dibuat di dalam akun sosial media tertentu yang sudah dimiliki, agar target pemasaran yang sudah ditentukan sebelumnya bisa tercapai.
Kegiatan promosi melalui media sosial cukup fleksibel sehingga banyak orang yang memilih menggunakan layanan ini, agar tujuan dari kegiatan promosi yang dilakukan bisa tercapai.
Maksud dari fleksibel di sini yaitu Anda bisa menyesuaikan segala pengaturan yang ada sesuai dengan kebutuhan dari usaha Anda. selain itu, iklan di media sosial juga sangat mudah dan terdapat banyak pilihan opsi.
Bahkan Anda bisa mengatur sendiri pengguna yang menjadi target audiens berdasarkan lokasi, usia, hobi, tingkat pendidikan, gender dan yang lainnya.
4. Search Engine Marketing (SEM)
Jenis iklan online selanjutnya ada SEM atau Search Engine Marketing, yaitu jenis iklan yang muncul pada mesin pencarian Google.
Jadi SEM ini adalah teknik pemasaran yang dilakukan dengan bantuan dari mesin pencarian sebagai platform yang digunakan untuk mencapai tujuan dari pemasaran.
Cara kerja dari iklan ini membuat bisnis yang dimiliki bisa muncul pada laman pencarian, seperti Google.
Jadi pada saat seseorang mengetikkan kata kunci yang masih relevan dengan produk yang Anda miliki, maka Google akan menempatkan iklan pada hasil pencarian teratas.
Dengan demikian maka bisa membantu untuk meningkatkan traffic ke situs penjualan produk. Sehingga bisa membantu meningkatkan jumlah penjualan.
Jenis iklan yang satu ini juga sering disebut dengan paid search, karena untuk membuat iklan ini maka Anda harus membayarnya menggunakan sistem PPC.
Sistem PPC (Pay Per Click), yaitu jumlah yang yang harus dibayar untuk membuat iklan ini bergantung dari banyaknya orang yang mengkliknya.
SEM juga sering dibandingkan dengan SEO atau Search Engine Optimization. Walaupun tujuannya sama yaitu agar konten situs web yang dimiliki berada pada urutan teratas dalam mesin pencarian, namun cara kerjanya berbeda.
Hal paling utama yang membedakan antara SEM dan SEO yaitu, SEO membutuhkan biaya untuk menampilkan iklan, sedangkan SEO tidak, karena mengandalkan usaha yang besar dan waktu.
5. Contextual advertising
Iklan online menjadi salah satu strategi pemasaran yang bisa memberikan hasil maksimal akan tujuan dari pemasaran yang ingin dicapai.
Namun, Bagaimana cara memanfaatkan iklan online agar bisa mendapatkan hasil yang optimal?
Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan jenis contextual advertising. Jadi iklan ini hanya muncul jika konteks atau topik yang sedang dicari oleh target sesuai dengan produk yang ditawarkan.
Contohnya yaitu jika pengguna sedang mengunjungi sebuah website yang membahas mengenai motor, maka iklan yang akan ditampilkan juga seputar produk-produk motor.
Namun jenis iklan ini juga tidak hanya terbatas pada website saja. melainkan juga bisa tampil dalam aplikasi yang sedang digunakan seperti mobile game.
Anda pasti pernah menemui iklan ini pada saat menggunakan atau menjalankan sebuah aplikasi di HP.
Jenis iklan yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu iklan yang ramah karena masih bisa dinikmati oleh pengguna, sebab isi dari iklan yang ditampilkan masih relevan. Sehingga potensi pengguna mengklik iklan tersebut lebih besar.
Dengan demikian maka bisa memperbesar peluang juga orang-orang akan tertarik dan membeli produk tersebut.
6. Sponsorship advertising
Sponsorship advertising juga disebut dengan direct advertising. Jadi jenis iklan ini yaitu dimana seorang pengiklan menjalin kerjasama terlebih dahulu ke sebuah platform maupun perorangan sebelum membuat atau memasang iklan produk.
Kerjasama ini biasanya dilakukan oleh platform atau orang yang memiliki pengikut dengan jumlah yang besar. Contohnya yaitu, influencer media sosial baik itu Tiktok, Instagram, Twitter, Youtube maupun website.
Dengan memasang iklan melalui sponsorship advertising, maka bisa membantu dalam meningkatkan traffic bahkan bisa mencapai ribuan per harinya. Anda pasti sudah sering menemui praktik iklan yang demikian.
Di Indonesia sendiri, strategi marketing menggunakan cara ini sangat efektif dilakukan.
Terlebih lagi, seorang influencer mampu memberikan pengaruh yang besar kepada pengikutnya. Jadi sangat efektif untuk membantu meningkatkan hasil penjualan.
7. In-text advertising
Jenis iklan online yang terakhir yaitu ada in-text advertising, atau banyak juga yang menyebutnya inline advertising. Jadi jenis iklan yang satu ini yaitu sebuah iklan yang dipasang dalam konten website yang berisikan sejumlah kata tertentu.
Iklan yang terdapat di dalam website ini memiliki warna yang berbeda dengan teks konten di dalamnya.
Lalu jika ada pengunjung yang mengarahkan kursor ke arah tulisan tersebut, maka akan ada kotak kecil yang muncul berisikan iklan sesuai dengan kata kuncinya.
Iklan yang ditampilkan dalam in-text advertising ada banyak ragamnya, mulai dari jasa, produk, ataupun berita sesuai dengan kata kunci.
Baca Juga: 7+ Cara Membuat Iklan yang Menarik untuk Branding
Keuntungan Menggunakan Iklan Online
Selain pertanyaan mengenai, apa itu iklan online? Maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui yaitu mengenai keuntungan menggunakan iklan online, yaitu:
1. Jangkauan target lebih luas
Dengan menampilkan iklan secara online, maka akan ada banyak orang yang bisa melihat iklan tersebut. Tidak ada hanya di daerah tertentu saja, bahkan orang luar negeri juga bisa melihatnya.
Hal ini tentu sangat menguntungkan, terutama bagi yang ingin mengembangkan bisnis hingga ke pasar global.
2. Hemat biaya iklan
Hal lainnya yang bisa diperoleh dari iklan online yaitu bisa membantu untuk menghemat budget promosi. Jika dibandingkan dengan iklan-iklan konvensional seperti radio atau TV tentu jauh lebih terjangkau dari segi pendanaan.
Jadi bagi Anda yang merintis sebuah bisnis serta belum memiliki modal besar, maka iklan online bisa menjadi solusi untuk menjalankan kegiatan marketing.
Walaupun hemat biaya, namun hasilnya juga cukup efektif karena bisa menjangkau lebih banyak target konsumen.
Anda hanya perlu membuat konten marketing yang menarik sehingga bisa membuat orang-orang terdorong untuk membeli produk tersebut.
3. Bisa ditargetkan sesuai dengan kebutuhan
Jika Anda menggunakan iklan online, maka siapa yang akan menjadi target pasar bisa lebih mudah ditentukan. Karena dengan internet semua hal bisa diperinci, termasuk juga menentukan kategori audiens yang akan dituju.
Contohnya yaitu dengan mengelompokkan audiens berdasarkan pada usia, jenis kelamin, latar belakang dan lain sebagainya. Dengan target audiens yang sesuai, maka iklan yang dibuat bisa lebih fokus memberikan apa yang dibutuhkan oleh audiens.
Anda bisa memberikan penawaran yang relevan kepada calon pelanggan yang dinilai potensial. Hal ini tentunya bisa membantu kegiatan marketing berjalan lebih maksimal.
4. Meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan
Kelebihan lainnya dari iklan online yaitu bisa membantu dalam meningkatkan keterlibatan antara brand dengan pelanggan.
Misalnya yaitu dengan melalui media sosial, brand Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan melalui fitur-fitur yang ada seperti likes, share, komentar hingga pesan personal.
Keterlibatan pelanggan dalam brand sangat penting untuk menjaga hubungan yang baik antara brand dengan pelanggan. Dengan demikian maka pelanggan bisa lebih mempercayai brand Anda, karena merasa dilibatkan serta dihargai.
5. Keberhasilan dari iklan bisa diukur
Iklan online mampu menawarkan kemudahan dalam mengukur seberapa efektif iklan tersebut ditampilkan. Hal ini dikarenakan platform digital biasanya dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur analitik.
Jadi dengan menggunakan fitur ini maka bisa mengetahui keberhasilan dari suatu campaign. Dengan demikian Anda bisa melakukan pembenahan dan membuat strategi pemasaran yang tepat agar tingkat penjualan bisa terus meningkat.
Iklan online menjadi pilihan yang banyak digunakan untuk melakukan kegiatan promosi suatu produk.
Iklan online merupakan sebuah pesan atau informasi suatu produk atau jasa dengan menggunakan bantuan dari media elektronik yang bisa terlibat jaringan internet.
Banyak keuntungan yang diperoleh jika membuat iklan online jika dibandingkan dengan iklan konvensional, salah satunya yaitu bisa lebih menghemat biaya serta jangkauan target audiens bisa lebih luas.
Baca Juga : Jenis-jenis Iklan Persuasif, Yakinkan Orang Terhadap Produk Anda!