13 Aplikasi Absensi Karyawan Online Terbaik dan Ada yang Gratis!

aplikasi absensi karyawan online

Aplikasi absensi karyawan online kini makin menjamur. Apalagi dengan kemajuan teknologi di era digital ini. Kini karyawan tidak perlu lagi repot-repot dalam melakukan absensi karena semua lebih praktis dan menggunakan metode digital.

Dengan sistem absensi online ini, rekap perhitungan absensi juga menjadi lebih mudah karena dilakukan secara digital bukan manual.

Kesalahan jumlah absensi karyawan pun dapat diminimalisir. Selain itu, masih banyak pula kelebihan dari sistem absensi online.

Lalu, apa sebenarnya absensi karyawan? Seberapa pentingkah absensi karyawan di perusahaan? Apa saja sistem absensi untuk karyawan? Apa saja rekomendasi aplikasi untuk absensi karyawan yang mudah dan cepat? Ini dia jawabannya!

Apa Itu Absensi Karyawan dan Aplikasi Absensi Karyawan Online?

Apa Itu Absensi Karyawan dan Aplikasi Absensi Karyawan Online

Istilah absensi kerap didengar baik dalam pekerjaan maupun di bangku sekolah. Absensi karyawan sendiri dipahami sebagai sebuah data yang menunjukkan tentang kehadiran karyawan di perusahaan setiap hari.

Data absensi karyawan sendiri terdiri dari waktu kedatangan dan kepulangan ketika bekerja di kantor.

Sedangkan aplikasi absensi karyawan online merupakan sebuah perangkat lunak untuk membantu proses absensi karyawan yang datanya dapat disimpan secara otomatis.

Dengan data tersebut, divisi yang menangani perihal absensi karyawan tidak perlu repot menghitung data kehadiran karyawan. Bahkan pada beberapa sistem absensi yang canggih, waktu lembur karyawan juga dapat direkam secara otomatis.

Seberapa Penting Absensi untuk Karyawan?

Seberapa Penting Absensi untuk Karyawan

Sistem absensi karyawan dapat menjadi salah satu tolak ukur atau acuan terhadap ketertiban dan kedisiplinan karyawan. Namun selain itu, absensi karyawan juga memiliki berbagai tujuan dan manfaat bagi perusahaan dan karyawan.

Tujuan dari sistem absensi sendiri adalah memonitor kedatangan dan kepulangan karyawan.

Maka dari itu, absensi karyawan menjadi hal yang penting dan wajib ada di setiap perusahaan. Berikut adalah berbagai alasan penting mengapa perlu dilakukan absensi karyawan pada perusahaan!

  • Mempercepat perhitungan jumlah absen karyawan terutama jika sudah menggunakan aplikasi absensi karyawan online yang sudah terintegrasi dengan sistem tertentu.
  • Memudahkan pencatatan data absen yang detail dalam suatu sistem yang terintegrasi.
  • Memudahkan perhitungan absen karyawan dan kaitannya dengan sistem penggajian.
  • Memantau kehadiran karyawan terutama jika ada karyawan yang terlambat hadir atau waktu kepulangan yang tidak sesuai dengan peraturan perusahaan.

Rekomendasi Aplikasi Absensi Karyawan Online Gratis

Aplikasi absensi untuk karyawan kini dapat ditemui dengan mudah. Banyak perusahaan yang bahkan mengembangkan aplikasi absensinya sendiri.

Namun tidak semua aplikasi absen akurat dan bekerja dengan cepat. Maka dari itu, berikut adalah beberapa aplikasi absen yang cepat, mudah, dan akurat!

1. Hadirr

Hadirr

Aplikasi yang pertama merupakan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Android bernama aplikasi Hadirr.

Aplikasi absen ini diluncurkan pada tahun 2017 dengan menggadang fitur absensi berdasarkan lokasi dan face recognition yang dapat diatur oleh admin atau divisi terkait.

Admin atau divisi HR dapat mengatur izin absensi di lokasi kantor maupun bisa dari lokasi lain.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat merekam data secara real time dan mencatat jam lembur bahkan dapat mengajukan reimbursement sehingga tidak lagi perlu mengisi berbagai macam blanko.

Aplikasi Hadirr sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Selain absensi digital, aplikasi ini juga menyediakan berbagai jenis fitur lainnya. Berikut adalah beberapa fitur lain yang dimiliki oleh aplikasi Hadirr :

  • Mampu mencatat jadwal kegiatan dan kunjungan secara langsung sehingga memudahkan tim HR untuk mengetahui kunjungan yang dilakukan oleh karyawan.
  • Dapat mengajukan reimbursement secara online sehingga bisa diajukan dengan mudah. Divisi yang terkait juga dapat berkoordinasi dan menyetujui reimbursement melalui sistem pada aplikasi Hadirr.
  • Dapat melakukan absensi dari banyak perangkat dengan fitur Lend App sehingga meskipun perangkat tertinggal atau kehabisan kuota, karyawan tetap dapat melakukan absensi melalui perangkat lainnya.
  • Mampu mengatur jadwal atau jam kerja yang berbentuk shifting. Pengaturan ini cukup dibuat sekali saja dan dapat langsung diterapkan.
  • Menghitung lembur karyawan juga menjadi lebih mudah karena jam lembur bisa terdokumentasi dengan rinci sehingga tidak akan terjadi kesalahan perhitungan.
  • Pemantauan terhadap tim sales di lapangan menjadi lebih mudah dan laporan penjualan dapat dikerjakan dengan otomatis. Tidak hanya dapat mencatat absensi secara online namun juga dapat meningkatkan produktivitas tim sales, menaikkan omset bisnis, membantu penyusunan strategi penjualan, memudahkan kolaborasi dengan tim sales, dan memudahkan pipeline sales.

2. Jojonomic

Jojonomic

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi absen bernama Jojonomic. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur untuk mengurus penggajian, reimbursement, absensi online, dan fitur lainnya.

Beberapa contoh fitur lain dari aplikasi ini adalah fitur untuk memonitor aktivitas karyawan serta mengatur waktu kerja dan lembur.

Jojonomic menjadi salah satu aplikasi absensi karyawan online yang mendukung mobilitas tinggi untuk perusahaan.

Perusahaan pengembang aplikasi ini sudah berdiri sejak tahun 2014 dan sudah cukup terkenal di antara developer lain untuk bidang absensi online dan aplikasi sistem integrasi HR.

Aplikasi Jojonomic sendiri memiliki berbagai jenis fungsi untuk masing-masing divisi. Masing-masing fitur ini dapat memudahkan divisi terkait dalam melakukan tugasnya. Berikut adalah beberapa jenis penjelasan terkait fitur Jojonomic yang bisa digunakan :

  • Productivity & Collaboration

Fitur pertama adalah productivity & collaboration yang terdiri dari Jojo Times, Jojo Task, Jojo Timesheet, dan Jojo Leave.

Masing-masing fitur ini dapat digunakan untuk memantau waktu kerja, tugas, produktivitas, dan cuti yang diajukan oleh karyawan.

Sedangkan Jojo Meet dan Jojo Chat berfungsi sebagai media kolaborasi antar karyawan.

Jojo Meet merupakan fitur video conference yang memudahkan karyawan untuk melakukan pertemuan online. Sedangkan Jojo Chat dapat memudahkan karyawan dalam berkoordinasi dengan pesan singkat.

  • Intelligence & Customization

Fitur selanjutnya adalah fitur-fitur yang masuk dalam jenis intelligence & customization yang terdiri dari Jojo Analytic, Jojo Flow, Jojo Link, Jojo API, dan Jojo Live.

Jojo Analytic dapat digunakan untuk membantu kejelasan dalam bisnis dengan cara menganalisis berbagai data perusahaan.

Fitur kedua adalah Jojo Flow yang mampu mengatur manajemen dengan fitur canggih agar produktivitas dapat meningkat.

Peningkatan produktivitas ini didukung dengan adanya fungsi untuk mendesain alur kerja, mengelola pekerjaan di masing-masing divisi, hingga mengintegrasikan pada sistem lainnya.

  • Operation

Pada fungsi operation ini, Jojonomic memungkinkan perusahaan untuk terhubung langsung dengan pelanggan dengan rangkaian aplikasi interaksi bisnis ini.

Fungsi ini terdiri dari JojoCX – Customer Experience, JojoCommand Center, JojoDigital Document, JojoProcurement, JojoTravel, dan Jojo HSE.

Selain interaksi pelanggan yang optimal, fungsi ini juga memungkinkan pemantauan laju bisnis, pengelolaan dokumen, mengontrol dan mengelola procurement, mengelola perjalanan bisnis, dan mengatur sistem keamanan kerja dengan mudah dan efisien.

  • Human Resource

Fungsi human resource menjadi salah satu fungsi yang sangat berguna dalam aplikasi Jojonomic. Hal ini dikarenakan fungsi ini memberikan fitur untuk mengatur gaji secara otomatis dalam hitungan menit dengan Jojo Payroll.

Tidak hanya itu, proses pelatihan karyawan, rekrutmen, pengelolaan key performance indicator, serta penugasan HR menjadi lebih efektif dengan Jojo E-learning, Jojo Recruitment, Jojo Performance – KPI, dan Jojo People – HRM.

  • Finance

Bagi divisi finance, aplikasi Jojonomic juga mampu mempermudah kinerja dengan fungsi finance. Fungsi ini memberikan banyak fitur seperti Jojo Expense, Jojo Invoice, Jojo Asset Management, Jojo E-Budgeting, dan Jojo Cashcard.

Fitur-fitur ini memungkinkan divisi finance untuk membuat invoice, mengatur pengeluaran, anggaran biaya, dan melacak pengeluaran perusahaan dengan transaksi yang sedang berjalan. Laporan keuangan menjadi lebih akurat dan mudah untuk dibuat!

Baca Juga:10 Cara Mengelola Keuangan untuk Semua Kalangan

  • Sales & Marketing

Fungsi terakhir adalah fungsi yang ditujukan untuk sales & marketing. Fungsi ini memberikan berbagai fitur yang berguna untuk divisi sales dan divisi pemasaran. Terdapat berbagai fitur untuk mengelola kinerja yang berkaitan dengan prospek pelanggan baru.

Fitur-fitur seperti Jojo Lead Manager, Jojo Sales Team, Jojo Sales Pipeline, dan Jojo Campaign Manager berfungsi untuk mengelola kinerja untuk mendapatkan pelanggan baru, mengoptimalkan penjualan, melacak status prospek, dan mengelola kampanye pemasaran.

Sedangkan Jojo Marketing Intelligence dapat digunakan sebagai sarana informasi dan analisa yang data yang mendalam untuk proses pengambilan keputusan.

Data ini berupa personalisasi kebutuhan pelanggan, data kampanye pemasaran, hingga interaksi dengan pelanggan.

3. Talenta

Talenta

Aplikasi absensi karyawan online yang tidak kalah populer berikutnya adalah aplikasi Talenta.

Aplikasi absen satu ini didukung dengan berbagai fitur seperti GPS, manajemen gaji, dan manajemen data karyawan yang berbasis cloud- based sistem yang real time.

Jenis aplikasi ini dapat diandalkan dan praktis karena karyawan cukup menggunakan satu aplikasi saja. Selain itu terdapat fitur live chat yang dapat membantu konsultasi karyawan jika mengalami kesulitan dalam penggunaannya.

Berbeda dengan Jojonomic yang memiliki rangkaian aplikasi untuk bisnis dan pengelolaan karyawan, Talenta sendiri menawarkan kemudahan dengan berbagai fitur dalam satu aplikasi.

Berikut penjelasan rinci mengenai fitur-fitur yang ditawarkan oleh Talenta :

  • Fitur Core HR

Fitur yang pertama adalah fitur Core HR atau fitur khusus untuk divisi human resources.

Dalam fitur ini terdapat berbagai fungsi seperti payroll, attendance, HRIS, expense management, dan Talenta Portal. Sesuai namanya fitur-fitur ini berfungsi untuk mengelola gaji, kehadiran, dan database karyawan.

Sedangkan untuk fitur expense manager, HR dapat mengatur dan mengelola pengeluaran serta reimbursement yang diajukan oleh karyawan.

Untuk Talenta Portal, HR dapat mengatur absensi karyawan secara langsung di tempat bukan dalam sistem online.

  • Fitur Employee Experience

Tidak hanya fitur untuk divisi human resource, Talenta juga menyediakan fitur yang mempermudah karyawan. Fitur ini terdiri dari fitur employee self service, employee benefits, HR Helpdesk, dan Forms.

Dengan fitur-fitur ini karyawan dapat mengakses kebutuhan terkait human resource dengan mandiri.

Selain itu, karyawan juga dapat mengajukan asuransi karyawan, mengajukan pertanyaan terkait human resource, dan mengisi formulir yang disediakan divisi HR secara online serta langsung terintegrasi dengan sistem HRIS.

  • Fitur Strategic HR

Fitur terakhir adalah fitur yang sangat berguna bagi divisi human resource terutama dalam menilai kinerja karyawan.

Dengan adanya fitur performance management, divisi HR dapat menilai kinerja karyawan sesuai dengan KPI atau key performance indicator yang sudah tersedia.

Tidak hanya itu, fitur strategic HR juga menyediakan fitur pengembangan bisnis melalui identifikasi tren data HR yang sudah saling terintegrasi.

Pengelolaan data yang real-time ini dapat mempermudah untuk membagikan data, menjawab kebutuhan bisnis, hingga mengontrol akurasi data.

4. AbsenKu

AbsenKu

Aplikasi AbsenKu merupakan salah satu aplikasi baru di bidang sistem integrasi HR. Aplikasi absensi karyawan online gratis yang satu ini juga memiliki harga cukup murah untuk berlangganan.

Seperti beberapa aplikasi lainnya, aplikasi AbsenKu juga dilengkapi dengan fitur GPS untuk absensi.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memberikan berbagai laporan terkait aktivitas karyawan, informasi dan slip gaji, laporan kehadiran, dan masih banyak lagi.

Fitur-fitur absensi aplikasi AbsenKu juga memberikan berbagai kelebihan, antara lain :

  • Geolocation yang berfungsi untuk mencatat lokasi absensi karyawan sesuai dengan lokasi yang diijinkan oleh perusahaan.
  • Akses laporan yang mudah untuk kehadiran masing-masing karyawan, departemen, hingga perusahaan secara keseluruhan.
  • Pengajuan dan perizinan permohonan cuti yang mudah melalui aplikasi.
  • Kemudahan pengaturan waktu kerja berupa jadwal shift
  • Pengajuan dan perizinan untuk aktivitas lembur karyawan yang mudah dengan perhitungan waktu yang akurat.
  • Anti GPS palsu sehingga lokasi absensi tidak bisa dimanipulasi dengan aplikasi pemalsu GPS.
  • Pengelolaan jabatan melalui aplikasi dengan mudah sesuai dengan struktur organisasi pada perusahaan.
  • Kemudahan penyampaian berita yang penting kepada seluruh karyawan.
  • Kalender dengan hari libur nasional dan hari libur perusahaan yang dapat dipersonalisasi.

5. Time Clock by Homebase

Time Clock by Homebase

Aplikasi Time Clock by Homebase ini merupakan aplikasi absen yang juga dapat dipasang di perangkat Android.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang menarik mulai dari fitur untuk mengontrol absen dan penjadwalan rekrutmen dengan beberapa pilihan akses.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga cukup user friendly sehingga mudah digunakan. Fitur lain seperti membuat jadwal dan pelacakan jam juga dapat memudahkan karyawan dan pihak HR perusahaan dalam melakukan serta membuat absensi.

Aplikasi ini memiliki berbagai kelebihan seperti sistem perhitungan gaji yang akurat, mengelola pelanggaran kerja, mengelola jam kerja karyawan sehingga tidak ada karyawan yang bekerja melebihi jam yang sudah ditentukan, serta proses absensi dengan foto sehingga tidak ada manipulasi.

6. GreatDay HR

GreatDay HR

Rekomendasi aplikasi selanjutnya adalah aplikasi GreatDay HR. Aplikasi absen ini merupakan aplikasi absensi karyawan online yang memiliki berbagai fitur komprehensif. Beberapa contoh fitur dari aplikasi ini adalah fitur rekam kehadiran dengan menggunakan foto.

Terdapat pula fitur face recognition atau pengenalan wajah yang berfungsi untuk membandingkan foto saat ini dengan sebelumnya.

Fitur ini berguna untuk melihat tingkat kecocokan antara database dengan orang yang mengambil foto. Bahkan aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengetahui lokasi karyawan.

Fitur-fitur lain dari aplikasi ini adalah fitur untuk rekrutmen pegawai, penilaian kinerja dan performa karyawan, penggajian, video conference untuk pertemuan online, perhitungan waktu lembur, pengajuan klaim, reimburse, dan cuti, pengaturan jadwal kerja, dan komunitas sosial untuk karyawan.

Aplikasi GreatDay HR ini juga menggunakan perlindungan data dengan standar nasional sehingga dapat menyimpan dan memperbarui data karyawan dalam satu sistem yang sudah terintegrasi. Sistem ini juga berbasis penyimpanan cloud.

7. When I Work Employee Scheduling

When I Work Employee Scheduling

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi When I Work Employee Scheduling. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi absensi karyawan online gratis untuk digunakan 75 karyawan saja.

Jika digunakan lebih dari 75 karyawan maka akan dikenakan biaya tambahan sehingga aplikasi ini cocok untuk perusahaan kecil.

Meskipun demikian, aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap. When I Work Employee Scheduling memiliki fitur mulai dari pengelolaan jam kerja, jam lembur, monitor kehadiran, fitur pesan dalam tim, dan jadwal kerja karyawan. Kelebihan lain dari aplikasi When I Work Employee Scheduling adalah :

  • Dapat berkirim pesan dengan karyawan lain secara personal maupun dalam grup.
  • Karyawan dapat bertukar jadwal kerja dengan karyawan lain melalui aplikasi dan manajer dapat memantau serta mengizinkan pertukaran jadwal kerja melalui aplikasi.
  • Pengajuan jam kerja dengan akses yang mudah ke kalender kerja.
  • Manajer atau divisi HR dapat mengingatkan karyawan untuk memperbarui jadwal kerja melalui aplikasi.
  • Jadwal kerja yang dapat dibagikan dengan seluruh karyawan dalam tim.

8. KaryaOne

KaryaOne

Aplikasi KaryaOne adalah aplikasi absen berbasis online yang memberikan kemudahan untuk proses pemindahan data dari mesin absen konvensional.

Maksud dari mesin absen konvensional di sini adalah mesin absen dengan pemindai sidik jari atau fingerprint scanner.

Data dari mesin absen fingerprint ini dapat diimpor untuk diolah ke aplikasi KaryaOne. Fitur yang tidak kalah canggih lainnya adalah fitur untuk pengajuan izin atau cuti. Dengan fitur ini, karyawan dan perusahaan dimudahkan untuk pengurusan izin maupun cuti kerja.

Selain berbagai fitur, aplikasi KaryaOne juga memberikan berbagai kemudahan akses untuk berbagai jenis pengajuan.

Jadi, karyawan tidak perlu repot-repot mengajukan berbagai hal terkait human resource secara manual. Manfaat yang ditawarkan aplikasi KaryaOne adalah :

  • Mengurangi kesalahan dalam administrasi pengelolaan karyawan akibat human error.
  • Menghemat waktu dengan adanya otomatisasi sistem serta dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.
  • Menghemat biaya karena kebutuhan untuk administrasi terkait human resource bisa dilakukan melalui aplikasi tanpa perlu sistem manual seperti pencatatan di buku.
  • Analisis dan pengambilan keputusan yang lebih cepat karena data lebih terorganisir serta informasi yang disajikan bersifat real-time.

9. Clockify

Clockify

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi aplikasi absensi karyawan online gratis bernama Clockify. Aplikasi ini dapat diinstal pada perangkat maupun diakses melalui website.

Melalui aplikasi ini, pengelolaan absensi menjadi lebih mudah dengan dua fitur utama yakni timetracker dan timesheet.

Tidak hanya itu, aplikasi Clockify juga mampu memberikan laporan terkait performa dan proyek yang sedang berjalan.

Dengan adanya fitur laporan ini, pemantauan terhadap performa kerja karyawan menjadi lebih mudah. Kelebihan dari aplikasi Clockify antara lain :

  • Merekam waktu kerja dengan mudah dan akurat.
  • Dapat menunjukkan alokasi waktu kerja dalam tim.
  • Pengelolaan proyek dan tugas yang akurat dalam tim.
  • Waktu dan tanggal yang akurat sehingga tugas dapat terselesaikan dengan tepat waktu dan bersamaan meskipun ada pada zona waktu yang berbeda.
  • Dapat melampirkan file tugas.
  • Dapat mengontrol dan melihat seberapa banyak kinerja tim dalam sebuah proyek atau tugas.
  • Seluruh anggota tim dapat memantau target yang sudah disediakan.

10. ESS Gaji ID

ESS Gaji ID

Seperti aplikasi absen online pada umumnya, ESS Gaji ID juga merupakan aplikasi absen online yang memiliki berbagai fitur seperti pengajuan izin dan cuti, kalender karyawan, absensi, dan informasi karyawan. Meskipun demikian, aplikasi ini tetap memiliki keunikan tersendiri.

Aplikasi ESS Gaji ID memiliki opsi integrasi dengan dompet digital DANA. Hal ini memudahkan dalam proses transaksi untuk penggajian karyawan. Tidak hanya itu, aplikasi ini bahkan dapat mencetak slip gaji untuk karyawan. Praktis bukan?

Baca Juga : 4+ Manfaat Slip Gaji untuk Karyawan, Cara Meminta dan Jadwalnya

11. Open Time Clock

Open Time Clock

Aplikasi absensi karyawan online gratis berikutnya adalah aplikasi Open Time Clock. Namun aplikasi ini juga dapat dinikmati versi berbayarnya dengan fitur yang lebih lengkap.

Aplikasi ini memiliki tampilan dan fitur yang terbilang sederhana untuk manajemen waktu layanan dan sistem absensi.

Meskipun fitur dan tampilannya sederhana, namun aplikasi ini dapat digunakan oleh banyak karyawan dalam jumlah yang tidak terbatas. Versi gratis dari aplikasi ini juga sudah cukup lengkap dan mudah untuk digunakan.

12. Fingerspot.iO

Fingerspot.iO

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi Fingerspot.iO yang dapat digunakan oleh pengguna Android maupun iOS.

Aplikasi Fingerspot.iO adalah aplikasi absen online yang memiliki tampilan user friendly sehingga memudahkan karyawan dan perusahaan untuk mengakses.

Melalui aplikasi ini, data absensi dapat disimpan dan diolah dengan mudah dari berbagai lokasi.

Kehadiran karyawan juga dapat dilakukan dengan bantuan GPS maupun swafoto melalui ponsel karyawan. Terdapat pula berbagai fitur lainnya seperti pengajuan izin hingga pengaturan jam kerja.

13. Attendance Manager

Attendance Manager

Aplikasi absensi karyawan online yang terakhir adalah Attendance Manager. Aplikasi ini merupakan aplikasi absen online yang dapat diinstal pada perangkat Android dengan berbagai kemudahan akses dan fitur sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Pada aplikasi ini, terdapat fitur timesheet, time tracking, hingga fitur absensi dengan menggunakan GPS. Meskipun fiturnya sederhana, namun aplikasi ini mudah untuk dioperasikan sehingga kehadiran karyawan juga dapat dipantau dengan mudah.

Tips Optimalisasi Absensi Karyawan

Tips Optimalisasi Absensi Karyawan

Setelah melihat berbagai rekomendasi aplikasi absen karyawan, ada baiknya untuk mengetahui berbagai tips agar absensi karyawan menjadi lebih optimal.

Terlebih perusahaan yang menerapkan sistem aplikasi online sering mengalami kendala. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan!

1. Menggabungkan Sistem

Agar absensi online menjadi lebih optimal, penggabungan antara sistem perhitungan jumlah kehadiran dan penggajian dapat diintegrasikan.

Hal ini karena menganalisis data kehadiran secara manual untuk proses penggajian membutuhkan waktu yang lebih banyak.

Maka dari itu penggunaan aplikasi absensi karyawan online diperlukan untuk hal ini. Nantinya tim HR hanya perlu menghitung jumlah kehadiran dan menjumlahkannya dengan gaji yang diterima oleh karyawan. Metode ini cukup ampuh untuk mengingatkan karyawan melakukan absensi setiap hari.

2. Menetapkan Kebijakan

Selain menggabungkan sistem, tips kedua adalah membuat kebijakan yang jelas dan tegas. Untuk menghindari kendala seperti lupa absen atau dinas luar yang membuat karyawan tidak bisa melakukan absensi, diperlukan peraturan yang jelas untuk absensi.

Dengan adanya peraturan dan sanksi yang tegas bisa membuat karyawan melakukan absensi dengan tepat waktu serta mendapatkan konsekuensi jika melanggar.

Jangan lupa untuk membuat kebijakan sesuai budaya perusahaan dan menyampaikan pada karyawan dengan cara yang komunikatif.

3. Buat Sefleksibel Mungkin

Meski sudah terdapat kebijakan dan absensi online di kantor, namun sistem absensi tetap harus dibuat fleksibel sehingga tidak memberatkan. Terlebih beberapa waktu belakangan marak model kerja baru yakni bekerja dari jarak jauh.

Sistem absensi yang fleksibel ini harus dapat memudahkan karyawan untuk melakukan absensi jika sedang bekerja remote.

Tidak hanya itu, absensi yang fleksibel dapat memudahkan perusahaan dalam memantau karyawan meskipun sedang tidak bekerja dari kantor.

Selain mengetahui berbagai penjelasan, manfaat, pentingnya absensi karyawan berbasis online, Anda juga mendapatkan rekomendasi mengenai aplikasi absensi karyawan online gratis maupun berbayar. Aplikasi-aplikasi ini memudahkan dalam proses absensi hingga sistem penggajian.

Penggunaan aplikasi absensi juga menghemat banyak pengeluaran karena semua semua pengolahan data hingga pengiriman data seperti slip gaji dapat dilakukan secara digital dengan mudah.

Apakah perusahaan Anda juga sudah menggunakan salah satu dari aplikasi di atas?

Baca Juga: 26 Aplikasi Pencatatan Keuangan Terbaru (Berbagai Fitur & Gratis)

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.