Cara Mengelola Employee Relations secara Efektif dalam Perusahaan

Cara Mengelola Employee Relations

Ada banyak cara mengelola employee relations yang bisa Anda lakukan.

Adapun tujuannya adalah untuk membangun dan mempertahankan hubungan karyawan dengan perusahaan tempat mereka bekerja.

Beberapa Cara Mengelola Employee Relations

Beberapa Cara Mengelola Employee Relations

Pahami bahwa employee relation adalah sebuah proses untuk merangkul semua karyawan agar mereka dapat mewujudkan tujuan perusahaan.

Seperti untuk membangun komunikasi, kepercayaan, dan loyalitas dengan baik. Berikut ini cara mengelolanya:

1. Mendengarkan Karyawan

Tidak ada salahnya bagi atasan untuk mendengarkan cerita dari bawahan.

Terutama saat seorang karyawan memiliki masalah yang perlu mereka hadapi di tempat kerja. Jika tidak mendengarkannya dengan baik, maka tentu tidak mengetahui masalah karyawan.

Selain itu, Anda juga dapat mendengarkan cerita karyawan mengenai kehidupan sehari-hari mereka. Tentu sangat penting walaupun hanya sekedar bincang-bincang saja.

Pasalnya, hal tersebut dapat menjadikan karyawan merasa lebih dekat dan dihargai oleh atasan mereka.

2. Selalu Adil Terhadap Karyawan

Cara mengelola employee relations juga dapat Anda lakukan dengan berlaku adil terhadap seluruh karyawan.

Tentu hal ini sangat penting agar lebih mudah dalam menjalin hubungan baik terhadap mereka. Hal tersebut juga menjadi kunci terciptanya hubungan yang sehat.

Anda dapat menciptakan lingkungan pekerjaan yang memungkinkan seluruh karyawan berkembang dan berpartisipasi.

Oleh sebab itu, jangan hanya membatasi pada karyawan tertentu saja. Selain itu, hindari juga sistem senioritas dalam sebuah perusahaan.

3. Memberikan Kepercayaan Kepada Karyawan

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan kepercayaan kepada karyawan. Terutama untuk bekerja dan mengembangkan diri mereka.

Kemudian usahakan untuk selalu memberikan bimbingan terhadap para karyawan saat mereka memerlukan bantuan.

Bangun komunikasi secara terbuka dan berkata jujur. Hal ini adalah dasar dari hubungan atasan dengan para karyawannya.

Dengan begitu, tidak ada yang takut untuk berbicara dan mengajukan pertanyaan terkait perusahaan karena sudah memberikan kepercayaan kepada mereka.

4. Jangan Menegur di Depan Karyawan Lain

Cara mengelola employee relations lainnya adalah dengan tidak menegur di depan karyawan lain. Usahakan Anda menyampaikan teguran tersebut dengan sebaik dan senyaman mungkin.

Jika diberikan di depan banyak orang tentu hanya akan mengganggu mental karyawan itu sendiri.

Terlebih mereka juga akan menjadi patah semangat dan hilang fokus saat bekerja. Tentu saja hal ini hanya akan mengganggu produktivitas mereka.

Belum lagi jika karyawan melakukan perlawanan sehingga dapat menyebabkan konflik di depan umum yang cukup merugikan.

5. Menumbuhkan Motivasi Antar Karyawan

Anda dapat membangun hubungan antar karyawan dengan menumbuhkan motivasi kepada mereka.

Baik itu dengan cara membangun komunikasi atau bahkan melakukan kolaborasi antar divisi. Tentu semangat kerja mereka akan semakin meningkat.

Tidak hanya itu, setiap karyawan juga akan memiliki ilmu dan pengalaman baru.

Tidak ada salahnya juga Anda memberikan apresiasi berupa bonus atau hadiah sesuai kebutuhan. Tentu hal ini dapat menjadi langkah efektif dalam menumbuhkan motivasi karyawan dalam bekerja.

6. Selalu Terbuka Terhadap Karyawan

Anda juga dapat menerapkan cara mengelola employee relations dengan selalu bersikap terbuka terhadap karyawan.

Pastikan tidak membeda-bedakan mereka. Terlebih, atasan perlu bersikap terbuka mengenai segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan perusahaan.

Hal ini dapat memberikan manfaat terutama dalam membangun hubungan komunikasi yang baik kepada bawahan.

Pasalnya, sikap tertutup hanya akan memperburuk hubungan dengan karyawan. Tentu saja hal ini akan langsung berdampak terhadap kinerja mereka yang bisa saja menurun.

7. Membuat Forum Diskusi

Terakhir, Anda juga bisa membuat forum diskusi untuk meningkatkan komunikasi antar karyawan.

Hal ini tentu berguna untuk meningkatkan kerja sama antar tim agar lebih baik lagi. Selain itu, atasan juga bisa memperoleh ide maupun saran untuk mengembangkan perusahaan.

Anda juga bisa menyediakan sarana untuk mengembangkan karir bagi karyawan. Dengan begitu, lebih efektif dalam meningkatkan produktivitas mereka di tempat kerja.

Jangan lupa juga memberikan reward kepada karyawan yang sudah berkontribusi dalam memajukan perusahaan.

Baca Juga : Cara Menyusun Peraturan Perusahaan yang Efektif

Mengapa Employee Relations Sangat Penting dalam Perusahaan?

Mengapa Employee Relations Sangat Penting dalam Perusahaan

Tahukah Anda, bahwa karyawan adalah modal paling utama dalam mengembangkan sebuah perusahaan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menerapkan cara mengelola employee relations seperti di atas. Agar lebih jelas, di bawah ini beberapa alasan selengkapnya:

1. Dapat Meningkatkan Produktivitas

Saat employee relations dapat Anda kelola dengan baik, maka tentu semakin mudah untuk menciptakan produktivitas pada karyawan.

Lakukan hal ini dengan menyediakan lingkungan kerja yang mendukung. Dengan begitu, mereka akan semakin nyaman dan semangat bekerja.

Terlebih, hubungan yang baik antara atasan dan karyawan dapat mempengaruhi kinerja maupun produktivitas mereka.

Jika lebih banyak komunikasi, kerja sama, dan kolaborasi yang dilakukan tentu semakin mudah dalam mewujudkan tujuan perusahaan.

2. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Harmonis

Alasan lainnya adalah Anda dapat menciptakan lingkungan kerja karyawan yang lebih harmonis.

Tentu saja mereka akan semakin betah dan dapat bertahan dalam waktu lama untuk bekerja di perusahaan tersebut. Terlebih lingkungan memang sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Anda dapat mengelola hubungan terhadap karyawan tersebut agar mendapatkan manfaat seperti tercapainya tujuan perusahaan.

Karyawan juga bisa memperoleh manfaat seperti mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman serta lebih mudah dalam mengembangkan karir mereka.

3. Dapat Meningkatkan Loyalitas Para Karyawan

Dengan cara mengelola employee relations maka akan lebih mudah bagi Anda dalam meningkatkan loyalitas karyawan.

Terlebih apabila mereka sudah merasa betah untuk bekerja di lingkungan kerja yang harmonis tersebut. Tentu saja mereka semakin loyal kepada perusahaannya.

Tidak hanya itu, mereka juga akan memiliki rasa ingin ikut membangun perusahaan agar semakin maju dan berkembang.

Adanya loyalitas tersebutlah yang dapat memberikan dampak baik bagi perusahaan. Tentu bisa juga menurunkan angka karyawan yang ingin keluar dari perusahaan.

4. Menurunkan Angka Turnover dalam Perusahaan

Tahukah Anda, bahwa hubungan terhadap karyawan yang cukup buruk hanya akan membuat mereka tidak betah dalam bekerja.

Hal ini juga memicu terjadinya konflik sehingga karyawan tidak nyaman dalam melakukan pekerjaan. Kemudian mereka memutuskan untuk resign.

Tidak heran jika hal tersebut menyebabkan tingginya angka turnover dalam sebuah perusahaan.

Oleh sebab itu, membangun employee relations memiliki peran yang sangat penting. Tujuannya adalah meminimalisir angka turnover tersebut agar karyawan lebih nyaman dan puas bekerja.

5. Dapat Mendukung Keterlibatan Karyawan

Ketika Anda berhasil dalam menerapkan cara mengelola employee relations di atas, maka tentu lebih efektif dalam mendukung keterlibatan karyawan secara penuh.

Terutama dalam mencapai tujuan dari perusahaan itu sendiri. Tentu lebih mudah dalam meningkatkan hubungan pekerjaan.

Hal tersebut juga akan memotivasi karyawan agar dapat berkontribusi secara penuh dalam perusahaan.

Mereka bahkan dapat ikut membantu memikirkan ide maupun pendapat yang lebih inovatif untuk meningkatkan perkembangan perusahaan ke depannya.

Dengan menerapkan cara mengelola employee relations, maka sebuah perusahaan akan memiliki karyawan yang loyal. Mereka bahkan memiliki produktivitas yang tinggi dalam bekerja. Tentunya perusahaan dapat menciptakan karyawan yang lebih unggul dan berkualitas.

Baca Juga : Apa itu Customer Relations? Pengaruhnya Terhadap Bisnis

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.