Intip 7 Tips Cara Promosi Usaha Catering Rumahan Dijamin Banjir Orderan!

Tips Cara Promosi Usaha Catering Rumahan Dijamin Banjir Orderan!

Dalam upaya untuk mendapatkan banyak pelanggan dan menghadapi persaingan bisnis catering rumahan di pasaran, penting bagi seorang pebisnis untuk melakukan beberapa cara promosi usaha catering itu sendiri.

Penasaran kira-kira apa saja strategi promosi bisnis yang perlu dilakukan dalam memasarkan usaha catering tersebut, simak detail ulasannya di artikel berikut ini.

Bagaimana Cara Promosi Usaha Catering Rumahan yang Tepat?

Bagaimana Cara Promosi Usaha Catering Rumahan yang Tepat

Hampir sebagian besar pebisnis di Indonesia pastinya sangat setuju, jika kegiatan pemasaran menjadi salah satu faktor utama penentu keberhasilan bisnis yang dijalankan.

Berkaitan dengan hal tersebut, penting bagi seorang pebisnis catering rumahan untuk menerapkan berbagai strategi promosi yang efektif untuk menunjang keberhasilan usahanya.

Selain itu, adanya strategi promosi yang efektif juga nantinya akan sangat membantu bagi pelaku bisnis dalam bersaing mengalahkan para kompetitor bisnis di pasaran.

Perlu Anda ketahui, bahwa umumnya ada banyak sekali cara promosi usaha catering rumahan yang bisa dilakukan untuk membantu memasarkan bisnis usaha tersebut.

Meskipun pada dasarnya setiap pemasaran terbilang sama, akan tetapi perbedaannya bisa Anda lihat dari bagaimana Anda menggunakan strategi promosi tersebut sebagai peluang keuntungan.

Oleh karena itulah, di bawah ini akan kita jelaskan secara rinci mengenai beberapa tips dalam menerapkan strategi promosi yang tepat dalam menunjang kesuksesan bisnis catering rumahan.

1. Jadikan Konsumen Sebagai Media Marketing Bisnis

Mengenai salah satu tips cara promosi usaha catering rumahan yang pertama kali Anda lakukan, yakni dengan menjadikan konsumen sebagai media marketing bisnis.

Bisa dikatakan, bahwa strategi promosi ini sangat ampuh dalam mendatangkan para pelanggan baru.

Bahkan pada konsumen loyal yang merasa puas dengan hasil masakan dan pelayanan penyedia jasa catering, biasanya mereka akan merekomendasikan catering tersebut kepada saudara, rekan dan orang lain.

Untuk bisa memperoleh pelanggan yang seperti ini, Anda bisa melakukan pendekatan secara personal.

Dimana dalam hal ini, Anda bisa memberikan pelayanan terbaik dan kalau perlu memberikan hadiah kecil seperti souvenir atau mengirim bingkisan makanan untuk menyenangkan hatinya. Yang terpenting, pastikan Anda dan pelanggan menjaga hubungan baik satu sama lain.

2. Tawarkan Usaha Catering di Berbagai Komunitas Wanita

Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk memasarkan bisnis catering rumahan selanjutnya, yakni dengan rajin menawarkan usaha tersebut kepada komunitas wanita.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan promosi di beberapa komunitas wanita seperti ibu-ibu PKK, arisan dan lain sebagainya untuk mempromosikan usaha catering Anda.

Terlebih lagi seperti yang kita tahu, bahwa komunitas wanita satu ini biasanya sering mengadakan acara pertemuan secara rutin, baik seminggu sekali atau sebulan sekali.

Untuk cara promosi usaha catering rumahan sendiri, Anda bisa ikut serta dalam komunitas wanita tersebut.

Ketika sedang mendatangi acara di komunitas tersebut, Anda bisa membawa salah satu contoh masakan dan membiarkan mereka mencicipi makanan tersebut dan lihat bagaimana respon yang diberikan.

Baca Juga : Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga, Layak Dicoba

3. Jangan Lupa Manfaatkan Platform Online untuk Promosi

Zaman sekarang, bisnis bisa semakin cepat berkembang berkat adanya platform online untuk dijadikan sebagai media promosi.

Anda disini bisa memanfaatkan platform online yang ada, seperti akun media sosial (Facebook, Instagram, TikTok dan lain-lain) untuk mempromosikan usaha catering Anda.

Nantinya, Anda hanya perlu mengunggah foto hasil masakan di platform online yang digunakan dan tambahan keterangan berupa nama, alamat dan nomor kontak bisnis catering yang bisa dihubungi.

Tidak hanya jejaring media sosial saja yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis catering, Anda juga bisa menggunakan platform online lainnya di internet.

Baik itu menggunakan situs iklan, marketplace, web komunitas dan lain sebagainya yang mendukung strategi promosi bisnis catering Anda nantinya.  

4. Menjalin Kerja Sama dengan Event Organizer (EO)

Bagi jasa event organizer (EO), catering menjadi salah satu faktor terpenting dalam menunjang kegiatan usaha tersebut.

Karena alasan itulah, penting bagi Anda untuk menjalin kerja sama dengan pihak EO tersebut sebagai salah satu cara promosi usaha catering rumahan yang efektif. Disini, Anda bisa mencari beberapa jasa EO melalui internet dan mencoba untuk menjalin kerja sama dengan pihak mereka.

Memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan pihak EO, pada dasarnya merupakan salah satu strategi pemasaran bisnis catering yang efektif untuk Anda coba terapkan.

Sebab kerja sama yang terjalin ini, nantinya akan mendatangkan orderan yang berkelanjutan untuk menunjang pemasaran bisnis catering jangka panjang.

5. Membuat Label Brand Usaha Catering

Sering kali, pengusaha catering rumahan mengabaikan pembuatan label brand di dalam usaha yang dijalankannya. Padahal, pembuatan label brand bisnis catering tersebut sangat penting untuk memudahkan pelanggan mengingat brand tersebut.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan dalam menunjang promosi bisnis catering rumahan tersebut, yakni dengan mencetak label dan menempatkannya di kotak kardus tempat makanan dan gelas minuman.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan agar label brand yang dibuat memiliki desain yang unik dan menarik untuk menarik minat banyak pelanggan.

Dengan pembuatan label brand bisnis catering rumahan tersebut, tentunya akan menjadikan banyak orang semakin mengenal bisnis usaha Anda dan tertarik menggunakan layanan Anda untuk berbagai acara tertentu.

6. Tunjukkan Proses Memasak Makanan

Tips cara promosi usaha catering rumahan satu ini, sebenarnya masih erat kaitannya dengan poin nomor tiga yang sudah diulas sebelumnya.

Dimana Anda perlu tahu, bahwa pemasaran bisnis usaha catering rumahan lewat platform online umumnya tidak hanya sekadar untuk meningkatkan keuntungan penjualan saja.

Tetapi, Anda disini juga bisa memberikan video masak seputar makanan apa saja yang Anda jadikan sebagai menu catering di platform online tersebut.

Tentu saja, ini dilakukan untuk memberi tahu kepada calon pelanggan Anda mengenai proses memasak makanan catering tersebut.

Di samping itu, Anda juga bisa menunjukkan bukti bahwa proses memasak makanan yang dibuat sudah terjamin kesehatan dan kebersihannya. Sehingga, hal inilah yang nantinya akan menjadikan banyak pelanggan tertarik menggunakan layanan bisnis catering rumahan Anda.

7. Perlihatkan Testimoni Pelanggan

Seperti yang kita ketahui, bahwa kebanyakan orang biasanya akan langsung membeli produk jika mereka sudah tahu mengenai kualitas dari produk yang ditawarkan penjual.

Hal itu sama seperti ketika Anda akan menerapkan cara promosi usaha catering rumahan, yang mana perlu memperlihatkan testimoni dari para pelanggan. Dimana, Anda nantinya bisa memperlihatkan testimoni pelanggan yang sebelumnya sudah menggunakan layanan catering Anda.

Dengan melakukan cara ini, dipastikan orang-orang akan percaya dengan kualitas dari bisnis catering rumahan yang Anda jalankan. Jika calon pelanggan sudah tahu testimoni positif dari pelanggan sebelumnya, maka dipastikan Anda akan mendapatkan banyak orderan dari calon pelanggan baru nantinya.

Bagaimana cara promosi usaha catering rumahan di atas tentunya sangat mudah untuk Anda terapkan, bukan? Oleh karena itulah, terapkan strategi pemasaran satu ini agar bisnis catering Anda mendapatkan banyak orderan dan menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat.

Baca Juga : 30+ Rekomendasi Peluang Usaha yang Menjanjikan 2024

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.