Mengapa Etika Bisnis Penting? Cara Meningkatkan untuk Bisnis

Mengapa Etika Bisnis Penting Cara Meningkatkan untuk Bisnis

Etika bisnis adalah seperangkat aturan yang mengatur cara orang berinteraksi satu sama lain dalam bisnis, baik dengan pelanggan, pemasok, dengan badan di dalam atau di luar.

Ini semua tentang menyampaikan citra yang tepat dan berperilaku dengan cara yang tepat.

Pentingnya etika bisnis ini dalam peningkatan usaha dan karir membuat berbagai pihak giat belajar tentang teori etika bisnis.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang etika dalam dunia bisnis.

Mengapa Etika Bisnis Penting?

Etika bisnis adalah hal yang penting karena dapat menghadirkan suasana profesional, saling menghormati dan meningkatkan komunikasi.

Hal ini tentu dapat membantu kantor berfungsi sebagai tempat yang produktif.

Siapapun akan merasa lebih baik ketika mereka merasa dihormati, termasuk juga klien/pelanggan Anda.

Untuk membantu Anda menentukan jenis tata krama atau perilaku yang diharapkan di tempat kerja, pertimbangkan hal berikut:

  • Bagaimana Anda memperlakukan klien atau pelanggan?
  • Bagaimana Anda memperlakukan rekan kerja dan atasan?
  • Bagaimana Anda berperilaku di ruang atau kantor?
  • Bagaimana Anda berperilaku selama rapat?
  • Apa jenis pesan email yang Anda kirim?
  • Apakah Anda mengikuti kode atau aturan berpakaian?
  • Bagaimana Anda berperilaku di saat jam istirahat?
  • Bagaimana Anda berperilaku selama acara pelatihan?
  • Bagaimana Anda berperilaku di telepon?

Meningkatkan Etika Bisnis

Meningkatkan etika bisnis dapat berdampak positif pada karier Anda.

Ingatlah untuk menggunakan kesopanan umum. Sesuaikan sikap, pertimbangkan kebutuhan dan perasaan orang lain terlebih dahulu.

Perilaku ini mengarah pada sopan santun dan kesopanan umum, sehingga meningkatkan etika bisnis Anda.

Contoh etika bisnis antara lain:

  1. Gunakan kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’ sebagaimana mestinya.
  2. Menyebut orang lain menggunakan sapaan Bapak/Ibu kecuali diminta menggunakan sapaan lainnya.
  3. Berbicara dengan jelas sembari menggunakan nada suara yang menyenangkan.
  4. Mempertahankan kontak mata.
  5. Tersenyum dan menawarkan jabat tangan yang kuat saat bertemu seseorang yang baru.
  6. Menulis catatan terima kasih dan surat penghargaan, ucapan selamat, dan belasungkawa yang sesuai dengan baik.

Meskipun secara umum telah melaksanakan poin-poin etika bisnis seperti di atas, Anda juga perlu untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan etika bisnis dengan cara berikut:

  1. Melakukan beberapa penelitian. Saat bekerja, perhatikan tata krama dan kebiasaan supervisor, mentor, manajemen senior, dan pemain kunci Anda lainnya. Jika tidak yakin tentang menampilkan etika yang tepat, pertimbangkan untuk meminta nasihat mentor.
  2. Bergabung dengan organisasi profesi. Selain sebagai cara yang bagus untuk berjejaring, organisasi profesional memberi kesempatan untuk mendapatkan wawasan tentang etika yang khusus untuk profesi Anda dan melatih penerapan etika bisnis dari dunia luar.
  3. Mengunjungi toko buku atau perpustakaan setempat. Ada banyak buku yang ditulis untuk meningkatkan etika bisnis. Lihat bagian pengembangan diri di toko buku atau perpustakaan lokal untuk menemukannya.
  4. Media online. Anda dapat ‘membeli’ ilmu dengan membeli buku secara online, membeli kaset, mengikuti seminar, atau mencari sumber yang sering memberikan wawasan secara gratis.

Baca Juga : Rekomendasi Ide Bisnis Anak Muda

Etika Bisnis dalam Komunikasi

Etika bisnis seringkali lebih mudah digunakan saat pertemuan secara langsung.

Itulah mengapa, Anda mungkin pernah menemukan seseorang yang memiliki kualitas komunikasi sangat baik ketika bertemu tatap muka, namun tidak begitu baik saat komunikasi via pesan singkat.

Kebutuhan yang sangat besar akan komunikasi elektronik saat ini mendorong kita untuk dapat cepat beradaptasi.

Berikut beberapa materi tentang etika bisnis yang perlu Anda ketahui baik komunikasi elektronik maupun secara langsung.

1. Etika bisnis dalam bertelepon umum

  • Ketahuai aturan organisasi untuk penggunaan telepon.
  • Jawab secepat mungkin saat telepon Anda berbunyi.
  • Jika melakukan telepon ke luar perusahaan, bicaralah dengan jelas dan tegas serta menyebutkan nama dan nama organisasi.
  • Gunakan nada suara yang menyenangkan namun profesional.
  • Transfer panggilan ke personel yang benar, pelajari menggunakan telepon kantor.
  • Jika Anda mendapati telepon dengan pesan, segara sampaikan segera ke personel yang tepat. Respon pesan secepat mungkin.
  • Buatlah balasan pesan otomatis pada email atau akun WhatsApp ketika Anda sedang mengambil cuti. Buatlah pesan informatif bahwa Anda akan membalas pada tanggal disaat Anda bekerja kembali.

2. Etika bisnis dalam bertelepon melalui ponsel

  • Konsultasikan aturan organisasi Anda untuk penggunaan ponsel, mungkin terkait waktu atau penamaan kontak.
  • Matikan telepon Anda (atau atur agar bergetar) karena dering ponsel dapat mengganggu atau menyinggung orang lain. Apalagi menerima telepon di tengah pertemuan bisnis. Jika penting, mintalah izin kepada lawan bicara untuk mengangkat telepon.
  • Hindari menerima telepon di tengah pertemuan sosial, seperti makan siang di tempat kerja. Jika terpaksa, terima lah telepon di tempat yang cukup berjarak.
  • Jangan menelepon tanpa pemberitahuan. Setiap orang di dunia bisnis memiliki jadwal yang harus diikuti, apakah mereka bekerja di sekitar garis waktu proyek yang ketat atau mencoba memprioritaskan beban kerja yang berat.
  • Buat janji telepon. Menelepon tanpa pemberitahuan dapat dianggap sebagai perilaku yang buruk karena penerima panggilan mungkin tidak siap untuk berbicara dengan Anda. Kirimlah email atau pesan singkat untuk memastikan lawan bicara dapat ditelepon.
  • Gunakan nada dan kejelasan yang wajar. Jika berbicara terlalu keras atau bergumam pada panggilan profesional, penerima mungkin tidak menerima pesan seperti yang Anda harapkan.
  • Kirim pesan segera: Sama seperti email kantor, penting untuk segera menanggapi pesan suara kantor. Anda mungkin menerima email dari anggota tim atau klien yang meminta untuk menjadwalkan panggilan telepon. Balas email ini dengan cepat.
  • Buat pesan suara profesional: Membuat pesan suara profesional ketika tidak tersedia adalah etika bisnis yang tepat karena membuat orang tahu siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan bahwa Anda tidak tersedia.

3. Etika bisnis dalam penggunaan email

  • Konsultasikan aturan organisasi untuk penggunaan email, termasuk format dan signature.
  • Sertakan baris subjek, jangan biarkan subjek kosong pada saat mengirim email.
  • Gunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Hal ini untuk menghindari pemahaman yang multitafsir.
  • Perhatikan tata bahasa dan ejaan. Selalu pastikan Anda menggunakan bahasa dan ejaan sesuai dengan bahasa yang digunakan (bahasa asing/lokal). Hindari menggunakan bahasa daerah.
  • Koreksi kembali email sebelum dikirimkan. Meskipun email atau platform manajemen proyek mungkin memiliki alat proofreading bawaan, Anda juga harus memeriksa email sebelum mengirimkannya, untuk berjaga-jaga.
  • Bersikap sopan dan profesional. Meskipun tidak berbicara tatap muka dengan penerima email, nada suara akan tersampaikan dalam kata-kata. Misalnya, Anda dapat menggunakan frasa optimis seperti: “Saya harap… terima kasih untuk….”
  • Pelajari berbagai contoh etika bisnis pdf yang dapat Anda unduh secara gratis melalui internet. Belajar akan membantu memperkuat keterampilan.

4. Etika bisnis dalam video conference

  • Aktifkan fitur mute. Salah satu masalah terbesar yang dihadapi anggota tim pada panggilan video adalah kebisingan latar belakang yang berasal dari mereka yang tidak berbicara. Hal ini mengganggu suasana dan kondusifitas.
  • Perhatikan gerak tubuh. Saat melakukan panggilan video, orang lain dapat melihat bagaimana Anda berinteraksi secara non-verbal dengan pembicara. Duduk tegak dan terlihat waspada untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik saat itu.
  • Jangan menyela: Menginterupsi seseorang dalam panggilan video bisa sangat mengganggu. Interupsi dapat menyebabkan gangguan dan kebingungan bagi semua orang yang terlibat.
  • Menggunakan pakaian yang pantas. Panggilan video mungkin hanya memperlihatkan pakaian dari pinggang ke atas, tetapi tetap penting untuk mengenakan pakaian bersama yang sesuai.

5. Etika bisnis dalam pertemuan umum

  • Selalu sebutkan nama dalam rapat. Saat klien mengetahui bahwa kita mengingat nama mereka, maka mereka akan merasa sangat dihargai. Cek kembali nama-nama orang dan jabatan yang akan ditemui.
  • Rasa hormat. Memperlakukan orang dengan rasa hormat, nilai dan kesopanan, dan meminta maaf kepada mereka di mana situasi mengharuskannya.
  • Berikan tanggapan terkait hal yang ingin lawan bicara ketahui, orang tidak ingin terus menunggu, mereka perlu ditanggapi.
  • Pakaian yang kotor, kuku yang berantakan, kebersihan yang buruk, rambut yang tidak bersih, dan bau badan, dapat benar-benar mematikan karir. Perlu memberitahukan rekan kerja Anda, terutama jika orang tersebut harus berurusan dengan orang lain dan klien luar.
  • Jangan membuat lelucon yang tidak pantas. Misalnya, membuat lelucon tentang wanita dan penampilan mereka. Juga, lelucon tentang ras dan cacat pasti tidak pantas setiap saat.
  • Tunjukkan rasa terima kasih. Berterima kasih kepada seseorang di mana ucapan terima kasih dijamin adalah kesopanan sederhana.
  • Jangan banyak mengeluh. Jika Anda melihat masalah yang harus ditangani, jangan hanya mengeluh tentang hal itu. Tawarkan solusi dan berhati-hatilah dalam membicarakan topik.
  • Banyak makalah etika bisnis yang membahas tentang hal ini yaitu menyingkarkan ponsel. Hal ini untuk mendorong Anda lebih lebih fokus pada pertemuan dan tidak menyinggung orang lain.
  • Waspadai isyarat nonverbal. Anda mungkin dinilai dengan seberapa banyak ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan gerakan tangan Anda yang disampaikan kepada orang lain. Ekspresi wajah memainkan peran besar dalam bagaimana orang lain memandang Anda.
  • Perhatikan cara orang lain bekerja. Beberapa orang suka bekerja sambil membunyikan musik keras. Orang lain mungkin membutuhkan keheningan total untuk fokus dan berkonsentrasi.
  • Dalam etika bisnis, jangan overshare tentang masalah pribadi. Jangan menyeret kehidupan pribadi ke dalam lingkungan profesional.
  • Jaga agar ruang kerja tetap rapi. Meja yang penuh dengan cangkir kopi tua, tumpukan kertas, dan lebih banyak lagi catatan Post-It daripada ruang kosong, akan mengalihkan perhatian dan mengganggu orang lain.
  • Tata krama meja penting. Anda juga harus mengetahui etika lainnya. Banyak aturan yang diberlakukan orang tua di meja makan masih berlaku.
  • Jika mengundang orang lain untuk makan siang bisnis, itu adalah suguhan yang harus Anda siapkan.
  • Perkenalkan orang lain. Tidak ada yang suka berdiri canggung dengan sekelompok orang yang tidak tahu siapa mereka dan apa yang mereka lakukan di sana. Ini tidak nyaman. Jika Anda memulai percakapan dengan seseorang dan dengan orang yang belum pernah mereka temui, adalah sopan untuk membuat perkenalan.
  • Menyapa orang-orang yang berhubungan dengan Anda tidak hanya sopan tetapi juga menjalin hubungan baik. Anda tidak pernah tahu siapa orang yang Anda sapa, jadi penting untuk menyapa semua orang dengan tingkat kebaikan yang sama.

Perilaku yang Tidak Sesuai Etika Bisnis

Menampilkan etika bisnis yang tepat akan membantu peningkatan karier Anda.

Sebaliknya, terlibat dalam perilaku yang tidak profesional dapat mengakibatkan kehilangan promosi atau bahkan pekerjaan.

Berikut etika tidak pantas yang harus Anda hindari:

  • Datang untuk bekerja di bawah pengaruh obat-obatan atau alkohol.
  • Terlibat dalam tindakan buruk, seperti penyalahgunaan dana perusahaan.
  • Terlibat dalam pelecehan seksual.
  • Tidak menunjukkan rasa hormat kepada atasan, rekan kerja, atau bawahan.
  • Menggunakan bahasa kotor, sekalipun saat bercanda.
  • Mengeluh secara terbuka tentang organisasi di saat waktu dan tempat yang tidak tepat.
  • Terlibat dalam gosip yang memecah belah antar-karyawan.
  • Melanggar aturan kerahasiaan, misalnya membocorkan data-data perusahaan kepada kompetitor juga termasuk melanggar etika bisnis.
  • Tidak menyapa atau menggunakan nama dengan baik. Bahkan memanggil orang lain dengan nama hewan atau nama lain dengan niat melakukan perundungan.
  • Membuat orang lain menunggu di saat pertemuan.
  • Mengganggu atau memotong pembicaraan lawan bicara, sekalipun terhadap bawahan.
  • Kurangnya sopan santun dan rasa hormat.
  • Menghancurkan kepercayaan diri orang lain dengan komentar yang buruk tanpa motivasi.

Etika bisnis dalam perusahaan sangatlah penting. Tidak hanya menunjang karir secara internal, namun juga untuk citra perusahaan yang lebih baik.

Sehingga perlunya setiap perusahaan untuk memberikan pelatihan etika bisnis secara berkala.

Rekomendasi Buku Etika Bisnis

Membaca adalah salah satu hal yang banyak digemari para orang-orang sukses.

Jika ingin mengetahui prinsip etika bisnis lebih mendalam, membaca buku adalah pilihan yang dapat Anda gunakan.

Berikut rekomendasi buku etika bisnis tahun 2022 yang perlu dipertimbangkan:

1. The Essentials of Business Etiquette by Barbara P.

Anda akan belajar banyak dari 101 tips penting untuk meningkatkan perilaku di lingkungan sosial dan profesional apa pun.

Jika ingin mempelajari dasar-dasar etika bisnis, Anda tidak perlu membaca buku lain.

2. Modern Manners by Liv Tyler and by Dorothea Johnson

Buku ini adalah bacaan singkat, tetapi cakupannya sangat luas.

Anda akan dapat belajar bagaimana melakukan dalam banyak situasi seperti bagaimana menghadapi wawancara kerja, memulai percakapan, memberikan jabat tangan dan etika bisnis lainnya.

3. Business Class by Jacqueline Whitmore

Anda akan belajar bagaimana membuat kesan pertama agar bertahan lama; bagaimana berdandan untuk sukses, bagaimana makan, bagaimana menguasai etika tekno, dan lain sebagainya.

4. The Simple Art of Business Etiquette by Jeffrey L. Seglin

Pembaca akan belajar banyak nasihat.

Misalnya, cara menyesuaikan diri dengan bahasa tubuh, cara memberikan perkenalan yang bijaksana, cara mengurangi konflik kantor, cara menunjukkan kepekaan di tempat kerja, dan cara menulis email bisnis yang benar.

5. The Etiquette Advantage in Business by Peter Post, Anna Post, Lizzie Post and Daniel Post Senning

Buku etika bisnis ini cukup komprehensif.

Anda akan belajar bagaimana menghadapi pelecehan di tempat kerja, membangun keterampilan profesional, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di media sosial, kapan harus bertanggung jawab, dan lain-lain.

6. Business Etiquette for Dummies by Sue F.

Anda akan belajar banyak tentang cara bertemu dan menyapa, cara membuat perkenalan, cara menghadapi orang tanpa kehilangan kesabaran, cara membangun dan memelihara hubungan dengan teman sebaya, cara menguasai kesopanan bilik, dan sebagainya.

7. Everyday Etiquette by Patricia Rossi

Menurut penulis, etika bisnis termasuk juga dalam hal pribadi.

Bagaimana cara berbicara dengan nada yang baik?

Bagaimana cara menyelesaikan suatu konflik?

Dan bagaimana membangun hubungan tanpa menjadi menyeramkan?

8. Modern Etiquette for a Better Life by Diane Gottsman

Pertama-tama, buku ini adalah bacaan singkat sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk ‘melahap’ sesuatu yang luas.

Kedua, ini ditulis dengan sangat jelas sehingga siapa pun dapat mempelajari dasar etika dalam satu atau dua hari.

9. The Etiquette Edge by Beverly Langford

Tidak hanya mencakup kesopanan sekolah lama, tetapi juga mencakup seni modern menggunakan ponsel cerdas, berinteraksi di media sosial, melakukan pertemuan, menangani percakapan dengan bijaksana, dan sebagainya.

10. Business Etiquette by Ann Marie Sabath

Buku ini sangat bagus untuk orang-orang yang memulai karir mereka dan tidak memiliki petunjuk tentang etika bisnis seperti bagaimana berperilaku, menulis email, bagaimana membuat kesan pertama yang baik, dan bagaimana meninggalkan pesan telepon.

Penutup

Setelah mempelajari pengertian etika bisnis dan contohnya, Anda diharapkan mampu menerapkannya sedikit demi sedikit dalam dunia sehari-hari.

Selain belajar secara teori, Anda dapat mengasah keterampilan etika bisnis dengan banyak berinteraksi dengan orang lain.

Etika bisnis sangatlah penting, baik dalam dunia profesional maupun di dunia sehari-hari.

Bukan hanya bertujuan membangun citra diri atau citra perusahaan yang baik, etika ini juga akan membangun kebiasaan dan karakter Anda.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.