OCR adalah singkatan Pengenalan Karakter Optik. Ini adalah teknologi yang dapat mendigitalkan dokumen fisik serta mengekstrak informasi tekstual dari gambar.
Memanfaatkan atau mengintegrasikan OCR dalam bisnis dapat memberikan keuntungan.
Hal ini dapat memberikan banyak manfaat yang dapat menjelaskan pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang.
Dalam postingan ini, kita akan melihat manfaat apa saja yang dapat diperoleh bisnis dengan memanfaatkan teknologi OCR. Jika Anda tertarik untuk mengetahuinya, pastikan untuk membaca sampai akhir.
Manfaat Menggunakan OCR Untuk Sebuah Bisnis
Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diterima bisnis Anda dengan memanfaatkan pengenalan karakter optik.
1. Peningkatan Efisiensi dan Otomatisasi
Bisnis sering kali perlu melakukan entri data karena berbagai alasan. Baik untuk menyimpan data di satu tempat atau untuk membuat data mudah diakses, entri data manual dapat menjadi hal yang menyibukkan dan memakan waktu bagi karyawan.
Apa yang dilakukan OCR adalah mengotomatiskan seluruh proses entri data. Ia melakukannya dengan mengubah dokumen dan gambar yang dipindai menjadi teks yang dapat diedit dengan cepat.
Ini gambar ke teks dan konversi dokumen yang dipindai menghilangkan kebutuhan untuk entri data manual, menghemat waktu dan sumber daya bisnis.
Tidak hanya itu, dengan memanfaatkan teknologi ini, maka efisiensi karyawan bisnis juga dapat meningkat secara signifikan.
Hal ini karena mereka dapat fokus pada tugas-tugas yang lebih strategis sementara OCR menangani pekerjaan entri data yang membosankan.
2. Peningkatan Akurasi Dan Mengurangi Kesalahan Dalam Entri Data
Entri data secara manual tentunya harus dilakukan oleh manusia. Artinya selalu ada peluang kesalahan manusia terjadi selama proses tersebut.
Hal ini tidak terjadi pada OCR karena teknologinya sangat canggih dan dapat mengekstrak semua teks secara akurat dari dokumen atau gambar yang disediakan.
Karena tidak ada campur tangan manusia, integritas entri data tetap utuh and the information isdapat diandalkan.
Ingatlah hal ini, bisnis tidak perlu khawatir tentang kesalahan atau mengoreksi hasil akhirnya.
Selain itu, pengeditan juga tidak perlu banyak karena tidak ada kesalahan, yang selanjutnya dapat menghemat waktu.
3. Aksesibilitas dan Pencarian Informasi yang Lebih Baik
Karena OCR mengubah dokumen fisik menjadi dokumen digital, dokumen menjadi lebih mudah diakses.
Tak hanya itu, dokumen digital tersebut jika diunggah ke cloud juga bisa diakses dari mana saja kapan saja.
Hal ini dapat membuat berbagi file dengan para eksekutif dan karyawan perusahaan menjadi lebih mudah lebih mudah. Selain itu, dengan dokumen fisik, informasi harus dicari melalui halaman-halaman.
Hal ini tidak terjadi pada dokumen yang didigitalkan oleh OCR karena informasi yang diperlukan dapat diambil dengan pencarian kata kunci dengan cepat dan mudah.
4. Penghematan biaya
Dengan menerapkan OCR pada angkatan kerja, bisnis dapat memangkas biaya berbagai cara.
Mereka tidak memerlukan tenaga kerja manual untuk entri data dan pemrosesan dokumen karena teknologi akan melakukannya untuk mereka.
Selain itu, semua biaya yang diperlukan untuk penyimpanan kertas, pencetakan, dan penanganan dokumen juga dapat dihemat.
Terakhir, dokumen fisik memerlukan ruang penyimpanan khusus. Jika jumlahnya terlalu banyak, sebuah bisnis mungkin harus mengalokasikan seluruh ruangan untuknya.
Dengan OCR, semua dokumen dapat didigitalkan dan disimpan di komputer, membebaskan ruang fisik dan biaya penyimpanan. Ruang ini kemudian dapat digunakan untuk keperluan lain.
5. Peningkatan Keamanan Untuk Dokumen Bisnis
Seperti yang telah kami sebutkan beberapa kali dalam artikel ini, OCR memungkinkan bisnis menyimpan informasi dan dokumen secara digital.
Bukan rahasia lagi apa yang ditawarkan penyimpanan digital keamanan lebih daripada yang fisik.
Bisnis dapat memilih siapa yang memiliki akses ke file-file ini dengan menempatkannya di bawah perlindungan kata sandi. Untuk dokumen fisik, cara terbaik adalah menempatkannya di lemari atau ruangan yang memiliki kunci.
Meskipun demikian, bisnis juga dapat mengunggah file-file ini ke server cloud yang aman jangan tersesat atau salah tempat seiring berjalannya waktu.
Selain itu, jika terjadi kebakaran atau bencana lain yang tidak terduga, dokumen yang disimpan secara digital memiliki peluang lebih besar untuk bertahan dibandingkan dokumen fisik yang dapat terbakar. Kami tahu ini agak dibuat-buat, namun patut untuk disebutkan.
Inilah lima manfaat utama menggunakan OCR untuk bisnis. Dengan membahas hal ini, postingan blog kita akan berakhir.
Kata-kata Terakhir
OCR adalah singkatan Pengenalan Karakter Optik. Hal ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi bisnis yang memilih untuk memanfaatkannya.
Pada postingan kali ini, kita telah membahas secara detail apa saja kelebihan tersebut.
Baca Juga : Cara Menghitung Gaji Karyawan Tetap