Email Marketing: Pengertian, Jenis, Kelebihan danStrategi Untuk Bisnis

Email MarketingPengertian, Jenis, Kelebihan & Strategi Untuk Bisnis

Bagi Anda yang belum mengenal apa saja jenis email marketing, maka bisa menemukan informasinya di artikel ini.

Salah satu cara yang paling efisien dan efektif untuk melakukan promosi produk atau layanan bisnis di era digital yaitu lewat email marketing.

Adapun tujuan yang dapat dicapai melalui email marketing adalah jangkauan promosinya menjadi besar dan luas.

Dan yang terpenting tidak terlalu sulit untuk menerapkan strategi pemasaran dengan teknik ini selama Anda memahami jenis dan cara cara penggunaannya.

Apa Itu Email Marketing ?

Apa Itu Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu teknik strategi yang bisa memberikan dua hasil positif yaitu memperkenalkan produk atau layanan Anda dan membangun relasi dengan klien.

Walaupun sosial media paling banyak digunakan untuk melakukan promosi secara langsung, namun pemasaran lewat email hingga saat ini masih mendukung para pebisnis, terutama untuk mereka yang berbisnis di bidang penjualan online.

Dengan email marketing Anda juga bisa mengarahkan calon konsumen supaya mereka bisa menjadi konsumen setia. Tidak hanya itu Anda juga bisa bereaksi secara langsung terhadap tindakan para konsumen.

Contohnya kalau konsumen telah memilih produk tetapi belum melakukan transaksi pembayaran maka Anda bisa mengirim email pengingat, supaya mereka untuk segera menyelesaikan transaksi pembayaran tersebut.

Jenis Email Marketing

Nah bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu jenis – jenis email marketing, mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini:

1. Digest Email

Digest Email

Digest email adalah jenis email  yang dengan sendirinya dihasilkan dari mailing list elektronik.

Dengan jenis email ini Anda bisa memilih seberapa lama email ini akan dipakai. Apakah setiap bulan, minggu atau hari.

Jenis email yang ini bisa saja membuat Anda untuk membatasi penerima dalam satu kali pengiriman pesan tunggal.

Sebelum menggunakan media email untuk keperluan promosi serta pemasaran Anda wajib mengetahui bedanya email pribadi dengan bisnis.

Tujuannya sendiri supaya mengerti konsep email untuk keperluan bisnis serta penjualannya.

Dengan email marketing yang satu ini konsumen akan lebih gampang melihat perkembangan produk Anda setiap bulannya.

Sehingga konsumen dapat lihat produk paling baru yang Anda posting pada bulan tertentu.

Ketika calon konsumen menjumpai produk sesuai dengan kebutuhan atau menarik maka tidak menutup kemungkinan calon konsumen tersebut akan membelinya.

2. Newsletter

Newsletter atau Buletin

Newsletter merupakan jenis email marketing kedua yang banyak dipakai perusahaan digital buat mempromosikan serta mengenalkan semua hal mengenai produk yang ditawarkan.

Email newsletter bisa berupa artikel yang informatif serta menarik dan product knowledge untuk para konsumen.

Email jenis ini dibuat dengan memakai foto menarik dan sifatnya CTA.

Sehingga bisa lebih atraktif, hal ini membuat orang yang menerima email menjadi tertarik untuk membuka email yang diterima.

Anda tidak perlu ragu untuk melakukan eksplorasi buletin yang mau diterbitkan supaya pengunjung atau pengguna bersedia membuka isi email yang Anda Kirimkan.

3. Welcome Email

Welcome Email

Email welcome merupakan salah satu jenis email marketing yang dapat Anda Kirimkan setelah para konsumen berlangganan newsletter webiste, mengunduh e-book, atau mengklik subscribe pada halaman situs.

Adapun isi emailnya yaitu tanda terima kasih serta informasi tambahan.

Contohnya informasi yang masih berkaitan dengan jasa atau produk yang Anda jual.

4. Lead Nurturing Email

Lead Nurturing Email

Lead Nurturing Email adalah jenis email yang bisa Anda gunakan untuk memelihara hubungan dengan leads potensial lewat marketing funnel ke posisi kesiapan penjualan produk Anda.

Sebelum Anda mengirim email, sebaiknya menyiapkan strategi yang tepat supaya dapat merubah leads potensial menjadi calon konsumen atau pembeli.

Jenis email marketing yang satu ini merupakan metode yang dipakai untuk menjelaskan berbagai macam tahapan yang konsumen lalui sebelum mereka membeli produk menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Artinya Anda harus mengidentifikasi grup kontak email tertentu dengan ketertarikan di topik yang sama.

Nantinya Anda harus Menindaklanjuti dengan konten yang relevan serta tertarget.

Sehingga tidak menutup kemungkinan mereka akan melanjutkan hubungan dengan Anda. Dengan begitu Anda akan memperoleh konsumen baru.

5. Email Blast

Email Blast

Email Blast merupakan salah satu bagian dari strategi Marketing saat ini.

Dengan memakai jenis email marketing yang satu ini Anda bisa menghemat waktu serta tenaga dalam mengirim promosi.

Pasalnya Anda mengirimkan email dalam satu waktu ke seluruh kontak yang ada.

Anda bisa memakai panduan email Blast apabila bingung jika pertama kali membuatnya.

Baca Juga : Cara Memilih Email Blast untuk Email Marketing

6. Email Follow-up

Email Follow-up

Jika Anda mau memastikan kalau konsumen akan tetap setia maka Anda bisa mengirim email jenis ini dengan konten yang informatif.

Konsumen yang menantikan email ini nantinya akan senang ketika memperoleh pemberitahuan email masuk dari bisnis atau brand Anda.

Para calon pelanggan atau pelanggan Anda pasti tidak sabar untuk membuka dan membaca isi email yang isinya informasi yang yang mereka butuhkan.

7. Email Khusus

Email Khusus

Email khusus jenisnya sendiri ada berbagai macam dan salah satunya yaitu email yang Anda buat sendiri.

Dengan kata lain yaitu email tersebut berdiri sendiri serta biasanya hanya mengandung satu informasi tertentu.

Untuk mengirimkan jenis email marketing yang satu ini biasanya memakai alamat email yang berbeda.

Anda bahkan bisa memakai alamat email pribadi yang dibuat memakai layanan email gratis setiap kali mengirimkan email khusus.

Dengan jenis email ini Anda bisa mengirim email lebih banyak dari email marketing yang biasanya kamu pakai. Selain itu Anda juga bisa mengukur hasil email ini dengan lebih gampang.

8. Email Sponsor

Email Sponsor

Agar dapat menjangkau konsumen yang berbeda serta memperoleh arahan baru kenapa tidak mencoba memakai email sponsor dengan iklan bergambar?

Anda bisa memakai jenis email sponsor ini kapan saja tetapi email ini berbayar.

Salah satu keunggulan email sponsor adalah penggunanya dapat menentukan target promosi serta mengirim email ke target penerima dengan tepat.

Dengan begitu Anda mempunyai potensi besar untuk memperoleh penjualan di masa yang akan datang.

9. Email Undangan Acara

Email Undangan Acara

Dari namanya saja Anda pasti sudah tahu jika jenis email marketing yang satu ini merupakan cara untuk promosi ketika mau mengadakan acara.

Anda juga dapat menjelaskan mengapa penerima harus menghadiri acara tersebut supaya mereka penasaran sehingga mau datang ke acara tersebut.

Anda bisa menambahkan all-to-action (CTA) untuk menarik pendaftar. Namun Anda harus berhati-hati menulis email undangan.

Dimana isinya harus singkat, jelas, padat, informatif dan menarik supaya penerima email mengerti point atau informasi apa yang ingin Anda sampaikan.

10. Email Transaksional

Email Transaksional

Email transaksional adalah jenis email yang muncul akibat disebabkan suatu tindakan yang konsumen lakukan seperti pemesanan atau pembelian produk.

Isi email-nya biasanya berupa info tagihan, status order, faktur atau lain sebagainya yang masih berkaitan dengan pesanan maupun pembelian.

Dengan email ini Anda juga bisa menyelipkan informasi produk atau promo terbaru supaya emailnya juga mempunyai nilai jual.

Mengucapkan terima kasih kepada konsumen juga tidak kalah penting pasalnya hal tersebut dapat menjadikan konsumen merasa dihargai sehingga tertarik untuk melakukan transaksi lagi di hari yang akan datang.

Walaupun jenis email ini namun, jauh lebih bagus kalau tampilannya atraktif supaya menarik perhatian calon pembeli maupun pelanggan.

11. Email Katalog

Email Katalog

Selain email newsletter, Anda juga bisa mengirim katalog produk atau jasa lewat email. Tujuannya yaitu untuk memberikan product knowledge kepada konsumen atau pengguna.

Email katalog adalah harus saling, jadi Anda tidak perlu ragu untuk mencantumkan informasi mengenai keunggulan produk yang Anda jual tetap mungkin.

Pemakaian gambar akan lebih menarik dan harga yang dicantumkan sangat direkomendasikan pada jenis email yang satu ini.

Email katalog sendiri terkesan terlalu menjual sehingga menjadikan orang-orang enggan untuk menerimanya.

Anda bisa memakai teknologi customer relationship management untuk menganalisa keperluan pengguna yang berbeda supaya iman tidak terkesan sebagai cara jualan.

12. Direct Email

Direct Email

Jenis Email marketing selanjutnya yaitu direct email. Di mana email jenis ini bisa Anda pakai untuk keperluan pemasaran lewat email.

Email marketing ini adalah pesan yang pelaku bisnis online kirimkan ke daftar email konsumen baru atau konsumen setia.

Adapun isi dari email tersebut berupa ajakan atau promosi untuk menjadi konsumen dengan menyertakan keuntungan yang dapat orang-orang ketika menjadi konsumen baru di toko online Anda.

Ketika memakai direct email pastikan Anda menghindari mengirim email secara terus menerus, karena akan mengganggu kenyamanan penerima.

Sehingga membuat penerima akan menandai email tersebut sebagai spam. Apabila hal itu terjadi maka mereka tidak akan membuka email tersebut dan bahkan bisa berhenti berlangganan dari bisnis Anda.

Kelebihan Email Marketing

Kelebihan Email Marketing

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis email marketing, maka pembahasan di bawah ini berupa beberapa kelebihan email marketing, seperti:

1. Mudah

Memakai email sebagai strategi promosi dan pemasaran adalah salah satu teknik yang mudah untuk memperoleh konsumen secara online.

Pastinya setiap orang memiliki basic menulis serta merangkai kata-kata menyampaikan informasi yang mau disampaikan, terkecuali ketika mempromosikan sesuatu.

Baca Juga : Cara Mempromosikan Website

2. Biaya Rendah

Seperti yang Anda ketahui sendiri apabila melakukan pemasaran dengan menggunakan email marketing maka biaya yang dibutuhkan menjadi lebih murah dan waktu yang digunakan lebih efektif dan efisien karena menggunakan perangkat pintar serta koneksi internet.

3. Meningkatkan Pendapatan

Walaupun hasilnya tidak instan, namun kelebihan email marketing yaitu bisa meningkatkan pendapatan secara signifikan.

Tebakan dilansir dari glints, keuntungan dalam menggunakan strategi ini dapat mencapai 81% jika dibandingkan dengan memakai sosial media seperti Instagram atau Twitter.

4. Target Audiens Sudah Terjangkau

Karena email yang dikirimkan ke calon pelanggan atau pelanggan maka sudah bisa dipastikan akan sampai ke target yang memang mereka tertarik dengan bisnis Anda, begitu informasi akan tersampaikan sesuai dengan sasaran.

Strategi Email Marketing

Email MarketingPengertian, Jenis, Kelebihan & Strategi Untuk Bisnis

Saat ini pemakaian email marketing menjadi salah satu opsi Anda untuk mengembangkan bisnis.

Namun dalam pemakaiannya ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan, seperti dibawah ini.

1. Pahami Kebiasaan Calon Pelanggan

Setiap jenis kegiatan marketing memerlukan analisa dari kebiasaan serta karakter sebagian besar target market.

Adapun tujuan dilakukannya riset untuk mengetahui informasi tentang ketertarikan target market secara garis besar.

Sesudah itu Anda baru bisa menentukan strategi Marketing mana yang sesuai dan dan cocok dengan keperluan bisnis Anda.

2. Tetapkan Target Penjualan

Anda bisa mencari tahu informasi berapa rata-rata pendapatan yang diperoleh lewat email marketing.

Pakai angka tersebut sebagai acuan guna menetapkan seberapa penjualan yang Anda inginkan. Pastikan angka tersebut cukup realistis untuk dicapai bersama tim Anda.

3. Kelompokkan Pengguna

Setelah Anda mengetahui karakter utama dari calon konsumen dan target penjualan yang Anda mau.

Maka Anda bisa mengelompokkan mereka sesuai dengan minat ataupun dari domisili serta usia.

Tujuannya sendiri supaya mereka bisa menerima email marketing tentang penawaran produk yang lebih spesifik dengan minat mereka.

4. Pilihlah Jenis Campaign

Anda bisa memilih Campaign yang seperti apa apa dalam strategi Marketing milik Anda.

Campaign harus sesuai dengan target market Anda sambil memilih jadwal pengiriman email secara rutin.

Adapun tujuan dari memilih jadwal pengiriman ini yaitu berfungsi untuk menjaga hubungan serta kepercayaan konsumen.

5. Meningkatkan Open Rate Email

Tidak seluruh target audience Anda akan membuka email marketing.

Terlebih lagi jika subjek email kurang menarik, maka besar kemungkinan email tersebut akan dibiarkan. Lantas Apakah Anda hanya bisa pasrah?

Pastinya tidak.

Ada beberapa langkah untuk meningkatkan peluang email marketing Anda di buka oleh target audience dan mengklik promo yang ditawarkan, seperti:

  • Memahami tujuannya terlebih dahulu.
  • Menggunakan domain yang tepat.
  • Membuat email secara personal.
  • Menulis subjek yang menarik.
  • Memberikan gambar dan CTA yang tepat.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Open Rate Email

6. Hindari Email Marketing Masuk ke Spam

Email yang masuk ke spam adalah salah satu musuh terbesar bagi para marketer serta pebisnis yang menjalankan strategi email marketing.

Karena email campaign yang telah dibuat dengan susah payah akan menjadi sia-sia.

Faktanya sebesar 85% email marketing yang masuk ke dalam kotak audiens, sisanya terfilter dan berakhir di kotak spam.

Ada beberapa alasan mengapa email dapat masuk ke kotak spam, padahal email Anda tidak berisi konten berbahaya.

Yang pasti bisa saja, penerima menandai email Anda spam, terlalu banyak mengirim lampiran, judul email tidak relevan dan lain sebagainya.

Lalu apakah ada tips agar tidak berakhir di kotak spam?

Tentunya ada, seperti di bawah ini:

  • Mengatur autentikasi email.
  • Memakai email hosting terpercaya.
  • Tidak mengirim lebih dari satu lampiran.
  • Menghindari kata-kata yang dianggap spam.
  • Menyediakan link unsubscribe.
  • Subjek email relevan dengan isi email.
  • Subjek email tidak memakai huruf kapital.

Namun hal yang paling penting harus Anda terapkan yaitu menggunakan server khusus untuk email marketing.

Karena iman hosting biasanya hanya menyediakan fitur keamanan ekstra untuk email marketing.

7. Optimasi Email Marketing di Mobile

Perlu Anda ketahui lebih dari 50% penerima membuka email lewat perangkat mobile.

Dengan kata lain apabila desain email yang Anda Kirimkan tidak responsif maka bisa saja desain nya terpotong dan informasi yang yang disampaikan tidak akan menjadi utuh.

Selain badan email saja pastikan judul email yang Anda buat juga mobile friendly.

Karena semenarik apapun judul, jika judulnya terlalu panjang dan tidak mobile friendly maka yang ditampilkan hanya sebagian judul saja. Sehingga membuat usaha Anda akan sia-sia.

Jadi tipsnya membuat judul ML yang paling banyak hanya 10 kata saja. Sehingga akan terlihat lebih baik, jika dibuka melalui perangkat mobile. Pastikan desain serta CTA email responsif.

Kurang lebih pembahasan diatas mengenai jenis-jenis email marketing yang bisa Anda gunakan untuk media promosi dan pemasaran bisnis Anda, baik itu produk, layanan atau jasa.

Dan perlu Anda ketahui, jika email marketing sudah terbukti berhasil untuk mempromosikan produk dari skala bisnis apa saja.

Baca Juga: Digital Branding, Penting Dipahami agar Pemasaran Lebih Lancar

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.