Menggali Lebih Dalam Konsep Iklan Penawaran dalam Bisnis

iklan penawaran

Dalam dunia bisnis yang penuh persaingan, iklan penawaran adalah salah satu senjata bagi sebuah bisnis untuk menarik konsumen dan memicu mereka melakukan tindakan.

Bagaimana iklan penawaran dapat menjadi alat yang efektif dalam meraih pelanggan dan meningkatkan pendapatan bisnis?

Mari jelajahi dunia iklan penawaran di sini!

Apa yang Dimaksud dengan Iklan Penawaran?

Apa yang Dimaksud dengan Iklan Penawaran?

Iklan penawaran adalah bentuk komunikasi pemasaran yang dirancang untuk mempromosikan produk, layanan, atau penawaran spesial kepada calon pelanggan.

Melalui iklan penawaran, bisnis ingin mendorong pelanggannya untuk melakukan pembelian, pemesanan, atau partisipasi tertentu.

Dalam penayangannya, iklan penawaran acap kali menggunakan elemen-elemen seperti diskon, promo khusus, bonus pembelian, atau hadiah.

Elemen ini menarik perhatian konsumen dan mendorong mereka untuk berinteraksi atau bertransaksi dengan bisnis Anda.

Tujuan Iklan Penawaran dalam Bisnis

iklan penawaran produk

Ada beberapa tujuan sebuah iklan penawaran dibuat, antara lain:

1. Meningkatkan Penjualan Bisnis

Iklan penawaran bertujuan utama untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan yang Anda miliki. Untuk melakukannya, iklan biasanya memberikan insentif kepada pelanggan dalam bentuk diskon dan promosi.

Diskon atau promo dapat mendorong pembelian impulsif atau spontan oleh calon pelanggan.

2. Memaksimalkan Kesadaran Merek

Iklan penawaran yang menarik dapat menjadi pintu masuk bagi pelanggan yang belum familier dengan produk atau layanan Anda.

Sedangkan untuk pelanggan yang sudah pernah berinteraksi dengan merek Anda sebelumnya, iklan penawaran dapat berfungsi sebagai pengingat.

3. Membangun Loyalitas Pelanggan

Jika iklan yang Anda pasang memberikan penawaran untuk pelanggan setia, iklan ini dapat membantu membangun loyalitas dan menjaga hubungan dengan mereka.

4. Meningkatkan Aktivitas Bisnis

Iklan penawaran yang sukses menarik perhatian calon pelanggan dapat membawa pelanggan ke toko fisik atau situs web bisnis.

Hal ini tentu saja bisa meningkatkan aktivitas dan berpotensi menghasilkan penjualan lebih lanjut.

Baca Juga : Dari Konsep ke Layar: Mengenal Pentingnya Storyboard Iklan

Contoh Iklan Penawaran yang Menarik

Beberapa contoh iklan penawaran adalah iklan penawaran produk atau iklan penawaran jasa yang mungkin sudah sering Anda lihat di televisi atau media lainnya.

Sebagai gambaran jika nantinya Anda berniat membuat iklan seperti ini, berikut adalah contoh iklan penawaran yang dibuat dengan cukup menarik.

1. Iklan Penawaran Minuman dan Makanan dari brand “M”

Iklan Penawaran Minuman

Dalam iklan tersebut brand “M” menyertakan promo untuk mempromosikan produknya dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia.

Untuk menarik perhatian konsumen, pada gambar diberikan keterangan harga awal dan harga setelah promo.

2. Iklan Penawaran Barang dari brand “M”

Iklan Penawaran Barang

Pada iklan ini, bisnis pakaian menyajikan diskon untuk mempromosikan produknya kepada para konsumennya.

Untuk menarik perhatian, tulisan diskon di highlight dengan jumlah diskon ditulis dalam ukuran yang lebih besar.

Media Penayangan Iklan Penawaran

Iklan Barang

Untuk penggunaannya sendiri, iklan penawaran dapat Anda implementasikan dalam bentuk digital maupun konvensional.

Hal ini bisa Anda tentukan dari jenis platform yang sering target audiens Anda gunakan.

1. Iklan Penawaran Digital

Berikut beberapa contoh media penayangan iklan penawaran dalam media digital:

Iklan Display Online

Iklan display online adalah banner atau gambar di situs web, blog, atau platform media online lainnya yang berisi diskon, promosi, atau tautan langsung ke halaman penawaran di situs web.

Jika Anda tertarik untuk memasang iklan penawaran digital yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan berbagai website iklan gratis.

Dengan memanfaatkan website gratis seperti ini Anda bisa menekan biaya pemasaran terutama untuk bisnis yang masih kecil.

Iklan Media  Sosial

Iklan yang tampil di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Format iklan ini umumnya adalah gambar, video, atau carousels.

Email Marketing

Selanjutnya iklan juga dapat Anda sampaikan kepada calon pembeli dengan mengirimkan email. Email dapat berupa pemberitahuan mengenai program penawaran khusus, kode kupon, atau pengumuman diskon.

2. Iklan Penawaran Konvensional

Berikut beberapa contoh media penayangan iklan penawaran dalam media konvensional:

Iklan Cetak

Iklan cetak adalah advertensi yang dimuat dalam bentuk publikasi cetak seperti majalah, surat kabar, atau brosur. Iklan ini bisa berupa gambar atau teks yang menyoroti penawaran.

Iklan Radio

Meskipun tidak memiliki komponen visual seperti iklan pada umumnya, pesan iklan radio dapat mengumumkan penawaran dengan suara yang menarik.

Iklan TV

Advertensi TV bisa berupa video singkat yang menunjukkan produk atau layanan sekaligus memberikan informasi tentang penawaran.

Billboard atau Papan Iklan

Iklan penawaran jenis ini dapat Anda pasang di tempat-tempat strategis, seperti jalan raya atau pusat perbelanjaan. Billboard atau papan iklan ini dapat mencakup gambar dan teks yang mencolok untuk menarik perhatian.

Dalam pemilihannya, media penayangan iklan penawaran dapat Anda sesuaikan dengan target audiens Anda dan anggaran pemasaran yang tersedia.

Tips Membuat Iklan Penawaran yang Efektif untuk Bisnis

penawaran niaga

Membuat iklan penawaran niaga yang efektif adalah kunci untuk memikat target audiens dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa tips yang lebih rinci untuk membuat iklan penawaran yang efektif:

1. Kenali Target Audiens Anda

Pertama Anda harus memahami siapa calon pelanggan Anda, kebutuhan, serta preferensi mereka. Memahami target audiens dengan baik akan membantu Anda menciptakan iklan yang tepat sasaran.

Dengan memahami siapa target audiens Anda, Anda bisa mengetahui jenis platform apa yang paling tepat untuk memasang iklan. Selanjutnya, Anda juga bisa mengetahui gaya bahasa apa yang lebih disukai target audiens Anda.

2. Tentukan Tujuan Iklan

Tips yang selanjutnya adalah menentukan tujuan yang jelas dari iklan penawaran Anda.

Apakah Anda ingin berfokus melejitkan penjualan, launching produk baru, atau meningkatkan brand awareness?

Fokus pada tujuan akan membantu Anda merancang pesan yang tepat.

3. Kenali Preferensi Konsumen

Setelah mengenal siapa target Anda, pikirkan pula apa yang disukai oleh calon pelanggan Anda? Seperti apa ada tren atau gaya hidup tertentu yang sedang target audiens Anda ikuti?

Dengan memahami preferensi konsumen, Anda dapat merancang iklan yang mencerminkan nilai-nilai yang mereka anggap penting.

Sebagai contoh, tren sustainable living yang kini banyak anak muda ikuti. Jika target audiens Anda termasuk pada golongan yang mengikuti tren ini, bisnis Anda dapat mengembangkan produk atau layanan yang ramah lingkungan.

Hal ini bisa Anda tonjolkan dalam iklan penawaran untuk menarik minat target audiens Anda.

4. Menerapkan Pendekatan AIDCA

AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action) adalah kerangka kerja yang berguna untuk merancang iklan yang bagus dan menarik.

Berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan:

Attention (Perhatian)

  • Mulailah dengan judul yang menarik dan singkat yang langsung memancing perhatian target audiens.
  • Gunakan gambar atau elemen visual yang mencolok dan relevan dengan penawaran Anda.

Interest (Minat)

  • Sampaikan manfaat utama produk atau layanan Anda dan mengapa ini penting bagi target audiens.
  • Gunakan cerita atau contoh nyata untuk memperjelas manfaat dan juga penggunaan produk.

Desire (Keinginan)

  • Bangkitkan keinginan pelanggan dengan menyoroti manfaat unik dan fitur produk atau layanan Anda.
  • Gunakan kata-kata positif dan emosional untuk menghubungkan produk dengan aspirasi dan impian pelanggan.

Conviction (Keyakinan)

  • Sertakan bukti sosial, seperti testimoni atau ulasan dari pelanggan untuk memvalidasi klaim Anda.
  • Gunakan data dan statistik yang mendukung untuk memperkuat pesan Anda.

Action (Tindakan)

  • Tambahkan panggilan tindakan yang jelas dan meyakinkan, misalnya “Pesan Sekarang Juga” atau “Dapatkan Penawaran Terbatas Ini”.
  • Jika memungkinkan, sertakan tautan yang langsung mengarahkan pelanggan ke halaman bisnis Anda.
  • Buat tindakan terasa mendesak dengan menambahkan elemen waktu terbatas atau ketersediaan terbatas.

Itulah pembahasan tentang iklan penawaran dan jenis-jenisnya. Dengan merancang iklan penawaran yang efektif, Anda dapat meningkatkan penjualan, memperluas basis pelanggan, dan memperkuat posisi bisnis Anda.

Bagikan:

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.