Waspada, Inilah 7 Ciri Akun WA yang Disadap dan Dibajak!

Waspada, Inilah 7 Ciri Akun WA yang Disadap dan Dibajak!

Ternyata masih banyak sekali orang yang belum mengetahui Ciri akun WA yang disadap.

Padahal, informasi ini sangatlah penting dan wajib diketahui oleh para pengguna WhatsApp agar terhindar dari cybercrime yang tentunya sangatlah merugikan.

Hati-Hati, Inilah Ciri Akun WA yang Disadap

Untuk tanda dari akun WhatsApp yang telah diambil alih pihak ketiga sendiri setidaknya ada beberapa cirinya.

Nah, adapun ciri dari akun WhatsApp yang sudah disadap adalah sebagai berikut ini:

1. Pesan Telah Terbaca

Ciri akun WA yang disadap pertama adalah adanya pesan yang sudah terbaca padahal Anda merasa belum membuka pesan tersebut sama sekali.

Hal ini bisa diketahui ketika Anda melihat tanda hijau yang harusnya ada pada pesan baru sudah tidak ada.

Selain itu, pesan terbaca ini juga bisa diketahui jika Anda menyalakan pengaturan centang biru untuk setiap pesan yang sudah dibaca.

Karena itulah, tidak ada salahnya menyalakan pengaturan centang biru agar tahu jika ada yang membaca pesan baru sebelum Anda membukanya.

Dengan begitu Anda akan bisa memantau setiap pesan baru yang masuk. Sehingga ketika mendapati akun WA diambil alih oleh pihak ketiga Anda bisa segera mengambil tindakan untuk menghindari kerugian yang mungkin saja bisa Anda alami.

2. Adanya Pesan Asing

Ciri akun WA yang disadap berikutnya adalah adanya pesan asing yang dikirimkan oleh akun Anda ke kontak teman dan keluarga.

Karena itu, apabila mendapati pesan yang dikirimkan oleh akun WA padahal Anda tidak merasa mengirimkan pesan tersebut segera lakukan tindakan.

Sebab, hal ini bukan lagi sebuah spekulasi namun bukti nyata bahwa aku WA Anda telah disusupi pihak ketiga.

Hal ini tidak hanya akan membahayakan dan merugikan diri sendiri, namun besar kemungkinan juga akan merugikan semua orang yang ada di kontak Anda.

Terutama jika pesan yang dikirimkan ke kontak adalah permintaan untuk transfer sejumlah uang ke rekening pelaku dengan dalih hutang.

Sudah pasti ini akan menjadi masalah serius karena selain membuat nama baik menjadi tercemar juga akan membuat teman dan keluarga Anda mengalami kerugian materi yang mungkin jumlahnya tidak sedikit jika sampai mentransfer penipu tersebut.

3. Akun Keluar Sendiri

Selanjutnya ciri akun WA yang disadap adalah ketika membuka WA akun keluar sendiri padahal Anda tidak pernah log out sama sekali.

Jika Anda mendapati hal ini, tetaplah bersikap tenang dan tidak panik agar tetap bisa berpikir jernih.

Dengan begitu Anda tidak akan melakukan suatu tindakan kecerobohan yang bisa membuat akun Anda benar-benar diambil alih oleh pihak ketiga.

Untuk itu, fokuskan perhatian Anda pada notifikasi yang muncul dilayar dan perhatikan dengan seksama.

Apabila ada perintah asing untuk menyetujui sesuai, jangan coba-coba untuk menekan tombol oke.

, dengan menyetujui hal tersebut akun Anda secara resmi akan berpindah tangan dan menjadi milik perentas.

Inilah mengapa akan jauh lebih baik jika segera melakukan verifikasi untuk menunjukkan kepada pihak WA tindakan tersebut tidak dilakukan oleh Anda yang merupakan pemilik resmi dari aku tersebut

. Ketika berhasil membuktikan diri melalui verifikasi tersebut maka akun WA akan tetap menjadi milik Anda.

4. WA Eror atau Lambat

Meskipun WA tiba-tiba eror dan menjadi lambat terlihat seperti hal yang biasa dan normal, namun ternyata ini juga merupakan salah satu ciri akun WA yang disadap.

Hal ini dapat terjadi jika penyadapan akun WA memanfaatkan aplikasi ketiga.

Umumnya aplikasi ketiga inilah akan merusak sistem dari WA sehingga membuatnya menjadi lebih lambat dari biasanya atau bahkan bisa membuat WA menjadi eror.

Karena itu, bukan hal yang berlebihan jika Anda merasa curiga akun telah disadap ketika WA tiba-tiba menjadi lambat dan eror.

Meskipun begitu, Anda harus tenang dan memastikan penyebab pasti dari WA yang eror dan lambat tersebut. Jika kecurigaan and memang terbukti benar adanya, segera lakukan tindakan yang diperlukan.

Jangan sampai Anda terlambat melakukan tindakan pencegahan dan menyebabkan akun Anda jatuh ke peretas.

Namun jika sudah terlanjur terjadi, segera minta bantuan kepada orang yang bisa menangani hal tersebut.

Selain itu, Anda juga harus menginformasikan kepada semua orang yang nomornya ada dikontak Anda bahwa akun tersebut telah berpindah tangan.

Dengan begitu orang-orang yang akan dikontak Anda akan mengabaikan telepon ataupun pesan yang mungkin dikirimkan oleh akun tersebut.

Sehingga tidak akan ada orang yang menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan nama Anda.

5. Adanya Kiriman OTP

Sebagai bentuk perlindungan penggunanya, WA akan mengirimkan kode OTP setiap Anda akan memasuki akun WA menggunakan perangkat lainnya.

Kode OTP ini sifatnya sangatlah rahasia dan tidak boleh Anda beritahukan kepada siapa pun. Sebab, kode OTP ini adalah kunci untuk memasuki sebuah akun WA.

Jika sampai kode ini diketahui orang lain, maka mereka akan memiliki keleluasaan yang sama dengan Anda perihal penggunaan akun.

Ketika Anda menerima pesan kode OTP sedangkan Anda tidak mencoba masuk akun WA dengan perangkat lain sudah pasti itu adalah upaya peretas mengambil alih akun tersebut.

Apabila mengalami hal ini, abaikan saja dan simpan kode OTP tersebut untuk diri Anda sendiri.

Nah, biasanya agar bisa mendapat kode OTP dari Anda peretas akan mengirimi Anda pesan untuk menekan sebuah link.

Jika menerima pesan semacam ini segera hapus untuk menghindari tidak sengaja menekannya di lain waktu.

6. Akun Terhubung di Perangkat Lain

Ciri akun WA yang disadap berikutnya adalah akun terhubung di perangkat lainnya. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa mengecek fitur perangkat tertaut pada WA.

Dari fitur tersebut Anda akan tahu akun WA Anda tersambung pada perangkat apa saja lengkap dengan waktu login dan juga waktu logout-nya.

Inilah mengapa sangat penting bagi untuk melakukan pengecekan rutin pada fitur tersebut agar langsung tahu apabila ada perangkat asing yang masuk ke akun Anda.

Apabila memang ada perangkat asing yang memasuki akun tersebut, Anda bisa segera mengeluarkan perangkat asing tadi lewat fitur tersebut.

7. Tetap Online Walau tidak Digunakan

Ciri akun WA yang disadap terakhir adalah akun tetap terlihat online walaupun sedang tidak digunakan.

Namun untuk membuktikan hal ini Anda perlu menggunakan membutuhkan akun WA lainnya atau teman Anda.

Ketika sedang tidak menggunakan akun tersebut coba lihat apakah ada notifikasi online pada akun Anda.

Jika akun tersebut menampilkan notifikasi online, itu ada artinya akun Anda sedang dipantau dan digunakan oleh orang lain.

Karena itu, Anda tidak perlu lagi merasa ragu untuk mengambil sebuah tindakan sebelum akun tersebut jatuh ke tangan orang lain.

Sebenarnya ciri akun WA yang disadap tidak hanya seperti yang telah kami sampaikan di atas, tetapi masih banyak lagi ciri lainnya.

Namun semoga informasi yang kami sampaikan di atas dapat berguna dan menambah wawasan Anda mengenai tanda dari akun WA yang disadap.

Baca Juga : WhatsApp Bisnis Manfaatnya Bagi Pelaku Usaha

Bagikan:

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.