WhatsApp Bisnis Manfaatnya Bagi Pelaku Usaha

Oleh

Assyfa

WhatsApp Bisnis adalah platfrom perpesanan yang diluncurkan oleh WhatsApp dan dirancang khusus untuk para pelaku bisnis. Ditujukan khusus agar memberikan kemudahan kepada para pebisnis untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumennya.

Aplikasi bisnis dari WhatsApp ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2018. Berdasarkan data pada bulan Februari tahun 2020, platform mengirim perpesanan telah memiliki pengguna aktif sebanyak 2 miliar pengguna.

Aplikasi ini dapat membantu para pembeli agar dapat berkomunikasi dengan penjual. Para pelaku usaha juga terbantu ketika mempromosikan produk mereka dan layanan yang diberikan. Platform juga membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat.

Mengenal Apa itu WhatsApp Bisnis
Mengenal Apa itu WhatsApp Bisnis

Mengenal Apa itu WhatsApp Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, Platform dari WhatsApp ini merupakan aplikasi pengirim pesan yang memang dibuat dan dirancang secara khusus untuk pelaku
usaha. Platform ini menghadirkan fungsionalitas dan kenyamanan interaksi pelanggan.

Kehadiran platform ini dapat dimanfaatkan khususnya para pebisnis online. Karena WhatsApp jenis ini menyediakan berbagai macam fitur yang berbeda dari WhatsApp biasa. Fitur tersebut diantaranya katalog, balas pesan otomatis, dan lain-lain.

Messenger ini juga memiliki fitur-fitur pendukung canggih dan lengkap. Fitur-fitur tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengotomatisasi, menyortir dan merespon pesan pelanggan dengan cepat.

Semua fitur-fitur tadi dikumpulkan dalam sebuah Bussiness Tools serta menjadi kelebihan dari WhatsApp jenis ini dibandingkan dengan WhatsApp biasa. Selain fitur-fitur di atas, fitur WhatsApp biasa juga masih dapat Anda manfaatkan di versi bisnis ini.

Berikut Fitur-fitur dari WhatsApp Bisnis
Berikut Fitur-fitur dari WhatsApp Bisnis

Berikut Fitur-fitur dari WhatsApp Bisnis

Berbagai macam fitur-fitur dari aplikasi ini telah disebutkan diatas tadi. Inti dari adanya fitur tersebut tidak lain adalah agar interaksi antara penjual dan pembeli dapat terjadi secara cepat dan praktis. Berikut Kami jelaskan dari fitur-fitur di dalam aplikasi WhatsApp Bisnis.

1. Profil Bisnis

Di bagian profil aplikasi, dapat menampilkan segala macam informasi mengenai toko atau usaha, deskripsi, jam operasional tempat usaha, alamat toko, produk atau jasa yang ditawarkan, alamat email, website dan juga media sosial lain.

Selain informasi diatas, Anda dapat juga melengkapi foto profil dengan logo bisnis. Agar membuat tampilan menjadi terlihat lebih profesional. Intinya profil WhatsApp Bisnis berisi informasi awal dari usaha yang dibuat.

2. Quick Replies

Jika suatu waktu beberapa konsumen Anda menanyakan info sama sekaligus, sudah pasti akan membalas satu-persatu pesan yang muncul dan tentunya akan menghabiskan banyak waktu. Agar mengatasi hal tersebut dibuatlah fitur Quick Replies.

Quick Replies akan memberikan kemudahan dengan membuat pesan berulang kali. Sehingga nantinya tidak perlu lagi mengetik dan membalas pertanyaan sama berulang kali dari pelanggan.

Dengan adanya Quick Replies, dapat juga membuat beberapa template agar bisa menghemat waktu ketika mengetik dan membalas pertanyaan ataupun chat dari konsumen. Anda hanya perlu mengetik shortcutnya saja.

3. Memberi Label

Anda dapat memberikan kelompok pelanggan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan di dalam platform. Berilah label kepada konsumen dengan berdasarkan kelompok tertentu. Contoh pengelompokan pelanggan seperti “pre order”. “pelanggan baru” dan label lainnya.

Pembagian nama label tadi dapat diubah lagi sesuai kebutuhan kedepannya. Memberikan label akan semakin memudahkan Anda secara operasional dalam menjalin hubungan baik dengan para pelanggan.

4. Membuat Katalog

Membuat sebuah katalog dapat dilakukan didalam akun profil WhatsApp Bisnis. Adanya fitur katalog juga akan menampilkan foto dari berbagai macam produk hingga 500 foto.
Dengan adanya foto, Anda tidak perlu repot-repot untuk memberikan detail produk langsung ke konsumen satu-persatu. Konsumen cukup melihat profil dari platform bisnis
Anda.

Anda sendiri nantinya bisa menunjukkan dan membagikan produk dalam bentuk katalog. Hal ini dilakukan guna memudahkan pelanggan dalam melihat produk apa saja yang ingin ditawarkan oleh bisnis Anda.

5. Short Link

Short link juga dapat dibagikan ke para pelanggan dengan menggunakan WhatsApp bisnis. Bertujuan agar mereka dapat langsung memulai memberikan pesan pada akun bisnis Anda. Link pendek juga dapat dibuat secara otomatis ketika pertama kali membuat akun.

6. Pesan Otomatis

Fitur berikut hampir mirip dengan fitur Quick Replies. Perbedaanya terletak di dalam pesan otomatis Anda tidak perlu lagi susah-susah mengetik dan aplikasi akan secara otomatis membalas pesan tersebut.

Fitur berikut sangat berguna untuk konsumen dalam membantu mereka menghubungi toko diluar jam operasional. Ketika mereka ingin mengirim pesan atau menanyakan tentang suatu hal mengenai produk, maka mereka akan langsung mendapatkan respon balasan pesan dengan otomatis.

7. Broadcast

Fitur berikut membantu ketika ingin mengirim pesan dalam jumlah banyak dalam satu waktu menuju ke kontak konsumen yang Anda miliki. Menginfokan pengumuman atau informasi promo produk kepada pelanggan dengan mudah dan cepat merupakan manfaat dari fitur broadcast.

Baca Juga : Pengertian Broadcast

Berikut Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis
Berikut Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Berikut Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah download dahulu aplikasi WhatssApp Bisnis. Anda dapat mendownload melalui Playstore atau Appstore. Setelah itu lanjutkan dengan mendaftarkan nomor handphone yang nantinya akan Anda gunakan untuk membuat akun.

Kami sarankan untuk menggunakan nomor berbeda dari akun WhatssApp Messenger. Agar lebih mudah dalam proses verifikasi. Setelah memasukkan nomor silahkan tunggu kode verifikasi dikirimkan ke nomor Anda.

Setelah Anda menerima pesan berupa kode verifikasi, maka masukkan kode tersebut ke dalam aplikasi. Maka proses verifikasi selesai. Kemudian tambahkan kontak didalam handphone atau smartphone Anda dengan memberi izin aplikasi mengakses kontak.

Izinkan juga akses foto dan video supaya mempermudah aplikasi dalam menerima dan mengirim foto, video atau dokumen. Selanjutnya buat profil akun bisnis Anda. Berikan keterangan berupa nama toko atau bisnis Anda, kategori bisnis dan masukkan foto profil.

Langkah terakhir cara membuat WA Bisnis yang harus dilakukan adalah melengkapi profil bisnis dengan memilih menu explore lalu pilih bussiness profile. Akan ada kolom untuk melengkapi informasi penting seperti alamat, deskripsi, jam operasional dan lain sebagainya. Dengan begitu akun Anda telah selesai.

Berikut Ini Manfaat WhatsApp Bisnis
Berikut Ini Manfaat WhatsApp Bisnis

Berikut Ini Manfaat WhatsApp Bisnis

Manfaat yang paling utama dari platform ini adalah membantu interaksi dan komunikasi yang baik antara pelaku bisnis dan konsumen. Aplikasi ini juga didukung beberapa fitur canggih agar mempermudah respon cepat. Berikut beberapa manfaat lain dari WhatsApp Bisnis.

1. Manfaat WhatsApp Bisnis Lebih Mempermudah Menjalin Komunikasi dengan Konsumen

Manfaat pertama adalah aplikasi ini mempermudah jalinan komunikasi antara penjual dan pelanggan. Karena pelanggan berinteraksi langsung dengan bisnis melalui aplikasi yang mereka gunakan.

Anda dapat mengatur platform ini untuk secara otomatis mengirimkan welcome message. Setiap kali konsumen memulai interaksi, diharapkan komunikasi yang terjadi akan lebih cair dan santai. Sehingga pelanggan akan merasa terlayani dengan baik.

2. Memiliki Katalog Produk Online

Manfaat selanjutnya yaitu fitur katalog yang ada pada profil Anda. Fitur ini dapat Anda manfaatkan sebagai jendela untuk menampilkan foto-foto produk Anda. Hal ini tentu akan mempermudah mempromosikan produk.

Sebab konsumen dapat langsung membuka profil untuk melihat produk apa saja yang akan ditawarkan. Sangat bermanfaat terhadap efektifitas dan efisiensi waktu bagi konsumen yang tidak memiliki banyak waktu dalam memilih produk yang diinginkan.

3. WhatsApp Bisnis dapat Meningkatkan Efisiensi Bisnis

WA Bisnis dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda, khususnya pada bagian layanan pelanggan. Hal tersebut berkat adanya dukungan fitur-fitur canggih yang ada didalam aplikasi bisnis ini.

Fitur seperti balas otomatis dapat membantu Anda mempertahankan pelanggan dan katalog WA dapat membantu mempromosikan bisnis dan lain sebagainya. Sangat bermanfaat untuk tetap menjaga bisnis tetap eksis di masyarakat.

4. Jangkauan Global

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang telah populer di lebih dari 100 negara. Basis pengguna di seluruh dunia sekitar lebih dari dua miliar. Ini tentu menjadikan jaringan sempurna untuk bisnis dalam menjangkau pelanggan yang lebih terikat.

Jangkauan yang luas secara global ini juga dapat membantu mempromosikan produk Anda tidak hanya dalam negeri tetapi juga luar negeri. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis yang lebih luas.

5. Keamanan Tambahan

Mengelola berbagai peraturan dan juga kepatuhan terhadap undang-undang dapat menjadi masalah besar bagi pelaku usaha. WhatsApp bisnis memiliki sistem keamanan enkripsi end to end dan otentifikasi dua faktor untuk menjaga data dan privasi bisnis Anda tetap aman.

Platform ini akan memverifikasi akun bisnis Anda ketika pendaftaran, memastikan identitas pelanggan Anda saat mereka memilih untuk menerima pesan singkat dan berkomunikasi dengan Anda.

Kekurangan WhatsApp Bisnis yang Penting Diketahui
Kekurangan WhatsApp Bisnis yang Penting Diketahui

Kekurangan WhatsApp Bisnis yang Penting Diketahui

Selain berbagai manfaat, aplikasi bisnis ini tentu juga memiliki kekurangan. Kekurangan ini perlu untuk Anda perhatikan. Sebab kekurangan ini dapat merugikan bagi Anda sendiri maupun bisnis yang dijalankan. Berikut beberapa kekurangan dari platform ini.

1. Nama Akun Pribadi

Berbeda dari WhatsApp Messenger yang nama pengguna dapat diubah kapan saja Anda mau, nama di WhatsApp Bisnis tidak bisa diganti dan bersifat selamanya. Bahkan saat
mengunduh aplikasi dari Play Store atau App Store.

Akan muncul peringatan tidak bisa mengubah. Maka dari itu sebelum membuat akun, pastikan memilih nama akun yang tepat. Pilih nama akun yang dapat mewakili nama dari perusahaan atau bisnis.

2. Nomor yang Digunakan Berbeda dengan WhatsApp Messenger

Nomor yang didaftarkan pada platform bisnis harus berbeda dari akun biasa. Walaupun kedua aplikasi ini dapat digunakan sekaligus dalam satu smartphone. Selain nama, nomor dari aplikasi ini juga tidak dapat diganti.

Jadi sebelum Anda memasukkan nomor sebagai akun bisnis, pastikan nomor tersebut selalu aktif dan sering digunakan. Hal ini untuk mengurangi kesalahan memasukkan nomor saat Anda akan berpindah smartphone.

3. Resiko Data Bocor

Aplikasi ini sangat rentan disusupi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oknum tersebut dapat mengakses data pribadi Anda yang didaftarkan di aplikasi. Data yang diakses secara ilegal ini dapat mereka salah gunakan.

4. Perangkat Terbatas

WhatsApp bisnis hanya dapat diakses melalui satu perangkat. Hal ini tentu akan membatasi perusahaan Anda memiliki banyak admin. Sementara pelanggan yang akan mereka layani jumlahnya sangat banyak.

Karena hal tersebut, banyak pelaku usaha memiliki akun aplikasi dari WhatsApp ini sebagai cadangan dengan nomor yang berbeda. Hal ini tentunya akan membuat konsumen bingung akan menggunakan nomor yang mana ketika ingin menghubungi Anda.

5. Smartphone Harus Selalu Aktif

Perangkat utama yang digunakan di WhatsApp bisnis adalah smartphone. Walaupun diakses melalui PC, akses di smartphone Anda akan mati. Itu berarti apabila ponsel dalam keadaan mati, maka aplikasi di web tidak dapat diakses.

Penggunaan platform media sosial saat ini memang menjadi tren dalam menjalankan bisnis. Pemanfaatan ini guna menjalankan bisnis yang telah dibuat. Salah satu jenis aplikasi tersebut adalah WA bisnis.

Aplikasi ini menjadi salah satu hal yang wajib untuk mampu menunjang kelancaran bisnis. Walaupun memiliki banyak manfaat, aplikasi ini tentunya juga memiliki kekurangan. Untuk itu tetap gunakan WhatsApp Bisnis dengan baik agar meminimalisir kerugian.

Baca Juga : Waspada, Inilah 7 Ciri Akun WA yang Disadap dan Dibajak!

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar