Simak 7 Tips Menghindari Penipuan Belanja Online Agar Aman

Simak 7 Tips Menghindari Penipuan Belanja Online Agar Aman

Di tengah maraknya kasus penipuan belanja online yang dilakukan oknum-oknum tidak bertanggung jawab seperti sekarang ini, menjadikan seseorang kini ramai mencari tahu informasi seputar tips menghindari penipuan belanja online.

Apabila Anda ingin berbelanja online dengan aman dan tidak mengalami kerugian besar serta terhindar dari maraknya kasus penipuan, maka bisa menyimak ulasan selengkapnya di artikel berikut.

Bagaimana Tips Menghindari Penipuan Belanja Online yang Tepat?

Bagaimana Tips Menghindari Penipuan Belanja Online yang Tepat

Sebelum adanya teknologi internet seperti sekarang ini, kebanyakan orang biasanya akan berbelanja kebutuhan sehari-hari secara langsung ke tempat penjual itu berada.

Dengan berbelanja secara langsung tersebut, menjadikan seseorang bisa tahu jaminan kondisi barang yang akan dibeli secara pasti.

Akan tetapi, bagaimanakah jika kita berbelanja secara online yang proses transaksinya dilakukan secara tidak langsung?

Dari sisi positifnya sendiri, berbelanja secara online akan memberikan sisi kemudahan dan kepraktisan bagi seseorang.

Namun, aktivitas berbelanja online ini juga bisa memberikan ancaman keamanan jika tidak dilakukan secara hati-hati.

Oleh karena itulah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa menerapkan beberapa tips menghindari penipuan belanja online berikut ini.

1. Pilih Toko E-commerce yang Terpercaya

Salah satu tips menghindari penipuan belanja online yang bisa Anda lakukan pertama kali, yakni dengan memilih toko e-commerce yang memang sudah terbukti aman dan terpercaya di pasaran.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan salah satu dari sekian banyaknya aplikasi resmi belanja online yang sudah banyak ditawarkan bagi para pengguna ponsel pintar.

Memilih toko e-commerce yang aman dan terpercaya ini, tentu saja bukan tanpa alasan dilakukan lantaran untuk menunjang sisi keamanan dan kelancaran dalam bertransaksi online.

Dengan demikian, maka seseorang akan lebih yakin dan percaya ketika nantinya akan berbelanja online di toko e-commerce tersebut.

Dan risiko terjadinya penipuan belanja online bisa Anda hindari dengan mudah, agar nantinya tidak mengalami kerugian besar.

2. Jangan Gampang Tergiur dengan Penawaran Harga Murah

Rata-rata hampir sebagian besar orang, umumnya akan sangat tergiur dengan penawaran harga murah dari suatu produk yang ditawarkan oleh penjual.

Padahal, harga murah yang ditawarkan oleh pihak penjual satu ini belum tentu memiliki jaminan produk yang berkualitas dan terpercaya.

Terlebih lagi, sejauh ini sudah banyak sekali korban yang tertipu akan harga produk yang terlalu murah dan tidak masuk akal.

Akibatnya, orang tersebut hanya mendapatkan produk yang tidak sesuai keinginan dan bahkan mengalami kerugian besar.

Oleh karena itulah, penting bagi Anda yang ingin berbelanja online untuk tidak tergiur dengan harga produk yang terlalu murah.

Sebelum benar-benar melakukan transaksi online, sebaiknya cek dulu barang tersebut agar tidak menyesal di kemudian hari.

3. Jangan Mudah Terpercaya dengan Testimoni Pembeli

Biasanya, orang-orang yang ingin berbelanja online akan melihat jaminan suatu produk yang ingin dibeli tersebut dari segi testimoni dari para pembeli.

Dengan adanya testimoni yang diberikan oleh pihak penjual, maka akan menjadikan seseorang lebih yakin untuk berbelanja produk tersebut.

Namun yang perlu Anda ingat disini adalah, testimoni dari pembeli sebaiknya tidak dijadikan patokan utama ketika berbelanja online.

Hal ini bukan tanpa alasan dilakukan, yakni karena biasanya sudah banyak sekali oknum-oknum penjual online yang menipu korban dengan membuat testimoni fiktif.

Alhasil, banyak sekali orang yang termakan dengan testimoni palsu yang dibuat oleh pihak penjual tersebut.

Jadi untuk tips menghindari penipuan belanja online satu ini, usahakan Anda untuk tidak terlalu terpaku dengan adanya testimoni pembeli.

4. Menyimpan Bukti Transfer

Ketika akan berbelanja online, kebanyakan orang sering kali melakukan kesalahan sepele seperti halnya tidak menyimpan bukti transfer setelah melakukan pengiriman uang ke rekening penerima (pihak penjual).

Baik itu bukti transfer dalam bentuk print out dari mesin ATM, maupun bukti transfer dengan cara screenshot dari ponsel yang dimilikinya.

Perlu Anda ketahui disini, bahwa menyimpan bukti transfer pembayaran ini sangat penting dilakukan oleh para pembeli.

Sebab dengan kita menyimpan bukti transfer pembayaran uang yang sudah dilakukan, maka Anda akan memiliki keuntungan tersendiri.

Dimana ketika suatu saat Anda terjebak adanya penipuan belanja online, maka bukti transfer tersebut bisa dijadikan bukti konkret untuk melaporkan pihak penipuan tersebut ke pihak yang berwajib.

5. Perhatikan Katalog Produk yang Ditawarkan Penjual

Umumnya, tidak semua toko online shop yang Anda temukan di berbagai e-commerce menggunakan foto gambar ataupun produk yang asli.

Sebab dalam menarik calon pembeli untuk membeli produknya, pihak penjual biasanya akan menggunakan model tertentu dengan tambahan editan foto dan filter khusus.

Sehingga, hal inilah yang menjadikan produk yang ditawarkannya terlihat berbeda dan menarik minat para calon pembeli.

Dalam menerapkan tips menghindari penipuan belanja online satu ini, ada baiknya bagi Anda untuk menanyakan produk tersebut apakah real picture atau minimal.

Di samping itu, Anda juga bisa menanyakan berapa persen tingkat kemiripan produk yang ditawarkan dengan yang asli.

Dengan menggunakan cara ini, maka risiko penipuan belanja online dapat diminimalisir dengan baik.

6. Cek Informasi Rekening Penjual

Hal yang tidak kalah penting untuk menghindari risiko terjadinya penipuan belanja online selanjutnya, yakni dengan mengecek informasi dari rekening pihak penjual tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, baru-baru ini pihak dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menerbitkan situs website khusus dalam membantu mengidentifikasi kasus penipuan belanja online.

Dengan menggunakan situs website yang diterbitkan oleh pihak Kominfo satu ini, tentunya akan memberikan sisi positif bagi para pembeli.

Ini dikarenakan, keberadaan situs tersebut akan menjadikan pihak pembeli bisa terhindar dari adanya kasus penipuan dan modus ketika akan melakukan transaksi jual beli online.

Bahkan sebelum Anda benar-benar melakukan transaksi secara online kepada pihak penjual, maka bisa melakukan pengecekan ulang rekening penerima tersebut di situs website yang sudah disediakan.

7.Periksa Identitas dari Pihak Penjual

Adapun untuk tips menghindari penipuan belanja online yang juga tidak kalah penting untuk Anda perhatikan, yakni pastikan untuk memeriksa identitas dari pihak penjual online tersebut.

Dimana setiap kali Anda akan melakukan transaksi jual beli online, pastikan untuk mengecek situs website seputar detail kontak.

Hal ini bertujuan, yakni untuk memverifikasi apakah toko online tersebut benar-benar ada atau justru sebaliknya.

Selain itu, ada juga beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui seputar identitas penjual sebelum berbelanja online.

Yakni seperti melihat informasi mengenai nama toko online, alamat, alamat email, nomor telepon dan lain-lain.

Dengan memeriksa detail informasi identitas penjual satu ini, maka risiko penipuan online bisa Anda hindari dengan mudah.

Dengan menerapkan beberapa tips menghindari penipuan belanja online yang sudah dijelaskan satu per satu di atas, maka aktivitas belanja online yang Anda lakukan akan lebih aman dan tidak mengalami kerugian besar.

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.