Apa Itu Penipuan Online? Kenali Berbagai Macam Modus Penipuan

Oleh

Assyfa

Pahami apa itu penipuan online dan hal-hal yang berkaitan dengan penipuan dalam jaringan agar Anda tidak menjadi korban. Belakangan ini marak sekali kasus kejahatan yang terjadi di berbagai media sosial dengan berbagai macam kedok untuk mengelabui korban.

Secara istilah penipuan digunakan sebagai gambaran suatu kejadian atau peristiwa pembohongan, penipuan, dan sejenisnya dengan tujuan mengambil keuntungan dari korban.

Apa itu penipuan online? Penipuan online yaitu sebuah upaya dari pelaku kejahatan untuk mengambil keuntungan dari korban melalui layanan internet atau dalam jaringan.

Maraknya kasus penipuan di jaringan internet terjadi karena hampir semua orang terhubung dengan layanan internet. Aktivitas yang dilakukan secara online seperti bekerja, belanja, menabung, bahkan mendaftar sekolah pun dilakukan secara online.

Menjadi korban merupakan hal yang tidak diinginkan sertiap orang karena membawa kerugian. Korban dapat merasa depresi karena tekanan mental, kerugian materi, bahkan mungkin ancaman bahaya.

Setelah mengenal apa itu penipuan online sekarang Anda harus memahami hal-hal yang berkaitan dengan penipuan online supaya Anda tidak menjadi korban dari pelaku kejahatan jaringan internet.

Berikut Ini Modus Penipuan Online
Berikut Ini Modus Penipuan Online

Berikut Ini Modus Penipuan Online

Sulitnya mencari lowongan pekerjaan dan persaingan di dunia kerja menjadi dorongan untuk menghalalkan berbagai cara dalam mencari uang. Minimnya pengetahuan tentang apa itu penipuan online pada beberapa orang juga menjadi hal yang dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh para pelaku kejahatan.

Para pelaku kejahatan penipuan online melakukan aksi secara terencana dengan mengaplikasikan beberapa trik -trik andalan.

Trik untuk apa itu penipuan online tersebut memiliki tujuan mempengaruhi korban dengan menarik rasa iba dan simpati, menawarkan hadiah agar koban tergiur, maupun menawarkan barang secara gratis dan masih banyak lainnya. Berikut ini beberapa rangkuman modus penipuan online andalan para penipu.

1. Apa itu penipuan online Phising

Penggunakan kata phising yaitu digunakan untuk menggambarkan pengelabuan terhadap korbaan agar mendapat data pribadi yang sensitif seperti email, identitas, serta nomor rekening dan password.

Kata pishing dirujuk dari kata fishing yang memiliki arti memancing, seperti tujuan utama phising ini yaitu untuk memancing korban memberikan data tanpa paksaan. Korban memang tidak tahu akan hal itu karena pelaku kejahatan ini biasanya mengatas namakan institusi resmi ataupun pihak berwenang.

Setelah memencet link phising didalamnya korban akan disuruh memasukkan akun dan password pada email ataupun akun lainnya, Beberapa modus dari teknik pishing sebagai berikut.

  • Mengirim email informasi kepada korban untuk memencet link pishing tanpa diketahui
  • Link phising generator akun game untuk menambah coin, diamond atau sejenisnya
  • Link phising mendapatkan hadiah dengn cara memasukkan data pribadi untuk mendaftar

2. Apa Itu Penipuan Online Impersonation

Pengertian dari impersonation yaitu penipuan mengatas namakan pihak perbankan untuk menawarkan sesuatu yang menggiurkan dengan cara mengirimkan formulir akses rekening kepada mereka.

Data-data rekening khusunya nomor rekening dan passwordnya merupakan incaran utama jenis trik ini.

Dengan akses ke rekening pelaku penipuan dapat menguras semua uang yang terdapat didalam rekening, Modus-modus terbaru dari trik impersoning yaitu.

3. Apa Itu Penipuan Online Vishing

Kata vishing merupakan gabungan dari 2 suku kata yaitu voice dan phising.

Teknik ini menggabungkan 3 trik menjadi satu yaitu phising, impersonating, dan teknik voice, dengan kata lain dapat diartikan sebagai cara memancing korban supaya memberikan akses rekening perbankan menggunakan telfon penawaran menerima hadiah.

Pelaku penipuan online akan melakukan panggilan dengan mengatas namakan pihak bank, salah satu modus trik vishing seperti :

  • Menelfon korban untuk menberitahu bahwa mereka mendapatkan hadiah seperti uang tunai, motor, mobil dll
  • Meminta kiriman uang dari korban sebagai syarat biaya pajak untuk hadiah yang lebih besar, teknik ini biasa disebut dengan money mule

4. Smishing

Smishing merupakan gabungan dari 2 suku kata yaitu SMS dan phising, yaitu penipuan dengan cara mengirimkan short masage (SMS) pada korban dengan mengatas namakan lembaga resmi.

Kini smising tidak hanya beredar melewati SMS saja namun juga berkembang melewati MMS dan WhatsApp Messenger, contoh penggunaan teknik smishing seperti berikut :

  • Mengatas namakan pihak bank dengan mengirim SMS pemberitahuan mendapatkan hadiah

Selain trik diatas terdapat juga penipuan pada jual beli barang secara online. Pelaku apa itu penipuan online akan menawarkan barang dengan harga murah dibawah harga normalnya agar pembeli berminat dan terpengaruh.

Setelah melakukan transfer uang selanjutnya pelaku akan langsung memblokir akses pesan kepada korban, atau dengan mengirim barang yang tidak sesuai perjanjian.

  • Jika Anda sudah terlanjur menjadi korban penipuan, Anda dapat melaporkan kepada pihak berwenang.

Pasal yang dapat di jatuhkan kepada pelaku yaitu pasal 28 Ayat (1) UU ITE tentang penipuan online berbunyi. “Setiap Orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik”

Dengan hukuman pidana telah diatur dalam pasal 45A ayat (1) UU 19/2016 dengan bunyi.

“Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)”.

Berikut Tips Menghindari Penipuan Online
Berikut Tips Menghindari Penipuan Online

Berikut Tips Menghindari Penipuan Berbasis Online

Lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas melalui jaringan internet kususnya transaksi menggunakan akun pribadi dan nomor rekening. Para korban penipuan online bisa terpengaruh karena kebanyakan dari mereka para korban tidak mengetahui apa itu penipuan online dan modus-modus yang digunakan pelaku. Berikut tips dan trik agar Anda tidak menjadi korban.

1. Jangan mudah terpengaruh terhadap tawaran menggiurkan pada telephone, website, dan lain lain. Jika Anda membaca sebuah informasi pengumuman untuk mendapatkan hadiah, telphone dari nomor tidak dikenal memberi tahu Anda mendapatkan hadiah. Berhati-hati karena mungkin saja itu sebuah penipuan untuk menyasar Anda sebagai korban.

2. Cek kebenaran tawaran hadiah yang ditawarkan apa itu penipuan online kepada Anda. Lakukan pengecekan dengan melihat pada website atau akun media sosial resmi dari lembaga yang mengaku akan memberi hadiah. Kebanyakan perusahaan atau instansi resmi seperti bank akan melakukan pengumumuan di media sosial resmi, melewati email, dan pemberitahuan langsung dari kantor.

3. Jangan beri tahu data pribadi kita yang bersifat vital pada orang lain. Ketika pelaku kejahatan penipuan menanyakan data pribadi maka jangan berikan, karrna pada lembaga resmi apa bila memberi hadiah hanya perlu syarat bukti data diri bukan akun atau kata sandi yang bersifat vital.

4. Aktifkan fitur keamanan browser pada pengaturan google Anda supaya dapat memberi tahu kemungkinan web phising. Keamanan browser akan mendeteksi suatu website jika website tersebut berasal dari sumber tidak dikenal. Anda perlu mengeklik setuju dan lanjutkan untuk tetap masuk ke dalam situs website tersebut.

5. Dalam melakukan transaksi jual beli gunakan jasa pihak ke 3 seperti rekening bersama. Pembelian di media sosial seringnya hanya melibatkan penjual dan pembeli tanpa adanya perantara transaksi.

Modus penipuan ini pelaku akan meminta transfer uang terlebih dahulu, dan setelah uang masuk, pelaku penipuan akan langsung melakukan blokir terhadap akses obrolan dengan pembeli. Perantara juak beli bisa Anda pilih dari jasa rekening bersama yang terkenal atau admin group di suatu media sosial.

Selain perantara ke 3 Anda huga dapat memanfaatkan e-commerce toko online untuk menjadi pihak ke 3 transaksi penjualan. Arahkan penjual untuk memposting barang jualannya di toko online shop dan kita dapat membayar melewati aplikasi tersebut.

6. Lakukan pengecekan dan lebih teliti sebelum mengeklik link karena penipu akan menggunakan link phising hampir mirip dengan link aslinya. Tidak hanya link saja tampilan bahkan isi website juga dimanipulasi sedemikian rupa supaya mirip dengan website yang asli.

7. Jangan beritahu pin, password, dan kode verifikasi pada akun-akun pribadi Anda. Modus penipuan ini banyak menggunakan alasan salah kirim uang lalu meminta kembalian dengan menanyakan kode verifikasi yang terkirim pada nomor handphone milik Anda.

8. Mengecek rekam jejak rekening yang digunakan saat transaksi jual beli pada laman CekRekening.id untuk mengetahui apakah penual merupakan spesialis kejahatan penipuan secara online.

Apa yang Harus di Lakukan Ketika Terkena Penipuan Online
Apa yang Harus di Lakukan Ketika Terkena Penipuan Online

Apa yang Harus di Lakukan Ketika Terkena Penipuan

Lebih cermat ketika ingin melakukan transaksi online dengan mengecek nomor atau rekening bank yang digunakan. Jangan berdiam diri ketika menadi korban penipuan online, laporkan tindak keajatan tersebut agar tidak terulang pada orang lain.

Jika Anda baru memahami apa itu penipuan online, modus, dan cara agar tidak menjadi korban, namun setelah Anda terlanjur terkenanya maka lakukan beberapa langkah yang dapat dilakukan.

1. Langkah pertama untuk harus dilakukan yaitu melaporkan kepada pihak kepolisian. Anda akan diarahkan untuk melakukan pelaporan sesuai ketentuan ikuti saja langkah-langkah yang ditentukan agar kasusnya dapat diproses secara cepat oleh polisi cyber.

2. Melakukan input pelaporan pada website lapor.go.id melalui smartphone atau laptop milik Anda.

3. Membuat postingan di media sosial agar netizen mengetahui kronologi, modus apa itu penipuan online, dan nomor rekening yang digunakan pelaku kejahatan ini supaya tidak terjadi kepada mereka.

4. Lakukan pelaporan rekening pada aduan website layanan.kominfo.go.id agar kasus penipuan dapat ditindak lanjuti pemerintah. Lakukan langka-langka yang diinstruksikan pada fitur help desk di menu Aduan Briti.

5. Hubungi CS bank merupakan bagian terpenting jika penipuan menggunakan rekening bank untuk bertransaksi uang.

Siapkan berkas berkas yang diperlukan dan barang bukti kuat seperti struk hasil transfer dan tangkapan layar percakapan dengan pelaku apa itu penipuan online. Bukti terlampir harus akurat supaya pihak bank dapat melakukan pemblokiran kepada rekening bank yang digunakan penipu.

Pada website link phising yang menawarkan hadiah, Anda akan di arahkan untuk masuk atau login menggunakan akun bank. Dari situs tersebut penipu dapat mengetahui akses masuk menuju rekening bank milik Anda dan menguras habis uang yang terdapat didalamnya.

Memahami apa itu penipuan online dan modus modusnya agar menambah pengetahuan Anda. Dengan pengetahuan itu Anda dapat mengetahui jika ada pelaku kejahatan mengatas namakan instansi resmi menghubungi Anda.

Anda akan mudah mengenali bentuk penipuan pada website link phising supaya tidak menjadi korban. Lakukan edukasi apabila teman, keluarga, atau sodara Anda bercerita tentang dirinya yang dihubungi oleh seseorang mengaku sebagai instansi resmi suatu perusahaan dan meminta data pribadi untuk syarat mendapatkan hadiah.

Setelah memahami apa itu penipuan online selanjutnya Anda melakukan tips dan trik agar tidak menjadi salah satu korban penipuan online.

Baca Juga : Simak 7 Tips Menghindari Penipuan Belanja Online Agar Aman

Bagikan:

Tinggalkan komentar