9 Peluang Bisnis Game Online dan Tips Agar Menguntungkan

eluang bisnis game online

Game online tidak akan pernah sepi peminat. Pasalnya, game online tak mengenal usia, dan pemainnya berasal dari hampir semua kalangan. Itu sebabnya, bisnis game online pun menjadi sebuah bisnis yang cukup menjanjikan dari segi keuntungan tanpa tes pasar.

Banyak sekali peluang yang bisa Anda terapkan dalam bisnis ini. Tak hanya membuka sebuah kafe game online, Anda juga bisa menjadi influencer apabila Anda sendiri jago bermain. Berikut adalah beberapa peluang bisnisnya serta tips jitu agar keuntungannya cukup besar.

Peluang Bisnis Game Online

1. Jasa top up voucher game

Jasa top up voucher game

Saat ini banyak sekali cara bisnis game online yang menjual voucher tertentu untuk bisa bermain dengan cara memanfaatkan fitur atau item. Item dan fitur tersebut hanya bisa dibuka atau unlocked apabila Anda memiliki nomor atau kode tertentu yang akan dimasukkan ke dalam kolom.

Bisnis ini sangat menggiurkan dari segi keuntungan. Pasalnya, hampir setiap game online saat ini yang tak lagi mendapatkan uang melalui iklan. Pengguna juga lebih memilih game yang mengharuskan mereka untuk membeli voucher ketimbang harus menonton iklan.

Anda bisa menjadikan hal ini sebagai sebuah kesempatan bisnis yang besar. Untuk pemain yang masih anak-anak, mereka tidak memiliki kuasa untuk melakukan pembelian melalui transfer bank. Mereka akan mencari jasa top up voucher karena lebih mudah, praktis dan juga terkontrol.

2. Membuka toko perlengkapan game

Membuka toko perlengkapan game

Apabila Anda memiliki modal yang cukup besar dan juga sebuah tempat yang strategis, pilihan untuk membuka perlengkapan game online pun terbuka lebar. Pasalnya, game online tak hanya terbatas dengan game di handphone atau tablet saja.

Banyak game yang dimainkan di komputer. Bagi orang yang malas bertransaksi untuk membeli game konsol, mereka akan memilih toko perlengkapan game. Mereka juga tidak harus mendownload file game yang ukurannya sangat besar, membutuhkan waktu lama, dan menghabiskan data.

Anda bisa menjual berbagai game sebagai bisnis game online yang menguntungkan. Bisnis yang satu ini juga akan menantang Anda untuk bersikap karena harus memastikan bahwa perlengkapan game yang dijual adalah resmi dan asli. Game juga akan terhindar dari masalah saat dimainkan dan tidak melanggar hak cipta.

3. Rental game online

Rental game online

Para gamer banyak yang tidak bisa menikmati permainan karena terbatas dengan perlengkapan yang dimilikinya. Tak semua orang memiliki screen, game console dan alat lain yang mendukung game. Mereka akan mencari rental game online karena hanya perlu membayar sesi tertentu saja.

Saat ini juga tak banyak area yang mendirikan sebuah renta game online karena memang memerlukan modal yang sangat besar. Perlengkapan game dan game yang resmi memerlukan modal yang tidak sedikit, sehingga Anda perlu mempertimbangkan rencana ini dengan matang.

Perangkat game yang dibutuhkan juga pasti lebih dari satu. Semakin besar rental, maka semakin besar pula kebutuhan luas tempat untuk menjamin kenyamanan penggunanya. Anda bisa menyiapkan bisnis ini dengan menjual paket-paket game terhadap semua pemain.

4. Jasa install game

Jasa install game

Beberapa game memerlukan trik khusus untuk bisa diinstal dan tak banyak orang yang bisa melakukannya. Terlebih para gamer yang masih anak-anak. Mereka akan mencari jasa install game untuk bisa bermain game kesukaan mereka.

Tantangannya adalah sebagai seseorang yang menjalankan bisnis game online ini, Anda akan dituntut untuk selalu update dengan jenis game yang ada saat ini. dari waktu ke waktu, developer selalu menciptakan game terbaru dan juga melakukan pembaruan terhadap game yang sudah ada.

Beberapa game juga hanya bisa dinikmati apabila Anda melakukan pembelian melalui kartu kredit. Tidak semua orang memiliki kartu kredit, sehingga Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menggaet lebih banyak gamer untuk datang ke bisnis yang sedang Anda jalani.

5. Youtuber gamer

Youtuber gamer

Bisnis yang tak kalah seru saat ini dan mulai ditiru oleh para gamer adalah dengan menjadi seorang Youtuber gamer. Anda tidak hanya akan mendapatkan kesenangan dari bermain game saja, namun juga uang yang dihasilkan cukup besar apabila Anda mendapatkan banyak penonton.

Bisnis ini mengharuskan Anda bermain game dengan cermat. Sambil bermain game, Anda juga bisa sambil memberikan tips dan trik kepada calon penonton. Sasaran audiens dari seorang youtuber gamer cukup banyak dan berasal dari segala kalangan usia.

Dari mana Anda mendapatkan uang ketika menjalankan bisnis ini? Saat Anda bisa memposting konten secara teratur dan mendapatkan penonton yang banyak, Anda bisa menyalakan manfaat dari fitur adsense. Anda juga bisa sambil menjadi seorang endorser game.

Baca Juga : 21 Cara Mendapatkan Uang dari Handphone

6. Jual beli akun game

Jual beli akun game

Yang tidak kalah seru adalah dengan menjadi seorang penjual akun game. Banyak gamer yang mungkin terkendala bahasa untuk bisa mendaftar. Beberapa game resmi memang membutuhkan registrasi yang cukup rumit. Anda bisa menjadi jembatan bagi mereka bisa bermain.

Yang pasti, bisnis game online Android memaksa Anda bersedia untuk menjadi seseorang yang selalu update dengan perkembangan game saat ini. Kemudian, Anda juga harus mencari cara untuk bisa beternak akun game. Akun yang dijual biasanya bersifat selamanya atau bisa juga hanya sementara.

Penjualan akun game juga dinilai mudah karena Anda sama sekali tidak membutuhkan toko. Selain itu, Anda bisa menjualnya secara online. Karena praktis dan tak butuh modal yang banyak, saat ini jasa jual beli akun game semakin menjamur. Anda bisa menjadi seorang penjual yang kompetitif.

7. Menjadi joki game

Menjadi joki game

Apakah Anda memiliki kemampuan yang handal saat bermain game? Apabila Anda merasa bahwa kemampuan bermain di atas rata-rata dan bisa selalu memenangkan turnamen, Anda bisa menjadi seorang joki game. Joki akan menggantikan peserta untuk login dalam turnamen game tertentu.

Talenta yang satu ini memang menjadi taruhan yang cukup besar. Menang atau kalah adalah hal yang biasa, namun kemenangan akan membawa keuntungan yang sangat besar. Nilai hadiah turnamen game online juga sangat besar dan menggiurkan.

Anda juga akan memerlukan koneksi yang cukup banyak untuk bisa dipercaya menjadi seorang joki yang handal. Selain itu, Anda juga membutuhkan waktu yang luang, paket internet yang cukup dan perangkat yang bisa digunakan untuk melakukan instalasi agar game bisa running dengan lancar.

8. Terjun ke dalam turnamen

Terjun ke dalam turnamen

Turnamen game merupakan sebuah ajang kompetisi untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Kompetisi ini umumnya diadakan secara resmi oleh para developer untuk memicu pengguna aplikasi atau konsol game yang lebih banyak.

Meskipun begitu, secara umum turnamen hanya diadakan dalam waktu tertentu seperti setahun sekali saja. Anda tidak akan selalu menemukan turnamen dalam satu game yang dilakukan secara terus menerus kecuali jika hadiahnya hanya berupa item dalam game.

Ikut ke dalam turnamen menjadi sebuah bisnis game online yang sangat menggiurkan. Developer menjanjikan nilai uang yang sangat besar untuk para pemenangnya. Apabila Anda sudah pro, maka Anda bisa menjadi gamer yang menjalankan bisnis dengan hanya ikut ke dalam turnamen.

9. Membuat web terkait games

Membuat web terkait games

Para gamer pemula pasti membutuhkan bimbingan untuk bisa bermain game. Bimbingan yang mereka cari tak hanya tutorial dari kanal video seperti Youtube, namun juga website. Hal ini akan memudahkan mereka karena bisa dibaca berkali-kali.

Selain itu, Anda juga bisa mengisi web dengan konten-konten seperti review, pro kontra, kekurangan kelebihan dan lain-lain terkait game. Apabila web Anda mendapatkan banyak pengunjung organik, maka Anda bisa memasang iklan di web dan mulai mendapatkan keuntungan.

Bisnis game online yang satu ini membutuhkan ketelatenan dari Anda sendiri. Anda harus menjadi seorang blogger yang aktif untuk memberikan feedback. Pembaca juga senang berinteraksi dengan memberikan komentar. Anda bisa mendapatkan ide lebih banyak dari mereka.

Tips Membuka Bisnis Game Online

Tips Membuka Bisnis Game Online

1. Siapkan perangkat yang handal

Perangkat perlu Anda siapkan sebagai modal buka bisnis. Tanpa perangkat yang mendukung game, maka permainan akan terhambat. Contoh kendala yang sering ditemukan adalah lag yang ditemukan pada layar. Hal ini akan mengganggu kenyamanan dalam bermain game.

Anda bisa mencari tahu jenis layar yang perlu digunakan untuk bermain game setidaknya di level rata-rata. Prosesor dan memori adalah dua hal terpenting yang harus diperhatikan agar loading tidak terlalu lama. Bit dari layar juga akan berpengaruh terhadap game yang diciptakan untuk kualitas HD.

Pastikan memori perangkat juga tersedia dalam ukuran yang besar. Sebuah game dengan basis software atau aplikasi membutuhkan memori yang besar untuk bisa diinstal. Semakin besar memori yang ada pada perangkat laptop atau komputer, maka semakin banyak pula game yang bisa diinstal.

2. Memastikan network internet

Sebuah bisnis game online, apapun itu, membutuhkan kualitas network yang tinggi. Pasalnya, game dengan kualitas yang HD hanya bisa tampil dengan baik apabila jaringan internetnya mendukung. Tanpa jaringan yang bagus, maka permainan akan selalu lag dan menghambat battle.

Carilah jasa internet provider yang menawarkan kualitas jaringan terbaik dan menjanjikan kecepatan yang tinggi. Harganya mungkin akan berbeda dengan jaringan rata-rata atau pada umumnya. Tetapi tanpa hal ini, Anda tidak akan bisa bermain game dengan nyaman terutama masa kompetisi.

Apabila Anda membuka sebuah warung internet, maka tantangan yang akan dihadapi adalah semakin besarnya bandwidth yang akan Anda perlukan. Bandwidth akan menjadi rebutan para pengguna atau gamer nantinya. Pelanggan yang merasa lag saat bermain akan meninggalkan Anda.

3. Mendesain tempat usaha

Tempat usaha adalah hal yang tidak boleh Anda sepelekan dalam membangun bisnis game online seperti warnet game. Gamer tidak akan mau bermain di tempat yang sumpek. Pasalnya sebuah game memerlukan waktu yang panjang untuk bisa dimainkan, bahkan lebih dari satu jam.

Apabila tempat yang disediakan sempit, jarak antara gamer tidak dibatasi dengan nyaman, gerah karena panas perangkat, maka pelanggan akan meninggalkan Anda. Itu sebabnya Anda perlu mendesain tempat usaha agar mereka mau untuk selalu datang ke tempat Anda.

4. Kebutuhan listrik

Tak dipungkiri jika kebutuhan listrik bagi seorang gamer menjadi hal yang penting. Apabila menjalankan bisnis ini, maka kebutuhan listrik pun akan semakin besar. Instalasi kwh akan membutuhkan daya yang lebih besar dan juga tagihan bulanan yang cukup banyak.

Komponen yang satu ini tak bisa lepas dari jenis usaha yang memancing pelanggan seperti warnet game. Anda juga harus memastikan bahwa kondisi listrik saat game dijalankan pengguna akan selalu stabil sehingga mereka tidak perlu kecewa saat bermain.

Peluang dan tips bisnis game online di atas bisa memandu Anda untuk membangun bisnis dengan keuntungan yang besar. Anda perlu siap dengan tantangan yang ada seperti selalu harus update dengan jenis game dan persiapan perangkat.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.