Pengertian Split Payment, Cara Kerja dan Contohnya

Pengertian Split Payment

Apa itu split payment? Istilah tersebut merupakan cara baru yang memberikan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan transaksi.

Siapa pun dapat melakukan pembayaran menggunakan beberapa sumber dana sekaligus tanpa kesulitan, seperti menggabungkan transfer bank dan dompet digital.

Dahulu Anda harus mentransfer saldo dari rekening ke dompet digital atau sebaliknya ketika salah satu sumber dana masih kurang untuk dipakai membayar pembelian. Sekarang, metode konvensional semacam itu tidak lagi diperlukan karena Anda dapat mengombinasikan keduanya!

Transaksi di marketplace, belajar ilmu baru melalui platform e-learning, belanja di gerai ritel dengan banyak cabang, semuanya bisa dilakukan dengan cepat.

Cukup tentukan pilihan produk yang diinginkan, kemudian bayar dengan menggabungkan beberapa sumber dana melalui metode atau fitur ini.

Pengertian Split Payment

Cara Kerja

Aktivitas pembagian pembayaran merupakan hal yang sangat mudah dilakukan seiring dengan kemajuan teknologi. Banyak platform telah menyediakan fitur pembayaran dengan mengombinasikan beberapa sumber dana sekaligus.

Tidak ada lagi kendala transaksi yang terhambat karena kurangnya saldo pada satu sumber dana. Artinya, Split payment dapat digunakan sebagai pemanfaatan beberapa sumber dana pada waktu yang sama untuk membayar suatu transaksi.

Contohnya seperti menggabungkan DANA dengan transfer bank saat hendak berbelanja di sebuah marketplace. Pembayaran ini juga dapat digunakan dalam patungan dalam transaksi bersama orang lain.

Metode ini juga dikenal sebagai bentuk pembayaran yang memungkinkan pembelian suatu produk dengan sumber dana berbeda-beda.

Cara Kerja

Split payment sebenarnya dapat dipandang sebagai pelayanan yang solutif untuk pelanggan. Metode ini benar-benar membawa banyak kemudahan dalam pembayaran. Anda dapat untuk membayar menggunakan sumber dana yang berbeda-beda.

Pilihannya pun beragam dan fleksibel serta dapat mengombinasikan bermacam-macam sumber dana, seperti dompet digital dan transfer bank, atau PayLater dan dana tunai.

Misalnya, pelanggan hendak membeli barang tertentu di marketplace menggunakan PayLater, tetapi terbatas limit aplikasi. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan memilih fitur metode pembayaran lain, seperti transfer bank.

Pada akhirnya, produk tetap terbeli dengan menggabungkan PayLater dan transfer bank.

Tidak perlu berpikir terlalu rumit karena pelanggan tidak perlu mengutak-atik aplikasi agar dapat menggunakan metode pembayaran gabungan tersebut.

Pada umumnya metode pembayaran gabungan dua sumber seperti ini dapat digunakan melalui fitur yang sudah disediakan oleh platform.

Jika Anda berbelanja di gerai tertentu secara offline, kasir juga bisa jadi menawarkan metode pembayaran seperti ini dengan menggabungkan beberapa sumber dana.

Baca Juga: Pengertian Payment System di Era Digital: Jenis, dan Manfaatnya

Manfaat Split Payment

Manfaat

Manfaat split payment dapat dinikmati oleh penjual maupun pembeli. Fitur atau metode pembayaran seperti ini bukan hanya dapat memperlancar operasional bisnis, tetapi juga berguna bagi kemudahan pembayaran di berbagai merchant!

1. Optimalisasi Bisnis

Metode pembayaran gabungan semacam ini dapat memperluas laba penjualan. Artinya, tidak hanya fokus untuk satu pihak saja, tetapi semua kalangan kini bisa membayar belanjaan dengan lebih praktis.

Metode pembayaran praktis yang seperti ini pada akhirnya dapat membuat pembeli untuk terus berbelanja. Sementara itu, pelaku usaha dapat meningkatkan penjualan, sehingga bisnis akan berjalan secara lebih optimal.

2. Menambah Jaringan Bisnis

Jaringan bisnis berpotensi mengalami peningkatan dengan memanfaatkan metode pembayaran gabungan semacam ini. Sebagian besar distributor dapat mengandalkan metode pembayaran seperti ini karena dipandang mudah dan fungsional.

Seiring dengan kemudahan transaksi dengan para distributor, maka Anda pun bisa memperluas jaringan bisnis. Tidak ada lagi kesulitan dalam membayar barang atau jasa karena pilihan metode pembayarannya semakin variatif.

3. Mempermudah Cicilan

Pembeli juga dapat untuk mengajukan cicilan untuk membayar transaksi ketika kekurangan dana.

Ketika hendak berbelanja secara offline dan mengalami kendala karena kekurangan uang tunai, Anda dapat mengajukan pembayaran menggunakan metode ini.

Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan uang tunai yang dimiliki. Sementara itu, sisa pembayaran dapat dilunasi dengan cara kredit. Inilah salah satu manfaat yang menarik ketika menggunakan split payment sebagai metode pembayaran.

4. Membantu Mengelola Finansial

Anda bisa mengatur alokasi keuangan dengan menggunakan saldo di berbagai jenis platform digital, seperti rekening bank, dana tunai, atau dompet digital.

Artinya, pengelolaan finansial dapat dilakukan dengan lebih mudah di era serba digital seperti sekarang.

Meskipun memiliki banyak platform digital, Anda tetap bisa menggabungkan beberapa platform tersebut untuk melakukan pembayaran ketika berbelanja di marketplace.

Transaksi ini dapat dilakukan tentu saja dengan menggunakan bantuan fitur split payment.

5. Mempermudah Patungan Saat Membayar

Terdapat istilah pembayaran yang akhir-akhir ini terkenal di kalangan muda-mudi, yaitu split bills. Split bills memudahkan siapa pun untuk berpatungan atau menumpulkan dana dengan menggunakan uang elektronik.

Cara ini sangat menguntungkan ketika bersama-sama makan di restoran, membeli kebutuhan rumah tangga, atau berbagai aktivitas lainnya.

Semua pembeli yang hendak melakukan patungan dapat menggunakan satu aplikasi saja, kemudian membayar tagihan bersamaan. Transaksi patungan dalam split payment seperti ini tentu saja didukung oleh peranan fitur split payment.

Acara kumpul bersama kenalan menjadi lebih menyenangkan karena setiap orang dapat memberikan kontribusi finansial.

6. Memudahkan Pembelian

Bukan hanya para penjual yang dapat peningkatan penjualan dengan adanya metode pembayaran seperti ini, pembeli pun akan lebih mudah memberi barang yang dibutuhkan.

Terdapat pilihan untuk menggabungkan beberapa sumber dalam satu kali transaksi merupakan metode yang sangat jenius!

Ketika mengalami kekurangan dana untuk membeli barang tertentu, Anda bisa menggabungkan metode pembayaran dengan PayLater. Akhirnya, tagihan cicilan di masa depan menjadi lebih ringan karena separuhnya telah dilunasi.

Dibandingkan harus menggunakan PayLater dan menanggung cicilan dalam jumlah banyak, Anda bisa menggunakan split payment sebagai solusinya.

7. Meminimalkan Kekeliruan Perhitungan

Pemanfaatan metode pembayaran secara terpisah dapat membantu penjual untuk meminimalkan kekeliruan perhitungan. Nominal yang harus dibayarkan oleh pembeli tidak perlu lagi dihitung manual dan tidak berpusat pada satu sumber.

Cara seperti ini memberikan kemudahan saat pembeli bertransaksi secara berkelompok.

Tidak perlu berpaku pada satu sumber pembayaran, seperti harus tunai atau transfer bank, karena semua dapat digabungkan dalam waktu bersamaan menggunakan metode penggabungan sumber pembayaran.

Baca Juga : Payment Gateway, Apa Itu? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Rekomendasi Aplikasi untuk Split Payment

Pembayaran gabungan dapat menguntungkan kegiatan berbelanja kelompok. Patungan bisa dilakukan dengan cepat dan akurat menggunakan beberapa aplikasi.

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda membayar secara berkelompok menggunakan metode split payment, yaitu:

1. Jenius

Jenius

Pembagian tagihan dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone saja asalkan memiliki saldo yang cukup.

Jenius akan membantu menghitung bill secara otomatis ketika Anda selesai memasukkan status tagihan. Misalnya, menghitung makanan yang dinikmati bersama teman di sebuah restoran.

Patungan difasilitasi melalui fitur $Cashtag sehingga tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan perhitungan.

Cukup masuk ke menu ini, kemudian tambahkan kontak teman yang akan menanggung tagihan bersama-sama, dan input riwayat pembelian. Perhitungan total belanja diproses otomatis.

2. DANA

DANA

DANA memfasilitasi pembayaran gabungan dengan adanya fitur Minta. Cukup masukkan total tagihan yang perlu dibayar, kemudian tunggu sistem memprosesnya secara otomatis. Jumlah besaran per individu dapat dilihat dalam waktu singkat.

Bukan hanya itu, metode ini juga bisa dilakukan melalui platform lain. Anda tidak harus masuk ke akun DANA untuk memprosesnya, seperti Bukalapak yang mengombinasikan DANA dengan transfer bank sebagai solusi bagi pembeli.

3. GoPay

GoPay

Anda harus memiliki akun premium terlebih dahulu agar dapat menggunakan split payment pada GoPay.

Anda bisa memilih fitur Minta dan mencari jenis pembayaran yang diharapkan. Tidak hanya patungan, ini juga memungkinkan pengguna menagih hutang dengan praktis.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat grup patungan. Namun, GoPay memberlakukan batas maksimal anggota dalam patungan grup sebanyak 51 pengguna dan sudah terhitung admin.

Jika jumlah orang yang bergabung lebih dari angka tersebut, tentu transaksi tidak akan berhasil.

Pola pembagian tagihan juga lebih variatif, yakni rata-rata dan berbeda-beda. Jika memilih pembagian rata-rata maka akan nominal terbagi otomatis, sedangkan saat memilih berbeda-beda maka Anda harus memasukkan nominalnya secara manual.

4. Pawoon

Pawoon

Struk pembayaran dapat dipisahkan meskipun dilakukan secara bersama-sama. Inilah keuntungan menggunakan Pawoon sebagai sarana split bill. Setiap orang dapat menerima struk tagihan sesuai yang dibayarkan jika memang diinginkan.

Pengguna juga punya kesempatan untuk menunda pembayaran tagihan saat belum membutuhkannya. Cukup lanjutkan transaksi, nikmati waktu berbelanja dengan kelompok, kemudian bayarlah setelah tidak ada lagi yang ingin dibeli.

5. Line

Line

Line memang lebih dikenal sebagai media sosial, tetapi tahukah Anda bahwa split bill dapat dilakukan melalui aplikasi ini? Ada yang namanya fitur Split Bill dengan pemanfaatan teknologi OCR untuk membantu kegiatan patungan.

Proses pemindaian total tagihan dan perhitungannya terjadi dalam waktu yang amat singkat.

Akurasinya juga tinggi sehingga pembeli berkelompok bisa membayar secara adil. Menariknya, bukan hanya pengguna Line yang bisa menggunakan fitur tersebut.

Baca Juga: Macam E-Wallet di Indonesia, Kelebihan dan Kekurangannya

Contoh Penerapan

Contoh Penerapan

Proses perpindahan dana dari pembeli ke penjual menjadi lebih cepat dengan penerapan split payment yang dapat ditemukan di berbagai platform, baik online maupun offline.

1. Platform Agregator

Platform agregator dapat digunakan untuk mentransfer dana dari banyak pengguna kepada penyedia layanan secara bersamaan. Pembayaran terpisah dari metode yang berbeda-beda mempermudah terkumpulnya dana.

Contoh pemanfaatannya seperti menggunakan aplikasi ride-sharing sebagai cara baru untuk membayar perjalanan kelompok dalam satu waktu.

Pengemudi tidak perlu lagi menunggu uang tunai terkumpul ke satu penumpang berkat adanya metode pembayaran ini.

2. Marketplace

Marketplace yang menghubungkan banyak penjual dan pembeli dalam satu platform jelas memiliki transaksi tingkat tinggi.

Segala jenis interaksi untuk memenuhi kebutuhan transaksi semua pihak terjadi di sini. Dibutuhkan metode pembayaran yang mampu mengakomodasi dana seluruh pengguna.

Aplikasi split payment dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk menghubungkan penjual dan pembeli secara efektif. Anda bisa melihat contohnya pada Flipkart yang telah mampu mempertemukan banyak penjual ke pelanggan dengan tepat.

3. Platform E-Learning

Platform e-learning termasuk bidang bisnis yang mengalami pertumbuhan pesat selama beberapa tahun terakhir.

Banyak siswa mulai beralih kepada pembelajaran online guna mendapatkan pengalaman yang lebih komprehensif. Tutor pun pada waktu yang sama memperluas jangkauan mengajar ke platform ini.

Berkat adanya metode pembayaran gabungan dengan kemampuan mengakomodasi transaksi pengguna, performa pembelajaran online jadi lebih ringkas.

Contohnya seperti Coursera, platform e-learning yang telah menyediakan berbagai macam kursus dan sertifikasi bagi pelajar.

4. Gerai Ritel dengan Banyak Cabang

Gerai ritel yang mempunyai banyak cabang pasti kesulitan untuk mengelola aliran uang.

Jika transaksi terjadi pada waktu bersamaan, maka akan menyebabkan kesulitan pembukuan. Namun, dengan adanya metode pembayaran gabungan, masalah tersebut dapat diatasi.

Proses pembukuan pun lebih gampang untuk disatukan dan diringkas karena metode ini. Contohnya ketika Anda mengelola sebuah restoran, cobalah tawarkan pembayaran patungan kepada pembeli yang datang secara berkelompok.

Dibanding pembeli yang datang berkelompok membayar masing-masing belanjaan mereka, tentu lebih bagus untuk menggabungkannya. Cara ini mempersingkat proses transaksi, semua pihak pun seharusnya merasa senang.

5. Platform Gig Economy

Platform gig economy biasanya digunakan untuk menyatukan berbagai bidang bisnis yang tidak terorganisir.

Harapannya dapat memfasilitasi arus permintaan dan layanan secara efisien. Pembayaran dalam platform semacam ini bisa diringkas dengan menggunakan split payment.

Proses pembayaran dari pengguna jasa ke penyedia jasa tidak perlu melalui perantara yang panjang. Ini dapat diringkas sehingga transaksi terjadi tanpa penundaan.

Anda dapat menemukan contoh penerapannya melalui situs Fiverr dan sejenisnya.

Contoh Split Payment pada E-Commerce

Kegiatan belanja saat ini terasa menyenangkan karena banyaknya alternatif metode pembayaran.

Kenyamanan penjual dan pembeli benar-benar diperhatikan, seperti yang dilakukan oleh e-commerce berikut ini!

1. Shopee

Shopee

Ketika berbelanja di Shopee, Anda dapat menggunakan transfer bank virtual account dan PayLater pada waktu yang sama.

Tidak perlu lagi merasa khawatir kekurangan dana karena sekarang pembayaran dengan cicilan dan tunai dapat dilakukan bersamaan.

Contohnya, Anda berencana membeli smartphone baru seharga Rp2.500.000  menggunakan PayLater, tetapi terhalang limit dari aplikasi. Supaya bisa mengatasi keterbatasan dana ini, gunakan transfer bank virtual account pada waktu bersamaan.

Sistem Shopee akan menyediakan pilihan untuk metode pembayaran tambahan setelah memilih PayLater. Kemunculannya terjadi otomatis guna memenuhi limit dari harga barang yang diinginkan.

Pada akhirnya, pembayaran dilakukan terpisah dengan transfer bank sebesar Rp1.000.000 dan PayLater Rp1.500.000.

2. Tokopedia

Tokopedia

Pembayaran secara terpisah juga dapat dilakukan melalui TokoPedia dengan memanfaatkan transfer bank dan TokoCash.

Contohnya seperti pembayaran BPJS senilai Rp90.000 yang harus dibayarkan setiap bulan. Tetapi sisa saldo TokoCash hanya Rp30.000, lalu bagaimana cara memenuhi sisa tagihan?

Anda bisa menambah metode pembayaran lain, seperti transfer bank. Artinya, TokoCash menanggung biaya Rp30.000, sedangkan transfer bank Rp60.000.

Tidak butuh waktu lama, tagihan BPJS telah dilunasi. Inilah sedikit contoh kemudahan transaksi berkat adanya split payment.

3. Bukalapak

Bukalapak

Tidak ketinggalan, Bukalapak turut serta menyediakan pembayaran gabungan dengan mengandalkan transfer bank dan DANA.

Misalnya, ketika ingin membeli sebuah laptop seharga Rp5.000.000, tetapi saldo dana yang tersisa hanya Rp2.000.000.

Anda bisa mengeklik menu metode pembayaran, kemudian menambahkan metode transfer bank.

Pembelian laptop dapat diselesaikan dengan mudah setelah mengalokasikan dana dari rekening bank sebesar Rp3.000.000 dan menggabungkannya dengan saldo pada DANA.

Pengguna tidak akan dibuat kerepotan dengan mentransfer saldo dari rekening bank ke DANA atau sebaliknya. Cukup gunakan keduanya secara bersamaan dan dapatkan barang yang diimpikan!

Kegiatan transaksi sangat dimudahkan dengan berkembangnya teknologi digital. Variasi metode pembayaran semakin beragam sehingga semua orang bisa berbelanja secara online tanpa kesulitan.

Kekurangan saldo pada satu jenis sumber dana pembayaran bahkan tidak lagi menjadi masalah.

Anda kini bisa menggabungkan beberapa metode atau sumber pembayaran sekaligus saat berbelanja.

Split payment adalah cara baru untuk mempermudah kegiatan belanja dengan mengkombinasikan transfer bank, dana tunai, PayLater, dompet digital, dan lainnya.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.