6+ Cara Mencari SDM Berkualitas Agar Bisnis Maju

6+ Cara Mencari SDM Berkualitas Agar Bisnis Maju

Cara mencari SDM berkualitas merupakan sebuah upaya untuk mendapatkan karyawan berprestasi. Karyawan tersebut biasanya dapat diandalkan untuk memajukan perusahaan.

Karyawan yang layak disebut bersumber daya manusia tinggi adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk membantu mengembangkan bisnis atau perusahaan. Bekal yang karyawan berkualitas adalah visi dan misi diri sendirinya jelas.

Pengaruh SDM Berkualitas untuk Bisnis

Sumber daya manusia yang tinggi memang lebih condong dapat dikelola dengan mudah.

Karena, pemilik usaha atau bisnis tidak perlu menjelaskan secara detail. Biasanya karyawan yang berkualitas tersebut akan paham walau hanya mendapat secuil penjelasan.

Karena tidak semua orang memiliki SDM berkualitas, diperlukan cara mencari SDM seperti kriteria tersebut.

Sebelum beranjak ke sana, alangkah baiknya mengetahui terlebih dulu pengaruh dari SDM berkualitas terhadap bisnis yang dijalankan.

Pengaruhnya tentu sangat besar. Perusahaan akan melakukan recruitment terhadap calon karyawan untuk menyaring mana yang berkualitas dan mana yang tidak.

SDM berkualitas biasanya mempunyai visi ingin maju dan kadang memiliki gagasan yang luar biasa.

Gagasan inilah yang memungkinkan perusahaan dapat berkembang dengan cepat. Makanya sekali cara mencari SDM ini perlu diperhatikan.

Cara Mencari SDM yang Berkualitas

Cara Mencari SDM yang Berkualitas

Cara mencari SDM berkualitas memang diperlukan untuk proses recruitment karyawan. Agar bisnis atau perusahaan senantiasa dipenuhi oleh orang-orang berskill tinggi dan ingin maju. Berikut beberapa caranya:

1. Mencantumkan Kriteria Secara Detail Saat Iklan Lowongan Pekerjaan

Tahap paling awal untuk memiliki karyawan bersumber daya manusia luar biasa adalah memasukan kriteria secara detail ketika hendak mengiklankan lowongan pekerjaan.

Hal ini agar karyawan yang tidak sesuai kriteria menyadari dan menjauhinya.

Ketika sudah begitu, proses seleksinya pun akan semakin mudah. Karena biasanya karyawan yang datang memiliki kemampuan yang hampir seragam.

Pengusaha pun hanya tinggal memilih mana yang cocok dan mungkin memiliki kemampuan lebih.

Akan tetapi lebih baik memilih karyawan yang memiliki kemampuan sesuai posisi yang dicari. Hal ini dapat memengaruhi kinerja karyawan tersebut ke depannya.

2. Seleksi Curiculum Vitae dengan Teliti

Cara mencari SDM berkualitas selanjutnya adalah menyeleksi CV yang masuk dengan teliti.

Meskipun sudah mencantumkan kriteria di dalam iklan lowongan, tetap saja CV diperlukan. Menyeleksi di sini bukan hanya sekadar membacanya.

Tetapi juga mengecek kebenaran datanya. Misalnya lulusan di perguruan tinggi. Sebagai pengusaha, Anda perlu mengeceknya apakah itu benar atau sekadar mengarang saja.

Selain itu, apabila berkaitan dengan pengalaman, minta surat pengalaman kerja.

Sebisa mungkin cari karyawan yang berpengalaman di dalam bidangnya. Misalnya perusahaan membutuhkan seorang akuntan.

Maka carilah calon karyawan yang berkompeten pada posisi tersebut. Baik latar belakang pendidikannya atau latar belakang pekerjaannya.

3. Wawancara dan Psikotes

Bagi perusahaan besar, biasanya kerap mengadakan psikotes untuk mengetahui kualitas dari calon karyawannya. Cara mencari SDM ini juga cukup mumpuni. Terkadang memang memerlukan tes semacam ini.

Karena biasanya pengalaman saja tidak cukup. Siapa tahu ketika bekerja di perusahaan sebelumnya, calon karyawan tersebut hanya titipan dan tidak memiliki kemampuan apa pun. Bisa saja. Makanya diperlukan psikotes agar tidak tertipu.

Apabila budget tidak memadai, sebaiknya melakukan tes wawancara. Dari wawancara tersebut, owner akan tahu apakah calon karyawan tersebut berkompeten atau tidak. Mungkin dari cara menjawabnya.

4. Meminta Rekomendasi

Menjalin kerja sama dengan perusahaan lain memang diperlukan. Selain bisa saling menguntungkan dalam proses kinerja, juga dalam perekrutan karyawan.

Apabila tidak ingin ribet-ribet melakukan wawancara dan psikotes. Alangkah baiknya meminta rekomendasi.

Misalnya di sebuah perusahaan yang ingin mengurangi karyawannya karena satu dua hal, Anda bisa menanyakan pada pemilik perusahaan tersebut mana saja karyawan yang berkompeten. Biasanya mereka akan merekomendasikan karyawan terbaiknya.

Malah dengan cara ini, pengusaha tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan perekrutan.

Memasang iklan, melakukan wawancara, dan menyelenggarakan psikotes memang memerlukan biaya khusus. Makanya sebaik mungkin dihindari agar biaya dapat dimanfaatkan untuk hal lain.

5. Cari Di Tempat Tongkrongannya Para Ahli

Cara mencari SDM berkualitas selanjutnya adalah mencari karyawan dari tempat tongkrongannya. Alias komunitas. Setiap profesi biasanya memiliki komunitas. Misalnya seorang content writer.

Apabila ingin mencari salah satu content writer berkualitas, sebaiknya melakukan survei ke komunitas tersebut.

Apabila ada yang cocok menjadi cikal-bakal karyawan terbaik di perusahaan, maka secepat mungkin ajak orang itu bergabung.

Komunitas-komunitas semacam itu biasanya dipenuhi oleh orang-orang berkompeten. Malah kadang salah satunya ada seorang ahli di sana. Jika toh bisa menarik minat ahli tersebut, malah akan lebih bagus.

6. Singkirkan Rasa Kasihan dan Sungkan

Berbicara kemanusiaan tentu akan berbicara soal belas kasihan. Dalam hal perekrutan hal-hal yang berkenaan dengan perasaan sebaiknya janganlah dipakai. Karena akan berpengaruh pada kinerja karyawan ke depannya.

Apabila pengusaha merekrut karyawan atas nama belas kasihan, maka yang terjadi perusahaan tersebut akan dipenuhi dengan karyawan yang kurang berkompeten.

Cara mencari SDM berkualitas yakni dengan menyingkirkan rasa sungkan dan belas kasihan terlebih dulu.

Rasa belas kasihan dan sungkan boleh dipakai setelah karyawan tersebut bekerja. Misalnya ketika karyawan itu ada masalah di keluarganya.

Barulah sifat ini dimunculkan. Karena kemanusiaan perlu dihadirkan untuk kesejahteraan karyawan.

Baca Juga : 7 Cara Mempertahankan SDM yang Berkualitas dan Potensial

Faktor-faktor yang Memengaruhi Kualitas Sumber Daya Manusia

Faktor-faktor yang Memengaruhi Kualitas Sumber Daya Manusia

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kualitas sumber daya manusia.

Faktor ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan kriteria apakah orang tersebut berkompeten atau tidak. Berikut ini faktor-faktornya:

1. Pendidikan

Pendidikan menjadi faktor utama yang memengaruhi kualitas sumber daya manusia. Pendidikan di sini bukan hanya ditampilkan dari pendidikan formal saja. Meskipun kadang memang patokannya adalah gelar atau ijazah.

Memang semakin tingginya pendidikan maka semakin berkualitas juga dirinya. Tetapi Anda tidak boleh menyepelekan pendidikan nonformal juga. Karena memang kadang pelatihan di luar pendidikan jauh lebih bagus dari pada yang formal.

Jadi cara mencari SDM berkualitas bukan hanya menyaring di pendidikan formal juga. Melainkan juga di pendidikan nonformal berupa pelatihan-pelatihan.

2. Lingkungan atau Komunitas

Lingkungan juga menjadi faktor yang menentukan sumber daya manusianya berkualitas atau tidak. Apabila lingkungannya dipenuhi dengan orang-orang berkompeten. Maka bukan tak mungkin, orang tersebut juga akan tertular.

Apalagi bagi mereka yang ikut komunitas suatu keahlian. Pasti komunitas tersebut akan menggembleng habis-habisa anggotanya untuk terus mengembangkan dirinya.

3. Pemerintah Daerahnya

Pemerintah daerah ternyata juga menjadi faktor sumber daya manusia dapat berkualitas atau tidak. Karena hanya pihak terkait yang dapat mengupayakan masyarakatnya bersumber daya lebih bagus.

Misalnya dengan mengadakan upaya peningkatan kualitas hidup dengan kebijakan-kebijakan baru. Selain itu juga bisa dengan mengadakan suatu pelatihan-pelatihan keahlian yang gratis dapat dipungut biaya.

Masyarakat akan tertarik mengikuti dan memotivasi dirinya apabila ada pelatihan berbau gratis. Karena biasanya, mereka ingin maju tetapi terkendala pada biaya atau uangnya.

Tidak ada salahnya mencari karyawan yang berkompeten untuk memajukan perusahaan. Karena memang SDM berkualitas dapat membawa kemajuan.

Cara mencari SDM berkualitas tersebut merupakan sebuah upaya yang harus dilakukan agar bisnis Anda dapat maju.

Bagikan:

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.