7 Cara Mempertahankan SDM yang Berkualitas dan Potensial

cara mempertahankan sdm

SDM merupakan salah satu aset penting yang bisa mendukung kesuksesan pada suatu perusahaan. Maka dari itu, penting sekali bagi perusahaan untuk mengetahui cara mempertahankan SDM yang berkualitas dan potensial.

Banyak perusahaan yang mengetahui dengan baik bagaimana cara merekrut dan menciptakan SDM yang berkompeten. Namun beberapa diantaranya masih kurang mengerti mengenai cara untuk mempertahan SDM terbaik yang dimilikinya.

Sehingga banyak yang tidak betah dan memilih untuk meninggalkan perusahaan tersebut. Hal demikian tentu bisa berdampak buruk terhadap kinerja dari perusahaan.

Pasalnya keberadaan mereka bisa membantu dalam meraih tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Ciri-Ciri SDM yang Harus Dipertahankan Perusahaan

Ciri-Ciri SDM yang Harus Dipertahankan Perusahaan

Sebelum mengetahui mengenai cara mempertahankan SDM suatu perusahaan, maka sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri dari SDM yang harus dipertahankan.

Sebab dengan demikian maka bisa membantu dalam menganalisis mengenai karyawan yang berkualitas dan potensial.

SDM yang demikian nantinya akan memiliki pengaruh yang besar dalam setiap langkah yang diambil, untuk meraih kesuksesan perusahaan. Ide, kerja keras, dan dedikasi yang dimilikinya mampu membawa perusahaan meraih tujuannya.

Jadi jangan sampai salah memilih SDM yang akan dipertahankan dalam perusahaan, dan justru melepaskan yang berkualitas dan potensial. Karena perusahaan pasti tidak ingin kehilangan talenta terbaiknya.

Berikut ini merupakan ciri-ciri SDM yang yang dipertahankan oleh sebuah perusahaan, karena merupakan aset yang berharga yang dimiliki:

1. Mampu untuk bekerjasama dengan dengan baik

SDM dalam sebuah perusahaan pasti akan menghabiskan waktunya di tempat kerja bersama dengan rekan tim lainnya.

Maka dari itu kemampuan dalam bekerjasama bersama tim sangat diperlukan. Semua tugas yang dilaksanakan tidak bisa optimal tanpa adanya kerjasama tim yang baik.

Karena tidak hanya menyangkut mengenai kemampuan dan ide yang brilian yang dihasilkan, namun juga mengeksekusi ide tersebut, agar bisa menjadi sesuatu yang mampu berperan dalam mencapai kesuksesan sebuah perusahaan.

Hal tersebut tentu membutuhkan kerjasama banyak orang, yang saling membantu satu sama lainnya. Berbagi tugas sesuai dengan kompetensi dan keahlian masing-masing untuk mewujudkannya.

Maka dari itu SDM yang mampu bekerjasama dengan baik sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan. SDM yang demikian harus dipertahankan karena merupakan aset yang berharga bagi perusahaan.

Sehingga penting sekali untuk mengetahui cara mempertahankan SDM bagi sebuah perusahaan, agar kualitas karyawan yang dimilikinya bisa tetap terjaga dengan baik.

2. Memiliki potensi dalam jangka panjang

Perusahaan pasti menginginkan seseorang yang mau mengabdikan dirinya demi kemajuan dan kesuksesan tempatnya bekerja. SDM yang selalu memikirkan mengenai cara untuk berkembang bersama dengan tempat dirinya bekerja.

Selain itu juga memiliki motivasi serta semangat yang tinggi dalam menjalankan setiap pekerjaan, yang sudah menjadi tanggung jawab yang harus dikerjakan.

SDM dengan karakter seperti ini pasti akan selalu memikirkan tentang strategi yang harus dilakukannya, agar perusahaan bisa selalu berkembang. SDM yang demikian memiliki pengaruh yang besar dalam suatu perusahaan.

Dengan mengetahui cara mempertahankan SDM, maka bisa menjadi upaya agar karyawan yang memiliki karakter tersebut bisa tetap memberikan kontribusi dalam suatu perusahaan.

3. Mampu menghasilkan profit bagi perusahaan

Perusahaan biasanya menyukai sebuah hitungan secara matematika. Maka seorang karyawan yang bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan tentu sangat disukai.

Karena SDM yang demikian bisa membantu perusahaan dalam menghasilkan profit yang tinggi.

SDM yang bisa mampu menghasilkan profit ini merupakan aset berharga bagi perusahaan yang harus tetap dipertahankan. Pengaruh yang dimilikinya dalam perusahaan sangatlah besar, sehingga perusahaan tidak akan melepaskannya.

Maka dari itu mengetahui cara mempertahankan SDM yang potensial sangat diperlukan, agar talenta yang demikian tidak lepas begitu saja.

4. Selalu cekatan

SDM yang lebih fleksibel dan mampu untuk berpikir lebih cepat akan sangat membantu perusahaan. Selain itu kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang ada juga sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Karena segala sesuatu bisa saja terjadi dalam pekerjaan, sehingga karyawan harus bisa lebih tanggap dalam menghadapinya, serta bisa menyelesaikan berbagai tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan.

Perusahaan akan terus membutuhkan SDM yang bisa melakukan banyak tugas.

Apabila bisa menunjukkan apa yang diinginkan dan terus belajar untuk meraihnya, dengan senang melakukan berbagai jenis pekerjaan, maka bisa disebut memiliki rasa ingin tahu tinggi dan ambisius.

Dua kriteria tersebut menjadi sesuatu hal yang sangat dibutuhkan dalam meraih kemajuan suatu perusahaan. Maka dari itu SDM yang demikian wajib untuk dipertahankan, karena memiliki potensi yang bagus.

5. Mempunyai pengalaman kerja yang relevan

Mempunyai pengalaman kerja yang relevan, bisa menunjukkan bahwa seorang karyawan tidak membutuhkan lagi bimbingan lagi secara terus menerus.

Karena perusahaan tentu tidak mempunyai banyak waktu untuk memberikan bimbingan maupun pelatihan kepada karyawan.

Maka dari itu karyawan yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya lebih disukai. Jadi hanya tinggal menyesuaikan saja mengenai satu dan lain halnya. Karena dasar keahlian dalam bidangnya masing-masing sudah dimiliki.

Jadi karyawan yang sudah lama mengabdikan dirinya pada perusahaan tersebut, serta memiliki kemampuan yang mendukung, banyak dipertahankan oleh sebuah perusahaan.

Inilah yang membuat perusahaan wajib mengetahui cara mempertahankan SDM, agar karyawan yang sudah berpengalaman tidak pindah ke perusahaan lainnya.

Karena pengalaman yang dimilikinya sudah menjadi bekal tersendiri, dalam menghadapi berbagai permasalahan yang bisa saja terjadi dalam dunia kerja.

Sehingga bisa lebih tanggap dan mengerti mengenai tindakan yang harus diambil untuk menanganinya.

Baca Juga : 6+ Cara Mencari SDM Berkualitas Agar Bisnis Maju

Cara Mempertahankan SDM yang Bisa Dilakukan oleh Perusahaan

Memiliki SDM yang berkualitas dan potensial merupakan hal yang sangat berharga bagi sebuah perusahaan. Pasalnya dari merekalah perusahaan bisa terus berkembang dan meraih kesuksesan.

Maka dari itu setiap perusahaan pasti selalu memilih SDM yang memiliki potensi yang bagus.

Selain itu, berbagai cara akan dilakukan agar bisa menciptakan SDM yang berkualitas, sehingga nantinya bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan perusahaan

Namun tentu peran perusahaan tidak cukup sampai disitu. Selain harus mencari dan menciptakan talenta terbaik, perusahaan juga harus bisa mempertahankan SDM tersebut agar tetap mengabdikan dirinya kepada perusahaan.

Karena jika tidak diimbangi dengan hal tersebut, maka segala usaha yang dilakukan dalam proses pencarian dan penciptaan SDM berkualitas menjadi sia-sia.

Jadi penting bagi perusahaan untuk mengetahui strategi dan cara mempertahankan SDM, serta menerapkan hal tersebut agar talenta-talenta terbaik yang dimilikinya tetap nyaman mengabdikan dirinya pada perusahaan tersebut.

Berikut ini merupakan berbagai cara yang bisa diterapkan oleh perusahaan untuk mempertahankan SDM, agar tidak beralih ke perusahaan lainnya.

1. Menghadirkan lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan

Menghadirkan lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan

Lingkungan kerja merupakan salah satu faktor yang bisa menjadi penentu betah atau tidaknya seorang karyawan. Suasana kerja menjadi hal yang perlu diperhatikan, karena menyangkut mengenai kesehatan mental bagi karyawannya.

Apabila suasana dalam lingkungan kerja penuh dengan tekanan maka tingkat stress karyawan bisa tinggi.

Hal tersebut nantinya pasti akan berpengaruh terhadap semangat kerja yang dimilikinya, sehingga kurang bisa menikmati setiap pekerjaan yang dilakukan.

Maka dari itu penting sekali bagi perusahaan untuk memastikan dan menciptakan sebuah lingkungan kerja, yang di dalamnya bisa membuat nyaman bagi SDM yang bekerja.

Salah satu cara mempertahankan SDM yang bisa ditempuh oleh perusahaan yaitu, membuat desain kantor yang sedang tren. Desain kantor yang sedang tren sekarang ini yaitu contohnya seperti miliki Google.

Desain tersebut bisa memberikan suasana kantor menjadi terasa seru dan sangat mencerminkan generasi millennials. Kantor dengan desain seperti ini biasanya di dalamnya dilengkapi dengan sebuah interior yang menarik.

Selain itu, di dalamnya juga tersedia banyak sekali fasilitas hiburan yang disediakan untuk karyawannya.

Contoh fasilitas tersebut yaitu playroom yang berisikan Playstation, meja pingpong, tempat tidur atau sleeping pod sebagai tempat bagi karyawan untuk beristirahat.

Hal-hal tersebut tentu bisa membuat karyawan menjadi nyaman sehingga betah untuk bekerja di perusahaan tersebut.

2. Tersedianya fasilitas penunjang pekerjaan

Tersedianya fasilitas penunjang pekerjaan

Selain harus memperhatikan mengenai desain kantor yang menarik, namun tanpa diimbani dengan ketersediaan berbagai fasilitas yang bisa menunjang produktivitas dalam bekerja, maka cara mempertahankan SDM tersebut akan menjadi sia-sia.

Tersedianya fasilitas tersebut selain bisa menjadi penyemangat dalam bekerja, juga bisa membantu dalam meningkatkan produktivitas. Sehingga pekerjaan yang dilakukan juga bisa lebih efektif dan efisien, serta hasilnya juga bisa lebih optimal.

Berikut ini merupakan beberapa poin penting yang harus diperhatikan perusahaan, sebagai bahan pertimbangan untuk menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan, sehingga bisa menjadi penunjang dalam meningkatkan performa SDM yang dimilikinya.

  • Menyediakan perangkat lunak yang bisa membantu dalam menyederhanakan suatu aktivitas operasional, sehingga nantinya produktivitas dari karyawan bisa lebih meningkat.
  • Memastikan bahwa koneksi internet yang terdapat di kantor bisa berjalan dengan baik, sehingga bisa membantu dalam mempercepat suatu pekerjaan.
  • Menyediakan perabotan yang nyaman, contohnya yaitu meja dan kursi kerja.
  • Menyediakan area atau ruangan yang bisa digunakan sebagai tempat untuk beristirahat.
  • Menyediakan fasilitas berupa perangkat keras seperti laptop, yang bisa membantu dalam mendukung untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik.

3. Memperbaiki manajemen perusahaan

Memperbaiki manajemen perusahaan

Cara mempertahankan SDM lainnya yaitu dengan memperbaiki manajemen perusahaan, karena salah satu faktor yang membuat karyawan tidak betah adalah berantakannya manajemen dalam sebuah perusahaan.

Maka dari itu perlu dilakukannya strategi untuk menata kembali sistem manajemen yang dimiliki, bahkan lebih baik lagi apabila dilakukan evaluasi secara berkala dengan meminta masukan dari karyawan.

Dengan demikian maka manajemen menjadi tahu mengenai kebutuhan serta keinginan dari karyawan.

Terlebih lagi apabila jika ingin mengeluarkan sebuah peraturan baru yang menyangkut semua lini, maka lebih baik bisa dilakukan survei terlebih dahulu.

Sistem yang baik bagi perusahaan merupakan hal yang penting. Salah satunya yaitu mengenai penentuan SOP dalam perusahaan.

Maka dari itu segala SOP di dalamnya harus benar-benar diperhatikan dan dibentuk sedemikian rupa, untuk tujuan yang baik dan benar.

Baca Juga: Manajemen Bisnis: Perencanaan, Fungsi dan Komponennya

4. Memberi kesempatan kepada SDM untuk berkembang

Memberi kesempatan kepada SDM untuk berkembang

Walaupun tidak semua orang bisa maju ke level yang lebih tinggi dan baru dalam suatu perusahaan, namun usaha ini tetap harus dilaksanakan. Karena bisa menjadi salah satu cara mempertahankan SDM.

SDM dalam perusahaan bisa lebih stabil apabila perusahaan bisa mempromosikan karyawan yang telah dimilikinya, daripada harus mencari karyawan baru untuk menempati posisi yang lebih tinggi.

Dengan demikian maka bisa menambah rasa tanggung jawab yang lebih, sehingga karyawan tersebut akan terus berusaha untuk meningkatkan performanya dalam bekerja, sehingga bisa menjadi pribadi yang terus berkembang dengan pesat.

Pada saat karyawan merasa sudah tidak bisa mengembangkan dirinya dalam perusahaan, maka akan membuat karyawan bosan dan mulai mencari perusahaan lainnya, yang bisa memberikan kesempatan yang lebih luas untuk terus mengembangkan dirinya.

Keseluruhan dari keputusan perusahaan memang dipegang oleh petinggi perusahaan. Namun tidak ada salahnya apabila meminta sebuah pendapat kepada karyawan, dalam menentukan sesuatu untuk perusahaan.

Akan ada banyak masukan dan pendapat menarik yang bisa didapatkan dari karyawan. Walaupun menjadi bawahan, bukan berarti para petinggi perusahaan bisa berlaku seenaknya.

Maka dari itu melibatkan karyawan dalam untuk memajukan perusahaan.

Apabila hasil yang didapatkan baik maka akan timbul rasa puas yang jauh lebih besar, karena merupakan bagian dari kerja sama tim.

5. Memberikan apresiasi terhadap SDM

Memberikan apresiasi terhadap SDM

Memberikan apresiasi kepada karyawan juga bisa menjadi cara mempertahankan SDM agar tetap betah bekerja pada perusahaan tersebut. Karena karyawan merasa lebih dihargai atas kerja keras yang sudah dilakukannya.

Setiap karyawan pasti akan selalu menghargai segala bentuk apresiasi yang diberikan oleh perusahaan.

Walaupun hanya sekedar pujian setelah bekerja lembur, bonus tahunan atas kinerja yang dilakukan sepanjang tahun, ataupun pemberian makanan kecil di tengah hari.

Dengan adanya apresiasi tersebut maka bisa membuat karyawan tidak merasa energi dan pikirannya hanya diperas oleh perusahaan, tanpa adanya rasa dihargai.

Perusahaan yang tidak memberikan apresiasi kepada karyawannya dan hanya memanfaatkan kerja kerasnya selama ini, tentu tidak perlu menunggu waktu yang lama bagi karyawan untuk mencari pekerjaan lainnya.

6. Memberikan promosi kepada SDM yang mempunyai kinerja baik

Memberikan promosi kepada SDM yang mempunyai kinerja baik

Seorang atasan tentu dapat mengetahui mengenai karyawan mana yang mempunyai kinerja yang baik, serta mana yang perlu ditingkatkan lagi.

Bagi karyawan yang sudah mempunyai kinerja yang baik tentu patut untuk diberikan promosi atau setidaknya kenaikan gaji.

Maka dari itu cara mempertahankan SDM yaitu bisa dengan mempromosikan karyawan yang sudah bekerja dengan baik.

Dalam hal ini perusahaan harus lebih memperhatikan mengenai karyawan-karyawan yang telah bekerja selama bertahun-tahun.

Dengan demikian karyawan yang bekerja bisa memiliki motivasi yang tinggi, karena adanya kesempatan untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik.

7. Adanya komunikasi yang transparan

Adanya komunikasi yang transparan

Adanya komunikasi yang tidak transparan bisa membuat karyawan menjadi tidak nyaman dalam bekerja.

Karyawan juga berhak tahu mengenai kondisi dari keuangan perusahaan, hal-hal yang sedang direncanakan serta kemajuan yang telah dibuat oleh perusahaan.

Sehingga komunikasi yang transparan bisa menjadi cara mempertahankan SDM pada suatu perusahaan.

Selain itu, karyawan juga harus tahu mengenai performa kerjanya selama ini, sehingga penting bagi manajemen untuk rutin melakukan evaluasi atas kinerjanya.

Karyawan biasanya cenderung mempunyai kepercayaan diri yang rendah serta kekhawatiran akan terjadinya pemutusan kerja, apabila tidak mengetahui mengenai perkembangan dirinya.

Sama halnya dengan mengizinkan kepada karyawan untuk bisa memberikan masukan yang jujur kepada perusahaan. Hal ini bisa membantu dalam memudahkan perusahaan untuk menemukan hal-hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

Selain mengetahui mengenai cara untuk mencari dan menciptakan talenta terbaik.

Hal penting lainnya yang harus diketahui oleh perusahaan yaitu, mengenai cara mempertahankan SDM agar tetap bisa memberikan kontribusi dalam kemajuan perusahaan.

Maka dari itu, kenyamanan lingkungan kerja perlu diperhatikan, sehingga banyak karyawan yang betah bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Manajemen Strategis : Pengertian, Apa Tujuan dan Manfaatnya?

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar