Apa itu Dropbox? Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan Dan Kelemahannya

Apa itu Dropbox Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan Dan Kelemahannya
Apa itu Dropbox Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan Dan Kelemahannya

Ketika Anda mencari sebuah sarana atau platform penyimpanan di cloud, mungkin salah satu nama yang akan terlintas adalah Dropbox.

Mengingat pada dasarnya ia mudah untuk dijumpai di berbagai toko aplikasi, bisa Anda gunakan secara mudah dan juga gratis.

Bagi yang sudah terbiasa di dalam menggunakan Windows file explorer tentunya akan lebih paham mengenai fitur serta fungsi dari aplikasi penyimpanan yang satu ini.

Bagi pemula nantinya akan ada sejumlah panduan yang bisa Anda pakai untuk mempermudah dalam menggunakan aplikasi yang satu ini. diantaranya adalah terkait fungsi dasar penyimpanan dan juga cara-cara sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mulai berinteraksi dengan aplikasi tersebut dengan memakai dekstop.

Tak hanya sederhana atau mudah dipakai, melainkan Anda sendiri juga bisa memakai versi gratisnya atau tidak berbayar.

Apa itu Dropbox?

Apa itu Dropbox

Apa itu dropbox? Pengertian dropbox adalah sebuah layanan penyimpanan cloud atau yang berbasis online. Dimana nantinya Anda dapat menyalin file kedalam cloud serta mengaksesnya nanti maupun kapan saja dan dimana saja.

Bahkan jika seandainya Anda mengaksesnya memakai perangkat yang berbeda sekalipun juga tetap bisa. Nantinya aplikasi yang satu ini juga tidak akan secara otomatis menyalin data yang ada dalam komputer Anda, jika seandainya memakai paket pribadi.

Jadi Anda dapat memilah-milih terlebih dahulu manakah yang akan disimpan kesana dan tidak.

Data serta informasi yang dapat disimpan kedalam Dropbox ini sendiri juga sangat beragam jenisnya, mulai dari gambar, video sampai dengan dokumen, aplikasi serta program.

Jika seandainya Anda sudah selesai melakukan transfer data tersebut, nantinya aplikasi ini akan membuat serta menyimpan semua file-file tersebut kedalam cloud serta melakukan back up data.

Sehingga nantinya Anda dapat secara mudah membukanya kapan saja ketika membutuhkan. Aplikasi tersebut menawarkan layanan gratis maupun berbayar.

Di tahun 2011 silam Dropbox ini meluncurkan sebuah layanan baru yaitu Dropbox For Teams yang merupakan sebuah layanan ditargetkan secara khusus untuk mereka yang berada dalam sebuah kelompok bisnis atau kelompok besar yang membutuhkan layanan untuk mengendalikan administrasi, tagihan yang terpusat langsung pada keperluan lain yang cukup detail atau kompleks. Sehingga ia agak berbeda dibandingkan dengan paket Dropbox yang lainnya.

Sejarah Dropbox

Dropbox didirikan oleh lulusan Massachusetts Institute of Technology yaitu Drew Houston serta Arash Ferdowski, dimana uang atau dana yang digunakan untuk mendirikannya berasal dari Y Combinator.

Sebenarnya ide munculnya aplikasi yang satu ini adalah dari Drew Houston karena kebiasaannya yang selalu ketinggalan USB Drive ketika masih menjadi mahasiswa.

Karena memang keberadaan dari USB drive ini dikatakan tidak efisien, mudah hilang, corrupt sampai dengan error maka kemudian Drew Houston ini menciptakan cloud storage untuk dirinya sendiri.

Karena menyadari bahwa hal tersebut dapat menguntungkan dirinya sendiri dan juga orang lain, akhirnya ia mendirikan Dropbox Inc di tahun 2007.

Ia mulai diluncurkan serta dirilis pada saat acara Tech Crunch. Bahkan di tahun 2011 Fobes mengumumkan bahwa Dropbox ini sudah memiliki pengguna hingga 50 juta orang.

Sangat tinggi dan semakin bertambah jumlah penggunanya sampai sekarang, itulah yang membuatnya senantiasa berkembang

Manfaat Menggunakan Dropbox

Manfaat Menggunakan Dropbox

Sejauh ini sudah ada jutaan orang yang menggunakan aplikasi Dropbox bukan tanpa alasan pastinya, karena memang ada begitu banyak diantara manfaat yang ditawarkan olehnya, diantaranya adalah:

1. Menyimpan dan mengamankan file

Ada banyak hal yang nantinya dapat di eksplorasi lewat Dropbox Namun memang paling sering aplikasi tersebut digunakan sebagai sarana untuk menyimpan serta mengamankan file penting mereka.

Jadi dibandingkan nantinya file tersebut akan terhapus atau sudah tidak lagi punya memory atau kapasitas yang mumpuni, maka akan disimpan ke Cloud lewat Dropbox.

Apalagi jika berbicara mengenai kapasitas yang ditawarkan untuk penyimpanannya sendiri juga tergolong besar.

File yang disimpan kedalam aplikasi ini akan aman, mengingat ada username serta password, sehingga nantinya tidak sembarangan orang dapat mengakses atau membukanya.

2. Mempermudah Anda di dalam membawa serta membuka data dimana saja

Ketika file-file penting Anda semuanya sudah tersimpan di dalam Maka nantinya ketika membutuhkan juga tak perlu khawatir di dalam mengaksesnya.

Karena memang untuk semua file tersebut akan langsung dapat dibuka kembali nantinya kapan saja maupun dimana saja.

Karena file yang sudah tersimpan cukup lama di dalam harddisk dan juga tidak pernah terbuka. Maka nantinya akan rentan untuk mengalami kerusakan sampai dengan data yang corrupt.

Maka penyimpanan di cloud ini sebenarnya adalah alternatif terbaiknya, lebih aman serta mudah untuk dibawa kemana-mana.

3. Bisa berbagi video maupun file

Semua data yang sudah tersimpan di dalam Dropbox nantinya juga dapat Anda bagikan secara mudah.

Apalagi jika seandainya untuk format video yang besar, terkadang akan sangat sulit untuk dipindah atau dibagikan karena keterbatasan kapasitas ukuran.

Maka lewat Dropbox ini nantinya mereka hanya tinggal mendownload saja untuk bisa mendapatkan video maupun file tersebut.

4. Kemampuan di dalam back up data

Fitur lain Dropbox adalah bisa membackup data atau video yang sudah hilang disana, maka nantinya dapat Anda kembalikan lagi.

Ditambah lagi nantinya Anda juga dapat mengorganisir file sesuai dengan keinginan.

5. Berbagi serta bekerja sama

Aplikasi yang satu ini juga memungkinkan Anda untuk mengakomodasi para pengguna untuk mengerjakan sebuah proyek maupun dokumen bersama.

Fitur canggih tersebut nantinya akan menghubungkan banyak pengguna untuk mengakses satu file yang sama pada saat yang bersamaan, tanpa nantinya Anda harus takut akan terjadi error maupun penabrakan data.

6. Menjamin keamanan dengan lebih baik

Karena memang untuk menggunakan Dropbox ini sendiri nantinya Anda akan dimintai dengan username sampai dengan password, maka tidak sembarangan orang tentunya dapat mengakses Dropbox yang Anda miliki tersebut, hal ini secara otomatis akan lebih menjamin keamanan dari file yang Anda simpan kesana.

Resiko-resiko lain seperti kehilangan file yang dimiliki karena harddisk rusak maupun corrupt juga bisa dihindari jika seandainya Anda memakai layanan dari Dropbox ini.

Jenis-Jenis Paket Dropbox

Pada dasarnya aplikasi yang satu ini menawarkan cukup banyak pilihan paket, mulai diantaranya adalah yang gratisan sampai dengan yang berbayar.

Untuk paket yang gratisan sendiri maka Anda bisa mendapatkan 2GB secara gratis untuk penyimpanan file. Cocok untuk Anda yang memang tidak membutuhkan storage dalam ukuran yang besar.

Namun jika seandainya kebutuhan penyimpanan Anda besar, makaharus memilih paket yang berbayar, berikut diantara pilihan paketnya, yaitu:

  1. Dropbox individual, jenis layanan yang satu ini nyatanya sudah sering dipakai oleh banyak orang. Dimana ia menawarkan beberapa pilihan paket, mulai diantaranya adalah paket Dropbox Plus yang dibandrol dengan harga mulai dari 9,99 USD perbulan, dimana nantinya Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan besar mencapai 2 TB. Sedangkan ada juga paket Dropbox Professional yang dibandrol dengan harga 16,59 USD perbulan, disini nantinya Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan hingga 3 TB.
  2. Dropbox Business, sesuai dengan namanya untuk pilihan paket yang satu ini memang paling sesuai bagi Anda yang punya usaha atau perusahaan, karena pastinya akan punya karyawan yang banyak serta akan membutuhkan banyak kapasitas untuk menyimpan berbagai macam file perusahaan. Sehingga nantinya bisa memilih beberapa pilihan paket yang ditawarkan, diantaranya adalah paket standard yang dibandrol dengan harga 12,50 USD perbulannya yaitu memiliki kapasitas sebesar 5TB. Ada juga paket advance yang dibandrol dengan harga 20USD perbulannya.

Cara Kerja Dropbox

Selanjutnya bagian yang juga tidak kalah penting adalah Anda harus mengetahui, bagaimana cara kerja dari layanan Dropbox ini sendiri.

Sehingga nantinya Anda juga tidak akan kebingungan jika seandainya ingin menyimpan file, berbagi file maupun yang lain sebagainya.

Anda juga dapat secara mudah mengontrol apakah nantinya ingin memberikan akses kepada orang lain ataukah tidak untuk melakukan pengeditan, berkomentar serta yang lain sebagainya.

Apalagi memang di Dropbox ini sendiri juga ada begitu banyak pilihan fitur-fitur yang menyertainya, untuk itu berikut ini diantaranya ada beberapa cara kerja yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Berbagi file atau folder pada mobile Dropbox

Untuk berbagi file atau folder menggunakan aplikasi mobile dari Dropbox ini maka Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut, yaitu:

  • Klik file yang ada di bagian bawah layar.
  • Selanjutnya Anda dapat mengeklik pada bagian bawah file atau folder yang ingin dibagikan tersebut.
  • Setelah itu pilih bagikan dan ketik alamat email tujuan, nama maupun juga grup orang yang ingin dibagikan dengan file tersebut. Setelah menemukan yang sesuai maka Anda bisa langsung mengeklik bagikan, karena nantinya mereka akan menerima tautan file tersebut untuk diunduh.

2. Berbagi file maupun folder lewat folder dropbox di komputer

Selain berbagi lewat mobile atau smartphone, maka Anda juga dapat berbagi melalui komputer Anda, berikut ini diantara langkah-langkah mudahnya, yaitu:

  • Buka folder Dropbox yang ada di dalam komputer Anda.
  • Klik kanan pada file atau folder yang ingin Anda bagikan tersebut.
  • Selanjutnya tinggal klik bagikan, Anda bisa langsung mengetikkan email, nama maupun juga grup yang ingin dibagikan.
  • Setelah itu klik bagikan dan nantinya mereka akan menerima email dengan tautan file atau folder yang sudah Anda pilih tersebut

Kelebihan Menggunakan Dropbox

Dengan begitu banyaknya jumlah pengguna Dropbox yang mencapai angka puluhan juta, sebenarnya layanan yang satu ini memang menawarkan banyak kelebihan, diantaranya adalah:

1. Telah terintegrasi dengan produk Google

Dengan memakai Dropbox ini pada dasarnya pengguna juga telah terintegrasi pada beberapa produk layanan Google yang lainnya.

Sehingga bukan hal yang mengherankan jika seandainya Anda juga bisa secara mudah memakai produk layanan dari Google yang lainnya, sebut saja diantaranya adalah Google dokumen, Google Slides sampai dengan Spreadsheet.

Sehingga nantinya akan mempermudah pengguna di dalam membuat dokumen baru bersama dengan rekan yang lain.

2. Integrasi dengan produk Microsoft

Sedangkan bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan produk-produk dari Microsoft juga tak perlu khawatir, mengingat pada dasarnya produk atau layanan yang berasal dari Dropbox ini sendiri juga telah terintegrasi dengan produk mereka.

Jadi jika seandainya Anda ingin menyambungkan atau menghubungkan dengan layanan dari Microsoft seperti World, Excel maupun PowerPoint juga bisa secara otomatis, tanpa Anda harus merubah-rubahnya lagi.

3. Bisa membuat dokumen berekstensi paper

Salah satu hal yang juga menarik dari layanan Dropbox ini adalah pengguna nantinya bisa membuat dokumen yang berekstensi paper.

Nantinya tampilan dari halaman tersebut akan mirip dengan Medium yang ada di platform blog.

4. Dapat berbagi dokumen dalam URL

Nantinya pengguna juga dimungkinkan untuk bisa berbagi dokumen melalui URL atau link, sehingga mudah jika seandainya ingin membagikan dokumen Anda.

Penerima juga hanya tinggal download saja tanpa harus repot-repot datang ke rumah secara langsung. sangat praktis karena cukup diunduh lewat internet saja.

5. Tarif berlangganan yang terjangkau

Jika kebutuhan akan penyimpanan Anda tinggi maka bisa memilih beberapa paket dari Dropbox ini, diantaranya adalah untuk kebutuhan personal sampai dengan yang ditujukan untuk kebutuhan bisnis yang bisa digunakan oleh perusahaan atau usaha.

Berbicara mengenai biaya untuk berlangganan disini juga tidak begitu mahal mulai dari 9,99 USD hingga 15 USD perbulannya, lebih murah serta pastinya aman untuk Anda.

6. Bisa digunakan untuk versi mobile maupun komputer

Tak sekedar bisa dipakai untuk komputer saja, melainkan Dropbox juga sudah tersedia versi mobile yang bisa Anda pakai untuk menyimpan berbagai macam koleksi file yang ada di ponsel.

Sehingga nantinya tak perlu khawatir jika memory hp penuh dan bingung ingin memindahkan file penting Anda kemana, karena cukup menggunakan layanan yang satu ini.

Baca Juga : Jenis Jenis Komponen Komputer

Kekurangan Dropbox

Selain kelebihan maka di satu sisi layanan yang satu ini sebenarnya juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

  1. Versi penyimpanan gratis atau basic hanya 2 GB. Anda memang diberikan paket uji coba untuk mendapatkan penyimpanan secara gratis, hanya saja kapasitas yang diberikan terbatas, yaitu hanya 2GB. Sehingga jika kebutuhan penyimpanan Anda besar kapasitasnya, maka mau tidak mau harus memilih layanan yang berbayar.
  2. Tidak dapat diakses di China. Sudah bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya negara China ini benar-benar membatasi layanan akses internet mereka. Ada banyak aplikasi dari luar negeri yang tidak bisa digunakan di negara tersebut. termasuk diantaranya adalah Dropbox ini sendiri. Jadi jika seandainya Anda ingin mengakses Dropbox di negara China maka mau tidak mau harus menggunakan VPN. Karena di negara tersebut aplikasi ini memang sudah dilakukan pemblokiran. Jadi Anda juga harus mencari alternatif penyimpanan berbasis Cloud yang lainnya disana.

Secara teknik sebenarnya Dropbox ini sama dengan Google Drive yang digunakan sebagai layanan penyimpanan online atau cloud storage.

Hanya saja untuk Google ini sendiri terhubung dengan semua layanan dari Google, termasuk diantaranya adalah email. Sehingga memang ruang penyimpanan yang ada pada Google ini nantinya akan mengurangi ruang penyimpanan Google Drive.

Sedangkan untuk Dropbox ini sendiri berbeda. Ruang penyimpanan yang diberikan berbeda dan memang cukup luas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sekarang tak perlu lagi membeli banyak harddisk, cukup berlangganan dengan Dropbox ini maka semua data Anda akan aman.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar