Apa itu Pro-int HRIS? Simak Pengertian Serta Manfaatnya!

Apa itu Pro-int HRIS Simak Pengertian Serta Manfaatnya!

Saat ini, pengelolaan sumber daya manusia (SDA) dalam suatu perusahaan dapat lebih efektif dan efisien dengan adanya HRIS. Lalu apa itu Pro-int HRIS? Dan apa kelebihan dari sistem tersebut?

Pro-int HRIS menjadi perangkat lunak atau software yang mulai marak digunakan oleh perusahaan saat ini.

Bukan tanpa alasan, penggunaan HRIS tentu dapat mempermudah manajemen karyawan atau SDM pada suatu perusahaan. Hal tersebut karena perangkat lunak ini memang memiliki banyak kelebihan.

Tahukah Anda Apa Itu Pro-int HRIS?

Pro-int HRIS merupakan singkatan dari Professional Integrated HRIS yang merupakan perangkat lunak atau software untuk manajemen atau pengelolaan SDM pada suatu perusahaan.

HRIS sendiri merupakan singkatan dari Human Resource Information System, yaitu sistem pengelolaan pegawai berbasis teknologi informasi.

Sehingga, perangkat lunak ini menggunakan sistem HRIS yang memang dirancang secara khusus untuk pengelolaan sumber daya manusia.

Sebagai teknologi informasi, maka Pro-int HRIS memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda dalam pengelolaan atau manajemen data-data karyawan.

Tidak hanya itu, fitur yang tersedia juga mencakup fungsi untuk data rekrutmen, pelatihan dan pengembangan, evaluasi kerja, sistem penggajian, analisis data mendalam, dan lain sebagainya.

Sehingga kegiatan operasional perusahaan dapat lebih optimal dengan menggunakan perangkat lunak ini.

Maka apa itu Pro-int HRIS? Tentunya menjadi elemen yang sangat penting dalam pengelolaan karyawan perusahaan dengan lebih efektif dan efisien.

Keamanan data karyawan sebagai salah satu aset penting bagi perusahaan juga harus diperhatikan, karena manajemen karyawan yang buruk tentu berpengaruh juga pada kinerja perusahaan.

Apa Saja Manfaat Pro-int HRIS Bagi Perusahaan?

Apa Saja Manfaat Pro-int HRIS Bagi Perusahaan

Selanjutnya adalah memahami apa fungsi atau manfaat dari penggunaan sistem ini dalam perusahaan.

Mengapa tidak cukup menggunakan pengelolaan manual yang kerap dilakukan seperti biasanya? Mengapa harus menggunakan HRIS?

Ini adalah beberapa manfaat dari HRIS yang perlu Anda ketahui, untuk memahami pentingnya penggunaan HRIS saat ini.

1. Otomatisasi Pekerjaan yang Repetitif

Dalam suatu perusahaan, tentu ada pekerjaan yang sifatnya repetitif atau berulang-ulang, khususnya yang berhubungan dengan karyawan.

Misalnya pekerjaan rekap presensi karyawan, distribusi gaji karyawan, pajak penghasilan PPh untuk karyawan, penghitungan payroll, dan lain sebagainya.

Pekerjaan repetitif semacam itu tentu bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan akurat dengan adanya HRIS ini.

Bayangkan jika menggunakan cara manual, tentu untuk mengerjakan rekap presensi 100 karyawan saja memerlukan waktu yang lama, dan hasilnya belum tentu akurat 100%, karena menggunakan tenaga manual manusia.

Sedangkan jika menggunakan sistem, maka akan secara otomatis keluar rekap presensi setiap bulannya.

Dengan begitu, pekerjaan rekap presensi akan selesai dengan lebih cepat, tidak membuang waktu dan tenaga, serta berimbas pada efisiensi operasional perusahaan.

2. Mempermudah Kontrol Kinerja Para Karyawan

Sesuai dengan pengertian apa itu Pro-int HRIS? Anda dapat mengetahui bahwa sistem ini berupa perangkat lunak dengan teknologi informasi yang khusus.

Maka fungsi dari sistem ini tentu juga untuk mempermudah kontrol kinerja pada karyawan atau pegawai dengan lebih mudah.

Sistem penilaian kinerja menggunakan teknologi informasi semacam ini akan mempermudah HR ketika mengontrol kinerja karyawan.

Hal ini juga akan berguna jika ingin membandingkan kinerja karyawan dengan target yang harus dicapai oleh karyawan tersebut.

Penghitungan target ini juga sudah ditetapkan dalam Pro-int HRIS tersebut, sehingga akan terhitung secara otomatis dan akurat.

Hal ini tentu menjadikan tugas HR lebih efektif dan efisien, terutama dalam hal waktu dan tenaga. Sehingga bisa dengan cepat mengerjakan pekerjaan lainnya.

3. Untuk Mengoptimalkan Biaya Operasional Perusahaan

Mungkin banyak perusahaan yang menganggap bahwa penggunaan teknologi semacam ini akan membuat operasional perusahaan menjadi lebih besar.

Faktanya salah, karena operasional perusahaan justru akan lebih murah dengan penggunaan HRIS ini, mengapa bisa demikian?

Karena jika mengacu pada apa itu Pro-int HRIS? Maka sistem ini memang membuat pekerjaan lebih optimal.

Tidak hanya dalam hal waktu dan tenaga bagi HR, tetapi juga biaya operasional lainnya, seperti biaya untuk kertas, printer, listrik, gaji lembur, penggunaan beberapa aplikasi, serta maintenance alat.

Maka jika dihitung secara keseluruhan, tentu menggunakan teknologi yang memiliki banyak fitur dan fungsi ini akan membuat biaya operasional perusahaan justru lebih rendah. Jika dihitung dalam jangka panjang, tentu perbandingannya akan cukup besar.

4. Mempermudah Proses Rekrutmen Karyawan Baru

Rekrutmen karyawan baru pada suatu perusahaan dilakukan secara berkala, sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dengan penggunaan Pro-int HRIS ini, maka jumlah kebutuhan karyawan, dimana divisi yang memerlukan pegawai baru, serta kriteria karyawan yang diperlukan juga dapat dimunculkan dalam sistem ini.

Hal ini tentu akan mempermudah HR dalam proses perekrutan karyawan baru, memilih karyawan baru yang sesuai dengan kriteria, penempatan karyawan baru, hingga manajemen karyawan baru dengan lebih efektif dan efisien.

5. Mengurangi Masalah Akibat Human Error

Fungsi lain dari Pro-int HRIS ini juga untuk mengatasi masalah yang disebabkan karena human error.

Human error memang menjadi hal yang wajar terjadi, karena perhitungan yang dilakukan manusia kerap ada salahnya, tidak selamanya akurat seperti perhitungan yang dilakukan oleh teknologi digital.

Oleh karena itu, keberadaan sistem ini, sesuai dengan pengertian apa itu Pro-int HRIS? Adalah untuk mengurangi masalah-masalah yang bisa terjadi karena human error tersebut.

Tentu perhitungan dengan sistem manual dan otomatis akan berbeda baik tingkat kecepatannya, maupun kebenarannya.

6. Data Lebih Tertata dan Dapat Diakses Dengan Mudah

Jika pada cara pengelolaan data manual, biasanya data tersimpan dalam dokumen-dokumen yang foldernya berlapis-lapis.

Cara tersebut sudah tidak cukup relevan dengan perkembangan digital saat ini, dimana data bisa dihimpun dengan lebih efektif dan efisien.

Tidak hanya pengelolaan data yang lebih tertata, rapi, dan tersimpan dengan baik. Dalam pengaksesannya juga menjadi lebih mudah, lebih cepat ditemukan, serta sangat minim sekali terjadi data yang hilang.

Hanya dengan satu sistem yang terintegrasi, data-data karyawan akan tersimpan dengan baik.

Hal ini sesuai dengan pengertian apa itu Pro-int HRIS? Yang menyatakan bahwa HRIS ini memang memudahkan pengelolaan data karyawan.

Tentu dengan adanya sistem ini, data karyawan akan menjadi database yang lebih rapi sehingga mempermudah kontrol dan pemeriksaan.

7. Transparansi Dengan Karyawan

Karyawan juga memiliki hak untuk mengetahui transparansi terkait kinerja yang ia lakukan.

Dengan adanya sistem digital yang terintegrasi seperti HRIS, maka karyawan juga akan memiliki akses untuk mengetahui bagaimana kinerjanya, serta penghitungan gaji yang diberikan oleh perusahaan.

Karena tidak jarang terjadi salah penghitungan gaji untuk karyawan, sehingga karyawan merasa tidak ada transparansi gaji.

Dengan transparansi ini, maka karyawan akan lebih percaya pada perusahaan tempatnya bekerja dan meningkatkan kinerja serta semangatnya dalam bekerja.

Setelah mengetahui apa itu Pro-int HRIS? Serta mengetahui apa fungsi atau kelebihan dari sistem ini, kini Anda bisa mempertimbangkan untuk mengimplementasikan sistem ini pada perusahaan Anda.

Melihat dari berbagai kelebihannya, penggunaan sistem ini dapat memberikan dampak positif bagi kinerja perusahaan Anda.

Baca Juga : Apa Saja Komponen Komputer? Jenis, Kategori dan Fungsi

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar