Apa itu SEO? Pengertian, Jenis, Manfaat dan Cara Mengoptimalkannya

Apa itu SEO Pengertian, Jenis, Manfaat dan Cara Mengoptimalkannya

Apa itu SEO? SEO (search engine optimization) adalah salah satu metode untuk mempromosikan dan menampilkan profil produk atau bisnis di mesin pencari menggunakan website.

Website adalah salah satu media yang populer dalam dunia digital marketing saat ini, karena merupakan platform yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis.

Selain SEO ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk di website.

Akan tetapi artikel kali ini hanya akan fokus pada pembahasan pengertian, jenis-jenis, indikator, manfaat dan cara mengoptimalkan SEO.

Apa itu SEO?

Apa itu SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah bentuk pengenalan yang diberikan kepada halaman web untuk dapat masuk ke halaman pertama mesin pencari Google.

Definisi umum SEO adalah bagaimana meningkatkan performa sebuah situs web agar mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

SEO berfokus pada pencarian kata kunci yang dilakukan secara organik. Kata kunci organik akan membantu menarik traffic digital ke situs web Anda.

Berbeda halnya dengan pemasaran mesin pencari lainnya, yang berfokus pada media periklanan yang disediakan oleh Google.

Oleh karena itu, jika Anda membuat situs web, lebih baik mengoptimalkannya dengan SEO daripada strategi pemasaran lainnya.

Karena dengan beriklan berbayar di Google tentu saja membutuhkan uang dan modal yang tidak sedikit

Algoritma Google

Setelah mempelajari apa itu SEO, kita perlu memahami algoritma dan faktor yang digunakan mesin pencari untuk menampilkan konten situs web.

Dimana peran SEO dalam mengoptimalkan konten web Anda di mesin pencarian sangatlah penting.

SEO mencoba untuk membentuk dan memodifikasi struktur dan konten situs web sesuai dengan algoritma Google untuk memastikan bahwa halaman situs web muncul lebih tinggi di mesin pencari.

Algoritma Google sendiri juga bersifat rahasia, tetapi mereka yang memahami SEO dengan baik akan mampu memprediksi mana saja yang menjadi indikator panting.

Google juga secara berkala memperbarui algoritmanya untuk meningkatkan relevansi jawaban dari mesin pencariannya.

Jenis Traffic SEO

Saat ini, ada tiga jenis tipe traffic yang dapat dikategorikan menurut fungsionalitas dan kinerjanya.

1. Tipe quality traffic

Jenis pertama ini adalah apa yang disebut dengan traffic yang berkualitas, atau traffic yang baik dalam arus digital.

Untuk menentukan nilai kualitasnya, traffic dapat diukur dengan besarnya nilai konversi yang dihasilkan oleh data pengunjung yang masuk pada website Anda.

Untuk situs web komersial, semakin banyak pengunjung situs yang dikonversi menjadi pembeli, semakin baik kualitas traffic yang datang dari situs web Anda.

Pengunjung biasanya melihat dan menemukan produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, aktivitas tersebut akan dimasukkan dalam traffics dengan bantuan kata kunci transaksional.

2. Tipe quantity of traffic

Volume lalu lintas juga sangat diperhitungkan untuk meningkatkan kinerja situs web. Semakin banyak pengunjung yang mengunjungi setiap halaman situs web Anda, semakin banyak traffic berharga yang Anda dapatkan.

Oleh karena itu, jika mengembangkan situs web komersial, Anda perlu menambahkan konten berkualitas ke halaman web.

Tempat di mana Anda dapat membuat serangkaian artikel dalam bentuk blog yang berisi kata kunci informasi.

3. Tipe organic traffic

Jenis yang terakhir adalah organic traffic yang sangat disukai oleh pemilik website karena gratis atau free.

Traffic organik juga dapat menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan konversi.

Misalnya, ketika seseorang memasukkan kata kunci ke mesin pencari browser mereka, pengguna mengklik tautan yang ditampilkan di hasil pencarian. Nah, kunjungan terhadap tautan tersebut merupakan traffic organik.

Mekanisme dan Teknik Optimasi SEO

Mekanisme dan Teknik Optimasi SEO

Setelah memahami beberapa jenis lalu lintas, langkah selanjutnya adalah menjelaskan bagaimana SEO dan tekniknya dapat membantu meningkatkan halaman situs web Anda di mesin pencarian.

1. Crawling

Proses pertama dalam mekanisme SEO adalah crawling mesin pencari.

Dalam hal ini crawling dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi dari semua situs website mulai dari  halaman sampai ke linknya.

2. Indexing

Setelah crawling berhasil dilakukan, selanjutnya informasi tersebut akan disimpan pada bagian web crawler : index. Tahap ini merupakan tahap lanjutan dari crawling yang menghimpun semua informasi yang didapatkan ke dalam satu halaman.

3. Ranking

Dan pada tahap akhir, mesin pencari menampilkan hasil peringkat berdasarkan pencarian yang paling cocok dengan konten yang relevan dengan kata kunci target.

Itulah pentingnya dilakukan riset kata kunci untuk setiap konten SEO.

Mengenali SEO On Page Serta SEO Off Page

SEO merupakan upaya meningkatkan traffic halaman website serta menjadikan halaman web berada di peringkat atas hasil pencarian.

Untuk dapat menerapkan metode SEO yang tepat kenali dulu SEO yang terdiri dari dua jenis, yaitu SEO on page dan SEO off page.

1. Memahami SEO on page

SEO On-page adalah upaya untuk meningkatkan SEO pada bagian dalam website Anda. Pada tahapan ini Anda harus membuat konten sesuai aturan Google.

Konten yang sesuai dengan  kata kunci akan dianggap oleh Google layak mendapat peringkat teratas di hasil pencarian.

Jenis teknik SEO ini relatif mudah dipelajari dan diterapkan. Anda cukup membuat konten sesuai aturan yang ditetapkan oleh Google. Jika sukses mengimplementasikannya maka akan memudahkan pengguna internet menemukan konten Anda.

Dengan begitu akan lebih banyak kunjungan ke halaman website Anda. Jika website Anda adalah website bisnis, maka produknya memiliki peluang penjualan lebih besar. Perlu diingat bahwa pembuatan konten di Google harus mengikuti aturan atau aspek dari mesin pencari.

Jika melakukannya dengan sembarangan, tentu saja tidak akan ada gunanya bagi situs Anda. Tentu hal ini sangat mengecewakan, karena Anda mengorbankan waktu, tenaga dan uang untuk membuat konten pada website tersebut.

2. Memahami SEO off page

SEO Off page berkaitan dengan upaya membangun SEO pada bagian luar website. Berbeda dengan SEO on page yang bekerja dari dalam dan hanya berurusan dengan konten di situs web. Tipe ini memiliki sisi lain karena melibatkan upaya eksternal.

Dari link building, meningkatkan DA, meningkatkan PA, promosi hingga guest blogging. Prosesnya benar-benar berbeda dari yang sebelumnya. Secara sederhana link building berarti  mendapatkan tautan dari situs web lain.

Hal tersebut biasa dikenal dengan backlink dan ini dilakukan dengan membuat konten di situs web lain yang menyertakan tautan dari situs web Anda sendiri.

Setelah  membuat konten, usaha tidak berhenti sampai konten diunggah ke website. Anda juga harus berpromosi. Bisa melalui media sosial dan saluran pemasaran lainnya. Jadi tidak hanya mengandalkan hasil pencarian organik dari pengguna internet.

Manfaat SEO untuk Situs Web dan Bisnis Anda

Manfaat SEO untuk Situs Web dan Bisnis Anda

Alasan mengapa banyak orang menerapkan SEO setelah memahami apa itu SEO adalah karena dapat mendatangkan lebih banyak kunjungan pengguna internet ke situs web.

Namun selain itu, SEO juga memiliki manfaat lainnya untuk Anda seperti di bawah ini:

1. Membangun kepercayaan dan kredibilitas di situs Anda

Optimalisasi yang Anda lakukan, baik itu dengan cara on-page SEO maupun off-page SEO, merupakan cara tidak langsung untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas pada situs website milik Anda.

Misalnya, jika Anda perlu membuat backlink, setidaknya Anda harus menyediakan konten yang berkualitas.

Agar orang lain bisa yakin bahwa website Anda nantinya akan layak menjadi referensi dan pengguna tidak sungkan untuk memberikan backlink.

2. Membantu Anda memahami keinginan konsumen

Salah satu teknik SEO untuk mengarahkan traffic ke halaman Anda adalah dengan membuat konten yang sesuai dengan maksud pencarian atau search intent.

Dimulai dari melakukan riset kata kunci untuk mengetahui apa yang paling sering dicari oleh pengguna internet.

Teknik SEO tersebut akan membantu Anda mendengarkan apa yang diinginkan konsumen.

Memahami perilaku konsumen berdasarkan dari apa yang mereka cari di mesin pencari. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan pembuatan konten website.

3. Memberikan kemudahan bagi pengunjung situs

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pengalaman pengunjung situs web. Salah satunya adalah tentang kecepatan loading situs web tersebut. Pengguna internet tentu saja mempertimbangkan efisiensi akses pada setiap halaman yang dibuka.

Salah satu teknik SEO bertujuan untuk mempercepat akses loading ke halaman website. Sehingga hal tersebut akan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para pengunjung website.

4. Tingkatkan traffic, conversion dan engagement

Jika Anda telah menerapkan teknik SEO yang tepat, pasti akan berpengaruh pada peningkatan traffic atau kunjungan ke situs website Anda. Karena indikator SEO yang telah terpenuhi akan menempatkan halaman Anda di atas hasil pencarian.

Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan engagement dan conversion secara bersamaan.

Misalnya, dengan menempatkan spanduk pop-up di situs web. Yang tentu akan mendatangkan profit untuk Anda nantinya.

5. Meningkatkan penjualan

Strategi penjualan yang baik dan ditambah dengan teknik SEO yang tepat tentu akan dapat membantu Anda meningkatkan lebih banyak penjualan. Keduanya harus dijalankan secara bersamaan agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Menerapkan sistem optimasi pencarian atau SEO membantu meningkatkan visibilitas situs web.

Oleh karena itu, konsumen lebih cenderung menemukan situs web Anda lebih cepat dan memberi peluang pada produk Anda untuk menjadi pilihan.

6. Bisa jadi investasi jangka panjang

Algoritma Google selalu mengalami perubahan dan pembaruan yang konstan secara berkala.

Oleh karena itu, menerapkan SEO di situs web bukanlah kegiatan jangka pendek. Anda dapat menerima manfaatnya secara berkelanjutan.

Akan tetapi, tentu saja website Anda harus selalu dievaluasi dan disesuaikan dengan perkembangan algoritma yang ada. Dengan hal tersebut, situs web akan terus mendatangkan traffic seperti yang Anda inginkan.

Baca Juga : Belajar SEO: Panduan Meraih Page 1 Logaritma

Cara Mengoptimalkan SEO di Halaman Website

Cara Mengoptimalkan SEO di Halaman Website

Sekarang setelah Anda memahami SEO, manfaat dan tentang perbedaan antara kedua jenis SEO, mari kita lihat cara mengoptimalkan jenis SEO on-page.

Tipe ini bisa dikatakan menjadi dasar pengelolaan website. Metode ini yang membedakan konten Anda dengan platform lain.

1.  Gunakan permalink  sederhana

Langkah pertama dalam optimasi SEO on page adalah dengan menerapkan permalink sederhana. Permalink ini membantu mesin pencari memahami topik yang diangkat di situs web Anda.

Secara umum, permalink hanya berisi kata kunci tertentu. Saat menggunakan WordPress, permalink biasanya disediakan secara otomatis, tetapi Anda juga dapat dengan mudah mengubahnya dan menyesuaikannya dengan kata kunci dalam konten.

Cukup klik pada dashboard WordPress, pilih Pengaturan, dan pergi ke menu Permalinks.

Kemudian klik pada struktur permalink nama yang diterbitkan dan klik Simpan. Dengan cara tersebut akan membuat struktur permalink Anda lebih dikenali oleh mesin pencari.

2. Buat judul konten yang menarik

Materi konten memang lebih penting bagi kebanyakan pengunjung. Namun, membuat judul yang menarik dan menerapkan teknik SEO dapat menarik perhatian pengguna internet untuk dapat memilih situs web Anda.

Karena jika judulnya tidak menarik, tentu saja akan lebih banyak lagi pengguna internet yang mengabaikan halaman website Anda. Jika kesulitan dalam menulis judul, Anda dapat mempelajari tipsnya secara online.

Bisa juga belajar secara serius pada buku panduan menulis judul konten yang menarik.

Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi Anda dalam membuat konten-konten menarik lainnya dan berdampak pula pada traffic kunjungan ke halaman web Anda.

3. Heading dan subheading yang tepat

Kehadiran judul dan subjudul membantu pengunjung lebih memahami materi konten yang Anda sajikan.

Dengan penggunaan judul dan subjudul tersebut, konten dibagi menjadi beberapa bagian, memungkinkan pengunjung dengan cepat menemukan tema yang menarik.

Karena tidak semua pengunjung yang membaca konten Anda membutuhkan semua informasi yang tersedia.

Pengguna internet akan merasa sangat terbantu jika dapat langsung menuju pada tema atau materi yang dibutuhkan.

Jika konten dinilai membantu pengguna internet, maka pasti halaman Anda akan menjadi halaman rujukan selanjutnya saat akan melakukan pencarian di Google.

Dengan begitu, tujuan Anda untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke halaman web akan tercapai.

4. Pilih tema yang responsif

Saat ini, lebih banyak orang menggunakan ponsel cerdas daripada komputer untuk mengakses Google.

Karena itu, Anda harus memilih tema WordPress yang responsive atau mobile-friendly. Karena tema-tema tersebut yang diminati oleh banyak pengguna internet.

Tema ini membuat situs web Anda tampak hebat di perangkat smartphone. Oleh karena itu, pengguna dapat dengan nyaman mengakses situs tanpa bergantung pada komputer.

Apalagi ketika ada kebutuhan mendesak untuk mengambil informasi melalui smartphone.

Konten Anda harus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna saat ini, karena memberi kemudahan pada pengguna internet akan membuat website Anda menjadi pilihan setiap akan mencari referensi informasi.

5. Sertakan tautan keluar dan tautan internal

Konsepnya mirip dengan memasukkan catatan kaki dalam artikel. Tujuannya adalah untuk meyakinkan pengunjung bahwa perujuk tersebut dapat dipercaya. Oleh karena itu, konten Anda harus menyertakan tautan ke situs web bagus lainnya.

Selain itu, salah satu cara untuk membuat pengunjung betah di situs web Anda adalah dengan tautan internal.

Konten dapat berisi tautan ke artikel lain, tetapi tautan ini adalah konten lain yang terkait dengan konten utama.

Oleh karena itu, ketika pengunjung selesai membaca satu konten, mereka beralih ke konten lain yang masih ada di situs web Anda.

Tautan internal juga membantu Google memahami hubungan halaman situs web Anda.

6. Tambahkan foto dan video serta percepat situs web Anda

Selain menulis konten yang bermanfaat dan orisinal, Anda juga harus menambahkan ilustrasi dan video yang relevan.

Sebaiknya gunakan beberapa gambar atau video yang akan membantu pengunjung lebih memahami konten, terutama yang terkait dengan produk Anda.

Tetapi, dengan menempatkan banyak konten gambar dan video di dalam konten, Anda juga harus memerhatikan kecepatan loading website. Hal itu dapat mempengaruhi minat pengunjung.

Pengunjung dapat dengan mudah berpaling jika web membutuhkan waktu terlalu lama untuk membuka halaman.

Ini juga mempersulit Google untuk memosisikan halaman web Anda dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus meningkatkan kecepatan menjadi minimal 3 detik.

Penutup

Jika telah memahami apa itu SEO, bagaimana cara kerja serta manfaatnya, maka Anda sudah bisa menerapkan metode tersebut untuk meningkatkan performa website.

Tidak perlu menunggu sangat mahir, karena hal-hal lain dapat dipelajari sembari memperhatikan perubahan algoritma yang terjadi pada Google.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.