cara optimasi off page seo

7 Cara Optimasi Off Page SEO untuk Website, Mudah untuk Pemula!

Diposting pada

Teknik optimasi SEO atau Search Engine Optimization adalah cara yang harus dikuasai pemilik maupun pengelola website untuk meningkatkan peringkat situs di mesin pencari. Teknik optimasi SEO ada dua yakni on page dan off page. Cara optimasi off page SEO berfokus pada dukungan dari luar website.

Banyak pemula dalam mengelola website mengira bahwa optimasi SEO yang harus dilakukan hanyalah optimasi dari dalam website saja atau SEO on page. Padahal, SEO off page juga merupakan teknik optimasi yang tidak kalah penting dan keberadaannya sangat dipertimbangkan oleh mesin pencari.

Mengenal Teknik Optimasi Off Page SEO

Mengenal Teknik Optimasi Off Page SEO

Cara optimasi off page SEO adalah teknik optimasi website yang dilakukan dari luar website tersebut, salah satunya dengan membuat backlinks atau inbound links dengan cara yang natural. Keberadaan backlinks di luar website akan ditandai sebagai indikator yang baik oleh mesin pintar.

Selain membuat backlinks, sebenarnya ada banyak faktor lain dalam teknik optimasi off page yang bisa dilakukan. Intinya adalah, teknik off page SEO merupakan cara promosi konten ke luar website, salah satunya dengan melakukan link building ke berbagai tempat.

Bisa dikatakan bahwa teknik SEO off page adalah pelengkap dari SEO on page sehingga keduanya harus mendapat perhatian serius dari pemilik website. Teknik SEO off page ini bisa dilakukan di berbagai media atau platform seperti media sosial, website lainnya termasuk di forum-forum online.

Pemilik website terutama yang masih pemula biasanya akan meningkatkan engagement rate websitenya di media sosial dengan membagikan linknya di status media sosial maupun mengirimkan link ke kenalannya.

Pemilik website juga biasa memanfaatkan forum-forum online untuk membagikan link secara natural.

7 Cara Optimasi Off Page SEO Mudah dan Optimal

Cara optimasi SEO off page dapat dilakukan setidaknya melalui 7 cara di bawah ini. Masing-masing harus dijalankan dengan optimal untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut penjelasannya:

1. Menjalankan Link Building

Menjalankan Link Building

Menjalankan link building adalah salah satu cara paling lumrah dipakai oleh pegiat SEO untuk meningkatkan SEO off page websitenya. Link building sendiri adalah upaya memperoleh link dari situs lainnya atau backlink.

Link building berfungsi untuk meningkatkan otoritas suatu website agar dinilai berkualitas dan baik oleh mesin pencari seperti Google. Semakin banyak backlink yang diperoleh, maka Google akan memberi penilaian yang baik karena hal ini sebagai indikator bahwa suatu website dapat dipercaya.

Bahkan, jika backlink yang diperoleh semakin banyak, maka posisi website di mesin pencari akan semakin teratas. Menurut penelitian, situs yang menempati posisi pertama di mesin pencari mempunyai jumlah backlink rata-rata 3,8 kali lebih banyak dibandingkan website posisi kedua sampai kesepuluh.

Hanya saja, tidak setiap backlink yang ditempatkan di website lainnya akan dianggap sebagai backlink yang baik oleh mesin pencari. Adakalanya backlink tersebut justru dianggap sebagai spam karena berasal dari situs yang tidak relevan atau situs ecek-ecek.

Baca Juga: Cara Cek Broken Link Pada Website, Pakai Website Hingga Aplikasi!

2. Membagikan Halaman di Media Sosial

Membagikan Halaman di Media Sosial

Salah satu cara optimasi off page SEO termudah yang bisa dilakukan pemula adalah dengan membagikan konten website Anda di sosial media. Sosial media adalah salah satu tempat terbaik karena banyak orang berkumpul di sini.

Apabila respon yang diperoleh dari media sosial cukup bagus seperti like, komentar dan share yang tinggi, maka hal ini juga menjadi salah satu indikator bagi Google bahwa konten tersebut memiliki kualitas baik dan menarik.

3. Mengolah Local SEO

Mengolah Local SEO

Apabila website yang Anda kelola berjenis website bisnis, maka lokal SEO adalah salah satu teknik SEO off page yang harus diperhatikan. Local SEO adalah tampilan bisnis yang muncul di pencarian lokal Google. Biasanya Anda akan menemukan local SEO ini ketika mengetikkan kata entitas bisnis tertentu.

Misalnya ketika diketikkan kata restoran terdekat, maka Google akan menampilkan daftar restoran paling dekat di tempat Anda. Lokal SEO ini harus diolah dengan baik dengan cara melengkapi profil Google Bisnis Anda. Beri keterangan mengenai nomor telepon, foto, jam operasional dan lainnya.

Mintalah orang atau pelanggan Anda memberikan review sehingga akan meningkatkan peringkat di mesin pencari.

4. Mengumpulkan Review Positif

Mengumpulkan Review Positif

Memperoleh review atau ulasan yang positif untuk website dapat menjadikan reputasi website Anda semakin bagus. Hal ini sebagaimana yang ditekankan oleh Google Quality Rater. Mendapatkan review yang bagus untuk website bisa dilakukan melalui:

Pastikan Anda memberikan customer experience yang bagus agar mendapatkan review yang positif seperti konten yang berkualitas, bersikap ramah, cepat menjawab pertanyaan. Cara ini bisa dibilang memang membutuhkan usaha ekstra karena ulasan bergantung kepada para pengunjung.

5. Menjalin Kerjasama dengan Media Massa Online

Menjalin Kerjasama dengan Media Massa Online

Optimasi SEO off-page website juga bisa dilakukan dengan cara menjalin kerjasama dengan beberapa media massa online. Caranya adalah dengan membuat press release setiap kali bisnis Anda melakukan kerja sama dengan instansi lain, menyelenggarakan event dan meraih pencapaian tertentu.

Selanjutnya press release tersebut dikirimkan ke media massa online dan lengkapi dengan backlink ke website Anda. Nantinya ketika press release tersebut diterbitkan, maka Google akan memberikan skor yang baik apalagi jika press release tersebut diterbitkan di media online besar dan ternama.

6. Mengirimkan Email Marketing

Mengirimkan Email Marketing

Cara optimasi off page SEO berikutnya adalah dengan mengirimkan email marketing ke beberapa pelanggan Anda. Teknik ini biasa digunakan oleh para marketer dan pemilik suatu bisnis setiap kali meluncurkan suatu layanan dan promo produk.

Melakukan interaksi menggunakan email marketing dirasa lebih personal dan dapat meningkatkan engagement dengan pengunjung. Lampirkan konten terbarumu kepada pengunjung di email marketing.

7. Melakukan Brand Mention

Melakukan Brand Mention

Teknik brand mention adalah menyebutkan nama website Anda di halaman website yang lain. Brand mention terdiri dari dua jenis yakni tanpa link dan dengan link yang mengarah langsung ke website.

Beberapa cara meningkatkan brand mention adalah:

  • Melakukan guest blogging
  • Menjadi narasumber suatu konten
  • Menghubungi pemilik website untuk bekerjasama

Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Link Building

Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Link Building

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa teknik menanamkan link di situs lainnya yang mengarah kanke situs Anda adalah salah satu cara optimasi off page SEO paling efektif meningkatkan peringkat suatu website. Namun, beberapa faktor di bawah ini harus Anda perhatikan ketika melakukan link building:

1. Page Authority Serta Domain Authority

Domain Authority atau DA merupakan nilai yang digunakan untuk memperkirakan peluang posisi website yang ada di mesin pencari Google. Sementara Page Authority atau PA adalah nilai skor yang digunakan untuk menunjukkan seberapa besar peluang suatu halaman website ada di rangking atas Google.

Skor baik DA dan PA ditunjukkan menggunakan skala dari angka 1 sampai 100. Penilaian Page Authority dan Domain Authority berdasarkan popularitas suatu website, usia domain website tersebut, kualitas isi websitenya termasuk konten di dalamnya.

Apabila angka skor DA dan PA semakin besar menunjukkan bahwa kualitas suatu website dan halamannya semakin bagus. Sebelum memilih website untuk menanamkan backlink, Anda harus memeriksa skor DA dan PA website tersebut.

Usahakan untuk memilih website dengan skor DA dan PA yang hampir sama dengan skor website Anda. Bahkan, jika memungkinkan, pilihlah website dengan skor DA dan PA yang lebih besar.

2. Link Dofollow dan Nofollow

Ada dua istilah yang harus Anda pahami sebelum menanamkan backlink yakni link dofollow dan link nofollow. Link dofollow adalah link yang digunakan untuk meminta Google mengikuti tautan tujuannya dan dapat menguatkan nilai SEO situs tujuan.

Link tautan Dofollow akan dibaca oleh Google dan sebagai salah satu indikator penentu rangking domain authority dan page authority suatu website. Sementara link nofollow adalah tautan yang meminta mesin pencari Google untuk tidak mendeteksi link tersebut.

Sehingga link Nofollow tidak akan digunakan Google untuk menentukan rangking domain dan page authority website. Link Nofollow tidak bermanfaat untuk kebutuhan SEO off page. Oleh karena itu pastikan bahwa link yang ditanamkan akan dideteksi sebagai link Dofollow dan bukan link Nofollow.

Cara untuk mengeceknya sangat mudah yakni memakai ekstensi Google Chrome Nofollow. Jika masih dideteksi sebagai Nofollow, maka mintalah untuk mengubahnya menjadi Dofollow.

3. Anchor Text

Anchor text merupakan potongan teks yang berisi link atau tautan yang mengarahkan pengunjung suatu website ke halaman lainnya. Istilah ini sangat bermanfaat untuk membantu Google memahami apa konteks halaman yang dituju. Anchor backlink yang berkualitas akan berisi kata kunci yang sesuai.

Google nantinya akan menilai relevansi antara keywords yang digunakan dengan link yang dimasukkan ke dalam anchor text. Hanya saja, penggunaan anchor text juga tidak boleh berlebihan karena akan dianggap sebagai spam.

4. Traffic

Traffic adalah tingkat kunjungan visitors ke suatu website. Saat akan menempatkan backlink, pastikan Anda memilih website dengan tingkat traffic yang tinggi karena memiliki peluang untuk diklik pengunjung lebih besar.

5. Tingkat Relevansi

Faktor terakhir yang tidak kalah untuk diperhatikan saat akan menanamkan backlink adalah memilih website dengan relevansi yang baik. Relevansi adalah kesesuaian niche website dengan website Anda.

Misalnya, website Anda berbicara mengenai perawatan kendaraan bermotor, maka website yang cocok untuk dijadikan backlink adalah website yang membahas tentang otomotif juga.

Teknik Melakukan Link Building

Teknik Melakukan Link Building

  1. Guest Blogging, yakni Anda menjadi tamu yang mengisi artikel di website lainnya. Sisipkan link situs Anda di artikel ini.
  2. Link Building Menggunakan Konten. yakni menjadikan situs Anda berkualitas sehingga dijadikan sumber rujukan berbagai website
  3. Ego Bait, yakni menjadikan pemilik situs lain sebagai narasumber konten Anda. Setelah wawancara, buatlah artikel berdasarkan isi wawancara tersebut dan terbitkan di situs Anda. Hampir dipastikan mereka akan menerbitkan atau share artikel itu juga di situsnya.

Beberapa cara optimasi off page SEO di atas apabila dilakukan dengan bersungguh-sungguh maka dapat meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Teknik link building atau menanamkan backlink hingga meningkatkan engagement media sosial adalah beberapa cara terbaik optimasi website secara off page.

Setelah mempelajari mengenai off page SEO, sebaiknya Anda juga paham betul optimasi dari dalam atau SEO on page, salah satunya mempercepat loading website, agar reputasi website semakin meningkat di mesin pencari.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.