Apa itu VPN? Manfaat dan Cara Memilihnya Agar Aman

Apa itu VPN Manfaat dan Cara Memilihnya Agar Aman
Apa itu VPN Manfaat dan Cara Memilihnya Agar Aman

VPN adalah salah satu yang biasa didengar dan juga sering digunakan untuk mengakses website yang diblokir atau tidak bisa diakses.

Seperti misalnya saat WhatsApp diblokir untuk sementara waktu, banyak orang yang kemudian menggunakan VPN agar tetap bisa berkomunikasi menggunakan aplikasi tersebut.

Untuk pengertian VPN serta manfaat yang bisa diberikan dari penggunaan VPN akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Apa itu VPN?

Apa itu VPN? Bisa diketahui terlebih dahulu dari singkatannya yaitu Virtual Private Network. Pengertian VPN adalah teknologi yang memungkinkan untuk dapat tetap terkoneksi jaringan public menggunakan jaringan local.

Sehingga dengan menggunakan VPN akan tetapi bisa untuk mendapatkan akses dengan hak dan pengaturan LAN menggunakan jaringan publik.

Jaringan internet tidak memberikan dukungan terhadap keamanan, sedangkan untuk jaringan internet dasar membutuhkan pertukaran data rekanan perusahaan dan kantor cabang.

Sehingga VPN tersebut merupakan jaringan internet yang bisa menghubungkan ke kantor cabang secara private dengan cara melakukan pengamanan pada pertukaran paket data.

Baca Juga : Pengertian Internet

Fungsi Utama VPN

Teknologi VPN tersebut mempunyai tiga fungsi utama yang dipunyai dan bisa dimanfaatkan bagi penggunanya seperti berikut ini:

1. Confidentially

Fungsi pertama adalah confidentially (kerahasiaan). Ketika menggunakan VPN, maka akan memanfaatkan jaringan publik yang bisa memudahkan untuk data yang dicuri.

Akan tetapi dengan teknologi ini yang dapat untuk mengenkripsi data maka bisa untuk membuat data tersebut bisa lebih terjaga dan aman.

Hal tersebut membuat jalur VPN tersebut tidak bisa untuk membaca datanya karena sudah menggunakan sistem enkripsi sehingga data tidak bisa untuk diakses dan dibaca dengan mudah.

2. Data intergrity

Fungsi utama selanjutnya adalah kebutuhan data yang didapatkan atau data intergrity. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, ketika menggunakan VPN maka akan bisa mengakses jaringan publik.

Jaringan tersebut mempunyai jaringan internet yang sangat jauh karena tidak hanya dari satu negara saja. Karena mempunyai data dari berbagai negara tersebut, biasanya akan membuat data yang diterima bisa rusak, hilang, dan juga datanya bisa dimanipulasi sehingga mendapatkan data yang tidak seharusnya.

Akan tetapi dengan menggunakan VPN akan bisa mendapatkan keutuhan data. Dengan teknologi tersebut akan bisa menjaga data yang dikirim dan juga data yang didapatkan akan bisa terjaga keutuhannya sehingga mendapatkan data yang tidak rusak dan tidak dimanipulasi.

3. Origin Authentication

Fungsi utama ketika mengakses internet menggunakan VPN adalah mendapatkan sumber yang autentik. Teknologi VPN mempunyai kemampuan untuk dapat mengecek dan melakukan autentikasi data yang diterima.

Sehingga semua data yang didapatkan maupun dikirimkan tersebut akan dapat untuk diperiksa terlebih dahulu dengan informasi yang lengkap dan jelas. VPN bisa untuk melakukan pemeriksaan dari sumber datanya sehingga memastikan keaslian data.

VPN juga akan mengecek alamat sumber data tersebut sehingga data yang dikirimkan maupun diterima merupakan data dari sumber yang jelas dan tidak dipalsukan oleh pihak-pihak lainnya yang berusaha untuk mengambil keuntungan ketika menggunakan jaringan publik tersebut.

Cara Kerja VPN

Teknologi VPN ini mempunyai cara kerja dan penggunaan yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Empat cara kerjanya yaitu sebagai berikut ini:

  • Untuk mendukung jaringan yang bisa untuk mendapatkan data yang otentik. Sehingga VPN bisa dimanfaatkan untuk mengakses jaringan PPTP, L2TP, IPSec, dan juga SOCKS.
  • Dimanfaatkan untuk mendapatkan sambungan atau jaringan dengan mengidentifikasi orang yang bisa untuk mengakses atau mempunyai wewenang dalam akses jaringan tersebut.
  • Mempunyai fungsi enkripsi sehingga hal tersebut akan bisa meningkatkan keamanan ketika menggunakan jaringan publik. Hal tersebut membuat jaringan internet bisa lebih aman dari resiko keamanan yang tidak terlihat.
  • Mempunyai cara kerja yang mempunyai perkembangan dengan mobilitas yang dipunyai. Sehingga hal tersebut bisa membuat mengakses jaringan atau koneksi tanpa jaringan Wi-Fi.

Manfaat Menggunakan VPN

Manfaat Menggunakan VPN

Dari gambaran mengenai pengertian VPN dan juga fungsi utamanya, teknologi ini sendiri bisa memberikan manfaat yang beragam seperti berikut ini:

1. Keamanan

Manfaat pertama adalah bisa mendapatkan keamanan yang lebih terjamin. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa jaringan VPN melakukan enskripsi dan juga data yang tidak mudah diakses.

Hal tersebut membuat internet menggunakan VPN akan memberikan keamanan yang bisa didapatkan. Keamanan menggunakan teknologi ini akan lebih terjamin karena menggunakan jaringan publik dan enkripsi ketika mengirimkan data sehingga membuat data yang dikirim autentik dan tidak dimanipulasi.

Menggunakan VPN juga bisa untuk mengakses internet dengan lebih rahasia tanpa diketahui orang lain. Sehingga hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk melindungi keamanan ketika mengakses internet yang bisa didapatkan dari serangan cyber crime.

2. Akses remote control

Manfaat selanjutnya adalah untuk remote control. Maksudnya adalah VPN bisa untuk melakukan remote komputer walaupun berada di tempat yang lain.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan syarat masih bisa terhubung dengan jaringan internet. Remote access ini bisa mengakses komputer maupun jaringan kantor dengan muda menggunakan VPN selama Anda terhubung dengan jaringan internet.

Sehingga dengan fungsi akses remote control ini bisa untuk menyimpan data penting di komputer lainnya tanpa khawatir dan tentunya lebih aman.

3. Download lebih cepat

Selain bisa menjamin data yang dikirim maupun diterima tersebut lebih aman, manfaat menggunakan VPN adalah bisa membuat unduhan cepat selesai. Karena dengan teknologi VPN bisa membantu untuk mengunduh atau download dengan kecepatan lebih baik.

Tunnel VPN merupakan jaringan publik yang digunakan, sehingga hal tersebut tidak menyebabkan adanya intervensi yang dilakukan ketika mengakses internet termasuk mengunduh data.

Dengan menggunakan VPN akan membuat kecepatan download yang dirasakan juga lebih baik dan bisa meningkat sehingga membuat unduhan cepat selesai.

4. Mengakses secara mudah

Menggunakan teknologi ini juga mempunyai keuntungan dengan bisa mengakses jaringan menjadi lebih mudah. Hal tersebut banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan ternama.

Sehingga dengan penggunaan jaringan VPN tersebut akan bisa membuat karyawannya bisa untuk mengakses berbagai file, jaringan, dan peralatan kantor menjadi lebih mudah dan aman.

Hal tersebut karena dengan VPN yang digunakan akan menggunakan jalur khusus di jaringan publik sehingga membuatnya bisa lebih mudah dan mempunyai kecepatan lebih baik.

5. Perlindungan terhadap privasi

Menggunakan VPN juga bermanfaat agar bisa mendapatkan jaminan perlindungan ketika mengakses jaringan internet. Saat mengakses jaringan internet, hal yang paling menjadi kekhawatiran adalah dari isu keamanan yang dialami sehingga bisa menjadi korban kejahatan online.

Resiko keamanan tersebut utamanya apabila menggunakan jaringan wifi publik sehingga akan lebih rawan dan mudah lagi menjadi korban kejahatan online.

Akan tetapi dengan menggunakan VPN yang aman, hal tersebut membuat Anda bisa mengakses wifi publik lebih tenang karena bisa untuk melindungi username dan password sehingga tidak mudah dibobol.

6. Solusi geolocation block

VPN juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi blocking dari website yang ada di wilayah atau negara tertentu.

Seperti misalnya bagi Anda yang ingin menonton video di Youtube, biasanya akan menemukan bahwa video tersebut tidak bisa diakses di wilayah Anda. Sehingga hal mudah agar tetap bisa menonton video tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi VPN yang bisa mengatasi geoblock.

Manfaat ini juga biasanya bisa dirasakan bagi masyarakat di China yang berbagai situs dan sosial media diblokir seperti Google, Instagram, dan lainnya.

Sehingga agar warga di Tiongkok tetap bisa mengakses berbagai situs tersebut bisa menggunakan kegunaan dari teknologi VPN.

7. Mengakses website yang diblokir

Biasanya pemerintah melakukan pemblokiran pada website dengan tujuan tertentu. Tidak hanya karena mengandung pornografi saja, akan tetapi juga apabila pemerintah mempunyai sentimen dengan perusahaan tertentu juga bisa untuk melakukan pemblokiran sebagai bentuk kebijakan yang dilakukan. Sehingga bagi situs-situs yang tidak bersalah tersebut juga akan tidak bisa diakses secara luas.

Bagi yang membutuhkan untuk tetap mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah tersebut, bisa menggunakan VPN yang diinstal di smartphone. Sehingga hal tersebut akan mengatasi untuk dapat tetap mengakses situs yang diblokir pemerintah.

8. Mengubah IP

Bagi yang mempunyai banyak kegiatan ketika mengakses internet dan sedikit berbahaya atau ingin merahasiakan identitas bisa untuk melakukan pengubahan alamat IP yang dipunyai dengan menggunakan VPN.

Manfaat VPN yang dirasakan juga bisa untuk mengubah alamat dari IP yang dipunyai. Karena saat menggunakannya maka koneksi juga akan tersambung dengan tunnel negara yang dipilih, maka hal tersebut juga membuat alamat IP yang dipunyai akan bisa mengikuti negara tersebut.

Sehingga dengan menggunakan VPN akan bisa untuk mengganti lokasi IP sesuai dengan lokasi negara yang telah dipilih.

9. Mempunyai performa lebih baik

Manfaat selanjutnya adalah bisa mempunyai performa yang lebih baik ketika mengakses jaringan internet. Bandwidth dan saat mengakses jaringan tersebut akan lebih efisiensi apabila mengaksesnya menggunakan IP dari negara lain.

Sehingga saat menggunakan VPN juga akan menghasilkan performa yang lebih baik. Seperti kecepatan internet yang lebih baik dan saat mengunduh file juga akan membuatnya lebih cepat selesai dibandingkan tidak menggunakan VPN.

10. Lebih efektif dari segi biaya

Anda bisa mengakses website yang diblokir atau geo block tersebut dengan menggunakan VPN yang bisa diunduh secara gratis atau agar lebih aman bisa untuk mendapatkannya dengan memilih VPN yang aman atau tidak berbahaya dengan biaya yang terjangkau.

Sehingga dengan biaya bulanan atau tahunan bisa untuk membuat biaya yang dikeluarkan akan lebih efektif.

Karena akan mendapatkan kemudahan untuk mengakses jaringan dari berbagai negara dengan memanfaatkan jaringan publik yang aman dari VPN.

Cara Memilih VPN Yang Aman

Cara Memilih VPN Yang Aman
Cara Memilih VPN Yang Aman

Bagi yang akan memanfaatkan VPN tentunya perlu untuk memperhatikan berbagai hal sehingga bisa mendapatkan keuntungannya. Mulai yang pertama adalah dengan memastikan bahwa Anda membutuhkan VPN terlebih dahulu.

Bagi yang mempunyai kegiatan untuk mendapatkan internet dengan kecepatan tinggi, bisa untuk memanfaatkan VPN.

Selain itu untuk keamanan untuk mengakses jaringan publik di seluruh dunia juga bisa memanfaatkan VPN. Cara lainnya yang bisa dipertimbangkan untuk memilih VPN adalah:

1. Fitur VPN

Pertimbangan pertama untuk memilih VPN adalah dengan memperhatikan fitur yang dipunyai. Pastikan untuk memilih teknologi VPN yang mempunyai fitur yang dibutuhkan.

Selain itu juga jangan asal memilih fitur karena banyak juga fitur yang bisa diabaikan dan tidak perlu digunakan. Sehingga pastikan untuk memilih fitur yang penting dan sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mendapatkan VPN yang tepat.

2. Kualitas VPN

Cara selanjutnya yang bisa diperhatikan untuk memilih teknologi VPN terbaik tentunya dari kualitas yang ditawarkan. Pilih yang mempunyai kualitas sesuai dengan prioritas yang Anda punyai.

Seperti misalnya yang bisa untuk membuka blokir geografis, VPN yang bisa menghargai privasi, dan juga lainnya sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk memilih kualitas VPN terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Kompatibel dengan perangkat Anda

Saat akan memilih VPN yang tepat penting sekali untuk memeriksa perangkat yang kompatibel atau yang cocok. Hal tersebut karena VPN tidak semuanya bisa diakses dari semua platform.

Sehingga pastikan ketika memilih VPN, maka pilihan tersebut akan bisa diakses dan mendukung di platform yang Anda gunakan.

Selain itu juga perhatikan mengenai berapa banyak perangkat yang bisa disambungkan dalam sekali waktu untuk kenyamanan saat menggunakannya.

4. Mudah digunakan

Saat menggunakan VPN, pilih juga yang interfacenya atau antar muka yang mudah untuk digunakan sehingga lebih ramah pengguna.

Hal ini agar nantinya Anda tidak kesusahan saat akan mengakses jaringan dan tidak bingung saat menggunakannya.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memilih VPN yang menyediakan dalam banyak layanan bahasa sehingga akan lebih mudah dimengerti dan digunakan dengan mudah.

5. Lokasi yang tercakup

Pertimbangan untuk memilih aplikasi VPN yang penting adalah dengan memastikan bahwa lokasi penting juga akan tercakup dalam jaringannya.

Sehingga hal tersebut akan bisa digunakan di berbagai negara saat Anda akan bepergian ke luar negeri. Seperti ketika berada di China yang banyak akses website yang diblokir.

Maka dengan menggunakan VPN akan tetap bisa menikmati kebebasan untuk mengakses website yang diblokir oleh pemerintah tersebut dengan mudah.

6. Cara pembayaran yang disukai

Bagi yang memilih VPN juga penting untuk memilih cara pembayaran yang banyak dan bisa dipilih dari yang disukai. Misalnya bisa menggunakan pembayaran menggunakan bitcoin yang akan memudahkan pembayaran yang dilakukan.

Selain itu bisa untuk memilih VPN yang menawarkan promo atau diskon sehingga bisa membuat biayanya menjadi lebih murah.

7. Memilih VPN dengan garansi uang kembali

Langkah terakhir untuk memilih VPN terbaik adalah yang menawarkan garansi uang kembali. Hal tersebut penting untuk diperhatikan agar bisa untuk mendapatkan keuntungan apabila tidak cocok dengan layanan yang diberikan.

Sehingga tetap akan mendapatkan jaminan uang kembali tersebut apabila ingin menghentikan layanan VPN yang telah dipilih.

Di atas merupakan beberapa hal yang perlu diketahui mulai dari apa itu VPN? Unsur-unsurnya, manfaat yang dipunyai menggunakan VPN, hingga cara untuk memilih VPN yang tepat.

VPN memberikan banyak manfaat ketika mengakses internet baik membuat kecepatan lebih baik hingga kerahasiaan dan keamanan yang lebih terjamin. Sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik tentunya dengan memilih layanan VPN yang aman.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar