13 Aplikasi Gaji Karyawan di HP (Android/iOS) dan Basis Web

Jenis & Cara Pilih Aplikasi Gaji Karyawan Paling Tepat

Aktivitas penggajian karyawan merupakan bagian dari bisnis yang sifatnya sangat penting dan perlu ada pertimbangan khusus. Para pengusaha harus benar-benar memastikan bahwa penggajian karyawan sudah dilakukan dengan benar dan akurat. Sudah pernah menggunakan aplikasi gaji karyawan belum?

Aplikasi khusus gaji karyawan tentunya bisa menjadi solusi terbaik bagi para entitas usaha yang pastinya memiliki tanggung jawab menggaji semua karyawannya.

Aplikasi absensi dan gaji karyawan tentu bisa bantu para pengusaha untuk menggaji semua karyawannya secara lebih praktis, akurat, dan efisien.

Jika dibandingkan dengan pemberian gaji manual yang memakan waktu, menggunakan APK gaji bisa membuat proses pemberian upah berjalan cepat.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengusaha juga bisa terhindar dari kesalahan perhitungan upah lembur atau bonus pada masing-masing karyawan.

Kenali Tentang Aplikasi Gaji Karyawan

Kenali Tentang Aplikasi Gaji Karyawan

Makin maju suatu perusahaan pastinya akan melibatkan banyak sumber daya manusia untuk membantu proses operasional berjalan dengan lancar.

Jika jumlah karyawan semakin banyak, maka perusahaan juga harus siap untuk menangani masalah penggajian karyawan dengan benar dan adil.

Namun Anda sudah tidak perlu khawatir lagi masalah penggajian karyawan, karena zaman sekarang segalanya sudah bisa ditangani dengan mudah.

Salah satu cara membuat proses penggajian karyawan berjalan dengan cepat dan akurat dengan menggunakan aplikasi khusus penggajian karyawan.

Aplikasi khusus gaji karyawan merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengelola, mengatur, dan mengotomatisasi pembayaran upah kepada semua karyawan perusahaan.

Dengan menggunakan tools gaji karyawan, maka tim keuangan dalam suatu perusahaan tidak sulit melacak transaksi pembayaran.

Fitur yang nantinya disematkan dalam software gaji karyawan juga memberi kemudahan staf keuangan perusahaan untuk merekap semua transaksi pembayaran usaha.

Aplikasi gaji karyawan umumnya akan mengotomatisasi proses pembayaran gaji dengan cara dihitung harian, bulanan bagi pegawai dengan status kontrak, lepas, atau tetap.

Didalamnya sudah dibekali fitur teknologi untuk mengolah data penggajian para karyawan dan langsung menyalurkannya ke rekening.

Ada juga software gaji karyawan yang memperhitungkan masalah potongan wajib atau tidak wajib bisa dilakukan secara otomatis misal asuransi, pajak, dan iuran pensiun. Proses penggajian nantinya akan berjalan lancar sesuai dengan tanggal gajian yang sudah ditetapkan.

Baca Juga: Ini Dia 5+ Dampak Telat Membayar Gaji Karyawan

Rekomendasi Software Penggajian Karyawan Paling Bagus

Dengan menggunakan aplikasi payroll penggajian karyawan, Anda tidak perlu repot-repot memanggil satu per satu karyawan untuk memberikan gaji.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa aplikasi gaji yang bisa digunakan dan fitur didalamnya juga terkenal sangat memudahkan para penggunanya.

1. Aplikasi KaryaOne

Aplikasi KaryaOne

Aplikasi KaryaOne merupakan salah satu software yang bisa digunakan untuk mengelola data para karyawan atau SDM berbasis cloud atau web.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi KaryaOne terutama pada masalah penggunaan memori lebih irit dan hemat.

KaryaOne terkenal irit memori karena menggunakan web atau cloud dalam pelaksanaannya. Anda juga bisa mengatur keperluan lainnya yang dibutuhkan oleh karyawan.

Anda bisa menggunakan KaryaOne untuk mengolah data karyawan lama dan baru, absensi, cuti, fingerprint, dan lainnya.

Jika ingin menggunakan aplikasi gaji karyawan satu ini, sayangnya Anda tidak bisa mengakses fitur secara gratis.

Aplikasinya berbayar dan harganya memang tidak murah, namun dengan begitu sistem penggajian terintegrasi dengan baik tanpa ada kesalahan sedikitpun.

2. Aplikasi Gadjian

Aplikasi Gadjian

Aplikasi Gadjian juga menawarkan banyak sekali fitur sesuai dengan kebutuhan para karyawan. Bagi Anda yang membutuhkan bantuan masalah perhitungan pajak penghasilan dan iuran BPJS, maka tinggal akses aplikasi Gadjian karena sudah ada fitur lengkap yang bisa membantu.

Sama dengan aplikasi lainnya, semua data yang dimasukkan pada aplikasi KaryaOne tersimpan dalam bentuk cloud atau web.

Semua SDM perusahaan yang membutuhkan data keuangan tentu bisa mengaksesnya asalkan sudah mendapatkan izin akses oleh pihak terkait.

Untuk menggunakan aplikasi Gadjian, Anda harus selalu terhubung pada koneksi internet yang stabil.

Namun tidak perlu khawatir saat koneksi internet mati karena semua data yang sebelumnya sudah tersimpan masih akan tetap tersimpan rapi sesuai dengan harapan pengguna.

3. Aplikasi Payroll Bozz

Aplikasi Payroll Bozz

Walaupun dinamakan dengan aplikasi “Payroll”, namun Anda tidak hanya akan menemukan fitur payroll saat menggunakan aplikasi satu ini.

Aplikasi tersebut dapat menawarkan beragam fitur yang memudahkan para karyawan menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan cepat dan mudah.

Salah satu fiturnya yang banyak digunakan dinamakan dengan “Employee Self Service” yaitu fitur akses aktif para karyawan untuk input data atau hasil pengolahan secara mandiri.

Anda juga bisa menemukan fitur “Online Request and Approval” untuk menyampaikan usulan kebijakan ke depan.

Bagi Anda pemula yang belum pernah menggunakannya, bisa terlebih dahulu mencoba fitur free trial dengan memasukkan data keuangan.

Jika fitur yang ada didalamnya sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka bisa coba langsung melakukan pembelian dan memilih paket.

4. Aplikasi Sleekr

Aplikasi Sleekr

Aplikasi penghitung gaji karyawan satu ini dikembangkan oleh Mekari karena sudah terkenal aman dan dipercaya oleh semua karyawan.

Fitur yang ada pada Sleekr bisa memberi kemudahan karyawan dalam mengingatkan waktu gajian paling tepat sesuai dengan aturan.

Aplikasi Sleekr menawarkan sistem terpusat misalnya dalam hal pengelolaan data karyawan, ada sistem payroll karyawan, dan juga kebutuhan administrasi bisnis.

Selain itu, Sleekr juga memberi kemudahan pengguna dalam mengakses aplikasi akuntansi untuk mengelola laporan keuangan.

Sebelum memberikan gaji kepada karyawan, maka Anda bisa mencoba memasukkan data tentang potongan cuti, pajak penghasilan, bonus, dan lainnya.

Sistem akan bekerja secara otomatis dan memberikan hasil akurat kepada semua penggunanya.

5. Aplikasi Weefer

Aplikasi Weefer

Tidak ingin kalah dengan aplikasi lainnya, aplikasi Weefer juga tergolong pionir teknologi informasi yang sangat memudahkan para penggunanya.

Aplikasi menawarkan banyak sekali fitur untuk mengelola SDM, sehingga sangat cocok digunakan perusahaan berskala besar.

Weefer memberi kemudahan pengguna untuk melakukan free demo bagi perusahaan, mengatur tugas serta pekerjaan para karyawan, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda para pengguna aplikasi pemula bisa mencoba training terlebih dahulu untuk memastikan fitur yang ada didalamnya sesuai.

Jika fitur yang ada didalamnya sudah sesuai, maka Anda bisa mulai mencoba berlangganan paket bulanan atau tahunan.

Untuk penggunaan fitur lebih lengkap, maka memang lebih baik bayar penggunaan fitur supaya fungsinya bisa berjalan secara optimal.

6. Aplikasi Andal PayMaster

Aplikasi Andal PayMaster

Aplikasi gaji karyawan satu ini bisa membantu mengelola seluruh data karyawan yang nantinya bisa berhubungan langsung dengan data karyawan dan sistem kehadiran.

Anda juga bisa urus masalah asuransi kesehatan dan pembayaran pajak karyawan dengan cara lebih mudah.

Aplikasi PayMaster hadir dengan versi yang bisa diperbarui dengan cepat, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan permintaan.

Jika dibutuhkan pembaharuan, maka pengguna disarankan untuk meng-install kembali agar bisa mengakses semua fitur aplikasi.

Aplikasi Andal PayMaster bisa membantu admin untuk mengelola semua data karyawan terkait dengan keuangan.

Ada juga fitur perhitungan pajak penghasilan, penambahan bonus, tunjangan, dan gaji lainnya bagi seluruh karyawan perusahaan.

Menarik bukan?

7. Aplikasi Appsensi

Aplikasi Appsensi

Aplikasi perhitungan gaji karyawan ini tentunya bisa digunakan dengan menggunakan koneksi internet yang stabil.

Tim HR akan lebih mudah mengelola gaji karyawan secara otomatis dengan memperhatikan kebutuhan dari perusahaan sendiri. Apa kelebihan dari Appsensi

Aplikasi Appsensi nantinya akan membantu sistem penggajian bisa berjalan lebih transparan dan meminimalkan terjadinya human error.

Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi Appsensi perlu berlangganan dengan paket absensi yang dikeluarkan oleh +payroll

Gunakan aplikasi Appsensi untuk melakukan perhitungan gaji, pajak penghasilan, BPJS, tunjangan karyawan, dan tingkat kehadiran.

Kehadiran Appsensi memudahkan setiap perusahaan dalam menghitung slip gaji karyawan secara real-time dan dalam waktu bersamaan.

8. Upahku.id

Upahku.id

Cari aplikasi untuk menghitung gaji karyawan khusus usaha mikro? Anda bisa menggunakan tools dari aplikasi Upahku.id.

Aplikasi satu ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa membantu mengatur setiap data karyawan dengan mudah dan perhitungan payroll.

Untuk menggunakan aplikasi Upahku.id, Anda perlu memiliki koneksi internet yang stabil sehingga semua fitur di dalamnya bisa terbuka.

Menariknya lagi, aplikasi Upahku.id bisa di akses secara gratis dan menggunakan smartphone Android yang terkenal lebih ramah penggunaannya.

Anda bisa menggunakan aplikasi Upahku.id kapan saja dan dimana saja dengan interface simple cocok bagi semua pebisnis pemula.

Tinggal klik menu “My Payroll”, maka nantinya akan muncul keterangan slip gaji dalam beberapa periode per bulannya

9. Buku Gaji

Buku Gaji

Aplikasi gaji karyawan terbaru ini sudah digunakan oleh 10 ribuan para pengusaha UMKM dan perusahaan skala menengah yang ada di Indonesia.

Sejak awal kemunculannya, aplikasi Buku Gaji memang terkenal memiliki fitur lengkap, sehingga menyita perhatian para pebisnis pemula.

Pengembang memang sengaja mengeluarkan aplikasi Buku Gaji agar bisa digunakan oleh UMKM skala kecil misalnya toko bangunan, F&B, toko barang elektronik, toko online, dan lainnya. Anda bisa menggunakannya untuk pembuatan slip gaji lengkap dengan manajemen pembayarannya.

Ada beberapa fitur aplikasi Buku Gaji yang paling dibutuhkan diantaranya pengelolaan jadwal para karyawan, pembuatan daftar hadir atau presensi, lemburan, pemantauan pinjaman, cashbon, dan masih banyak lagi.

Sangat bermanfaat bukan untuk rekap jualan sehari-hari?

10. Salary Box

Salary Box

Pengguna aplikasi Salary Box ternyata terus meningkat tiap tahunnya. Aplikasi satu ini memang fokus dalam bidang sistem management, sehingga memudahkan proses rekap data lebih rapi dan minim kesalahan. Apa saja kegunaan aplikasi Salary Box?

Aplikasi Salary Box bisa digunakan untuk keperluan perhitungan gaji elektronik, membuat daftar hadir atau presensi karyawan, dan pengaturan jenis pembayaran.

Bagi Anda yang selalu ribet dengan keperluan perhitungan bonus, tunjangan, THR, dan lembur juga bisa menggunakannya.

Walaupun memiliki banyak kegunaan, namun aplikasi Salary Box memiliki kapasitas ukuran kecil, sehingga tidak akan membuat memori penyimpanan HP penuh.

Menariknya lagi, aplikasi Salary Box juga menampilkan history pembayaran gaji untuk memudahkan pengecekan tim HR.

11. Gaji Gesa

Gaji Gesa

Sesuai dengan namanya “Gaji Gesa” merupakan salah satu aplikasi perhitungan otomatis gaji karyawan perusahaan.

Dikembangkan oleh EMS (Easy Management System) yang bisa bantu dalam meningkatkan produktivitas dan mengatasi stress saat mengurus masalah keuangan.

Gaji Gesa memiliki 2 fitur unggulan yang bisa Anda gunakan yaitu pembuatan slip gaji karyawan dan fitur pembayaran tagihan.

Selain fokus dalam merekap gaji karyawan, ternyata Gaji Gesa juga bisa digunakan untuk pembelian paket data dan top up menggunakan E-Wallet.

Jenis E-Wallet yang bisa terhubung pada aplikasi Gaji Gesa misalnya GoPay, DANA, OVO, dan ShopeePay.

Biasanya jika ada karyawan yang memiliki tanggungan dengan perusahaan, gaji akan secara otomatis terpotong sesuai dengan instruksi yang dimasukkan oleh pihak HR.

12. HRD Pintar

HRD Pintar

Kira-kira aplikasi gaji karyawan apalagi yang cocok untuk perusahaan? Anda bisa coba gunakan aplikasi HRD Pintar.

Semua data yang dimasukkan pada aplikasi HRD Pintar menggunakan cloud system atau berbasis awan, sehingga tidak perlu khawatir masalah keamanannya.

Selain bisa digunakan untuk membuat slip gaji, aplikasi HRD Pintar juga menyediakan kemudahan dalam membuat absensi karyawan. Jika ada karyawan yang telat melakukan presensi berkali-kali, maka secara otomatis akan terlihat jelas pada keterangan aplikasi HRD Pintar.

Sudah banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi HRD Pintar untuk membantu dalam sistem pengelolaan sumber daya manusia.

Kesalahan perhitungan gaji bisa lebih kecil dan karyawan tidak seenaknya datang telat karena harus mengisi laman presensi pada aplikasi tersebut.

13. Mahir PPh21

Mahir PPh21

Jika dilihat dari namanya, aplikasi satu ini memang ternyata mengacu pada aturan pemerintah PPh Pasal 21 dalam menerapkan gaji karyawan.

Seperti yang Anda ketahui, peraturan pemerintah dalam bidang ketenagakerjaan sering mengalami perubahan, sehingga mempengaruhi sistem.

Kehadiran aplikasi PPh 21 seolah menjadi solusi terbaik bagi perusahaan yang ingin selalu update informasi tentang aturan ketenagakerjaan.

Aplikasi PPh21 bisa digunakan untuk menghitung slip gaji, perhitungan pesangon UU Cipta Kerja, PKWT, BPJS, keringanan JKK, dan masih banyak lagi.

Cara Pilih Aplikasi Penggajian Karyawan Paling Tepat

Cara Pilih Aplikasi Penggajian Karyawan Paling Tepat

Setelah mengetahui jenis-jenis aplikasi penggajian karyawan, maka Anda juga perlu memahami cara tepat untuk memilih fitur aplikasi yang sesuai kebutuhan perusahaan.

Pasalnya kebanyakan aplikasi gaji perlu bayar berlangganan, sehingga jangan sampai fitur tidak berguna bagi perusahaan.

1. Perhatikan Kebutuhan Perusahaan

Jika Anda ingin mencari aplikasi penggajian karyawan, maka pertimbangkan lebih dulu masalah aspek kebutuhan perusahaan,

Aspek yang dimaksud disini berhubungan dengan anggaran yang dikeluarkan, akuntansi keuangan, presensi, dan lainnya.

2. Pilih Aplikasi Berbasis Cloud

Dalam memilih aplikasi gaji karyawan, maka lebih baik gunakan sistem penyimpanan berbasis cloud untuk memudahkan akses data.

Sistem teknologi cloud sangat membantu meningkatkan efisiensi aktivitas operasional perusahaan, terutama untuk mengurus masalah penggajian.

3. Fitur Aplikasi Lengkap

Coba terlebih dahulu pahami seluruh fitur yang ada didalam aplikasi penggajian, kemudian bisa lihat apakah fitur sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Aplikasi pastinya harus memudahkan proses penggajian karyawan, asuransi kesehatan, tunjangan, upah lembur, dan lainnya.

4. Pilih Tingkat Keamanan Paling Baik

Saat memilih aplikasi software penggajian, keamanan data merupakan salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan.

Pastikan aplikasi sudah mengatur jaminan keamanan data dan bisa menjaga kerahasiaan seluruh dokumen perusahaan dengan baik serta aman.

Menggunakan jenis software penggajian apapun, Anda juga harus tetap memastikan bahwa aplikasi sudah memiliki support service paling aktif.

Aplikasi sudah dibekali dengan teknologi yang mudah untuk digunakan, sehingga mampu membuat pekerjaan penggajian bisa berjalan lebih maksimal.

Aplikasi gaji karyawan yang baik juga pastinya mampu mengatasi seluruh kendala pemakaian dengan sigap, sehingga pengguna akan merasa nyaman.

Kehadiran software penggajian dengan fitur lengkap akan membuat kinerja perusahaan berjalan dengan baik dan meminimalkan risiko kesalahan pastinya.

Baca Juga: Apa Itu Payroll? Cara Memilih Payroll Sesuai Kebutuhan Bisnis

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.